Kisah Si Pedang Terbang (Seri Ke-02 Serial Mestika Burung Hong Kemala)

Pengarang: Kho Ping Hoo
Kisah Si Pedang Terbang adalah seri kedua dari Serila Mestika Burung Hong Kemala karya Kho Ping Hoo. 

"Cuplikan:Sungainya bagaikan pita sutera biru,
Gunungnya laksana tusuk sanggul kemala!

Demikianlah pujian yang ditulis dalam dua baris atau sebait sajak oleh Han Ji (768 824), seorang di antara para pujangga besar di jaman Dinasti Tang (618-907) itu. Sebait sajak yang amat sederhana, namun jelas menggambarkan keindahan alam dari lembah Sungai Li yang dilihat dari puncak Gunung Teratai Biru.

Kebesaran alam dengan segala keindahannya memang terbentang luas di sekitar Kuilin, Propinsi Kuangsi itu. Dan Sungai Li merupakan penunjang kuat untuk segala keindahan ini, juga kesuburan tanahnya dan kemakmuran rakyatnya.

Sungai Li ini dikenal pula dengan sebutan Sungai Kui atau Sungai Haijang, sebagai sungai yang bermata air dari Gunung Haijang. Gunung Haijang berdiri tegak menjulang di antara dua propinsi, yaitu di perbatasan Propinsi Kuangsi dengan Propinsi Hunan. Dari gunung ini mengalir dua batang sungai, yaitu Sungai Li yang mengalir masuk ke daerah Propinsi Kuangsi, sedangkan yang mengalir ke daerah Hunan adalah Sungai Siang......"
Loading....

DONASI VIA TRAKTEER Bagi para cianpwe yang mau donasi untuk biaya operasional Cerita Silat IndoMandarin dipersilahkan klik tombol hati merah disamping :)

Posting Komentar