Pedang Kayu Cendana

Penyadur : Gan K.H
Pedang Kayu Cendana merupakan cerita silat saduran Gan K.H.

Diceritakan sejak berkecimpung dikalangan Kangouw Bok- kiam-ciong-siau Pakkiong Bing dengan sebilah pedang kayu cendana telah malang melintang di utara sungai besar, selama ini belum pernah ketemu tandingan, maka dia di anugerahi gelarahli pedang nomor satu di utara sungai besar dengan julukan Bok-kiam ciong-siau artinya pedang kayu menjulang ke awang-awang.

Pakkiong Bing memperoleh kepandaiannya dari seorang aneh yang tidak dikenal namanya, pedang kayu cendana ditangannya ini pun merupakan pedang mestika bagi kaum persilatan umumnya, kecuali digunakan sebagai senjata, apakah pedang kayu cendana ini masih ada manfaat lainnya, tiada seorangpun yang tahu, sampai pun Pakkiong Bing sendiri juga belum berhasil menyelami kesaktian pedang kayunya itu.

Watak Pakkiong Bing memang angkuh, namun sikapnya terhadap sesama kaum persilatan cukup supel dan tuIus, pengalaman luas pengetahuan mendalam, pergaulannya luas, adalah jamak kalau temannya banyak.

Tetapi dia paling benci kejahatan, tidak sedikit kaum Liok-lim (begal) dari kalangan hitam yang kecundang olehnya, maka dirinya dipandang sebagai duri didepan mata mereka, tidaklah sedikit yang berusaha melenyapkan jiwanya.
Loading....