coba

Baca online cerita silat mandarin Karya Chin Yung / Jin Yong

Mode Malam
Chin Yung/Jin Yong

Chin Yung (Jin Yong). lahir di Haining, Zhejiang, 6 Februari 1924 merupakan penulis novel silat (Kita biasanya menyebutnya dengan kata cerita silat yang sekarang ini dapat dibaca secara online) dan mempunyai reputasi Top Chinese Best Selling Writer. Ia pernah mendapat penghargaan the Life Achievement Award of Hong Kong Arts Development Awards atas jasa-jasanya mengontribusikan budaya dan seni Tiongkok ke seluruh dunia.

Louis Cha menulis serial silat antara tahun 1955-1972. Sudah 15 judul cerita silat yang ia buat, terdiri dari 13 novel (12 novel panjang dan 1 novel pendek) dan 2 cerita pendek. Hasil karyanya sudah diterjemahkan kedalam berbagai bahasa seperti Inggris, Korea, Jepang, Vietnam, Prancis, termasuk Indonesia. Selain itu semua novelnya sudah diangkat kedalam film layar lebar, film serial tv, hingga dibuat komik. Diperkirakan, semua novelnya telah terjual sebanyak 500 juta kopi di seluruh dunia.

Setelah selesai menulis novelnya yang terakhir pada 1972, Lu Ding Ji, ia berjanji untuk tidak menulis novel silat lagi. Hingga kini janji tersebut masih tetap dipegang, tetapi ia sering juga mengedit cerita yang pernah ditulis. Meski demikian nama besarnya sebagai penulis cersil masih tetap hidup, dan serial tv atau filmnya masih tetap dibuat dengan berbagai versi.

Louis Cha yang sejak kecil sangat keranjingan membaca kisah-kisah sastra, terutama wuxia, pernah menimba ilmu di Fakultas Bahasa Asing Chungking Central University, kemudian pindah ke Fakultas Hukum jurusan Hukum Internasional di Dongwu University. Pernah bekerja sebagai penerjemah dan copyeditor di surat kabar Ta Kung Pao dan Hsin Wan Pao.

Novel silat pertama yang ia buat berjudul Shu Jian En Chou Lu (Pedang dan Kitab Suci) pada tahun 1955 yang diterbitkan secara berseri di surat kabar Xin Wan Bao yang ternyata mendapat sambutan yang luar biasa dari pembaca. Setelah ia mendirikan surat kabarnya sendiri dengan nama Ming Pao Daily, ia menerbitkan novel-novelnya secara berseri di surat kabar tersebut.


Daftar Karya Cerita Silat: 

Trilogi Rajawali
Seri Kesatria Baju Putih (Lanjutan Trilogi Rajawali)

0 Response to "Baca online cerita silat mandarin Karya Chin Yung / Jin Yong"

Post a Comment