Dewi Sungai Kuning (Seri Ke-01 Serial Dewi Sungai Kuning)

Pengarang: Kho Ping Hoo
Dewi Sungai Kuning merupakan Seri pertama dari Serial Dewi Sungai Kuning Karya Kho Ping Hoo.

Hampir semua orang Tiongkok mengenal dan pernah mendengar Sungai Huang-ho, atau Sungai Kuning ini. Ia disebut Sungai Kuning karena airnya berwarna kuning, membawa air tanah lumpur berwarna kuning yang merupakan pupuk yang baik sekali bagi para petani. Sungai Huang-ho terkenal ganas dan sakti, merupakan berkah pada waktu tenang, tetapi merupakan bencana besar di waktu banjir.

Selama ratusan tahun, bahkan ribuan tahun, semenjak sungai sakti ini lahir, entah sudah berapa laksa jiwa ditewaskannya dan entah sudah berapa banyak hasil sawah dan ladang dihancurkan! Tapi di samping itu, Sungai Huang-ho juga telah banyak dan besar jasanya terhadap kaum pdetani dengan para nelayan yang mengeduk hasil dari airnya berupa ikan dan lain-lain.

Pada waktu cerita ini terjadi, Tiongkok masih merupakan negara besar yang miskin, yakni dalam arti kata keseluruhan, baik negaranya mau pun sebagian besar rakyatnya. Memang ada pula yang hidupnya makmur dan kaya raya, bahkan berlebih-lebihan, yakni para tuan tanah di kampung dan desa, para pedagang besar di kota-kota, dan para pembesar dan orang berpangkat, terutama mereka yang berada di dekat kaisar yang merupakan pusat kemewahan. Tapi apa artinya beberapa gelintir manusia yang hidup mewah dan makmur ini kalau sebagian besar rakyatnya miskin dan papa, banyak sekali yang begitu sengsara sehingga boleh dikata pagi makan malam tidak, dan belum tentu setahun sekali bertukar baju?

Sungai Kuning menjadi saksi akan segala kejanggalan hidup di negerinya. Ia telah melihat betapa orang-orang lemah teraniaya dan betapa si kuat menindas si lemah berdasarkan hukum rimba, betapa si kaya memeras tenaga si miskin berdasarkan hukum perbudakan dan betapa yang dinamakan keadilan itu hanyalah akibat dari pengaruh berkilatnya emas dan perak.
Loading....

Mau donasi lewat mana?

BRI - Nur Ichan (4898-01022-888538)

BCA - Nur Ichan (7891-767-327)
Bagi para Cianpwee yang ingin berdonasi untuk pembiayaan operasional web ini dipersilahkan Klik tombol merah.

Posting Komentar

© Cerita silat IndoMandarin. All rights reserved. Developed by Jago Desain