Senopati Pamungkas Buku - I Jilid 22

Jilid 22

Dengan mengucapkan itu, seakan Halayudha ingin menekankan bahwa selama ini Senopati Anabrang memang tak pernah memikirkan dirinya sendiri. Bahkan juga kepentingan putranya. Dan Halayudha bisa menggantikan peranan itu.

Memang bagi Senopati Anabrang pengabdian sebagai prajurit sejati tanpa cacat sedikit pun. Bahkan sedemikian banyak waktu dicurahkan untuk mengabdi, pengawasan kepada putranya sendiri terlewatkan. Dibandingkan dengan dirinya, Mahisa Taruna masih terlalu rendah ilmu silatnya.

Ini semua hanya karena ia menelantarkan.

Senopati Anabrang merasa bersalah. Maka dalam hati sangat berterima kasih kepada Halayudha yang membesarkan hati putranya. Yang dengan tekun dan sabar melatih Mahisa Taruna.

Kalau tidak mendampingi Baginda, Halayudha menyempatkan diri untuk melatih Mahisa Taruna yang menjadi sangat giat. Belum pernah selama ini ada guru yang secara khusus menangani.

“Saya tidak menganggap diri lebih pintar, Putra Senopati yang gagah. Akan tetapi sedikit-banyak saya mendengar tentang kitab yang banyak diperebutkan.

“Mungkin kita akan berlatih bersama.”

“Sungguh, budi baik Paman tak akan saya lupakan.” “Tak ada utang budi di sini.

“Kalau ayahmu begitu sibuk mengabdi, sudah semestinya saya menggantikan. Meskipun saya tak bisa dibandingkan dengan kehebatan Senopati Mahisa Anabrang yang perkasa.” Mahisa Taruna terlalu polos menduga maksud-maksud Halayudha.

Jangan kata ia yang masih hijau, Senopati Anabrang pun termakan oleh Halayudha.

Sehingga di depan Baginda, Senopati Anabrang mengatakan bahwa apakah Baginda tidak perlu menegakkan tata tertib para prajurit yang terang-terangan membangkang.

Dan Senopati Anabrang tidak mengetahui, bahwa sebelum ia dipanggil menghadap, Halayudha telah menyampaikan hal ini kepada Baginda Raja.

“Begitu berani Anabrang meminta menghadapku?” “Beribu maaf hamba meminta ke Baginda.

“Biar bagaimanapun, Anabrang dibesarkan di atas gelombang samudra, sehingga adatnya berbeda dari yang mengenal kehalusan budi Keraton.

“Bisa dimengerti kalau Anabrang berani mengajukan diri menghadap Baginda.”

“Apa maksudnya mengetengahkan soal Lawe?”

“Dengan diangkatnya Mahapatih Nambi, para senopati yang lain berlomba merebut hati Paduka Baginda. Tak terkecuali senopati laut yang dibesarkan sisa Keraton Singasari.

“Barangkali saja, Anabrang ingin menjajal kelebihan senopati Majapahit. Kebetulan saat-saat pertempuran yang menentukan, Senopati Anabrang tidak ada di tempat ini.”

“Apa pendapatmu?”

Halayudha menghaturkan sembah sambil mencium lantai. “Hamba yang picik tak mampu berpikir serumit itu, Baginda.

“Namun sesungguhnya Anabrang ada benarnya. Ia hanya ingin agar Adipati Lawe meminta maaf keharibaan Baginda.” “Ini bisa menjadi salah paham.”

“Kalau Baginda berkenan, biarlah hamba yang mendampingi Anabrang.” Anggukan Baginda berarti lebih dari segalanya.

Halayudha mengatur siasat. Dengan diam-diam ia melarikan kudanya ke tempat peristirahatan Adipati Lawe sambil membawa tiga pedang pendek milik ketiga Kama.

“Maaf, Adipati Lawe, senopati sejati yang gagah berani.

“Saya hanya bisa mengantarkan pedang yang pendek, karena Mahisa Taruna telah mengambil pedang panjang.”

Adipati Lawe menggelengkan kepalanya.

“Ambil saja. Aku tak peduli pisau mainan seperti ini.”

“Saya sadar bahwa pedang kecil atau pedang panjang tak ada artinya bagi Adipati. Akan tetapi sesungguhnya Adipati-lah yang lebih berhak menyimpan. Karena pedang matahari ini pedang keberanian, pedang lelaki sejati, pedang para ksatria utama, hanya pantas dimiliki yang memiliki sifat itu.

“Bukan yang sengaja mencari kesalahan.”

Dengan caranya yang tepat, Halayudha mengatakan bahwa Senopati Anabrang dan para prajurit pilihan yang dulu ke tlatah Melayu sedang bersiap untuk menemui Adipati Lawe. Untuk memaksakan kehendaknya agar Adipati Lawe meminta ampun kepada Senopati Anabrang!

“Saya bisa membenarkan tindakan Adipati Lawe.

“Karena siapa pun bisa menyetujui pandangan Adipati Lawe yang terus terang. Sesungguhnya pandangan Adipati Lawe mewakili pandangan semua senopati yang ada di Keraton.

“Tetapi entah kenapa, Senopati Anabrang merasa tindakan Adipati menentangnya. Senopati Anabrang bahkan menyebut-nyebut bahwa Adipati hanya menguasai pantai Tuban. Bukan samudra luas yang pernah ditaklukkan Senopati Anabrang.

“Sungguh tak pantas saya yang tua melaporkan hal-hal yang remeh seperti ini, tetapi hati kecil saya tak bisa menerima cara-cara bicara di belakang punggung seperti ini.”

Adipati Lawe tersentak.

“Anabrang tak perlu datang. Aku yang akan menemui. Sekarang.” Persimpangan Jalan Budha-Syiwa

HALAYUDHA segera menyemplak kudanya.

Kembali ke Keraton tanpa berhenti sedikit pun. Di benaknya sudah tersusun kerangka siasat yang bakal lebih ramai dari yang direncanakan.

Saat itu juga langsung menghadap Mahapatih Nambi, dan memberikan laporan bahwa telah terjadi pertentangan terbuka antara Adipati Lawe dan Senopati Anabrang.

“Yang membuat saya merasa sedih, duh Mahapatih perkasa, ialah bahwa kedua senopati unggulan Keraton ini mulai mencampuradukkan masalah keagamaan.

“Kalau ini benar terjadi, bisa dibayangkan bahwa tanah yang terbelah makin luas dan tak bisa diperkirakan kapan berhentinya.”

Mahapatih Nambi tersentak perhatiannya.

Sebagai penanggung jawab masalah keamanan dan ketenteraman Keraton, Mahapatih mengetahui kabar yang paling kecil mengenai kemungkinan- kemungkinan pertentangan yang bisa menyebabkan kekacauan. Semua hal yang bisa menjadi ancaman Keraton boleh dikatakan dihafal, seakan berada dalam genggamannya.

Justru dengan cara itu Halayudha masuk. Kalau ia hanya mempersoalkan pertentangan Adipati Lawe dengan Senopati Anabrang dari sisi keduanya sama keras, Mahapatih masih bisa berpangku tangan dalam artian menganggap ini persoalan pribadi yang bersinggungan.

Akan tetapi kalau yang dikatakan Halayudha benar, ini ancaman ketenteraman yang harus segera diatasi.

“Belum kering keringat saya dari tempat peristirahatan Adipati Lawe setelah mencoba mendekati Senopati Anabrang. Akan tetapi semuanya sia-sia.

“Dari hal yang kecil dijadikan persoalan besar.

“Pertama, soal pedang ketiga Kama dari Jepun. Kedua Senopati menghendaki.

Terpaksa saya membagi dua. Tiga pedang panjang untuk Senopati Anabrang dan tiga pedang pendek untuk Adipati Lawe.”

“Lawe tidak menghendaki yang pendek?” “Sungguh tepat perhitungan Mahapatih.” “Lawe menghendaki yang panjang?”

“Begitulah adanya. Walaupun sesungguhnya yang lebih berhak atas semua pedang itu adalah Mahapatih.”

“Hmmm…”

“Yang membuat saya prihatin, duh Mahapatih… entah bagaimana saya harus menceritakan ini semua. Saya tak melihat senopati lain untuk menceritakan hal ini. Sebab kalau sampai Baginda Raja mendengar dan menitahkan suatu keputusan, kedua senopati akan mendapatkan murka.”

“Apa yang membuat kuatir Paman?”

“Dalam memperebutkan pedang, Senopati Anabrang merasa lebih berhak. Karena pedang panjang dari Jepun itu sesungguhnya adalah pedang dari ajaran Budha. Ksatria Jepun ini dari aliran Budha. Maaf, Mahapatih, memang warisan yang agak membingungkan dari Keraton Singasari di bawah Baginda Raja Sri Kertanegara adalah rangkulan Baginda Raja Singasari kepada aliran agama Syiwa dan agama Budha. “Dua-duanya dirangkul dan mendapat tempat dalam tata pemerintahan Keraton Singasari.

“Sementara sejak awal, Baginda Raja Kertarajasa Jayawardhana menetapkan ajaran Syiwa yang lebih bisa diterima. Semenjak Baginda naik takhta, sudah dititahkan bahwa agama Budha tak boleh menyebar di arah barat Keraton, hanya boleh di arah timur. Sementara agama Syiwa boleh menyebar ke mana saja.

“Menurut pandangan saya yang picik, jelas bahwa pilihan kepada Dewa Syiwa sudah ditetapkan Baginda Raja, mengingat sejarah para leluhur Keraton sejak sebelum Singasari adalah pemujaan kepada Dewa Syiwa.

“Yang membuat saya lebih prihatin lagi, duh Mahapatih, ialah kalau pertentangan antara Dewa Syiwa dan Jalan Budha ini terbuka, akan membangkitkan pertentangan yang lebih luas. Karena para pengikut yang menempuh Jalan Budha tak sedikit jumlahnya.

“Menurut perkiraan saya, meskipun ajaran Dewa Syiwa yang terbesar, akan tetapi pemeluk Budha yang nomor dua.

“Ini berarti peperangan habis-habisan yang bisa menjatuhkan pamor Keraton.

Hanya oleh sebab yang tak berarti.

“Kalau pertentangan ini pecah, berarti para pendeta agama Wisnu dan Brahma juga merasa tidak aman.

“Jikalau keempat agama yang direstui Baginda Raja sampai terlibat dalam pertikaian, sungguh tak ada lagi tanah damai yang tersisa di Majapahit.”

“Benar semua yang Paman katakan.

“Masalah agama adalah masalah yang bahkan Baginda Raja berpesan wanti- wanti agar tidak ditangani secara gegabah.

“Kadang ini menyenangkan di satu pihak. Karena Baginda memberi kesempatan berkembang para pengikut Syiwa, Budha, Brahma, dan Wisnu. Akan tetapi dari segi keamanan, saya ini yang paling kikuk.”

“Warisan Keraton Singasari akhir…” “Itu salah satu sebab. “Sesungguhnya, di antara para raja gung binatara, raja yang besar dan berwibawa, Baginda Raja Sri Kertanegara satu-satunya raja yang mencoba menggabungkan kekuatan Dewa Syiwa dengan Jalan Budha. Baginda Raja meraih keduanya.

“Sampai ke dalam tata pemerintahan Keraton. “Ada pendeta Syiwa, selalu ada pendeta Budha.

“Kini ketika peranan Dewa Syiwa lebih diberi angin, penganut Jalan Budha sudah mulai memperlihatkan taringnya. Bahkan menurut dugaan saya, para ksatria Jepun muncul untuk memperlihatkan bahwa sesungguhnya Jalan Budha adalah jalan yang terbaik untuk dilalui.”

“Sungguh tepat penilaian Mahapatih.

“Saya tak mampu sekuku hitam pun memperkirakan hal itu.” Mahapatih Nambi menggelengkan kepalanya.

Seakan menolak pujian Halayudha.

“Pertentangan pengikut Dewa Syiwa dengan penganut Jalan Budha akan berakibat panjang. Karena ini seperti juga mempertentangkan Keraton yang sekarang ini dengan sisa-sisa Keraton Singasari.”

“Sangat tepat, Mahapatih.”

“Ditambah munculnya ksatria dan pendeta pengikut Dewa Brahma dan Dewa Wisnu, sempurnalah sudah kekacauan yang bakal terjadi.

“Jalan keluar terbaik barangkali…” “Sungguh tepat, Mahapatih!” Halayudha merasa terlalu cepat bicara.

Mahapatih belum mengeluarkan pendapatnya, ia sudah mengeluarkan pujian. “Maaf, saya mengira Mahapatih akan menyempitkan persoalan ini menjadi persoalan pribadi antara Senopati Lawe dan Senopati Anabrang.

“Bukan antara prajurit Tuban dan Keraton. Bukan antara pengikut Dewa Syiwa dan pengikut Budha.”

“Kalau itu jalan yang kuambil, berarti juga membiarkan Lawe dan Anabrang berhadapan muka.”

“Sungguh besar jiwa Mahapatih.

“Tetap memperhatikan para senopati bawahannya.

“Akan tetapi ini lebih baik bagi Keraton dibandingkan dengan tumpahnya darah yang lebih banyak lagi.”

“Bagaimana dengan Kakang Sora?

“Apakah ia tak tergerak jika melihat pertentangan ini?” Halayudha menghela napas.

Wajahnya menunjukkan rasa bingung.

“Dengan jujur saya haturkan, saya tak mengerti di mana Senopati Sora berdiri. Karena agaknya Senopati Sora masih mencoba bertahan di Keraton. Masih ingin dekat dengan pusat kekuasaan daripada menempati Dahanapura seperti yang telah diisyaratkan oleh Baginda Raja.”

“Dengan kata lain ia tidak segera menjalankan perintah. Apakah ia akan memata-matai diriku?”

“Saya tak mempunyai dugaan seburuk itu, Mahapatih. “Walau mungkin itulah kenyataannya.”

Halayudha makin merasa bahwa caranya mengutarakan “tidak mempunyai dugaan seburuk itu, walaupun itulah kenyataannya” termakan oleh Mahapatih.

Dengan berkata seperti itu Halayudha ingin menegaskan bahwa jalan pikiran Mpu Sora memang buruk, bahkan tak terbayangkan pikiran biasa. “Kakang Sora. Aku tak menduga bisa sepicik itu pikirannya. Padahal aku termasuk yang hormat padanya.”

“Banyak yang terkelabui sikap Senopati Sora. “Kita semua tak mengetahui sifat aslinya.” “Agaknya teka-teki juga.

“Sewaktu mengawal Permaisuri Rajapatni, Kakang Sora juga justru menyembunyikan serangan ganas Jurus Lebah. Aku masih bertanya-tanya apakah ini disengaja sehingga Permaisuri Rajapatni dibiarkan terculik? Bahkan sampai sekarang aku tak mendengar lagi jejak Klikamuka.”

“Segalanya akan menjadi terang, kalau pertarungan antara Lawe dan Anabrang terbuka. Pada saat itu, sifat yang disembunyikan akan luntur.

“Maaf, Mahapatih.

“Barangkali malah lebih baik kalau pertarungan Lawe-Anabrang dibiarkan.

Kita bisa melihat kekuatan-kekuatan yang tak tampak selama ini.” Enam Dharma Pendeta

MAHAPATIH NAMBI tak bisa menahan diri untuk memuji cara berpikir Halayudha.

Dengan mengorbankan kemungkinan ada yang kalah dan menang antara Adipati Lawe dan Senopati Anabrang, peristiwa ini bisa memancing kekuatan yang tersembunyi.

Kekuatan gelap yang selama ini kurang terbaca di mana berkiblat, akan dengan mudah diketahui!

Berarti Mahapatih bisa menemukan peta kekuatan golongan yang sekarang ini tersembunyi di bawah permukaan.

Memang patut disayangkan, karena ada kemungkinan terjadi pertumpahan darah. Salah satu, atau dua-duanya senopati Keraton! Memang benar, ini jauh lebih sedikit dibandingkan dengan campur tangan para pengikutnya.

Kalau segera bisa diatasi sebelum menjalar, Mahapatih Nambi merasa menemukan banyak hal yang perlu diketahui.

Luar biasa, pikir Mahapatih. Senopati Halayudha selalu menunjukkan cara berpikir yang luar biasa hebat dan tepat. Ataukah barangkali karena ia tidak mempunyai beban pikiran seperti diriku? Ataukah justru baginya pengabdian kepada Keraton dan Raja adalah yang terutama dan satu-satunya?

Apa pun alasannya, Mahapatih seperti melihat suatu petunjuk.

Berdasarkan itu pula kemudian Mahapatih menyiapkan langkah-langkah penjagaan yang tidak dianggap mengagetkan masyarakat.

Maka sewaktu diadakan upacara penyucian tirta di sumber air di desa Kudadu, Mahapatih datang. Sesuatu yang tak pernah terjadi. Seorang mahapatih bersedia menghadiri penyucian sumber air yang bukan merupakan upacara besar. Sangat berbeda dari upacara penyucian candi atau makam.

“Saya datang sebagai utusan resmi Baginda Raja,” demikian Mahapatih mulai memberikan kata pembuka.

“Ini untuk menunjukkan bahwa sesungguhnya Baginda Raja selalu menaruh perhatian utama pada setiap upacara keagamaan di wilayah kekuasaan Keraton Majapahit.

“Hanya karena kesibukan Baginda Raja, tak bisa hadir di desa Kudadu yang mempunyai riwayat panjang dalam mendirikan Keraton. Akan tetapi restu dan doa Baginda datang selalu.”

“Semoga Baginda Raja bersama para Dewa, selamanya,” terdengar jawaban serentak disertai sembah.

“Baginda mendengar doa yang tulus.

“Saya tak ingin menerangkan ulang mengenai kewajiban kita sebagai manusia yang memilih jalan hidup seperti yang kita jalani sekarang. “Saya merasa sangat kagum kepada para pendeta. Dari kelompok Syiwa, Budha, Brahma, dan Wisnu. Sebab mereka inilah yang menjadi kekuatan batin, menjadi tiang utama kehidupan Keraton.

“Para pendeta sangat dimuliakan oleh Baginda Raja, karena sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang mulia hidupnya. Orang yang dalam setiap tarikan napasnya, dalam tidur dan terjaga, mendoakan kesempurnaan hidup dalam dunia yang sementara maupun dalam keabadian di kelak kemudian hari.

“Para pendeta lebih dari para ksatria, para waisya, terlebih lagi dari kasta sudra, adalah pilihan Dewa yang Mahabrahman.

“Para pendeta yang menjaga roh Keraton dengan melakukan enam dharma

utama.

“Mengajar, dan belajar.

“Melakukan persajian untuk dirinya dan untuk masyarakat. “Membagi dan menerima derma.

“Enam dharma. Ketiga yang pertama mengajar, melakukan persajian bagi masyarakat, membagi derma dari masyarakat yang halus budinya, merupakan sarana hidup di dunia ini.

“Pendeta, dengan segala hormatku pada penjaga batin kita, sangat mulia. Saya adalah Mahapatih Keraton Majapahit, tangan kanan Baginda Raja, akan tetapi untuk menyucikan sumber air ini, saya tak mempunyai wewenang. Untuk membina tanah- tanah perdikan, tanah-tanah untuk pendidikan, tempat-tempat suci, saya terlalu kotor untuk menangani.

“Saya dan para prajurit hanyalah kelompok ksatria. Kalau pendeta menjaga roh, para ksatria menjadi badan wadag. Tugas utama para ksatria ialah mengabdi kepada Raja, yang berarti juga mengabdi dunia, mengabdi tanah yang memberikan kehidupan. Pengabdian kepada Raja adalah mutlak, tak peduli apakah ia prajurit penjaga gerbang ataupun tingkat senopati. Karena tanpa pengabdian, yang ada adalah kekacauan.

“Baginda Raja telah menggariskan tingkat di mana kita berada. Baik bagi para pendeta, para ksatria, maupun para waisya. “Golongan waisya adalah para pedagang dan petani. Mengerti tentang cara berdagang mutu manikam, buah-buahan, serta bisa menanamnya dengan baik.

“Golongan yang tidak mempunyai kemungkinan untuk dwija adalah golongan sudra. Mereka tak akan dilahirkan untuk kedua kalinya. Tugas golongan sudra yang terutama ialah mengabdi kepada para brahmana, para pendeta, agar menemukan kesempurnaan dunia dan nirwana. Para sudra yang mengabdi kepada ksatria dan waisya hanya akan menemukan ketenteraman dunia saja.”

Suara Mahapatih makin meninggi.

“Semua telah mempunyai tempat sendiri-sendiri. Sehingga tak terjadi kekisruhan. Sebab kalau kita semua bisa memahami kitab-kitab yang memuat aturan dan tata krama itu, tak ada golongan waisya atau ksatria yang mencampuradukkan dengan persoalan para pendeta.

“Saya sebagai pelaksana takhta mengingatkan bahwa di saat-saat tertentu kita bisa lupa di mana kaki kita berdiri, dan terseret arus yang menyesatkan. “Saya tidak mengada-ada.

“Ketika kami semua membuka sawah di desa Tarik, di desa Kudadu ini, dan di tempat lain, kami sudah lahir sebagai ksatria, sebagai prajurit!

“Sekarang ini terasakan bahwa banyak tumbuh keinginan mengubah tata krama peraturan yang sudah jelas dan gamblang. Ada sebagian kecil yang ingin membuka perselisihan dengan menyeret golongan yang lebih sakti di atasnya.

“Saya akan mengambil tindakan tegas.”

Pandangan Mahapatih menyapu semua yang hadir.

“Dalam Kitab Kutara Manawa sudah jelas diuraikan. Itulah kitab yang mengatur tata krama kita semua, tanpa kecuali. Termasuk saya, termasuk para pendeta, para waisya yang sekarang ada di sini.

“Saya tahu, dari Perguruan Awan ditiupkan angin yang ingin mengubah tatanan ini semua. Perguruan Awan pun, saya tegaskan, tak akan memperoleh keistimewaan.

“Para pendeta lebih tahu, bahwa di Perguruan Awan tata krama itu sengaja ditiadakan. Tak ada perbedaan guru dan murid, tak ada perbedaan ksatria atau waisya atau sudra. Di sana ada ajaran bahwa sang guru juga belajar silat, berdoa, tetapi juga menanam pohon dan memetik buahnya.

“Saya tak peduli jika itu terjadi di dalam hutan.

“Akan tetapi saya tak akan membiarkan jika mau ditularkan kepada kehidupan di luar hutan.

“Saya dan seluruh senopati Keraton akan menghadapi.”

Kalimat Mahapatih meninggi dan menurun, akan tetapi dengan pandangan yang galak, berwibawa.

Tanpa peduli apakah pendengarnya menyadari apa yang dikatakan, Mahapatih melanjutkan,

“Di antara golongan-golongan ini, golongan ksatria yang paling ruwet dan ribut selalu. Yang prajurit merasa dirinya senopati, yang senopati merasa bisa berbuat semaunya. Dengan mengagungkan sikap ksatria, merasa menjadi pendekar, menjadi jawara, menjadi yang tak perlu diatur.

“Kalau memang tak bisa diatur, jangan menganggap diri ksatria. Tempat yang paling tepat ialah menjadi kawula, menjadi hamba.

“Mereka bisa memilih menjadi kawula di bagian mana.

“Mau disebut grehaja, yang berarti memang lahir sudah dalam masa penghambaan. Mau disebut dwajaherta, kalau mereka menjadi tawanan perang. Seperti ksatria Jepun, atau seperti ksatria mana pun yang kalah!

“Apa mau disebut bhaktadasa yang menghamba karena untuk mengisi perutnya. Atau mau disebut dandadasa, menjadi hamba karena tak mampu membayar pajak Keraton.

“Apa pun sebutannya, mereka adalah kawula, hamba yang mempunyai tuan, dan tuannya inilah yang berkuasa.

“Ini peringatan pertama dan terakhir.”

Pidato Mahapatih pada upacara peresmian penyucian sumber air di Kudadu bergema luas. Halayudha memakai kalimat-kalimat Mahapatih untuk membakar Senopati Anabrang.

“Jelas sekali, Mahapatih ingin menunjukkan kekuasaannya. Tak seharusnya Mahapatih mengatakan itu. Kesempatan itu tidak sesuai. Lagi pula kesannya justru menghalangi Senopati Mahisa Anabrang yang jelas-jelas mendapat restu dari Baginda untuk memberi peringatan Adipati Lawe.”

“Saya tak akan mundur karena ada peringatan atau tidak.” Jawaban Senopati Anabrang sama dengan Adipati Lawe.

“Aku tak pernah mencabut kata-kataku. Kalau Anabrang tak datang, aku yang datang menjelang.

“Selama ini aku hanya merasa sungkan kepada Paman Sora yang kuhormati.

Bukan karena takut. Pun kalau Nambi berada di belakangnya.

“Paman Halayudha, sampaikan tantanganku. Aku menunggu di Brantas. Di sana akan dibuktikan darah siapa yang lebih merah.”

Gema di Perguruan Awan

KETIKA Halayudha sibuk mengatur angin yang membesarkan bara di mana bisa panas, saat itulah Nyai Demang dan Galih Kaliki kembali ke Perguruan Awan.

Jaghana yang menyambut mereka pertama.

“Angin gunung, betapapun jauhnya mengembara, pasti akan  kembali juga.

Selamat tiba, Nyai Demang dan Galih Kaliki.”

“Bagus, aku sudah lama tidak mendengar suara seperti ini.” Galih Kaliki segera mengambil tempat duduk di salah satu sudut, di atas rumput. Matanya mengawasi keliling.

Wilanda sedang duduk bersemadi. Upasara Wulung nampak duduk termenung, hanya memperlihatkan senyum tipis. Sementara Gendhuk Tri seperti tak mau peduli.

“Banyak hal telah terjadi di luar, Paman Jaghana.” “Angin Keraton tak bertiup ke tempat sepi ini, sehingga saya tak mengetahui apa yang terjadi.”

“Paman Jaghana kenal dengan Kama Kangkam, dengan dua muridnya yang bernama Kama Kalandara dan Kama Kalacakra?” Jaghana menarik napas dalam.

Dadanya yang telanjang nampak penuh berisi angin.

“Pernah saya dengar, mereka datang bersama pasukan Tartar. Apakah sekarang sudah kelihatan, Nyai?”

“Sudah muncul untuk meminta Kitab Bumi di Keraton.” Gendhuk Tri mengeluarkan suara dingin.

Lalu mempermainkan batang hidungnya. Seakan tak sengaja.

“Kitab itu lebih banyak diperebutkan daripada didalami isinya. Itulah takdir yang buruk.”

“Ah, segala apa dipikirkan.

“Biar saja mereka rebutan Kitab Bumi atau Kitab Langit. Selama mereka tidak mengganggu kita, biar saja jungkir-balik sendirian.”

Ucapan Gendhuk Tri membuat Nyai Demang tertawa. “Anak kecil, kamu tahu apa tentang dunia ini?

“Kamu tak mendengar Mahapatih Nambi sudah menyinggung bahwa Perguruan Awan adalah sarang para sudra yang membangkang?”

“Biar saja, ia punya mulut dan punya kuasa.” “Kita tak bisa membiarkan begitu saja.

“Aku kembali hanya untuk menyampaikan dan melihat apakah gema itu terdengar sampai di sini. “Gendhuk, aku tak bisa seperti kamu yang bisanya hanya mengekor apa yang dilakukan Adimas Upasara!

“Aku berkepentingan dengan nama Perguruan Awan, dengan Permaisuri Rajapatni, dengan Kakang Dewa Maut!”

Upasara menahan gelora di dadanya. Gendhuk Tri langsung berdiri.

Wilanda menyelesaikan semadinya.

Hanya Jaghana yang tenang seperti semula.

“Aku tak peduli dengan Gayatri! Aku tak peduli apa yang mereka katakan tentang Perguruan Awan!

“Aku cuma mau tahu di mana Dewa Maut!”

Di balik kata-katanya yang keras dan patah-patah, nyata bahwa Gendhuk Tri terusik hatinya. Terampas perhatiannya. Karena biar bagaimanapun juga Dewa Maut paling dekat dengannya. Walaupun Gendhuk Tri selalu menunjukkan sikap jengkel setiap kali bertemu, akan tetapi ini semua tak mengurangi perhatiannya.

“Sejak kapan kamu bisa memaksaku?

“Kalau aku mau cerita tentang Permaisuri Rajapatni lebih dulu, kamu bisa

apa?”

Gendhuk Tri menggerakkan selendangnya dengan kesal.

“Memangnya kalau kamu bercerita tentang Gayatri, apa kepentingannya?” “Permaisuri Rajapatni adalah wanita, seperti aku.

“Kalau kamu mempunyai hati wanita pasti bisa merasakan yang sebenarnya.” “Perasaan apa?”

Nyai Demang tertawa senang. Bukan merasa menang. Melainkan merasa bisa mempermainkan Gendhuk Tri. Setelah mengalami berbagai pengalaman yang menegangkan, bercanda dengan Gendhuk Tri merupakan selingan yang menghibur.

“Sewaktu Permaisuri Rajapatni masih dipanggil Gayatri, ia pernah berkenalan dengan Upasara Wulung. Hubungan ini terputus karena Baginda Raja mengatakan bahwa Gayatri dan Sanggrama Wijaya diibaratkan Uma dengan Syiwa. Bahwa di kelak kemudian hari, sesuai ramalan para pendeta, turunan Dewi Uma dan Dewa Syiwa akan melahirkan raja yang meneruskan kebesaran Keraton.

“Akan tetapi nyatanya ini hanya siasat belaka.

“Nyatanya putri dari Permaisuri tak digubris. Malah putra dari seberang yang diresmikan sebagai putra mahkota.”

“Lalu apa hubungannya?”

“Hati wanita mana yang tak tersentuh mendengar pengkhianatan ini?” Upasara menggeleng lemah.

“Rasanya masih saja begitu banyak yang memperhatikan saya. Mbakyu Demang, terima kasih atas pemberitahuan ini.

“Saya bisa mengerti kalau Tuanku Permaisuri bersedih. Akan tetapi sebenarnya tak ada gunanya. Perjalanan hidup ini panjang. Kalau bukan putrinya, bukankah masih ada cucunya? Kalau bukan cucunya, bukankah masih ada cicitnya? Kalau memang keinginannya adalah meneruskan takhta?

“Kehidupan sungguh panjang. “Kesedihan tak perlu ada.”

“Nah, kamu dengar sendiri apa yang dikatakan Adimas Upasara? Jadi untuk apa sedih kalau aku tidak bercerita mengenai Dewa Maut?”

“Baik, kalau tidak mau bicara. “Paman Galih, di mana Dewa Maut?” Galih Kaliki membelalak. “Mana aku tahu?”

Gendhuk Tri mencibirkan bibirnya.

“Lelaki macam apa yang tak berani berada di luar bayangan wanita ini?” Gendhuk Tri menduga bahwa Galih Kaliki tak berani membocorkan rahasia.

Padahal sesungguhnya Galih Kaliki tak mengetahui Dewa Maut masih berada di kurungan bawah Keraton!

“Aku tak tahu.”

“Di mana dia, Nyai?” Suara Wilanda sangat rendah nadanya, akan tetapi kuat rasa ingin tahunya.

Nyai Demang tak bisa memperlama menahan rahasia. Nyai Demang menceritakan apa adanya. Bahwa ia berhasil menyusup ke kamar peraduan Baginda, akan tetapi terkena Aji Sirep Laron Halayudha, dan akhirnya disekap dalam kurungan bawah Keraton. Dan di situ bertemu dengan Dewa Maut yang tak mau diajak pergi.

“Aneh sekali. Bagaimana ia bisa sampai di tempat itu?”

“Mana kamu tahu, Gendhuk. Untuk masuk ke situ jalannya hampir tak mungkin kecuali masuk ke dalam Keraton. Berarti ia ada hubungan dengan selir-selir Baginda.”

Wajah Gendhuk Tri menjadi merah.

“Heran, bibir selalu nista begitu masih awet melekat di situ.”

“Begini-begini banyak yang memperebutkan, Gendhuk. Rajamu sampai terpesona.”

“Siapa bilang rajaku?”

“Nyatanya ia menguasai kehidupan kita. Dan kita tak bisa apa-apa.”

“Omong kosong! Aku akan datang ke Keraton untuk menjemput Dewa Maut!” Wilanda memberi tanda agar tidak tergesa. “Kita masih bisa memikirkan cara yang baik, anak manis.” Gendhuk Tri cemberut.

“Aku sudah tahu jalan pikiran Paman semua atau Kakang Upasara. Jalan terbaik adalah berada di sini, bersemadi, melihat matahari terbit dan tenggelam.”

“Baru saja kamu bilang sendiri Keraton mau jungkir-balik tak peduli, sekarang jadi sewot.”

Mendadak Nyai Demang berubah suaranya.

“Yang saya herankan, Dewa Maut bisa membaca lorong-lorong dalam tahanan bawah Keraton. Bahkan saya tertolong dan bisa lolos karena kidungan dalam Kitab Bumi.

“Itulah sebabnya saya kembali.

“Barangkali selama ini kita salah membaca kidungan. Tak ada yang menunjukkan bahwa kita harus berdiam di dalam Perguruan Awan sampai jadi tanah.

“Barangkali menikmati matahari terbit bisa juga berarti memerangi ksatria yang nakal, membungkam mulut Mahapatih yang ngawur, atau menggempur Halayudha.

“Saya makin sadar ketika ketemu Kama Kangkam, guru dari Jepun, yang luar biasa tinggi ilmunya. Yang mengaku pemilik sah ilmu Jalan Budha.

“Jepun bukan Negeri Cina. “Jepun bukan Tartar. “Jepun bukan Hindia.

“Jepun akan menghancurkan pohon untuk membuat sawah. Jepun akan mencabut pedang panjang untuk menciptakan kebahagiaan. Kalau benar itu persamaannya dengan Kitab Bumi, saya percaya sepenuhnya Eyang Sepuh selama ini tidak pernah menyembunyikan diri! Tidak mengasingkan diri dan bunuh diri seperti Adimas Upasara yang pengecut! “Saya datang untuk pamit dari kalian.” Tiga Langkah, Tiga Jagat

JAGHANA yang selama ini paling tenang, paling bisa menahan diri dari omongan yang tak keruan juntrungannya, jadi mendongak.

Nada ucapan Nyai Demang berbeda dari biasanya. Melengking dan sarat oleh kekesalan.

“Saya, Nyai Demang, mulai hari ini juga tak akan menginjak tanah Perguruan Awan untuk menyembunyikan diri. Hari ini saya telah puas bisa mengatakan isi hati saya.

“Paman Jaghana, Paman Wilanda, Kakang Galih, Adimas Upasara, dan juga Gendhuk, kita tak mempunyai ikatan batin dengan Perguruan Awan. Kalau suatu hari kelak kita bertemu, tak usah mengikat dan mengingat bahwa kita pernah bersama- sama di tempat ini.”

Galih Kaliki meloncat bangun.

“Nyai, aku boleh ikut kamu atau tidak?” “Kakang Galih, di sinilah tempatmu.

“Sarang persembunyian yang empuk. Yang menganggap membunuh nyamuk adalah melakukan dosa, yang membiarkan dunia jungkir-balik, yang menganggap menikmati sinar matahari adalah jalan ke surga.”

“Tunggu.” Jaghana meloncat menghadang.

“Kalau Paman merintangi jalanku, jangan salahkan kalau aku main kasar.” “Nyai, aku hanya ingin mendengar kenapa Nyai tiba-tiba berkata seperti itu.” Nyai Demang menggeleng.

“Tak ada gunanya berteriak di depan orang tuli. Tak ada bedanya menembang kidungan atau merintih.” Tangan Nyai Demang terulur cepat. Dada Jaghana terdorong.

Tenaga Nyai Demang seperti mengenai karung kosong. Tanpa peduli, Nyai Demang menyusuli dengan pukulan kedua. Jaghana menghindar dengan menjatuhkan diri secara berguling.

Di luar dugaan, Nyai Demang maju menerkam. Tubuhnya diayun, menjatuhi tubuh Jaghana dengan cengkeraman langsung ke arah jakun.

Gendhuk Tri berteriak keras. “Awas!”

Wilanda pun tak menduga bahwa Nyai Demang menyerang secara ganas. Bahkan ketika tiba-tiba merentangkan tangan dan menghantam dada, Wilanda menduga ini hanya sekadar pelampiasan kejengkelan saja. Sungguh tak terduga bahwa Nyai Demang menyerang dengan jurus-jurus mematikan.

Jaghana bergulung bagai gasing. Kepalanya yang gundul pelontos seperti membenam ke dalam dada. Namun tak urung, pipinya terkena serempetan cengkeraman. Mengakibatkan luka panjang dan darah merah.

Sewaktu menubruk tadi, Nyai Demang menjatuhkan diri ke rumput. Namun dalam seketika tubuhnya terayun kembali dengan kekuatan tangan, dan kedua kakinya menggunting Jaghana yang mau tidak mau terpaksa menangkis.

Nyai Demang mendahului dengan tamparan telapak tangan terbuka, sehingga Jaghana memiliki jalan mundur. Begitu kakinya menginjak tanah, membuat gerakan cepat. Maju selangkah, mundur selangkah, dan maju lagi. Gerakan kaki yang demikian ini tidak pada satu titik sumbu, sehingga meskipun kelihatannya seperti maju-mundur di tempat, akan tetapi mengurung gerak Jaghana.

Dengan ilmu memutar tubuh bagai gasing, sebenarnya Jaghana tidak sekadar bertahan, akan tetapi juga memberikan perlawanan. Karena dalam memutar tubuh pada kecepatan tinggi, kemungkinan untuk mengatur tenaga serangan tak bisa dikendalikan mana keras mana lunak.

Jaghana menyadari bahwa serangan Nyai Demang bukan serangan main-main. Kaki kiri Nyai Demang mengurung maju satu langkah, Jaghana terpaksa mundur, tetapi justru pada saat itu Nyai Demang mundur selangkah menjauh. Ketika Jaghana ragu, gerakan kaki Nyai Demang sudah maju selangkah!

Secepat kakinya mematok, secepat itu pula tangannya menggaplok.

Jaghana yang berputar, menangkis serangan tangan dan kaki, jadi mengeluarkan seruan tertahan. Kekuatan kaki Nyai Demang jadi luar biasa mengagetkan. Seperti sepuluh tenaga yang biasa dikenalnya.

Jaghana tak bisa menahan tubuhnya untuk tidak melorot turun. Saat itulah telapak tangan Nyai Demang mematok gundul Jaghana.

Galih Kaliki berteriak nyaring sambil mengangsurkan tongkatnya yang disentakkan ke atas menahan getokan Nyai Demang. Tapi Nyai Demang hanya mengeluarkan suara dingin. Tangannya berubah menjadi cengkeraman. Menggenggam tongkat, saling tarik dengan Galih Kaliki. Sekali membetot, merenggangkan, dan kemudian menyentak keras.

“Lepas!”

Gendhuk Tri masih menduga bahwa tongkat akan dilepaskan Galih Kaliki. Karena tak mungkin Galih Kaliki bertahan dengan tetap memegangi, sebab ini berarti adu tenaga dan akan membahayakan Nyai Demang. Dugaan Gendhuk Tri berdasarkan perhitungan bahwa Galih Kaliki terlalu menyayangi Nyai Demang.

Justru dugaannya meleset!

Galih Kaliki tidak ingin melukai Nyai Demang, memang. Akan tetapi ia tak melepaskan tongkatnya begitu saja, justru karena menyadari tenaga Nyai Demang sangat besar. Bisa-bisa tongkat itu mengemplang kepala Jaghana yang gundul pelontos.

Galih Kaliki lebih suka tetap menahan.

Dan hatinya mencelos, ketika terisap tenaga keras hingga tubuhnya terlontar ke angkasa. Dan masih ngotot memegangi tongkat. Nyai Demang menggenjot tubuhnya melayang. Satu pukulan tangan kanan dilemparkan, sebelum menyentuh lawan ditarik kembali dan diganti dengan pukulan tangan kiri.

Buk! Tubuh Galih Kaliki berdebuk di tanah.

Jaghana yang kini bisa berdiri tegak, berusaha melindungi. Akan tetapi untuk kedua kalinya, dengan serangan yang sama, Jaghana kena tendang. Kali ini Gendhuk Tri yang menerjang.

“Hati-hati, Gendhuk. Ini jurus Tiga Langkah Kresna.” Suara peringatan Wilanda terlambat.

Siku Nyai Demang mengenai ulu hati Gendhuk Tri yang langsung membuatnya melorot!

Nyai Demang berdiri garang!

“Dengan sepenuh hati kalian belum tentu menang. Apalagi kalau separuh- separuh seperti ini.”

Dengan kaki terpincang-pincang, Jaghana menggulung kembali tubuhnya dan maju menerjang.

Aba-aba peringatan dari Wilanda membuatnya berhati-hati menghadapi Nyai Demang yang menjadi galak.

Tiga Langkah Kresna atau lebih lengkap disebut Tiga Langkah Kresna Menguasai Tiga Jagat, juga disebut tiwikrama. Kata ini lebih dikenal dari sebutan aslinya yaitu triwikrama atau tiga langkah.

Dalam pengertian dari kata-katanya memang bisa berarti tiga langkah. Langkah maju, mundur, dan maju lagi menggempur. Akan tetapi sesungguhnya artinya lebih besar dari itu. Tiwikrama bukan hanya berarti tiga langkah, akan tetapi tiga langkah Kresna. Tokoh pewayangan titisan Dewa Wisnu yang ketika tiwikrama tubuhnya berubah menjadi raksasa, yang kalau berbaring sanggup membendung Kali Brantas. Digambarkan mempunyai kepala sepuluh yang siap menerkam.

Tiwikrama sebenarnya tak bisa disebut jurus, karena ini hanya bertumpu kepada pengaturan tenaga dalam. Tiwikrama baru bisa memberikan tenaga bila digabungkan dengan jurus lain. Konon, jurus yang sering digabungkan adalah jurus garuda, sehingga menjadi Garuda Tiwikrama, yang pernah dipakai oleh Raja Airlangga dalam menaklukkan tokoh misteri Mbok Randa Dirah. Akan tetapi selama ini Jaghana tak pernah mendengar lagi latihan pernapasan Tiwikrama. Hanya Eyang Sepuh pernah menyebut-nyebut sebagai cara berlatih napas yang unggul. Akan tetapi juga berbahaya, karena pengaturan napasnya bertentangan dengan irama yang wajar. Tidak dimulai dengan menarik napas, akan tetapi dengan mengembuskan napas lebih dulu.

Menurut penuturan Eyang Sepuh, latihan pernapasan Tiwikrama sudah lama ditinggalkan para ksatria karena banyak mengandung pertentangan di dalam otot dan urat tubuh.

Agak mencengangkan juga bahwa Nyai Demang secara tiba-tiba memakai pengerahan tenaga dalam Tiwikrama. Dan memainkan secara murni dengan tiga langkah serangan. Tanpa digabungkan dengan jurus yang lain.

Hanya karena dasar-dasar tenaga dalam Nyai Demang tak terlalu istimewa, pelipatan tenaga dalam tidak menjadi serangan maut. Karena kalau benar begitu, Galih Kaliki maupun Gendhuk Tri pasti tak sempat merintih.

Peringatan Wilanda membuat Jaghana sangat berhati-hati.

Gendhuk Tri pernah terkubur dalam Gua Lawang Sewu yang menyesakkan napas, akan tetapi tetap tidak seseram kenyataan yang dialami sekarang ini.

"Naga Alit, inilah takdir."

Tangan Naga Nareswara menyentuh tubuh Gendhuk Tri, menghilangkan kebekuan urat-urat tubuh dan bibirnya.

"Percuma. Lebih enak beku, Kakek Guru. Bergerak juga susah." "Nyalimu gede."

"Lebih baik tetap bernyali Naga, daripada bergelar Naga tapi nyalinya lebih kecil dari tikus. Setidaknya Kakek Guru masih bisa hidup lebih lama dari saya. Tubuh saya bisa dimakan untuk memperpanjang usia."

Naga Nareswara menggelengkan kepalanya. "Hebat. Kamu ini hebat. Sekali tarik napas, aku bisa membunuhmu. Tapi kamu tak gentar. Hebat. Oho, ternyata tanah Jawa ini penuh dengan tikus licik dan Naga hebat. Kenangan akhir yang kubawa ke kehidupan nanti."

Pengembaraan Bersahaja

KETIKA itu, Upasara Wulung sudah jauh meninggalkan Perguruan Awan.

Berjalan tanpa tujuan di awalnya. Mengikuti suara hatinya. Baru kemudian sadar, bahwa masih ada yang ingin dilakukan dalam hidupnya. Masih ada dharma yang bisa dilakukan.

Yaitu membalas budi Pak Toikromo.

Seorang penduduk biasa, yang dalam perjalanan takdir dipertemukan dengannya. Seorang kusir pedati bersahaja dengan keinginan yang membuat Upasara merasa begitu mulia. Mengangkat sebagai menantu.

Akan tetapi justru dari keinginan yang begitu sederhana, Pak Toikromo terseret sampai ke Perguruan Awan, sebagai tawanan.

Selama ini Upasara merasa sangat berdosa kepada Pak Toikromo. Maka keinginannya adalah menemui Pak Toikromo untuk meminta maaf.

Setidaknya ini akan membuat hatinya lebih ringan.

Upasara merasa banyak kekeliruan yang dilakukan dalam hidupnya, akan tetapi kekeliruan yang membuatnya menyesal adalah menyeret kehidupan Pak Toikromo.

Dengan mengandalkan ingatan masa lampau, dan bertanya kiri-kanan, Upasara berusaha mencari tempat tinggal Pak Toikromo yang belum diketahui.

Maka cukup melegakan bahwa akhirnya rumah itu bisa ditemukan. Sebuah rumah yang sangat sederhana.

Rumah dari tanah, dengan atap daun kelapa. Di kesunyian rimbunan pepohonan. Upasara berdebar ketika mencoba masuk ke halaman.

Rumah itu tertutup. Pedati yang dulu ada di pekarangan sebelah. Tanpa sapi. Upasara ragu.

Termangu. "Nak Upa..."

Suara bersahaja yang mampu menggetarkan sukmanya. Upasara menoleh ke arah datangnya suara.

Wajah seorang lelaki tua, sebagian tertutup caping daun kelapa kering yang sobek-sobek di bagian pinggir. Dada telanjang, hitam oleh cahaya matahari, dengan urat-urat yang mirip tanah tanggul di persawahan.

Wajah penduduk biasa. Wajah sangat sederhana. "Bapak..."

Entah dari mana datangnya kemampuan Upasara untuk mengucapkan kata itu.

Sesuatu yang tidak dimengerti. Terlontar begitu saja. Meluncur begitu saja.

Dan membuat Upasara seperti dirobek ulu hatinya!

Seumur hidupnya, ia belum pernah mengucapkan sebutan "Bapak". Tidak juga kepada Ngabehi Pandu yang mendidik dan mengajarinya ilmu silat!

Ucapan yang biasa itu mempunyai makna yang dalam, justru karena Upasara tak mengenal siapa bapak kandungnya yang sesungguhnya. Apakah Ngabehi Pandu, atau Baginda Raja Sri Kertanegara!

"Akhirnya kamu datang juga, Nak Upa.

"Masuklah, duduklah di dalam. Rumah ini sejak lama tak pernah dibuka." Upasara menunggu. Pak Toikromo membuka pintu dari dalam. Upasara masuk. Duduk di bambu tua yang sudah kehilangan warna. Tertutup debu.

Entah berapa lama pintu depan tak dibuka. Entah berapa lama bambu ini tak diduduki.

"Saya datang untuk ngabekti."

"Saya terima pangabektenmu, Nak Upa.

"Ya, begini ini gubuk bapakmu. Gubuk paling gagah di dusun ini. Bapak sudah tua, tak bisa memanjat pohon kelapa."

Napas Upasara tersengal. Air matanya menggumpal.

Inilah tangisnya yang pertama yang disadari. Dan Upasara merasa ikhlas, lega, meneteskan air mata.

Apa lagi yang akan dikatakan atau akan didengar? Yang dialami sekarang ini lebih jelas dari segala kata, lebih nyata dari segala penjelasan.

Sebuah rumah sederhana. Di tengah pedusunan sederhana. Jauh dari intrik Keraton. Udara, tanah, yang sederhana, seadanya.

Seorang lelaki, penduduk Majapahit atau Singasari yang tak pernah terlibat langsung dengan pergantian kekuasaan, tak pernah terikat dengan ayunan pedang siapa lebih tajam, keris siapa yang lebih mengiris. Tetapi yang tak bisa melepaskan diri dari terkaman kejadian.

Inilah gambaran kenyataan!

Apa artinya ilmu segala ilmu yang dipelajari, kalau ternyata seorang seperti Pak Toikromo—yang jumlahnya banyak sekali—tak pernah merasakan artinya?

Apa artinya pembangunan Keraton yang megah dan dahsyat, kalau ternyata Pak Toikromo tak menikmati?

Apa artinya peperangan demi peperangan bagi seorang Toikromo selain memperpanjang penderitaan? Apa artinya disesali, kalau bagi Toikromo sendiri ini semua bukan sesuatu yang harus disalahkan?

Tak ada tuduhan. Tak ada pertanyaan yang menggugat dalam penampilan Pak Toikromo. Wajah itu, di mata Upasara, tak menyembunyikan apa-apa.

Bersahaja.

Seperti juga ceritanya, yang disuarakan dengan sikap menerima, dan bahagia. "Sapi bapakmu ini sudah tak ada, Nak Upa. Diambil yang punya. Anak

bapakmu yang dulu saya janjikan untuk dikawini Nak Upa, sudah ketemu jodohnya.

"Anggota keluarga juga sudah tak ada. "Tinggal bapakmu ini. Makin tua." "Bapak..."

"Syukur, kamu tetap mau memanggil dan mengakuiku sebagai bapakmu. "Tenangkan hatimu di sini, Nak Upa."

Tak ada pertanyaan apa-apa dari Pak Toikromo. Tidak juga mengenai peristiwa di Perguruan Awan dulu itu. Hanya Pak Toikromo merasakan ada kegelisahan dalam diri Upasara. Itu sebabnya ada kata untuk "menenangkan".

Itu yang kemudian dirasakan Upasara.

Upasara mengatakan kepada dirinya sendiri, bahwa inilah akhir pengembaraannya. Batinnya telah berkelana begitu jauh, melewati puncak-puncak yang menegangkan, pertarungan mati-hidup.

Inilah muara. Inilah rumah.

Upasara mulai dalam kehidupan yang biasa, menemani Pak Toikromo. Menengok tegalan, melihat tanaman singkong, pepaya, mencari kayu bakar. Mencari air dari sungai untuk menyirami tanamannya. Memberi makan ayam-ayam.

Tiba-tiba semua menjadi bermakna bagi Upasara. Jauh lebih berharga dari berbagai pengalaman hidupnya selama ini. Baik semasa di Keraton, ataupun pengembaraan sampai ke Perguruan Awan.

Cara hidup yang sesungguhnya, kata Upasara dalam hati.

Di Perguruan Awan, ia bisa menikmati matahari terbit dan tenggelam. Akan tetapi itu dari sudut pandang yang berbeda dari sekarang ini. Betapa sesungguhnya perjalanan hidupnya selama ini kosong!

Kelelahan malam membawa tidurnya pulas.

Embun dan sinar pagi membangunkan, membuatnya bergegas mencari air ke sungai, melihat tanaman di tegalan, mencari kayu bakar kembali, dan merebus ubi.

Pergi ke kandang ayam sambil menghitung telur.

"Bapak ini sengaja memelihara ayam, karena percaya suatu hari kamu akan datang kemari, Nak Upa."

"Barangkali doa Bapak yang menuntun langkah saya."

"Juga tebat di dekat sungai. Di sana ada ikan yang sudah gemuk-gemuk.

Bapakmu ini yang memelihara.

"Kalau mencari ikan di sungai, bapakmu ini akan menyimpan di tebat itu. Bisa untuk makan Nak Upa nanti.

"Ada saatnya banjir selalu datang, dan tebat itu tergenang. Ikan-ikan kembali ke sungai. Tebat itu kosong. Tapi bapakmu ini akan mencarinya lagi di saat air sungai surut. Beberapa ikan yang dulu, yang sekarang bertambah gemuk, masih bisa bapakmu kenali dengan baik. Meskipun pandangan mata mulai lamur, tapi bapakmu ini masih mengenali, Nak Upa.

"Akhirnya kamu datang juga, Nak Upa. Dewa yang Mahaagung sungguh murah dan maha welas asih. Baginda Raja sungguh melindungi doa penyembahnya.

"Kamu datang, Nak Upa."

Upasara makin tenteram, makin kerasan, makin bahagia. Serasa menemukan apa yang selama ini dicarinya. Rasa bersyukur yang dimiliki Pak Toikromo. Mengumpulkan ikan dari sungai yang setiap banjir lepas kembali. Rasa syukur kepada Dewa, dan juga kepada Raja, seolah kemuliaan dan kebajikan Rajalah yang membuat Upasara datang padanya.

Betapa remuk hati Upasara ketika suatu siang sepulang dari sungai, Upasara mengetahui rumah yang dihuni Pak Toikromo sudah rata dengan tanah! Pedati yang telah rongsokan itu pun dihancurkan. Hanya tinggal bulu ayam bertebaran.

Duka Pun Tak Tersisa

SESAAT Upasara seakan tanpa sukma. Pandangan bengong tak percaya.

Dadanya seolah disodok dengan tonjokan yang membuat seluruh perasaannya tumpul seketika. Mimpi yang buruk pun tak terbayangkan seperti ini kejadiannya.

Baru dalam napas berikutnya, Upasara sadar bahwa sesuatu yang mengerikan baru saja terjadi.

Sesaat berikutnya Upasara masih menduga bahwa ini semua ulah Nyai Demang untuk memancingnya. Seperti dulu juga. Akan tetapi kemudian sadar bahwa dugaannya adalah dosa yang sempurna. Sejahat apa pun, tak nanti Nyai Demang tega menghancurkan rumah Pak Toikromo rata dengan tanah. Tak nanti bakal memorakporandakan kandang ayam!

Harapan Upasara hanyalah bahwa kejadian itu untuk mengagetkan jiwanya, akan tetapi bukan keselamatan Pak Toikromo. Nyatanya itu harapan yang sia-sia belaka.

Setelah pandangan Upasara bisa melihat lebih jelas, matanya menemukan tubuh yang sangat dihormati rebah di bawah roda yang hancur. Tangannya masih menggenggam erat bulu-bulu ayam, yang agaknya berusaha dipertahankan sampai titik darah penghabisan. Bagian leher dan dada teriris dengan bekas luka yang dalam dan lebar. Tiga atau empat tulang iga tersayat putus.

Iblis laknat mana yang begitu kejam?

Apa kesalahan Pak Toikromo sehingga harus dihancurkan secara begitu mengenaskan? Ini peristiwa macam apa lagi yang harus dihadapi?

Upasara jongkok. Memangku kepala Pak Toikromo seperti dulu memangku kepala Ngabehi Pandu. Dengan perasaan pilu yang pekat. Air matanya bahkan tak bisa menetes lagi. Tangannya yang gemetar dan dadanya bergerak-gerak terseret oleh getar emosi yang tak bisa dikuasai.

Ngabehi Pandu, guru dan yang dianggap pengganti ayahnya, gugur dalam pertarungan yang jujur. Pertarungan para ksatria. Sedangkan Pak Toikromo, meninggal karena perlakuan semena-mena. Kematian karena kekalahan dalam pertarungan yang tak seimbang! Kematian karena perbedaan kekuatan. Jelas lawan menggunakan senjata yang berat dan mempunyai kemampuan ilmu silat. Sedangkan Pak Toikromo hanyalah penduduk biasa.

Upasara mengutuki dirinya!

Jarak antara rumah dan sungai tak begitu jauh. Ia datang dan pergi ke tegalan untuk mengairi. Tapi toh tetap tak bisa mendengar sesuatu yang mencurigakan. Sedikit pun tidak. Padahal robohnya rumah tua, hancurnya gerobak, serta jeritan terakhir Pak Toikromo pastilah cukup jelas terdengar.

Dirinya patut dikutuk!

Dirinya adalah manusia cacat! Tak bisa mendengar apa-apa lagi. Bahkan juga tak mendengar jeritan kematian ayah yang begitu dihormati.

Tiga hari tiga malam Upasara menunggui di pinggir makam Pak Toikromo. Tiga hari tiga malam Upasara mencoba merenungkan semua kejadian yang menghancurkan pribadinya. Sejumlah pertanyaan tak terjawab. Apa sebenarnya kesalahan Pak Toikromo? Apa sebabnya sampai dibunuh dengan begitu mengenaskan? Kalau karena perampokan, kenapa begitu keji? Kalau bukan perampokan, apakah kematian Pak Toikromo karena dirinya?

Upasara makin merasa sesak dadanya.

Tumpat padat berdesakan berbagai macam perasaan. Apakah ia mendiamkan saja peristiwa ini? Ataukah membalas dendam? Kepada siapa? Apakah ia mampu?

Betapa sengsaranya menjadi rakyat jelata. Di tangan perampok atau jago silat, ia hanyalah alat permainan belaka. Tanpa bisa membela diri sedikit pun. Duka pun tak tersisa ketika Upasara terhuyung-huyung meninggalkan tempat itu, setelah berdoa untuk terakhir kalinya. Di sekelilingnya tak ada tempat untuk bertanya. Kalaupun ada rumah-rumah lain, letaknya sangat jauh. Akan tetapi Upasara mencoba mendapatkan berita yang bisa dijadikan titik pangkal membalas dendam atau menyelesaikan perkara.

Sebab ini berbeda dari pertarungan para jago silat, berbeda dari ketika secara sengaja ia melepaskan tenaga dalamnya. Ini adalah kesewenang-wenangan yang tak bisa dimaafkan. Upasara tak akan mati tenteram sebelum mengetahui kejadian yang sebenarnya.

Betapa kecewanya ia ketika mengetahui bahwa rumah terdekat pun mengalami hal yang sama. Rata dengan tanah, tak ada lagi yang ditemui selain mayat suami-istri dengan anak kecil, dengan bekas luka yang sama. Dan pada dua rumah berikutnya, kejadiannya persis sama.

Dengan penuh hormat, Upasara menguburkan semua jenazah yang ditemui. Walau kini tenaga dalamnya tak ada lagi, Upasara masih bisa mengetahui bahwa si pembunuh pastilah orang yang mempunyai tenaga dalam cukup kuat, dan mampu mengangkat senjata berat. Semua korban terkena satu kali sabetan!

Walau Pak Toikromo dan korban lain bukan jago silat, akan tetapi bukan tak mungkin mengadakan perlawanan seadanya. Akan tetapi dari bukti-bukti yang dilihatnya, perlawanan itu tak terlihat sedikit pun. Atau sebelum ada perlawanan mereka telah menjadi korban Pembunuh Bergolok Berat!

Dalam kobaran nafsu membalas dendam, Upasara mulai menyadari kembali kemampuannya untuk berlatih pernapasan. Dengan kemampuan yang tersisa, Upasara berusaha mengalirkan udara lewat hidung dalam satu tarikan kuat, menyalurkan udara ke atas ubun-ubun, ke bawah lewat tulang belakang, dan dikumpulkan sekuat mungkin dalam perut. Untuk diempaskan lewat lubang-lubang kulit tangannya yang mengentak ke depan.

Dengan cara seperti ini Upasara mulai berlatih dari awal lagi. Akan tetapi, setiap kali mencoba memusatkan pikiran, yang muncul dalam bayangannya adalah wajah Pak Toikromo. Yang begitu bersahaja. Yang memandang tanpa dendam, tanpa curiga. Yang pasrah tanpa perlawanan. Atau kadang berganti dengan wajah seorang lelaki yang berjanggut lebat, membawa golok, matanya merah dan siap membabat kepala Upasara. Atau tulang iga Upasara.

Sehingga pemusatan pikiran Upasara menjadi buyar. Makin dipaksa, makin kacau.

Hingga napasnya menjadi tersengal-sengal, terbatuk-batuk, dan dadanya terasa sakit sekali. Akan tetapi Upasara tak mau menyerah. Semakin sakit, semakin dipaksanya. Semakin tersengal, semakin bengal ia mengulang kembali. Sampai peningnya sempurna, dan Upasara seperti terseret dalam lamunan tak menentu. Dan baru terbangun sendiri dengan pikiran dan raga yang letih.

Upasara memaksa terus.

Baginya hanya ada satu cara. Mengembalikan tenaga dalam sebisanya dan membuat terang siapa Pembunuh Bergolok Berat atau dirinya menjadi korban karenanya.

Jalan kedua ini dianggap lebih baik daripada jalan pertama! Mati pun tak percuma, karena sudah berusaha!

Maka Upasara kembali berlatih.

"Betul-betul edan. Kalau tempayan sedang penuh air, bagaimana mungkin akan bisa mengisinya?"

Walau kini Upasara bagai orang cacat dan sedang linglung, akan tetapi jalan pikirannya masih bisa bekerja dengan baik. Apalagi yang berkaitan dengan dasar- dasar ilmu kanuragan. Bukan sesuatu hal yang luar biasa mengingat sepanjang hidupnya selalu bergumul dengan hal itu.

Kalimat yang didengarnya adalah bagian dari dasar-dasar ilmu silat. Bagian dari cara mengosongkan pikiran kalau mau mempelajari ilmu silat.

Kalau tempayan penuh berisi air, tak ada gunanya menambah air ke dalamnya. Hanya akan tumpah belaka.

Kalau tempayan itu perumpamaan tubuh Upasara, saat ini sedang penuh dendam dan panas oleh secepatnya mengembalikan tenaga dalam. Jadi tak ada gunanya kalau mencoba mempelajari pernapasan.

"Kalau cara seperti itu mau dipamerkan, aku sudah tahu sebelum kamu mengenal dunia." Jawaban Upasara membuat tawa bergelak.

Yang tertawa adalah seorang lelaki yang wajahnya tertutup caping. Hanya tangannya yang memegang tongkat, yang biasanya digunakan untuk menggiring itik, bergerak-gerak.

"Itu yang namanya edan. Sudah tahu tempayan penuh masih nekat dijejali air. "Anak muda, siapa namamu dan apa maumu dengan berlatih cara pernapasan

yang sudah tak diajarkan karena sudah kuno itu?" Upasara mendongak.

Ganti tertawa.

"Orang tua, siapa namamu dan apa maumu sok pamer ilmu pernapasan, yang tak bisa dibedakan mana yang kuno dan mana yang baru? Selama masih mengisap udara dan mengatur tenaga di dalam tubuh, apakah itu bisa disebut kuno atau baru?"

"Edan, kamu tahu tentang cara-cara melatih pernapasan. Tapi tenagamu kalah kuat dibandingkan seekor itik."

"Seekor bebek bisa menggerakkan ekornya untuk mencari tenaga. Seekor kumbang bisa menggerakkan sayapnya untuk terbang. Itulah tenaga utama. Akan tetapi seribu ekor itik, seribu ekor kumbang, akan bergerak dengan cara yang sama sejak diciptakan pertama kali. Tak nanti seekor itik atau bebek bisa menarik seekor kuda."
DONASI VIA TRAKTEER Bagi para cianpwe yang mau donasi untuk biaya operasional Cerita Silat IndoMandarin dipersilahkan klik tombol hati merah disamping :)

Posting Komentar