Postingan

Kumpulan Cersil mandarin dan indonesia online

Cerita silat atau biasa kita singkat dengan sebutan cersil adalah sebuah sub-genre dari semi-fantasi dan cerita silat dalam dunia literatur.

Di Indonesia ada dua jenis cerita silat, yang pertama adalah silat Indonesia dan yang kedua adalah cerita silat Tiongkok/Cina. Kedua jenis cerita silat tersebut ditulis dalam bahasa Indonesia dan ada pula yang berbahasa Tionghoa. Kedua cerita itu, baik dari Indonesia maupun dari Tionghoa berlatar belakang sejarah negeri masing-masing. Sebelum Orde Baru, cerita silat berbahasa Indonesia dan bahasa Tionghoa sangat populer. Akan tetapi, pada masa pemerintahan Soeharto cerita silat bahasa Tionghoa dilarang. Beberapa tokoh penulis cerita silat Tionghoa di Indonesia sebagian besar penerjemah cerita silat Tionghoa. Sebelum Perang Dunia II, alih bahasa cerita silat yang terkenal adalah Ong Kim Tiat (1893—1964) dan Tan Tek Ho (1894—1944). Penulis cerita silat Indonesia, antara lain adalah S.H. Mintahardja, Herman Pratikno, Ganes Th., dan Bastian Tito, sedangkan penulis cerita silat Tiongkok, antara lain, adalah Kho Ping Hoo, Gan K.L., O.K.T. (Oey Kim Tiang).

Berikut ini daftar / kumpulan cersil mandarin dan indonesia yang dapat kalian baca secara online dan gratis disini:
Loading....


Mengapa udah nggak bisa download cersil di cerita silat indomandarin?

Untuk yang tanya mengenai download cersil memang udah nggak bisa hu🙏, admin ngehost filenya menggunakan google drive dan kena suspend oleh google, mungkin karena admin juga membagikan beberapa link novel barat yang berlisensi soalnya selain web cerita silat indomandarin ini admin juga dulu punya web download novel barat terjemahan yang di takedown oleh google dan akhirnya merembes ke google drive admin yang dimana itu ngehost file novel maupun cersil yang admin simpan.

Lihat update cersil yang baru diupload 3 Bulan Terakhir

27 Oktober 2022] Kaki Tiga Menjangan

05 November 2022] Seruling Samber Nyawa (Bu Lim Su Cun)

Mau donasi lewat mana?

BCA - Nur Ichsan (7891-767-327)
Bagi para Cianpwee yang ingin berdonasi untuk pembiayaan operasional web ini dipersilahkan Klik tombol merah.

Posting Komentar

© Cerita silat IndoMandarin. All rights reserved. Developed by Jago Desain
]