Serial Jaka Wulung 03 : Pendekar Bunga Matahari

Pengarang: Hermawan Aksan
Pendekar Bunga Matahari merupakan seri ke-3 dari serial Jaka Wulung Karya Hermawan Aksan.

PELABUHAN Kalapa diperkirakan sudah ada sejak zaman Tarumanagara pada abad kelima, dengan nama Sundapura. Pada masa Sri Baduga Maharaja—atau yang lebih dikenal dengan sebutan Prabu Siliwangi—pada menjelang awal abad keenam belas, pelabuhan ini dikenal sebagai pelabuhan lada yang sibuk milik Kerajaan Sunda. Kapal-kapal asing yang berasal dari Tiongkok, Jepang, India Selatan, dan Timur Tengah sudah berlabuh di pelabuhan ini sambil membawa barang-barang seperti porselen, kopi, sutra, kain, wangi-wangian, kuda, anggur, dan zat warna untuk ditukar dengan rempah-rempah yang menjadi bahan perdagangan Kerajaan Sunda saat itu.

Dari Kalapa, orang bisa menempuh perjalanan melalui Ci Liwung menuju Pakuan, Ibu Kota Kerajaan Sunda, dalam tempo dua hari naik perahu.

Setelah Kerajaan Sunda runtuh, Pelabuhan Kalapa dikuasai Banten. Dan sebagai sebuah pelabuhan yang berkembang menjadi kota yang ramai, Kalapa kerap mengalami kekacauan.

Dengan latar belakang inilah, kisah Titisan Bujangga Manik ini berlanjut.. 
Loading....

"Serial Jaka Wulung Selesai :)"
DONASI VIA TRAKTEER Bagi para cianpwe yang mau donasi untuk biaya operasional Cerita Silat IndoMandarin dipersilahkan klik tombol hati merah disamping :)

Posting Komentar