Naga dari Selatan (Lam Beng Tjiam Liong)

Mode Malam
Pengarang: Liang Ie Shen
Penyadur : S.D Liong
Serial : Naga Dari Selatan

Naga dari Selatan (Lam Beng Tjiam Liong) merupakan seri pertama dari serial Naga dari Selatan karya Liang Ie Shen yang disadur oleh S.D Liong.

Gunung Lo-hu-san yang terletak ditengah propinsi Kwitang, termasuk dalam wilayah kabupaten Ceng-seng- koan. Bagian timur dari pegunungan itu memasuki kabupaten Pok-lo-koan. Puncaknya menjulur surut. Keliling luas pegunungan itu hampir 500 li, penuh dengan puncak2 yang aneh berhiaskan hutan belantara nan menghijau lebat. Puncak2 yang telah diberi nama oleh rakyat, ada lebih dari 400 buah. Sedang disamping itu, tak terhitung jumlahnya puncak2 yang belum pernah dijelajah dan belum diberi nama. Kebanyakan puncak2 tersebut, merupakan gunung karang dan padas yang curam melandai, sukar didaki.

Sekalipun barisan puncaknya sedemikian banyak, namun karena banyak sekali puncak2 tersebut yang kepundannya indah megah, maka gunung Lo-hu-san merupakan suatu gunung yang paling terkenal dalam propinsi Kwitang. Konon menurut cerita, pada jaman ahala Tang Cin, ada seorang bernama Kat Hong, bertapa digunung Lo-hu-san, dia mengarang sebuah kitab „Pao-bu-cu" memperoleh penerangan dan menjadi dewa. Kitab tersebut hingga kini masih beredar.

Kota Ceng-seng dikaki gunung Lo-hu-san itu, sejak pada masa terakhir dari ahala Han, sudah ramai. Turut naluri kepercayaan, karena kemegahan dan keangkerannya, Lo- husan merupakan sumber kelahiran dari para orang  suci dan orang gagah dan memang kenyataan dari daerah gunung tersebut muncullah tokoh2 perwira pada setiap jaman. Ini berlangsung dari jaman kejaman. Pada hakekatnya, gunung tersebut merupakan tempat ziarah suci dari kaum agama, sumber inspiratie (ilham) dari para pujangga serta tunas2 gagah perwira. Cerita yang akan kami hidangkan ini, dimulai ketika tentara Ceng-tiau sudah memasuki wilayah Kwitang,  sedang induk pasukannya sudah tiba dipropinsi Hokkian. Kepala angkatan perang Ceng, jenderal Li Seng Tong, sudah siapkan tentaranya untuk menyerbu Kwitang. Peristiwa itu menurut perhitungan tahun Ceng-tiau, ialah kaisar Sun Ti naik takhta pada tahun ke 3 bulan 11. Sedang kalau menurut tahun ahala Beng, termasuk tahun ke 2  bulan 11, Lam Beng Liong Bu atau kaisar Liong Bu dari ahala Beng selatan.

Naga dari Selatan (Lam Beng Tjiam Liong)

*** ***
Note 20 oktober 2020
Serial Pendekar Harum telah selesai diupload dari seri pertama sampai cerita terakhir terakhir yaitu seri kedelapan, untuk membacanya silahkan klik disini : Serial Pendekar Harum
|Cersil terbaru di upload setiap hari sabtu dan minggu.|
(Regards, Admin)

0 Response to "Naga dari Selatan (Lam Beng Tjiam Liong)"

Post a Comment

close