Senopati Pamungkas Buku - I Jilid 26

Jilid 26

Membasmi Hingga Cindil Abang Halayudha sudah menyiapkan semuanya.

Begitu lolos dari kurungan bawah Keraton, Halayudha langsung menghadap Baginda. Serta-merta menyerahkan diri, minta hukuman mati.

"Menjatuhkan hukuman mati bagimu, tak perlu mencuci tangan lebih dulu.

Tetapi katakan, apa kesalahanmu."

Dengan segala kecerdikannya, Halayudha menyusun laporan bahwa sebenarnya ia sangat berdosa, karena bersedia dititipi cundhuk kenangan dari Permaisuri Rajapatni buat Upasara. Selama ini ia tak berani melapor ke Baginda. Namun ia mengambil prakarsa sendiri untuk mengurung Upasara secara hidup-hidup.

Itulah yang diakui sebagai dosa.

Hal yang kedua yang disampaikan ialah bahwa para jago silat akan berebut kesaktian. Maka Halayudha ingin mengalihkan medan pertempuran ke Trowulan. Agar pihak Keraton tidak terseret, sebaiknya Halayudha secara pribadi yang menangani. Mohon petunjuk Baginda.

Dalam situasi seperti itu, Baginda lebih terpukul oleh berita bahwa permaisurinya ternyata masih menyimpan kenangan terhadap Upasara. Maka keinginan Halayudha diluluskan, sementara Baginda ingin menyelidiki Permaisuri.

Kepada Mahapatih Nambi, Halayudha menjelaskan bahwa sebenarnya ia hanya menjalankan tugas menangkap Upasara-hidup atau mati. Karena Upasara sangat kurang ajar berani berhubungan dengan Permaisuri.

Karena Upasara mempunyai pengikut yang banyak, atas nama Baginda Halayudha akan membawa senopati pilihan menuju Trowulan. Padahal ia sendiri yang menyebarkan undangan bahwa tempat pertemuan di Trowulan.

Dengan membawa senopati pilihan, Halayudha siap melaksanakan semua impiannya. Menyapu bersih lawan-lawannya. Bagi Halayudha tumpes tekan cindil abang, atau menumpas hingga anak tikus yang masih merah, adalah siasat habis- habisan. Artinya akan menumpas lawan hingga habis.

Cindil adalah anak tikus, abang, berarti merah. Jadi bahkan bayi tikus yang masih merah pun harus dibasmi, kalau ingin memusnahkan lawan hingga ke akar- akarnya. Halayudha tak mempunyai pilihan lain, karena sekarang ini yang bermunculan adalah tokoh-tokoh sakti mandraguna, dalam tingkat yang sulit ditandingi.

Paman Sepuh Dodot Bintulu, yang adalah gurunya sendiri, tak mungkin bisa dihadapi. Untuk itu satu-satunya cara menghadapi adalah mengadu dengan Kiai Sambartaka-yang pernah disebut-sebut Naga Nareswara. Atau juga dengan ketiga Kangkam yang rasanya setanding dengan mereka. Dengan perhitungan masih mungkin muncul empu-empu yang kampiun, Halayudha menyiapkan satu medan.

Saat itu ia justru akan melibatkan para senopati Keraton, termasuk Mahapatih Nambi. Sebab ganjalan utamanya tinggal Mahapatih Nambi. Kalau Mahapatih bisa ditarik ke medan pertempuran, berarti pulang hanya tinggal nama.

Ia bisa merebut posisi. Ia bisa mengganti.

Apa susahnya melaporkan kepada Baginda, bahwa Mahapatih Nambi sudah diberitahu untuk tidak terlibat, akan tetapi ingin memperlihatkan kekuatannya.

Halayudha sedikit kecewa, karena sebenarnya ingin mengajukan satu nama agar sepadan. Yaitu Raja Segala Naga atau Naga Nareswara. Hanya saja ia telah telanjur menguburnya hidup-hidup dengan Gendhuk Tri.

Kalau tidak, ini benar-benar menjadi pertarungan puncak di atas puncak. Para pendekar utama dari Tartar, Hindia, Jawa, Jepun, bertarung menjadi satu.

Dari sekian banyak nama, Halayudha hanya takut pada satu nama, yaitu gurunya sendiri. Rasa bersalah tidak terlalu menghantuinya, akan tetapi kalau mengingat pembalasan yang akan diterimanya, membuat tetap gelisah.

Banyak tipu muslihat bisa dilakukan dengan sempurna tanpa berkedip. Namun sekali ini Halayudha bergidik. Karena tahu persis apa tindakan yang akan diambil gurunya yang sakti.

Halayudha terpaksa memutar otak untuk tidak sampai bertemu dengan bayangan gurunya! Satu-satunya jalan ialah mengundang para ksatria. Semakin banyak ksatria bermunculan, dirinya akan semakin tersembunyi. Maka yang dikerahkan ikut muncul secara diam-diam adalah para senopati pilihan.

Halayudha melihat bahwa undangan yang digoreskan di dinding banyak menarik perhatian para ksatria. Dalam perjalanannya, ia segera mengenali bahwa kedua belas murid Kiai Sumelang Gandring ikut datang. Lengkap seluruhnya.

Demikian juga Jaghana dan Wilanda yang datang tanpa penyamaran. Satu langkah telah berhasil. Menggerakkan semua ksatria ke suatu tempat.

Yang segera bisa dikenali ialah hadirnya Kama Kalacakra dan Kama Kalandara. Karena ikatan kucir di rambutnya maupun kepalanya yang separuh botak. Hanya saja Halayudha masih was-was karena guru mereka berdua-tokoh utamanya, Kama Kangkam-belum kelihatan.

Dukuh Trowulan mendadak berubah dengan datangnya tokoh-tokoh yang kelihatan saling berdiam diri.

Upasara yang sepenuhnya menyembunyikan diri merasa bahwa udara di dukuh itu makin panas dan berbau kematian. Kekuatiran terbukti ketika keesokan harinya sebagian atau seluruh penduduk Trowulan terbunuh.

Tubuhnya terbelah dengan sabetan miring!

Ini berarti Paman Sepuh Dodot Bintulu sudah bereaksi untuk memperlihatkan diri. Tokoh sakti yang sejajar dengan Eyang Sepuh dan Mpu Raganata ini ternyata begitu ringan tangan untuk menyapu bersih semua penduduk setempat.

Menyaksikan begitu banyak mayat bergeletakan, Upasara tak bisa menahan dirinya lagi. Dengan gagah perkasa ia menuju ke suatu tanah terbuka.

Satu tangan memegang Kangkam Galih, Upasara berteriak mengguntur, "Kesaktian dan bukan kesaktian tidak dibuktikan dengan membunuh

penduduk tanpa dosa.

"Kalau memperebutkan Jalan Budha, kenapa harus melewati jalan yang sesat. "Hari ini aku, Upasara Wulung, menunggu di sini. Aku datang untuk menerima undangan, dan siap dengan segala apa yang terjadi. Bukan seperti penduduk setempat yang tidak tahu segala apa.

"Hari ini, aku menunggu di tempat ini."

Serentak dengan itu semua pandangan tertuju kepada Upasara. Wilanda dan Jaghana segera meloncat mendekat dan saling melemparkan senyum hormat.

Kelihatan jelas dari pandangan mereka berdua banyak yang ingin dibicarakan, akan tetapi bisa dipendam.

"Aku, Upasara Wulung, dari Nirada Manggala, menunggu di sini." Belum habis ucapan Upasara Wulung, kedua belas murid Kiai Sumelang

Gandring sudah membentuk barisan yang mengepung. Bagian awal serangan Jiwandana Jiwana.

"Kami murid Kiai Sumelang Gandring mohon dengan sangat diikutkan dalam memilih jalan utama ini."

Kama Kalacakra dan Kama Kalandara juga maju sambil membungkukkan

badan.

"Kami berdua mewakili guru kami untuk menanyakan mengapa bukan Eyang Sepuh sendiri yang datang menyambut, mengingat kami datang dari jauh."

Upasara balas menghormat.

"Maaf, Kisanak dari Jepun. Saya tak bisa mengatakan apa dan bagaimana mengenai Eyang Sepuh pepunden, yang kami muliakan. Beliau telah menyerahkan segala tanggung jawab Perguruan Awan kepada kami."

Jaghana dan Wilanda ikut mengangguk hormat.

"Kalau begitu caranya, rasanya tak perlu guru kami datang sendiri. Cukup diwakili kami berdua."

"Kalau itu yang dikehendaki, silakan." Mendadak terdengar sindiran halus tapi menyayat.

"Segala tikus celurut Jawa ini hanya pintar memutar lidah. Mana mungkin kalian tetap menghormati Eyang Sepuh yang bahkan muncul pun tak berani?

"Bagaimana kalian bisa mengatakan menciptakan ilmu Tepukan Satu Tangan kalau tak berani mempertanggungjawabkan? Cabut kembali ucapan pemilik Kitab Bumi."

Ternyata Naga Nareswara yang mengucapkan itu. Ia tetap duduk bersila, hanya saja tubuhnya terangkat setengah tombak dari tanah.

Yang membuat Upasara merasa heran ialah ternyata di sebelah pendeta Tartar ini ada Gendhuk Tri!

"Kalian semua salah tampa. Akulah penulis Bantala Parwa dan bukan si bejujag yang mengaku mendirikan Perguruan Awan.

"Kepadakulah kalian meminta pertanggungjawaban. "Namaku tak ada, tapi mereka menyebutku Dodot Bintulu!"

Dengan wajah tetap tertutupi caping besar, Paman Sepuh Dodot Bintulu duduk di atas tongkat bambu yang kurus. Walau tubuhnya bergoyang-goyang seakan mau jatuh, akan tetapi ternyata kelihatan enak.

"Kalau semua sudah datang, alangkah baiknya kita mulai pertemuan ini. "Sebelumnya aku minta maaf, kalau di antara yang datang masih suka makan

nasi, harap menyingkir."

Terdengar suara sangat berat sekali nadanya. Membuat sesak!

Pertarungan Penghabisan di Trowulan

UDARA seperti terimpit. Seperti menyempit di tenggorokan.

Betul-betul pameran tenaga dalam yang sangat sempurna. Untuk sementara Upasara tak bisa menentukan siapa yang berbicara. Baru kemudian menyadari bahwa arah suara dari sebelah kanannya, dari seorang lelaki yang tinggi, dengan tangan terlipat di dada. Tanpa menggerakkan bibir.

Yang lebih membuat Upasara bertanya-tanya ialah bahwa Nyai Demang ada si samping tokoh sangat jangkung itu.

"Selamat datang, Kiai Sambartaka, aku sudah menunggu lama."

"Aha, kamu tak pernah mau kalah. Aku membawa wanita, kamu juga membawa. Untuk sementara, kita berdua belum ada yang kalah. Untuk sementara ini saja."

Upasara memang tak begitu mengenal nama Kiai Sambartaka. Akan tetapi melihat bahwa hanya dengan suara perut-tanpa menggerakkan bibir-bisa menguasai seluruh udara di tanah terbuka, ini sungguh luar biasa.

Kesempurnaan penguasaan tenaga dalam yang Upasara pun merasa tak mampu melakukan.

Bahwa yang mengenali dan mengenalkan adalah Naga Nareswara, agaknya antara dua tokoh sakti itu sudah ada hubungan sebelum ini.

"Sahabat-sahabat lama, aku senang dengan pertemuan ini. "Tak percuma Dodot Bintulu datang kemari.

"Mari kita mulai saja, daripada yang Naga juga menjadi tikus celurut karena banyak bicara."

Tanpa terasa Upasara memegang erat Kangkam Galih. Jaghana dan Wilanda mengumpulkan tenaga di dada.

Siapa pun yang berada dalam keadaan seperti sekarang ini, rasanya tak bisa menyembunyikan ketegangan yang ada. Perkecualian utama barangkali hanya pada Kiai Sambartaka, Naga Nareswara, maupun Paman Sepuh.

"Mana bisa main gempur seperti semut?" Mendadak Nyai Demang berteriak nyaring. "Kalau kita semua menginginkan disebut sebagai pewaris tunggal sari ajaran yang kita agungkan, kita bisa bertarung satu lawan satu."

"Tak perlu, tak perlu.

"Wanita selalu merepotkan. Biar saja kita bertempur terus. Siapa yang berdiri terakhir, itu yang berhak mengaku paling murni ilmunya."

Paman Sepuh nampak bergoyang-goyang tubuhnya.

"Paman Dodot Bintulu, kalau Paman tak mau diatur, silakan mulai saja." "Memang!

"Ayo, siapa yang akan mulai?

"Naga tikus yang berani mengatakan aku mencuri ilmunya? Ayo maju saja. Akulah yang menciptakan Bantala Parwa. Kutulis sendiri, dengan tanganku yang ini."

"Baik, Kakek Guru, sekarang saatnya memperlihatkan ilmu yang sesungguhnya. Itu sudah jelas lawannya."

Suara Gendhuk Tri membuat Nyai Demang mengerutkan keningnya.

Apakah tak salah dengar, sampai Gendhuk Tri memanggil Kakek Guru kepada Naga Nareswara?

Kalau Nyai Demang merasa heran, Gendhuk Tri pun sebenarnya tak mengerti bagaimana Nyai Demang bisa mendampingi Kiai Sambartaka!

Padahal kalau diterangkan dengan satu-dua kata, bisa saling mengerti.

Pertemuan Gendhuk Tri dengan Naga Nareswara boleh dikatakan pertemuan tak sengaja. Setelah terjebak dan terkurung, Gendhuk Tri mulai menggali tanah. Terus-menerus tanpa peduli lelah dan istirahat. Naga Nareswara jadi tergerak hatinya.

Dan melihat bahwa Gendhuk Tri tetap mempunyai semangat hidup yang luar biasa. Tak surut sedikit pun! Sesuatu yang tak diduga Naga Nareswara. Bahwa ada "tikus" yang melihat jauh ke depan. Usaha Gendhuk Tri memang melelahkan dan nyaris membuat putus asa. Hanya karena kebetulan pernah terkurung dalam gua saja, maka Gendhuk Tri mempunyai harapan. Pasti ada jalan keluarnya. Masalahnya hanyalah apakah ia mampu berpacu dengan maut yang datang atau tidak?

Mengingat itu Gendhuk Tri jadi makin bersemangat.

Itu pula yang menggerakkan Naga Nareswara ikut menggangsir tanah. Tentu saja lebih cepat.

Beberapa hari tanpa makan tanpa minum, akhirnya tembus juga!

Tepat di tempat Upasara dikurung. Dan dengan bantuan Dewa Maut akhirnya bisa lolos.

Satu-satunya yang menyebabkan Gendhuk Tri hampir menangis ialah bahwa Dewa Maut yang begitu gembira berlonjakan melihatnya, tetap tak mau ikut keluar.

Gendhuk Tri tak tahu apakah itu berarti Dewa Maut sudah tak tertolong lagi jiwanya atau malah sudah waras!

Dalam hati, Gendhuk Tri sangat iba. Terasa betul betapa sangat dekat hubungan mereka selama ini, dan ia lebih banyak mengabaikan.

Keharuan ini sedikit cair karena mendengar cerita bahwa belum cukup lama Upasara meninggalkan tempat itu. Maka ketika melihat undangan di dinding, Gendhuk Tri segera mengajak Naga Nareswara menuju Trowulan!

Hanya Gendhuk Tri sangsi apakah Upasara sudah kembali seperti sediakala atau masih cacat. Kemungkinan kedua yang masuk akal baginya. Sehingga Gendhuk Tri seperti tak memedulikan Upasara, karena takut semua perhatian tertuju ke arah Upasara yang sudah dikondangkan sebagai pewaris Kitab Bumi!

Hal yang sama, bukan sesuatu yang aneh, juga dirasakan oleh Nyai Demang.

Kekuatiran akan keadaan Upasara-lah yang menyebabkan ia setengah menyembunyikan sikap akrabnya.

Perjalanan hidup Nyai Demang bisa bersama Kiai Sambartaka, meskipun bisa disebut aneh, tidak terlalu mengherankan. Nyai Demang selalu berkelana, dan kemampuannya menguasai berbagai bahasa dengan mudah membuat Kiai Sambartaka erat dengannya. Nyai Demang bisa bercakap dengan Kiai Sambartaka dalam bahasa Kiai Sambartaka, sementara Kiai Sambartaka bisa lebih berlatih. Lebih dari semua itu, pandangan luas Nyai Demang akan berbagai ilmu membuat Kiai Sambartaka sangat terikat. Apalagi Nyai Demang memperlihatkan bahwa ia cukup mengenal beberapa jurus dari Tartar.

Bahkan bisa menghafal cara berlatihnya.

Benar-benar merasa mendapat sahabat yang diturunkan oleh Dewa di Langit!

Nyai Demang mendengar penuturan bahwa selama ini memang ada persaingan antara Kiai Sambartaka terutama dengan Naga Nareswara. Maka kalau bisa lebih mengenal, Kiai Sambartaka mau memberikan apa saja!

Kalau tadi Nyai Demang mengusulkan ada aturan pertarungan, semata-mata untuk melindungi Upasara.

Kalau kemudian Gendhuk Tri membujuk Naga Nareswara menghadapi Paman Sepuh, juga untuk melindungi Upasara.

Baru setelah kalimat itu diucapkan, baik Gendhuk Tri maupun Nyai Demang menjadi merah wajahnya!

Gendhuk Tri, yang sudah bertambah umurnya beberapa tahun, merasa malu.

Hanya Upasara yang sama sekali tidak merasa bahwa sesungguhnya ia begitu diperhatikan oleh Gendhuk Tri dan Nyai Demang.

"Kama murid, kalian berdua menghadapi anak-anak kecil. Yang tua urusan

saya."

Kama Kangkam maju ke gelanggang.

Pedang panjang dan juga pedang pendeknya digenggam bersamaan di depan dada. "Saya Kama Kangkam, khusus datang dari Jepun untuk minta pelajaran.

Apakah ajaran di tanah Jawa, di tanah Hindia, atau di negeri Cina yang lebih benar?

"Biarlah anak-anak bermain sendiri, kita yang tua segera menyelesaikan perkara." "Bagus," kata Kiai Sambartaka. "Semua sudah lengkap. Saat ini kita tuntaskan semua, dan mulai sekarang tak perlu lagi adu mulut untuk perkara semacam ini."

Paman Sepuh meloncat turun dari tongkatnya. Naga Nareswara menurunkan kakinya.

Kini berdiri gagah. Membentuk lingkaran bersama Kama Kangkam dan Kiai Sambartaka.

"Tak begitu mudah menganggap kami kanak-kanak." Mendadak dua belas murid Kiai Sumelang Gandring meloncat maju secara bersamaan.

Nyai Demang menarik napas.

Ia paling mengenal kehebatan barisan Jiwandana Jiwana atau Tembang Kehidupan. Apalagi kini dimainkan secara komplet. Dua belas orang. Sembilan orang saja sudah sangat merepotkan!

Namun agaknya mereka salah perhitungan! Salah besar.

Karena hanya dengan menggerakkan tongkat bambu tipis, anginnya sudah cukup untuk menjatuhkan salah satu dari dua belas murid Kiai Sumelang Gandring. Mati seketika dengan luka panjang miring dari samping. Yang di dekat Naga Nareswara remuk kepalanya terkena tongkat emas. Yang di dekat Kama Kangkam tertebas batang lehernya. Di dekat Kiai Sambartaka, jatuh muntah darah.

Suara Tanpa Nada, Angin Tanpa Suara

Bahwa yang berkumpul jago di atas jago, dewa dari semua tokoh persilatan, Nyai Demang maupun Gendhuk Tri atau bahkan Upasara Wulung sudah tahu. Sudah bisa memperkirakan keunggulan di atas keunggulan.

Akan tetapi tetap tak terbayangkan bahwa ilmunya sudah sedemikian tinggi, sehingga dalam satu gebrakan sanggup menewaskan murid-murid pilihan Kiai Sumelang Gandring, yang justru masuk serempak dengan komplet.

Hanya dalam satu gebrakan saja, sepertiga murid utama Kiai Sumelang Gandring mati terbunuh! Ini berarti kalau yang tersisa membuat gerakan menyerang yang sama, hasilnya juga sama.

Diulangi lagi, berarti tamatlah riwayat anak turunan Kiai Sumelang Gandring, empu sakti yang mengembara ke tlatah kulonan, ke wilayah barat. Dan dugaan Nyai Demang tak meleset.

Empat bersaudara terbunuh tanpa sempat mengetahui gerakan lawan, delapan yang tersisa justru menggempur maju. Dan kembali terlihat gerakan setengah terlihat setengah tidak. Empat korban jatuh kembali.

Satu korban terbelah mencong dari bagian pundak menyamping. Satu lagi tertebas lehernya. Yang ketiga rontok isi kepalanya bagai bubur. Yang keempat, muntah darah hitam pun tak selesai. Gendhuk Tri mengeluarkan keringat dingin.

Pemandangan kali ini sungguh luar biasa. Ia mengikuti banyak pertempuran. Bahkan terakhir kali bersama Naga Nareswara yang ganas lidah maupun ancamannya. Namun baru sekarang terbuka matanya, bahwa Naga Nareswara memang pantas mengumbar suara. Kalau tidak, tak mungkin bisa mengulangi gerakan yang sama dengan hasil yang sama. Apalagi kalau diperhitungkan bahwa murid Kiai Sumelang Gandring mempunyai kemampuan rata-rata sejajar dengan dirinya. Dan kalau bergabung, bisa berlipat ganda kekuatannya. Toh nyatanya, mereka semua kelihatan tak berdaya seperti nyamuk kelelahan yang tak bisa menghindar.

Keringat dingin Gendhuk Tri menjadi lebih banyak mengalir, jika mengingat jangan-jangan para jawara ini sengaja memamerkan keunggulannya satu sama lain dengan memakai korban mereka yang lancang menyerang.

Satu gebrakan lagi, benar-benar tamatlah barisan Jiwandana Jiwana.

Gendhuk Tri tak tahu harus berteriak menahan atau mengoceh seperti biasanya. Pikirannya sangat kacau. Dan sebelum sadar sepenuhnya, terdengar aba-aba dari empat murid sisa Kiai Sumelang Gandring.

Ada beberapa gerakan di tengah udara. Dengan hasil akhir yang sama.

Satu tertebas kepalanya sebatas leher, satu luka menganga menyamping, satu lagi remuk batok kepalanya, dan satu lagi mati dengan muntah darah! Jaghana menghela napas sangat berat.

Setelah Upasara, Jaghana yang menyadari bahwa tiga kali serangan satu gebrakan, dengan hasil yang sama ini, memperlihatkan beberapa perbedaan mendasar.

Memang pada gebrakan yang pertama, Paman Sepuh yang membelah serong lawan yang berada di dekatnya. Akan tetapi sebenarnya pada gebrakan kedua, bukan Paman Sepuh Dodot Bintulu yang menyobek dengan gaya menebas semacam itu. Melainkan tokoh lain. Kalau bukan Kama Kangkam, Naga Nareswara, atau Kiai Sambartaka!

Ajaibnya, tokoh-tokoh unggul ini mengganti pula jurusnya dengan jurus yang diandalkan tokoh lain!

Sementara Paman Sepuh mengganti jurus dengan meremukkan kepala seperti yang dilakukan Naga Nareswara, sementara itu pula Naga Nareswara menebas leher seperti yang dilakukan Kama Kangkam. Dan Kama Kangkam menirukan ilmu Sambartaka, dan Kiai Sambartaka menggunakan jurus Paman Sepuh.

Hanya Jaghana tidak bisa memastikan siapa memakai jurus siapa pada gebrakan kedua dan ketiga.

Nyai Demang yang menyadari kemudian menjadi terbatuk. Sebaliknya Gendhuk Tri makin banyak keringatnya.

"Dalam satu gebrakan saja, para jawara ini bisa menirukan gebrakan maut lawan, seakan tanpa cacat," katanya dalam hati. "Ini barangkali satu tingkat di atas kesempurnaan.

"Walau Kakang Upasara adalah tokoh yang paling disegani selama ini dengan penguasaan ilmu Kitab Bumi, rasa-rasanya masih tak mampu melakukan hal ini.

"Kalau bisa terpancing keempat tokoh yang bertarung ini, tanpa melibatkan Kakang, barangkali..."

Gendhuk Tri pucat wajahnya, karena justru Upasara mengangguk dalam- dalam, sambil menggeser ke tengah arena pertempuran. "Saya belum mampu menirukan kekejaman tanpa ampun yang kini tengah dipamerkan. Akan tetapi bukan berarti wakil dari Perguruan Awan sebagai pengundang bisa dikesampingkan begitu saja."

Dari kata-katanya jelas terbaca, bahwa Upasara Wulung siap dilibatkan dalam pertarungan habis-habisan.

Wilanda dan Jaghana paling bisa mengerti bahwa tindakan Upasara terutama karena beberapa kali disebutkan bahwa Eyang Sepuh yang menjadi pengundang. Sungguh tak masuk akal, kalau sekarang Upasara Wulung yang menjadi penghuni utama, dan dianggap guru dari Perguruan Awan, mencuci tangan. Apa pun alasannya!

Naga Nareswara mendesis.

"Tubuhnya masih bau air susu kerbau, bagaimana mungkin lidahnya bisa memaki kita sebagai peniru?

"Apakah seorang ksatria sejati begitu pengecut sehingga takut dikatakan meniru?

"Upasara, tikus gunung yang suka makan angin, sebelum ini aku mendengar namamu sekilas disebut-sebut. Tapi agaknya kamu belum pantas mewakili siapa pun. Carilah kesempatan lain. Di pasar malam, di alun-alun waktu terang bulan, kamu akan menemukan kesempatan yang baik untuk memamerkan kebolehanmu.

"Bukan di sini."

Upasara menggenggam Galih Kangkam erat-erat.

"Saya yang menyingkirkan ketiga Naga dari Tartar, sudah sepantasnya saya menjajal Naga yang menganggap dirinya raja. Atas nama penghuni Nirada Manggala, Upasara Wulung siap menghadapi kedatangan Naga Nareswara..."

Nyai Demang menjerit. Gendhuk Tri berkomat-kamit.

Tubuh Naga Nareswara bergerak, anginnya menggeleser, dan mendadak tongkat emas menyabet ke arah Upasara! Tongkat yang dengan satu kali gebrakan membuat batok kepala seperti adonan lumpur! Yang bisa untuk menebas leher sama runcingnya seperti pedang panjang Kama Kangkam. Wilanda yang berada di dekat Upasara terdorong mundur, karena dadanya seperti ditusuk dengan sodokan berat yang membuat ngilu. Bahkan Jaghana pun terpaksa memundurkan kakinya sampai empat langkah, surut ke belakang!

Sebaliknya, Upasara tidak beringsut sedikit pun.

Seluruh tenaga menggumpal di dada begitu kesiuran angin menerkam. Pedang tipis hitam ditarik, dengan tangan tertekuk di depan dada. Pandangan Upasara tidak ke arah tongkat emas, melainkan menatap lekat ke arah Naga Nareswara.

Begitu tongkat emas menyapu, Upasara menangkis dengan menusukkan Galih Kangkam ke arah lingkaran-lingkaran berlubang di ujung tongkat pusaka!

Begitu bersentuhan, Upasara merasakan tenaga pusaran yang luar biasa kuatnya mengisap. Seperti pusaran puting beliung, yang dahsyat mengisap, akan tetapi juga sekaligus bisa berubah arah dan sasarannya.

Ini yang membuat Nyai Demang menjerit.

Pengetahuan secara teori, mengajarkan kepada Nyai Demang bahwa tongkat pusaka para pendeta yang kebetulan datang dari Tartar adalah pusaka yang istimewa. Bukan hanya karena terbuat seluruhnya dari logam emas dengan campuran istimewa, akan tetapi justru lubang-lubang berbentuk lingkaran di bagian atas tongkat sengaja untuk meredam semua senjata dan kekuatan lawan. Apa pun bentuk dan kekuatannya-tombak, keris, gada, cemeti, panah-kalau sampai masuk ke dalam lingkaran bisa dimentahkan. Karena dalam hal ini tinggal adu tenaga dalam.

Kalau ada yang berbeda dalam serangan pertama Naga Nareswara hanyalah karena tongkat pusaka itu tidak dipegang secara langsung. Namun untuk tingkatan tokoh sakti mandraguna, hal itu tak banyak bedanya.

Upasara menusuk ke tengah pusat kekuatan, dan menerobos semua getaran panas-dingin silih berganti, sambil mencoba mengangkat dan membalikkan.

Naga Nareswara menggerakkan bibirnya, ketika tongkat pusaka kembali ke arahnya dalam gerak sedikit oleng!

Ini berarti kekuatan tenaga dalam yang disalurkan Upasara mampu menggoyang tongkat emas kebanggaannya. "Tidak jelek, tidak terlalu jelek tikus gunung ini."

Baik Jaghana maupun Wilanda menduga komentar ini terdengar dari bibir Naga Nareswara. Akan tetapi Gendhuk Tri menggeleng. Walau nada dan caranya persis sama, Gendhuk Tri yakin bukan suara Naga Nareswara yang dikenalnya.

Ataukah ini suara Kiai Sambartaka, Kiai Kiamat yang mampu bersuara tanpa menggerakkan bibir? Sebaliknya Nyai Demang yakin bahwa bukan Kiai Sambartaka yang bersuara. Tak mungkin ada pujian darinya.

Berarti ada tokoh sakti yang lain lagi!

Gerak Tanpa Getaran

BEGITU tongkat emas kembali ke genggaman Naga Nareswara, Kama Kangkam memegang pedang panjang dengan dua tangan.

"Aku ingin menguji sebelum kamu secara resmi ikut dalam pertarungan ini." Pendek dan singkat kalimat Kama Kangkam yang langsung bersiap. Kedua tangan menggenggam pedang panjang yang dipegang menjulang di tengah jidatnya. Pandangan matanya sangat tajam. Kucirnya tak bergerak. Rahangnya kaku.

Upasara mengangguk.

Pedang tipis hitam diangkat, tangan kirinya ditekuk, dan sikapnya kurang- lebih sama dengan Kama Kangkam. Hanya saja bagian yang tajam menghadap ke arah wajah Upasara Wulung!

Dengan satu tangan! Tangan kiri.

Sementara tangan kanannya terkulai.

Kalau Kama Kangkam berdiri dengan posisi kedua kaki setengah mengangkang terbuka, dengan kaki kanan sedikit di depan kaki kiri, sebaliknya kedua kaki Upasara lurus.

Jarak keduanya tak lebih dari tiga tombak. Dibarengi dengan teriakan yang menyayat, kedua kaki Kama Kangkam bergerak sangat cepat sekali, dengan langkah yang berat dan kukuh, pedang panjangnya menyabet begitu dekat dengan Upasara Wulung!

Sesuai dengan posisi kakinya yang sudah bersiaga menyerang!

Upasara membalik pedangnya dengan sama gesit dan cepatnya, dan dengan membabat berusaha menangkis. Serangan Kama Kangkam memutar ke arah pundak kirinya sendiri. Yang berarti menghantam dengan tebasan kuat dari arah kanan.

Napas Nyai Demang jadi ngos-ngosan!

Dadanya seperti ditindih oleh balok-balok yang makin lama makin berat mengimpit.

Wilanda bahkan mencelos dan merasa harapannya habis karena melihat pedang hitam tipis Upasara terlepas dari tangan dan melayang di tengah udara. Teriakan... Radeeeen... barangkali telah terlepas dari bibirnya, atau barangkali hanya jeritan dalam hati saja.

Gendhuk Tri bahkan tak sempat berteriak. Wajahnya berpaling ke arah lain!

Untuk pertama kalinya, Gendhuk Tri yang suka ugal-ugalan, yang tega melihat segala macam bencana, memalingkan wajahnya! Tak tahan melihat apa yang terjadi.

Bahkan juga Jaghana meletakkan kedua tangan di depan dada, sebagai sikap pasrah sumarah, apa pun yang terjadi.

Secara keseluruhan, baik Nyai Demang, Gendhuk Tri, Wilanda, maupun Jaghana, tidak menganggap bahwa Upasara Wulung bakal bisa dikalahkan dalam satu gebrakan. Rasa was was muncul, justru karena selama ini Upasara dikenal tidak seperti dulu. Itu yang pertama.

Bahwa kemudian Upasara bisa pulih kembali seperti sediakala, jelas itu menunjukkan kualitas yang luar biasa. Akan tetapi ini tak mengurangi rasa cemas!

Karena yang dihadapi sekarang ini justru tokoh-tokoh puncak yang tak bisa diperkirakan sampai di mana tingkat ilmunya. Itu yang kedua.

Sebab yang ketiga memang karena hubungan emosi yang ada. Namun kalaupun tanpa hubungan emosi, kekuatiran itu tetap ada. Karena tokoh-tokoh sakti mandraguna ini, sudah berada pada tingkat di mana ilmu yang dimainkan tak bisa dimainkan setengah-setengah atau sepertiga. Dalam pengertian, bahwa andaipun Kama Kangkam tidak menyerang dengan sepenuh tenaga-andai!-akibatnya tetap fatal.

Dua belas murid utama Kiai Sumelang Gandring yang belum kering darahnya dan belum dingin mayatnya bukti yang masih bisa dilihat dengan mata telanjang. Dan mereka semua menyaksikan secara langsung!

Jaghana yang melihat secara jelas beradunya dua tebasan keras itu.

Begitu pedang panjang Kama Kangkam menebas pinggang dengan songkelan ke atas, Upasara menangkis dengan gerak yang sama. Beradunya dua senjata andalan utama meninggalkan bunyi tipis, membersit, seolah merobek udara. Pada saat itu, Galih Kangkam terlepas ke udara!

Justru pada saat yang sama, Kama Kangkam mengayunkan tebasan kedua, sebagai bagian kelanjutan dari gerakan tebasan yang pertama.

Jaghana sedikit-banyak mengenal kehebatan gerakan samurai yang selain mengandalkan kekerasan tenaga dan kecepatan gerak, juga jenis serangan, sabetan yang satu mudah ditangkis, tapi seketika itu pula dilanjutkan dengan sabetan yang lain.

Perbedaan utama dengan jurus yang biasa dimainkan di tanah Jawa maupun dari Tartar ialah, bahwa kebiasaan mengadu kekuatan dan senjata dengan membenturkan diri tidak terlalu menonjol. Satu tebasan lebih banyak dihindari dan melancarkan serangan balasan.

Sementara Kama Kangkam justru berlari kencang, menebas, dan sambil berbalik tubuhnya masih menyertakan tebasan kedua. Yang tak kalah ganasnya. Karena yang diarah adalah pangkal leher Upasara.

Padahal posisi berdiri Upasara bukan berada dalam keadaan untuk meloncat menghindar, dengan merendahkan tubuh, atau membuang tubuh.

Cara Upasara membentuk kuda-kuda, paling banter hanya untuk digerakkan satu atau dua langkah. Itu belum cukup, karena daya jangkau samurai yang panjang.

Dengan kata lain, lehernya tetap bakal tertebas, ke mana pun kakinya membawa pergi. Apa yang dikuatirkan dan diperhitungkan Jaghana dengan teliti, bukan tak terpikirkan oleh Upasara. Dengan penguasaan Kitab Bumi, kemampuan Upasara lebih dari sekadar mengenal jurus-jurus yang diajarkan. Akan tetapi juga berhasil menyerang inti ilmu tersebut.

Barangkali titik kecil ini yang membedakan Upasara dari mereka yang sama- sama mempelajari Kitab Bumi. Pada yang lain, sesuai dengan pengenalan pertama, lebih menjadi titik pokok mempelajari dan mematahkan jurus-jurus yang disebut Dua Belas Jurus Nujum Bintang, serta Delapan Jurus Penolak Bumi. Sementara Upasara, selain mempelajari dan mematangkan jurus-jurus, juga berusaha mempelajari intisari utama. Sesungguhnya pada bagian inilah Upasara sempat terombang-ambing pikirannya, antara meneruskan dan tidak. Karena seolah menemukan jalan buntu. Sehingga tak ada jalan lain kecuali melepaskan kembali semua tenaga dalamnya yang dianggap sia-sia!

Akan tetapi perjalanan hidupnya tidak berhenti ketika itu. Sebaliknya menjadi semacam titik balik. Menjadi hidup kedua kalinya, apalagi setelah bertemu dengan Paman Sepuh Dodot Bintulu yang secara tidak langsung mengajarkan bagaimana mengubah tenaga simpanan menjadi tenaga yang bisa dipergunakan.

Maka, boleh dikatakan Upasara telah siap menghadapi apa yang terjadi sekarang ini.

Sewaktu menghadapi serangan uji coba dari Naga Nareswara, Upasara berani langsung menusuk ke pusat tenaga pusaran. Karena di situlah inti kekuatan. Dalam ilmu Kitab Bumi, inti kekuatan juga sekaligus inti kelemahan. Kalau ia berhasil tepat memasukkan tenaga, berarti menguasai sepenuhnya kekuatan lawan. Nyatanya begitu.

Menghadapi Kama Kangkam, Upasara menyadari bahwa tumbal atau tenaga penolak dari jurus yang sama bisa gagal. Karena Kama Kangkam mengatur tenaga yang sama di seluruh pedang panjangnya. Bahkan juga pada sabetan kedua atau ketiga tak berbeda jauh dari tenaga sabetan pertama.

Ini terlepas apakah sabetan kedua perlu ayunan panjang atau gerakan pendek.

Inilah kehebatan pedang Jepun!

Pada benturan pertama, tenaga Kama Kangkam seolah sengatan matahari yang mengiris. Akan tetapi bukan karena itu pedang Upasara terlepas. Justru dilepaskan untuk menolak tenaga yang menebasnya. Dengan melepaskan, tenaga itu akan diterima alam semesta. Buyar!

Pada saat yang tepat Galih Kangkam ditarik kembali, dan begitu tebasan kedua datang, kuda-kuda Upasara jauh lebih kuat daripada Kama Kangkam yang tubuhnya berbalik.

Sehingga benturan kedua itu mendorong pedang Kama Kangkam mendekat ke arah tubuhnya sendiri.

Kama Kangkam cepat berbalik, dengan dua tangan siap memegang hulu pedang.

Sebaliknya Upasara siap seperti semula.

"Saya, Kama Kangkam, menerima Saudara ke dalam pertarungan ini..."

Kali ini bahkan Wilanda pun tahu bahwa bukan Kama Kangkam yang mengucapkan itu! Karena kemudian Kama Kangkam mendongak ke arah langit dan berteriak mengguntur,

"Apakah Eyang Sepuh masih perlu menyembunyikan diri lagi? Kenapa kita semua orang tua di sini dianggap anak-anak?"

Wilanda dan Jaghana berlutut tanpa terasa.

Upasara menggigil. Siapa lagi tokoh yang mampu bergerak tanpa membuat getaran, bersuara tanpa nada, berkata tanpa membuat angin bergerak, selain Eyang Sepuh?

Tokoh pepunden, tokoh pujaan para ksatria, ternyata muncul juga pada akhirnya.

Pukulan Beku

KIAI SAMBARTAKA memiringkan wajahnya.

Wajahnya yang gelap, tanpa mengungkapkan perasaan yang mudah terbaca, menatap ke arah Upasara. Tanpa memperlihatkan bahwa ada perubahan tarikan napas, Kiai Sambartaka merenggangkan jarinya.

Upasara melepaskan pedang hitam panjang. Bersiap menghadapi dengan tangan kosong.

Keduanya bertatapan. Sama tajam dan menusuk pandangannya. Upasara menatap langsung ke biji mata Kiai Sambartaka yang menukik, mempengaruhi, dan sekaligus menguasai.

Hanya Kiai Sambartaka yang agaknya tak tergoda melirik sedikit pun, sewaktu mendengar nama Eyang Sepuh disebut-sebut. Kalau Kama Kangkam sampai perlu mengucapkan nama dan menaruh hormat, Kiai Sambartaka seperti tak menganggap sebelah mata. Pusat perhatiannya kepada Upasara Wulung. Yang dalam anggapannya menunjukkan sesuatu yang luar biasa.

Diperhitungkan dari usianya, Upasara masih sekitar 25 tahun. Usia yang masih terlalu muda, bahkan untuk menjadi cucu murid tokoh kelas utama. Akan tetapi dilihat dari kemampuannya, sungguh memperlihatkan kelas utama. Tongkat emas sakti Naga Nareswara bisa digagalkan. Dan juga sabetan pedang panjang Kama Kangkam yang merupakan jurus maut-ganas-telengas, berhasil dimentahkan.

Tua dalam usia, matang dalam berbagai pengalaman, Kiai Sambartaka tetap tak bisa menahan diri untuk menjajal.

Sebenarnya hal ini bukan sesuatu yang luar biasa. Di kalangan jago silat, keinginan menguji ilmu, mengadu kepandaian, adalah hal yang sangat lumrah. Dalam berbagai keadaan dan situasi, keinginan yang utama adalah membuktikan kemampuan, menakar keunggulan lawan. Apalagi kalau dirasakan ada ilmu yang belum diketahui.

Bagi Kiai Sambartaka, penampilan Upasara sangat menarik perhatiannya. Puluhan tahun ia melatih ilmunya, dan merasa telah mencapai puncak yang paling tinggi, ia diakui di negerinya sendiri. Nama dan julukan sebagai Kiai Kiamat, lebih ditakuti daripada malaikat pencabut nyawa sekalipun. Dan setelah sekian lama mengembara, nama besar itu tetap tak tertandingi. Dan itu pula sebabnya, Kiai Sambartaka melanglang buana, menuju tanah Jawa. Untuk merebut gelar sebagai lelananging jagat, ksatria yang paling ksatria, pendekar nomor satu di dunia. Kiai Sambartaka tahu bahwa yang bakal ditemui adalah juga dewa-dewa dunia persilatan yang tak kepalang tanggung. Maka sangat mengherankan hatinya, bahwa ada seorang anak muda yang terjun ke gelanggang!

Itu betul-betul di luar perhitungannya!

Tak masuk akal ada anak muda yang mampu menyejajarkan dirinya di kalangan sesepuh yang memerlukan waktu lebih dari usia Upasara untuk memantapkan latihan tenaga dalam.

Lebih mengejutkan lagi, justru Upasara bersiap menghadapi dengan tangan kosong!

Memang di kalangan yang sudah mencapai puncak kemahiran, senjata ampuh atau sebatang ranting, tak banyak menentukan. Akan tetapi adalah sangat luar biasa, kalau Upasara berani menghadapi dengan tangan kosong. Ini berarti, bersiap menghadapi dirinya yang justru kondang tanpa tanding dalam tangan kosong.

Dari sekian banyak yang menjadi kuatir dan cemas, Nyai Demang-lah yang paling was was. Nyai Demang menyadari bahwa Kiai Sambartaka memiliki pukulan yang disebut Pukulan Beku, atau pukulan Mandeg-Mangu. Atau dalam arti harfiahnya adalah pukulan Terhenti-Termangu. Jenis pukulan yang menjadi andalan dalam khazanah ilmu dari tlatah Hindia.

Sudah menjadi rahasia di kalangan tokoh persilatan dan keagamaan, bahwa jago-jago utama dari Hindia selalu merasa lebih hebat ilmunya, lebih tua penguasaannya daripada jago-jago di tanah Jawa. Bahkan hampir semua jawara Hindia menganggap bahwa ilmu yang ada di tanah Jawa hanyalah ilmu tetiron, atau ilmu tiruan dari Hindia. Hal ini termasuk dalam berbagai ilmu yang kini diterapkan dalam pemerintahan Keraton. Segala jenis peraturan, perundangan, semua mempunyai asal- usul sari perundangan yang ada di Hindia! 

Ada semacam kesombongan akan adanya pengakuan, bahwa segala yang lebih dari tanah Jawa, hanyalah bayangan perpanjangan dari apa yang ada di tanah Hindia.

Anggapan ini tidak sepenuhnya salah.

Bahkan kitab-kitab utama juga berasal secara langsung dari Hindia. Maka ketika Eyang Sepuh mengeluarkan tantangan untuk mengadakan pertemuan, Kiai Sambartaka tak terlalu memperhitungkan. Yang lebih diperhatikan adalah kemunculan Naga Nareswara dan Kama Kangkam. Perebutan utama sumber ilmu silat memang berkisar dari tiga negara ini.

Maka sungguh tak terduga, bahwa ada seorang Jawa yang mampu menunjukkan awal yang sama. Bahkan langsung berdiri sama tinggi. Walau bukan tak percaya bahwa Naga Nareswara dan Kama Kangkam sengaja memberi kesempatan, Kiai Sambartaka ingin menguji sendiri secara langsung.

Upasara menggeser kakinya.

Tangan kirinya bergerak perlahan, dari bawah, berhenti di dekat pusar, sementara pandangannya lurus ke depan. Gerahamnya beradu. Perlahan telapak tangan kiri yang membuka bergerak naik, sama perlahan, seakan mengurut udara mengumpul di dada. Tangan kanannya masih terkulai, agak ditarik ke belakang karena tubuhnya sedikit miring.

Angin dingin mengalir seakan disemburkan dari suatu gua entah di mana.

Nyai Demang mundur dua tindak. Pukulan Beku, bukan hanya andalan dan memperlihatkan ciri khas pukulan tanah Hindia, akan tetapi juga pukulan maut yang tiada duanya.

Merupakan ciri khas, karena dalam Pukulan Beku ini terkandung segala ajaran mengenai ilmu keras dan ganas, yang dibumbui dengan beberapa ajian tertentu. Lebih dari negara lain, pukulan dari tanah Hindia mengandung tenaga-tenaga yang tidak sewajarnya. Ada pengembangan ilmu kebal yang berbeda dengan ilmu kebal dari negeri Tartar, misalnya.

Melatih otot menjadi kuat, kulit tidak mempan kena sabet, adalah hal yang biasa. Akan tetapi ilmu dari negeri Kiai Sambartaka lebih khusus mengembangkan lagi. Sehingga adalah hal yang biasa jika dalam keadaan sehari-hari pun mereka selalu melatihnya. Tidur di atas tumpukan pedang, keris dengan menusuk punggung atau dada adalah merupakan latihan sehari-hari. Di tengah kepulasan tidur, ditusuk merupakan kebiasaan sehari-hari.

Demikian juga halnya dengan jenis-jenis pukulan yang dilancarkan. Ada campuran antara tenaga dalam murni dan tenaga yang untuk mereka yang berasal dari wilayah lain masih misteri. Karena bahkan tanpa bergerak pun, pukulan bisa dilontarkan, dan segala jenis paku, keris, pedang, tiba-tiba saja bisa menyusup ke dalam anggota tubuh lawan! Bahwa jenis ilmu semacam itu juga banyak berkembang di tanah Jawa- atau di mana saja-sebenarnya juga bukan sesuatu yang luar biasa. Hanya saja Nyai Demang mengetahui bahwa jenis pukulan semacam itu digolongkan dalam pukulan hitam. Yang dianggap tidak cukup ksatria. Karena bersekutu dengan tenaga setan-iblis-hantu yang tidak suci.

Namun, setan atau bukan, keganasan ilmu itu diakui.

Dan kini dimainkan sendiri oleh salah seorang empu yang menguasai. Yang dijuluki Kiai Kiamat. Karena setiap kali pukulan maut bekerja, lawan tamat riwayatnya.

Keunggulan utama Pukulan Beku, terutama sekali bukan karena pengerahan tenaga yang luar biasa besar, atau meremukkan batu gunung. Justru sebaliknya, keunggulan Pukulan Beku terutama sekali mengarah kepada usaha menghentikan atau membekukan kekuatan lawan pada satu titik yang lemah!

Kalau pukulan Kiai Sambartaka bisa menyambar lengan Upasara, pada saat itu pula lengannya akan membeku. Semua darah, urat, nadi, otot, saraf di bagian itu akan membeku. Mati rasa! Bisa dibayangkan akibatnya jika Pukulan Beku singgah di tempat yang berbahaya. Jantung atau ulu hati akan membeku selamanya. Satu tarikan napas sangat berguna bagi kelangsungan pertempuran atau justru kehidupan. Kalau terhenti sesaat atau beberapa saat bisa diperkirakan sendiri akibatnya!

Nyai Demang telah menyaksikan dengan mata kepalanya sendiri kehebatan Pukulan Beku.

Selama berkenalan, Nyai Demang menyaksikan bahwa sebatang pohon yang diusap oleh Kiai Sambartaka menjadi beku. Bagian yang tersentuh itu mendadak mati seketika. Sehingga kelangsungan proses kehidupan secara keseluruhan terganggu. Diusapkan ke kaki seekor kuda, kaki itu seketika membeku: aliran darah, urat nadi, saraf, tak bekerja lagi. Melepuh dan menjadi hitam kaku tanpa bisa digerakkan.

Untuk lawan yang bergerak pun, keampuhan Pukulan Beku tak menjadi berkurang karenanya. Dalam perjalanan menuju Trowulan, Nyai Demang melihat Kiai Sambartaka bisa menangkap ikan di Brantas hanya dengan menepuk air sungai.

Seketika ada bagian air yang membeku, seolah menjadi es. Berikut binatang yang tengah berenang di air tersebut. Ketika bongkahan itu diangkat, ikan yang berada dalam air membeku itu telah matang dan siap disantap. Kalau ini mengenai jalan darah atau jalan napas Upasara, nasibnya sama dengan dua murid Kiai Sumelang Gandring.

Suara Lewat Gendang Telinga

DUA murid Kiai Sumelang Gandring juga tewas karena Pukulan Beku. Bahkan untuk muntah darah pun tak sempat!

Bagi Naga Nareswara, ilmu pukulan dari tanah Hindia memang mengandung teka-teki. Di negerinya yang berkembang adalah ilmu menotok jalan darah. Dengan totokan ini jalan darah membeku, dan orang yang terkena akan kaku karenanya. Namun, dibandingkan dengan pukulan Mandeg-Mangu, tidaklah terlalu ganas. Karena totokan hanya menghentikan sementara, sedangkan Pukulan Beku agaknya justru diciptakan untuk akibat seterusnya! Dan wilayah yang terkena pukulan bukan hanya satu titik dalam aliran darah, melainkan bisa di mana saja, dengan wilayah yang lebih luas.

Paman Sepuh Dodot Bintulu yang sejak tadi berdiam diri, kali ini sedikit menggerakkan caping penutup wajahnya. Seakan ingin melihat lebih jelas apa yang dilakukan Kiai Sambartaka.

Upasara mengangguk pendek.

Separuh anggukan, karena Kiai Sambartaka sudah bergerak. Membalikkan tubuh, bergulung maju, dengan kedua tangan langsung ke arah leher, jantung, ulu hati, pusar Upasara.

Benar-benar pukulan maut!

Naga Nareswara sendiri tak menggeser kakinya ketika menjajal Upasara. Kama Kangkam meskipun bergerak maju, akan tetapi jelas arah sabetannya, walau mengarah leher, tidaklah seganas Kiai Sambartaka. Yang sekali menggempur mencakup semua bagian sumber kehidupan.

Upasara tidak mendengus, tidak menarik napas lebih panjang. Pandangan matanya tetap ke arah Kiai Sambartaka, seakan ingin menguasai lewat mata. Tangan kirinya yang terbuka sampai di depan dada, disorong ke depan.

Dua pukulan Kiai Sambartaka seakan dibiarkan menerobos masuk, memilih sasaran yang empuk. Tapi pada saat yang bersamaan, tangan kanan Upasara bergerak bagai kitiran lepas. Memutar dan menghadang!

Blek. Blek.

Bukan suara plak atau adu tenaga yang keras. Melainkan suara lembek. Dua serangan Kiai Sambartaka berhasil menyentuh tangan kanan Upasara Wulung!

Tapi sebaliknya tangan kiri Upasara seakan bisa menempeleng Kiai Sambartaka, yang terpaksa secepatnya membuang diri ke belakang dalam suatu putaran cepat sekali!

Lagi terdengar suara menirukan nada Kiai Sambartaka!

Seakan mewakili sikap Kiai Sambartaka yang tak mau mengakui kekalahannya.

Sebenarnya, bagi yang berpandangan sangat jeli, dalam satu gebrakan ini boleh dikatakan Kiai Sambartaka bisa dikalahkan dengan telak. Lebih dari Naga Nareswara maupun Kama Kangkam. Dua dewa utama hanya berhasil dibuyarkan serangannya, akan tetapi Kiai Sambartaka kena gempur!

"Baru sekarang saya tahu, Penolak Bumi memang ilmu yang menarik, Bejujag, kamu ternyata pantas mendongak."

Pujian Paman Sepuh terdengar tulus.

Dalam pandangan Paman Sepuh, gerakan satu gebrakan itu sudah menggambarkan kemenangan Upasara Wulung. Dengan kejelian yang tinggi Upasara sengaja melepaskan pedangnya. Seakan mau mengimbangi keunggulan Kiai Sambartaka yang lihai dalam tangan kosong. Dengan keunggulan siasat, Upasara justru membiarkan Kiai Sambartaka masuk menyerang dan menyalurkan Pukulan Beku. Dibiarkan mengenai sasaran, sementara ia sendiri membarengi dengan pukulan!

Apa pun yang terjadi, Kiai Sambartaka masuk perangkap!

Pukulan Beku berhasil menyentuh tangan kanan Upasara, akan tetapi tak berarti banyak. Justru karena tangan kanan Upasara sejak terkena pukulan Halayudha tak mampu digerakkan secara sempurna. Justru karena tangan itu sendiri sebenarnya telah membeku.  Inilah hebatnya Upasara!

Kiai Sambartaka bisa terjebak dalam kesalahan yang fatal! Seorang tokoh kaliber dewa yang menguasai ilmunya menjadi pendekar utama di Hindia, yang menganggap ilmunya lebih tua, justru dimakan seorang yang masih muda.

Langit dan bumi bisa tak percaya karenanya!

Namun sesungguhnya, inilah ilmu silat. Bukan hanya kemampuan bergerak, memukul, atau melihat kekuatan dan kelemahan lawan, tetapi juga pikiran jernih. Pikiran bersih untuk menangkap dan bertindak dalam waktu yang singkat.

Ilmu boleh dilatih setinggi langit, strategi boleh dilatih serumit bumi, akan tetapi itu tetap bukan segalanya.

Hal ini sangat jelas terbukti dalam gerak jawaban Upasara.

Pasti bukan suatu kebetulan kalau tiga kali Upasara berhasil membaca dan mementahkan serangan lawan-lawannya. Bahkan sebenarnya empat kali, kalau pertarungan pertama melawan Paman Sepuh ikut dihitung!

Pertama, Upasara masuk ke tengah perputaran tenaga. Menusuk langsung ke tengah lingkaran, dan mementahkan putaran tongkat emas Naga Nareswara.

Kedua, dalam menghadapi sabetan pedang Kama Kangkam. Keras diadu keras, tapi saat yang sama dilepaskan untuk menghadapi sabetan kedua. Tenaga sabetan pertama berhasil dimentahkan dengan melepaskan pedangnya, yang justru pada sabetan kedua tenaganya menjadi utuh, pulih, tak terpancing getaran sabetan pertama!

Ketiga, tenaga pukulan Kiai Sambartaka dipancing masuk untuk mengenai tangan yang sudah tidak bergerak, dan kemudian mencuri satu tamparan kecil.

Ini berarti tiga jenis serangan yang berbeda, dengan cara pemecahan yang berbeda pula.

Dalam pandangan mata, Gendhuk Tri memang tidak melihat sesuatu yang hebat dan luar biasa. Gerakannya sederhana, hanya sangat cepat. Namun akibatnya tidak seperti ketika dua belas murid Kiai Sumelang Gandring mati seketika. Namun Gendhuk Tri bukannya tak mengetahui bahwa apa yang baru saja terjadi tak kalah ganas. Hanya Gendhuk Tri tak melihat secara teliti. Tidak juga Nyai Demang. Tak sempat mengetahui cara pemecahan yang dipakai Upasara.

Satu-satunya yang memberi komentar adalah Paman Sepuh!

Komentar yang membuat Kiai Sambartaka merasa panas-dingin tubuhnya. Karena yang dipuji Paman Sepuh tetap ilmu Penolak Bumi. Ini berarti Paman Sepuh ingin menekankan bahwa Bantala Parwa tetap yang lebih unggul dari yang lain. Tak perlu dimainkan oleh Eyang Sepuh-yang tetap dipanggil Bejujag-ilmu Penolak Bumi tetap bisa mengatasi!

Inilah komentar yang paling menyakitkan.

Memang dalam pertarungan satu gebrakan masih jauh dari ukuran menentukan siapa pemenangnya. Akan tetapi juga bisa diperhitungkan dalam gebrakan pembukaan kali ini, Upasara berhasil mengungguli Kiai Sambartaka, yang agaknya justru tak menduga akan dilumpuhkan.

Kalau Paman Sepuh lebih memuji Eyang Sepuh dengan ilmu Penolak Bumi- nya, sebenarnya lebih mengatakan apa adanya.

Bukan sekadar memojokkan Kiai Sambartaka.

Apa yang dipertontonkan Upasara Wulung sebenarnya pertunjukan murni dari seluruh rangkaian ilmu Bantala Parwa, atau Kitab Bumi. Yang baru saja dimainkan adalah bagian Penolak Bumi.

Keutamaan dalam mempelajari ilmu silat, sebenarnya bukanlah sekadar menghafal gerakan atau cara berlatih napas untuk menghimpun tenaga.

Akan tetapi, lebih dari semua itu adalah menyelami kearifan yang tertulis atau tersembunyi dalam baris-baris kidungan. Itulah sesungguhnya inti, sukma ajaran silat.

Bahwa Upasara bisa menangkap lebih total dan utuh, karena memang pada dasarnya Upasara berhasil menyerahkan diri secara sepenuhnya kepada apa yang dipelajari. Sikap batin itu telah tercermin semenjak ia dididik dalam Ksatria Pingitan.

Upasara memperlihatkan penguasaan ilmu Penolak Bumi dari inti yang paling dalam. Bukan dari gerakan, melainkan dari cara memecahkan persoalan, cara mementahkan, cara menolak, cara menjadi tumbal. Ilmu Kitab Bumi, pada bagian delapan jurus terakhir yang disebut Penolak Bumi, seperti hanya untuk mementahkan jurus-jurus dalam Dua Belas Jurus Nujum Bintang! Tetapi sebenarnya, intinya bermula dari mementahkan semua serangan!

Begitu menghadapi berbagai serangan, dengan sendirinya daya tumbal itu muncul.

Tidak berlebihan kalau Paman Sepuh menyebutkan bahwa yang lebih hebat dari Upasara adalah yang menciptakan ilmu itu. Pujian kepada Eyang Sepuh.

"Bejujag, apa benar kamu bisa memainkan ilmu itu seperti Upasara ini? Karena kupikir gendang telingamu sekarang ini sudah membatu, sehingga tak bisa mendengar kata-kataku."

Upasara seperti mendapat penjelasan dari Paman sepuh.

Bahwa di samping pancingannya memanggil Eyang Sepuh, Paman Sepuh mampu mengetahui bahwa Upasara memainkan ilmu memindahkan tenaga suara. Tumbal atau penolakan atas serangan Kiai Sambartaka dilakukan dengan memindahkan suara, dengan cara meneroboskan suara dari gendang telinga kanan melewati gendang telinga kiri, dan sebaliknya. Dengan kata lain, gendang telinganya menjadi kosong, meneruskan getar suara paling keras dari kanan dan kiri, sepenuhnya!

Semua Jalan Adalah Kebenaran

KIAI SAMBARTAKA bukannya tidak menangkap apa yang dikatakan Paman Sepuh.

Dalam penilaiannya, Upasara Wulung memang mempunyai dasar dan alasan untuk terjun ke gelanggang para dewa. Keunggulan atas dirinya, bagi Kiai Sambartaka, menunjukkan kelas Upasara Wulung yang sesungguhnya.

Bahwa kebetulan tangan kanannya sudah setengah lumpuh, itu tidak menjadi alasan. Karena siapa pun bisa saja tangannya lumpuh atau sangat kuat. Namun nyatanya, Upasara mampu mempergunakan kelumpuhannya sebagai kekuatan. Mampu menerjemahkan sebagai kekuatan dan atau kekuatan yang bisa dipahami.

Meskipun bercekat, diam-diam Kiai Sambartaka sedikit bersyukur. Karena dari gebrakan pertama ia menjadi sadar bahwa kini tak bisa sembarangan sedikit pun. Di lain pihak, walau Upasara mampu menggagalkan serangan Naga Nareswara, Kama Kangkam, dan juga Kiai Sambartaka, kepercayaan dirinya tidak bangkit utuh dengan sendirinya. Justru sebaliknya, hatinya menjadi kebat-kebit.

Tiga kali gebrakan yang dilakukan lebih banyak membuka mata batin lawan- lawannya, yang biar bagaimanapun masih berada satu tingkat di atasnya. Rasa- rasanya, penguasaan dirinya belum sepenuhnya bisa dibandingkan para tokoh utama saat ini. Karena kemenangan sementara ini bukanlah sesuatu yang bisa disadari dan dikuasai sejak awal.

Maka bukan basa-basi, kalau Upasara menunduk hormat kepada keempat tokoh yang berdiri mengelilingi.

"Sungguh tak terhingga ucapan terima kasih saya, atas perlakuan baik para ksatria utama di jagat ini."

Paman Sepuh menggerakkan tangan, menyuruh Upasara berdiam. "Bejujag, kamu masih main petak umpet?"

Angin seperti bergetar dari berbagai arah ketika terdengar jawaban. "Aku malu untuk memunculkan diri.

"Lima puluh tahun lalu aku mengundang kalian turun dari kayangan, tempat para dewa bersemayam. Kukira ada alasan untuk mendatangkan kalian semua.

"Setelah kupikir-kurasa-kulakukan, aku menyadari betapa tololnya aku ini. Kenapa kita berebut menemukan satu-satunya jalan kebenaran, kalau ternyata semua jalan menuju kepada kebenaran?"

Panjang jawaban Eyang Sepuh, akan tetapi bahkan Upasara tak bisa memastikan dari mana asal suara. Sebentar terdengar sangat dekat, sebentar menjauh. Dari berbagai arah, yang tak bisa dipastikan.

"Lalu, apakah kamu menganggap main sembunyi seperti ini lebih baik daripada memperebutkan Jalan Budha?"

"Iya." "Kalau itu berarti mengundurkan diri, untuk apa dipaksa-paksa?" Suara Naga Nareswara meninggi. "Kita sudah datang, sudah saling menjajal diri. Sungguh sayang kalau dilewatkan percuma."

"Bejujag, kamu sudah dihitung kalah."

"Itu lebih baik. Aku memang sudah kalah sejak mengundang kalian." "Baik, kalau begitu, kita akan melanjutkan pertemuan tanpa kamu.

"Naga Nareswara, Kiai Sambartaka, Kama Kangkam, Upasara Wulung, marilah kita lanjutkan. Karena kita semua ada lima orang, lebih baik kita saling tempur saja. Setiap sepuluh jurus, kita berganti lawan. Boleh pilih yang mana saja.

"Sampai tinggal satu orang yang masih bisa berdiri. "Bagaimana?"

Naga Nareswara mengangguk.

Kama Kangkam menekuk tubuhnya. Kiai Sambartaka menunduk.

Upasara menahan udara di dadanya ketika menghormat.

"Tapi bagaimana mungkin," mendadak suara Gendhuk Tri bagai kaca pecah. "Kalau hanya lima orang, berarti setiap kali ada yang beristirahat lebih dulu."

Sederhana kata-kata Gendhuk Tri, tetapi berhasil menyusup. Memang jika semua bertempur satu lawan satu, berarti ada satu orang yang menganggur selama sepuluh jurus pertama. Walaupun menganggurnya bisa bergiliran, akan tetapi agaknya ini tidak cocok dengan keinginan untuk bertempur terus-menerus tanpa ada yang berhenti, sampai tinggal satu orang yang masih sempat berdiri.

Jalan pikiran Gendhuk Tri sebenarnya ingin mengistirahatkan Upasara Wulung.

Akan tetapi justru terbalik. Paman Sepuh yang berjingkrak. "Bejujag, kamu masuklah kemari. Untuk menemani kami!"

Kalau ini terjadi, berarti Eyang Sepuh akan turun ke gelanggang. Mau tidak mau akan ada giliran untuk bertempur melawan Upasara Wulung!

Sungguh mati, Gendhuk Tri tak bisa membayangkan hal itu akan terjadi.

Biar bagaimanapun, rasanya tak mungkin Upasara mempunyai keberanian untuk menggempur Eyang Sepuh. Sepuluh titisan yang akan datang tetap tak akan mengubah hal ini.

Celakanya juga, tak mungkin Eyang Sepuh maupun Upasara berpura-pura saling menggempur. Pada tingkat pertarungan seperti sekarang, hal itu boleh dipastikan tak akan terjadi!

Ini sama juga mengeroyok keempat peserta yang lain!

Tak masuk akal hal semacam ini akan dilakukan oleh Eyang Sepuh! "Kenapa harus mengganggu Eyang Sepuh? Aku masuk cukup untuk..."

Suara Gendhuk Tri terputus di tengah jalan. Jaghana, Wilanda, dan Nyai Demang secara bersamaan telah melindungi Gendhuk Tri.

Jalan pikiran mereka sama!

Kalau sampai Gendhuk Tri berbuat nekat, malaikat pun tak bisa mencegah kematian!

"Tikus-tikus dengan lidah berbisa, kalian membuat aku tidak sabar saja." Suara Naga Nareswara yang meninggi membuat Paman Sepuh menggerakkan capingnya.

"Majulah. Kita mulai."

Tanpa membuang waktu, tongkat emas bergelang menerjang ke arah caping Paman Sepuh. Pada saat yang bersamaan, Kiai Sambartaka menggulung kedua tangannya, menyampuk tubuh Upasara Wulung. Dalam satu kejapan, uap putih bergulung di tengah, saling menerjang!

Pertempuran telah mulai! Bahkan kesiuran angin saja membuat Jaghana, Wilanda, Gendhuk Tri, dan Nyai Demang mundur lebih jauh lagi. Begitu juga kedua murid Kama Kangkam.

Kesiuran angin betul-betul bagai maut. Menyambar, menusuk, mematikan.

Kama Kangkam yang berada di tengah sendirian, menggenggam pedang panjang dengan kedua tangan dan menggerung keras.

Lalu tubuhnya melayang ke arah satu titik.

Antara terlihat dan tidak, dari arah yang digempur Kama Kangkam melayang satu getaran angin yang aneh. Sejuk, lembut, meliuk, dan berputar bersama tubuh Kama Kangkam.

"Eyang!"

Teriakan Jaghana seperti rintihan, semacam jeritan bahagia sukma yang memasrahkan diri masuk ke pintu surga.

Wilanda menggigil tak berani bergerak sedikit pun. Gendhuk Tri bahkan tak berani menelan ludahnya.

Hanya Nyai Demang yang menghela napas sambil menutupkan kedua matanya.

Di antara semua yang menyaksikan pertarungan, barangkali hanya Nyai Demang yang sedemikian luas pengetahuannya, dan sedemikian haus menyelami berbagai ilmu persilatan kelas dunia. Nyai Demang yang mengetahui secara teori ilmu-ilmu dari negeri Tartar, dan kemudian juga mengenal ilmu dari negeri Hindia. Adalah keinginan yang wajar jika Nyai Demang ingin menyaksikan apa dan bagaimana ilmu-ilmu kelas dunia yang didengar dan dipelajari itu dimainkan oleh tokoh-tokoh kelas dunia.

Akan tetapi justru sewaktu kesempatan itu datang, Nyai Demang menutup kedua matanya. Untuk pertama kali, Nyai Demang tak tahan melihat apa yang ingin dilihat. Sukmanya seperti terbetot dan tercabik-cabik. Dan ini bukan semata-mata karena Upasara Wulung tengah bertarung di tengahnya. Terutama karena kesadaran bahwa kematian dan penguasaan ilmu itu tak bisa dibedakan.

Lain yang dirasakan oleh Wilanda. Ia berjongkok, menutup mata karena merasa tak mempunyai tenaga sama sekali. Bahkan seekor nyamuk yang hinggap tak mungkin bisa ditepuk. Semua kekuatannya telah lolos, hilang entah ke mana. Begitu juga Gendhuk Tri yang tak tahu harus berbuat apa. Menyaksikan jalannya pertempuran pun tak bisa leluasa.

Bagi Jaghana, teriakan menyayat yang meluncur dari bibirnya menandai bahwa rasa kecewa dan gembira menyatu. Kecewa dan gembira karena pada akhirnya Eyang Sepuh dipaksa muncul!

Bagi batin Jaghana, biar apa pun yang terjadi, Eyang Sepuh tak perlu mengotori diri untuk tampil kembali.

Tapi Kama Kangkam bisa menentukan arah, dan memaksanya!

Semua Kebenaran, di Mana Jalan...

EYANG SEPUH berada dalam medan pertempuran!

Walau Jaghana tidak melihat jelas. Pastilah Kama Kangkam tidak sekadar menyerang angin hingga jungkir balik. Pedang panjang menggores, mengiris, menebas, menerjang dengan torehan bertenaga.

Sementara hanya goyangan angin yang kadang terasa memberat, menekan, silih berganti.

Yang membingungkan Wilanda ialah kenyataan bahwa sebenarnya Eyang Sepuh tidak sedang menggunakan ilmu meringankan tubuh. Dalam soal ini, Wilanda merasa belum tertandingi. Namun, kalau sosok tubuh Eyang Sepuh tidak terlihat, agaknya karena mempergunakan ajian manjing ajur-ajer, atau ajian bisa berada di mana saja. Itu salah satu ajian untuk pergaulan. Dalam arti harfiah, bisa bermakna dapat bergaul dengan siapa saja dari golongan mana saja. Dalam tingkat Eyang Sepuh, juga berarti bisa berada di berbagai tempat, seakan, pada saat yang sama.

Sebenarnya, kalau Wilanda mencoba berpikir, sedikit-banyak keunggulan ada pada pihaknya. Dari enam tokoh utama dunia persilatan yang tengah bertarung ini, tiga di antaranya mewakili Perguruan Awan, baik secara langsung atau tidak. Yaitu Eyang Sepuh dan Upasara Wulung. Sedangkan Paman Sepuh Dodot Bintulu juga bisa dimasukkan, karena beliau adalah "adik seperguruan" Eyang Sepuh.

Dan kalau ini diperhitungkan satu lawan satu, berarti ketiga tokoh itu bisa memilih menghadapi tokoh dari Jepun, Hindia, maupun dari Tartar!

Akan tetapi kenyataannya, medan pertarungan tidak seperti itu. Melainkan mereka saling menggempur, sehingga kawan seperguruan pun terpaksa bertarung.

Dalam menentukan gelar lelananging jagat, tidak terbedakan mana saudara mana bukan.

Dari sisi ini, Wilanda benar-benar menyesal. Timbul secuil pertanyaan dalam lubuk hatinya: apakah ilmu silat justru menjadi pemisah persaudaraan?

Sementara penonton berpikir sesuai dengan jalan pikirannya, pada saat itu yang berada di tengah pertarungan sedang bergulat antara mati dan hidup. Satu tarikan pukulan bisa mengakibatkan kematian. Kalau tidak kematian lawan, ya kematian diri sendiri. Sehingga setiap gerak yang paling kecil pun mempunyai perhitungan yang sangat teliti.

Upasara tidak sempat berpikir banyak dan bercabang. Apa yang dihadapi tidak memungkinkan untuk itu. Pedang hitam kurus menyabet, menutup, dan serentak dengan itu berusaha menerobos cengkeraman Kiai Sambartaka. Yang dengan sepenuh tenaga mencoba menindih Upasara. Pukulan Beku yang menjadi andalannya seakan membekukan udara di sekitar. Beberapa kali tangan kanan Upasara yang susah bergerak sempurna nyaris menjadi sasaran!

Kalau sekarang tangan kanan Upasara kena tersentuh, jangan berharap akan bisa memakai tipuan yang sama! Kiai Sambartaka mampu mengubah tenaga penyerangan beku menjadi tenaga yang menghancurkan.

Digempur ketat seperti itu, Upasara hanya mampu bertahan. Gempuran arah atas berganti dengan gempuran kaki. Yang menguntungkan Upasara hanyalah jarak dan jangkauan pedang kurusnya lebih panjang. Dan agaknya Kiai Sambartaka merasa ngeri untuk merampas. Keuntungan kedua adalah Upasara lebih menunggu dibandingkan dengan Kiai Sambartaka.

Serangan pertama Kiai Sambartaka yang agaknya tidak sabar menunggu lama. Pada titik itulah Upasara menerjang!

Berjalan lima jurus, walau posisi Upasara bertahan, akan tetapi sesungguhnya malah menunjukkan beberapa keunggulan. Delapan Jurus Penolak Bumi dengan sebat dimainkan dalam satu tarikan jurus yang terus mengalir. Memecah dan mencegah serangan Kiai Sambartaka yang semakin tidak sabar.

Masuk ke jurus ketujuh, Kiai Sambartaka mendadak mengubah serangannya. Kedua tangannya membuka, dan mendadak tubuhnya berputar. Kali ini Kiai Sambartaka menggertak dengan tangan kiri menghantam ulu hati Upasara.

Tanpa memedulikan sabetan pedang.

Karena pada saat yang bersamaan, tangan kanan dan kedua kakinya menggunting tubuh Upasara.

Upasara menarik pedangnya dan menggertak ke arah serangan tangan kiri

lawan.

Akan tetapi pada saat itu tangan kanan yang justru maju cepat sekali, dibarengi guntingan dua kaki, dan tangan kiri ditarik!

Begitu Upasara mengubah sedikit arah tebasan pedang, kaki kiri menggantikan posisi penyerangan tangan kanan, sementara kedua tangan dan kaki melipat habis tubuh Upasara!

Inilah jurus yang disebut Tiga Langkah Kresna. Atau yang dikenal Upasara dengan julukan tiwikrama, dalam gerakan aslinya!

Inilah tenaga Kresna yang berubah menjadi dahsyat. Seorang ksatria yang bertenaga raksasa dengan sepuluh kepala dan tubuh kebal mampu menahan aliran banjir dan lahar gunung yang paling panas. Mampu berdiri sampai ke langit!

Betul-betul mencengkeram tanpa ampun.

Tumbal permainan Upasara, sebentar ke arah selatan, sebentar ke arah utara, berbalik ke kanan, dan terpaksa memutar. Upasara mengertakkan giginya, dan mendadak tubuhnya berputar kencang, meluncur lurus. Bagai angin puting beliung!

Jaghana mengertakkan giginya. Jurus penyerangan sambil memutar tubuh adalah jurus yang paling banyak menguras tenaga dan berbahaya. Karena dalam keadaan berputar kencang dan tubuh melayang, lawan akan mudah terkena serangan, dan sekaligus membuka diri pada serangan lawan. Jaghana mengenal sekali, karena penyerangan dengan memutar tubuh adalah ilmu yang menjadi andalannya. Yang hanya dikeluarkan kala terpaksa.

Agak mengejutkan, justru Upasara yang dalam satu gebrakan terpaksa bisa menampar Kiai Sambartaka, kini ketika memasuki jurus kesembilan sudah mengeluarkan ilmu simpanan.

Upasara tak melihat pilihan lain!

Daya tindih serangan Kiai Sambartaka memang membuat tangan atau kakinya seolah bergumpal dan membeku, sehingga untuk bernapas sangat menyakitkan.

Hampir semua jago silat memang sengaja menguasai udara sekitar medan pertempuran dengan menindih dan menguasai. Boleh dikatakan siapa yang menguasai udara, dialah yang menguasai lawan. Biasanya udara menjadi tipis atau panas, sehingga lawan akan tersengal-sengal.

Akan tetapi Kiai Sambartaka mampu mengubah menjadi gumpalan! Inilah kehebatan ilmu Hindia.

Dan Upasara yang merasa makin tertindih, membebaskan dengan serangan bergulung di tengah udara!

Ini berarti Upasara melepaskan ilmu Kitab Bumi!

Karena inti Kitab Bumi yang diajarkan selalu memakai kekuatan bumi. Mengambil tenaga bumi untuk menghadapi lawan. Dengan melayang di angkasa, berarti Upasara membebaskan sepenuhnya dari ketergantungan tenaga bumi.

Dengan cara ini Upasara berusaha menumbalkan, atau mengorbankan diri atas pengaruh bumi. Yang berarti juga membuyarkan daya tindih angin beku dari Kiai Sambartaka.

Akan tetapi memasuki suatu wilayah tenaga baru. Bukan tenaga bumi. Kiai Sambartaka mengeluarkan desis panjang karena sama sekali tidak menduga bahwa Upasara juga mampu mengubah sama sekali jurus-jurusnya!

Seakan anak kemarin sore yang melupakan satu permainan dan bermain yang

lain.

Kiai Sambartaka seperti menghadapi lawan yang lain, pada kejap yang bersambungan!

Upasara memang mencoba apa yang selama ini dipahami dalam kidungan Tumbal Bantala Parwa. Inti kidungan itu sebagian tadi diucapkan oleh Eyang Sepuh:

Jika semua jalan adalah kebenaran untuk apa kita memperebutkan jika semua kebenaran adalah jalan apa itu kebenaran

mana itu jalan

semua jalan adalah semua kebenaran semua perebutan

adalah kebenaran adalah jalan!

Bait pertama dalam kidungan itu diucapkan Eyang Sepuh sebagai kata-kata ketika menghadapi pembicaraan Paman Sepuh Dodot Bintulu. Akan tetapi bagi Upasara memberi semacam petunjuk untuk memahami gencetan Kiai Sambartaka.

Nyatanya, tindihan Kiai Sambartaka menjadi buyar. Gumpalan udara yang tadinya membeku bisa dihirup oleh Upasara yang tetap menggulung di udara, dengan serangan bolak-balik seakan memutari Kiai Sambartaka!

Ini luar biasa.

"Cukup. Sepuluh jurus kedua!"

Belum Upasara hinggap di tanah, Kama Kangkam telah datang.

Sebelum Ada Kawan, Jadilah Lawan

KAMA KANGKAM menyentakkan samurai, dan dengan dibarengi "ciaaat"an panjang, memotong lambung Upasara.

Upasara menarik pedangnya hingga lekat ke dada dan menangkis. Trang!

Sabetan kedua.

Traaaang!

Disusul sabetan ketiga, keempat, dan berubah menjadi tusukan ke arah ulu hati. Trang! Trang! Trang!

Upasara menjajal terus. Memapak setiap serangan yang datang secara berurutan dengan tenaga sabetan yang makin keras, makin kencang, dan makin cepat.
DONASI VIA TRAKTEER Bagi para cianpwe yang mau donasi untuk biaya operasional Cerita Silat IndoMandarin dipersilahkan klik tombol hati merah disamping :)

Posting Komentar