Golok Maut (Can Cie Leng)

Pengarang : Tan Tjeng Hun
Golok Maut (Can Cie Leng) merupakan cerita silat karya Tan Tjeng Hun.

Itulah senjata yang sangat aneh bentuknya. Panjangnya 1,5 kaki, ujungnya tajam, dikedua bagian sampingnya satu tajam dan yang lainnya berbentuk gigi gergaji. Seluruh senjata itu

putih berkilat, sinarnya menyilaukan mata. Ditengah-tengah awak senjata itu ada terukir tulisan yang indah berbunyi : “GOLOK MAUT”.

Orang-orang yang sudah menerima Golok Maut ini selambat-lambatnya dalam waktu tiga hari pasti akan binasa dalam keadaan sangat mengenaskan, kalau bukan terpapas kutung kedua lengannya, tentu terpapas kutung kedua pahanya dan sudah pasti ialah dibagian dada terdapat satu lubang yang tembus sampaikepunggungnya. Golok Maut ini menggegerkan dunia rimba persilatan, menggetarkan Orang-orang dari golongan Putih dan golongan hitam.

Ternyata sang pemilik Golok Maut itu adalah seorang anak muda yang mempunyai ilmu yang mengerikan disebabkan sewaktu ia di Gek Liong Tham (Danau Naga) tanpa disengaja ia sudah memakan Mustika seekor binatang aneh berusia ribuan tahun yang berbadan kerbau berkepala Naga. Konon kabarnya siapapun yang memakannya bersama dengan telur berwarna dari burung rajawali raksasa, badannya tidak akan pernah mati kecuali dicincang.

Dalam melakukan aksinya Yo Tjie Tjong sang Golok Maut selalu menyamar sebagai seorang tua yang cacat, yang tanpa ampun bahkan keji dalam tindakannya.
Loading....