Bara Di Atas Singgasana (Seri Ke-02 Serial Pelangi Di Langit Singasari)

Mode Malam
Pengarang: S.H Mintardja
Seri: Serial Pelangi
Di Langit Singasari
Halaman: 29 Jilid

Bara Di Atas Singgasana Merupakan Seri Ke-02 dari Serial Pelangi Di Langit Singasari)

"Cuplikan:  Yang pernah terjadi di Tumapel sudah hampir dilupakan. Rakyat Tumapel sendiri sudah tidak pernah menyebut nama Akuwu Tunggul Ametung yang sudah tidak ada lagi. Mereka tidak pernah mempersoalkan perkawinan Ken Arok dengan Ken Dedes. Semuanya seolah-olah sewajarnya dan seharusnya terjadi. Para pemimpin yang tujuh, para perwira dan manggala, tidak ada yang membicarakannya lagi. Seperti juga tidak ada lagi yang membicarakan kematian Kebo Ijo.

Apalagi setelah rakyat Tumapel melihat kemampuan Ken Arok memerintah. Tumapel tidak lagi Tumapel yang sudah puas dengan dirinya seperti pada saat Akuwu Tunggul Ametung memerintah. Tumapel kini seakan-akan selalu bergolak. Tanah-tanah kering harus menjadi basah, dan anak-anak muda yang duduk termenung harus bangkit mesu diri, membentuk kekuatan yang setiap saat dapat digerakkan untuk tujuan apapun.

Demikianlah Ken Arok menjadikan Tumapel semakin lama menjadi semakin kuat dan makmur. Hidup rakyatnya menjadi kian baik, penghasilan pun bertambah-tambah....."

0 Response to "Bara Di Atas Singgasana (Seri Ke-02 Serial Pelangi Di Langit Singasari)"

Post a Comment