Rajawali Sakti dari Langit Selatan (sin tiauw thian lam) Bagian 5 (Tamat)

Sin Liong, Baca Cersil Mandarin Online: sin tiauw thian lam Bagian 5(Tamat) Mendongkol sekali hati Oey Yok Su, dan kemendongkolannya itu telah ditimpahkan kepada Hiat To Hoat-ong. Dengan gerakan ‘Pek-ho-ciong-thian’
29.57. Kelihayan Ilmu Siauw Liong Lie

Mendongkol sekali hati Oey Yok Su, dan kemendongkolannya itu telah ditimpahkan kepada Hiat To Hoat-ong. Dengan gerakan ‘Pek-ho-ciong-thian’ atau Burung Bangau Futih Menembus Awan, cepat sekali kedua tangannya bergerak dengan bersilang, tubuhnya agak maju sedikit, dan tahu tahu tangan kirinya menerobos penjagaan Hiat To Hoat-ong akan meremas perutnya, bukan digempur seperti tadi.

Tiat To Hoat-ong juga mengenal jurus yang dipergunakan Oey Yok Su, jurus itu memang merupakan gerakan yang sederhana sekali, tetapi dipergunakan oleh seorang tokoh persilatan seperti Oey Yok Su, dengan sendirinya menjadi hebat luar biasa.

Dengan mengeluarkan suara teriakan yang sangat nyaring, Tiat To Hoat-ong tidak berani seperti tadi menyambut serangan lawannya. Dengan menggunakan kedua tangannya mendorong ke depan, dari kedua telapak tangannya itu mengalir keluar arus angin yang sangat kuat sekali, dan tampak kedua kaki Tiat To Hoat-ong telah melompat mundur sejauh dua tombak lebih menjauhi diri dari Oey Yok Su.

Serangan yang dilancarkan Oey Yok Su jadi mengenai tempat kosong.

Tetapi Oey Yok Su memang telah mendongkol dan bertekad di hatinya ingin menghajar Tiat To Hoat-ong dan melampiaskan kemendongkolannya karena diejek Ciu Pek Thong kepada pendeta Mongol ini. Maka begitu lawannya melompat mundur, segera Oey Yok Su melompat dan meneruskan serangannya beruntun tiga jurus, yaitu dengan gerakan ‘Tiang-coa-cu-tong’ atau Ular keluar dari Liang, disusul lagi dengan gerakan ‘Hong-hong-tian-tauw’ atau Burung Hong Menganggukkan Kepala, dan jurus yang ketiga dia mempergunakan gerakan ‘Tui-cung-bong-goat’ atau Mendorong Jendela Melihat Bulan.

Sekaligus diserang tiga jurus dari tiga jurusan oleh Oey Yok Su, Tiat To Hoat-ong jadi terkejut sekali. Ia memang mengetahui Oey Yok Su merupakan tokoh persilatan yang sangat ternama dan disegani di daratan Tiong-goan. Tetapi Tiat To Hoat-ong tidak menyangkanya bahwa dia justru harus menghadapi orang she Oey itu dengan kepandaiannya yang benar-benar sangat hebat.

Coba kalau tadi diserang tiga jurus dengan beruntun oleh Oey Yok Su dan dia bergerak kurang cepat, niscaya dia akan menemui kematian, atau setidak-tidaknya akan terluka parah. Tetapi Tiat To Hoat-ong sebagai tokoh yang menjagoi di Mongolia dan merupakan orang kepercayaan Kublai Khan, dengan sendirinya dia memiliki kepandaian yang tidak lemah.

Walaupun memang kepandaian Tiat To Hoat-ong tidak setinggi kepandaian Oey Yok Su, namun bagi Oey Yok Su juga tidak mudah, untuk merubuhkan Tiat To Hoat-ong hanya dalam waktu yang singkat.

Cepat sekali Tiat To Hoat-ong mengeluarkan ilmu latihan Yoganya, dia hanya menggerak-gerakkan kedua tangannya, yang diputarnya cepat sekali sehingga kedua tangannya itu melindungi tubuhnya.

Gerakan yang dilakukan oleh Tiat To Hoat-ong ini sebetulnya di Tiong-goan memiliki ilmu yang serupa dengan ilmu dari pendeta tersebut, yaitu jurus atau ilmu ‘Tiat-see-ciang atau telapak tangan pasir besi, yang sangat berbahaya, apa lagi memang Tiat To Hoat-ong mempergunakan ilmunya itu dengan memutar sepasang tangannya, maka jika sampai lawannya melancarkan serangan juga dari mereka saling bersentuhan, niscaya lawannya akan menderita kerugian yang tidak kecil!

Tetapi bagi Oey Yok Su gerakan tangan Tiat To Hoat-ong merupakan jurus yang tidak begitu sulit untuk dihadapi. Dengan menentang kelima jari tangan kirinya dan juga tangan kanannya melakukan, pukulan dengan jurus ‘Ju-can-swie-jiu atau pukulan menembus air. Maka bagaimanapun rapatnya penjagaan diri dari Tiat To Hoat-ong tentu dapat diterjang dengan serangan yang dilakukan oleh Oey Yok Su.

Beberapa kali diantara deras serangan kedua tangan Oey Yok Su, Tiat To Hoat-ong memutar otaknya untuk mencari jalan keluar karena pendeta ini menyadari, jika mereka bertempur terus seperti itu, tidak sampai seratus jurus dirinya akan dapat dirubuhkan Oey Yok Su, maka dari itu dalam keadaan seperti ini Tiat To Hoat-ong telah mencari jalan keluar. Dia telah mengeluarkan suara bentakan-bentakan sambil menangkis serangan-serangan Oey Yok Su dengan tangannya itu yang dikebutkan untuk mendesak Oey Yok Su.

Tetapi Oey Yok Su sama sekali tidak mau memberikan kesempatan bernapas kepada Tiat To Hoat-ong, dan terus mengepung rapat tubuh pandeta ini. dengan sepasang tangannya.

Di saat itulah, di otak Tiat To Hoat-ong berkelebat serupa ingatan.

„Tahan! Orang she Oey, tahan dulu!” teriak Tiat To Hoat-ong, „Atau kata-katamu memang tidak bisa dipergunakan dan tak ada harganya?”

Oey Yok Su terkejut dia juga segera teringat sesuatu, sehingga dia jadi begitu mendongkol dan membanting-banting kakinya dengan wajah yang muram.

„Telah limabelas jurus, atau mungkin lebih engkau melancarkan serangan. Tetapi engkau tidak berhasil merubuhkan diriku. Hemmm, mana itu kesombonganmu?”

Muka Oey Yok Su berobah merah.

„Baik engkau menang!” katanya dengan mendongkol meluap-luap. „Kelak engkau boleh ikut dalam pertemuan di Hoa-san tetapi sekarang, justru secara pribadi aku ingin meminta petunjuk-petunjukmu pendeta besar yang sangat terhormat!” Setelah berkata mengejek begitu. Oey Yok Su telah melompat dan ingin melancarkan serangan pula kepada lawannya.

Tetapi Tiat To Hoat melompat mundur dia berseru:

„Tahan! Sekarang aku tidak memiliki waktu untuk bermain-main denganmu! Nanti setelah selesainya pertemuan di Hoa-san, barulah kita main-main. Engkau ingin bertempur seberapa ratus jurus juga akan kulayani.”

Oey Yok Su jadi berdiri dengan muka yang muram, karena dia tidak bisa mengendalikan kemendongkolannya itu yang tidak memperoleh kesempatan untuk melampiaskannya.

Saat itu Siauw Liong Lie sudah tidak bisa mempertahankan keinginan di hatinya untuk menghajar Tiat To Hoat-ong, maka dia telah melompat maju sambil memberi hormat kepada Oey Yok Su.

„Oey locianpwe lebih baik kerbau gundul seperti dia jangan dilayani, mana pantas menyembelih ayam harus mempergunakan golok babi? Maka biarlah aku yang maju memberikan hajaran padanya.”

Oey Yok Su masih diliputi kemendongkolan hanya mendengus. „Hmm,” tanpa memberi komentar dia berdiam diri dengan muka yang dingin sekali, karena di hatinya telah bertekad, nanti untuk menghajar Tiat To Hoat-ong habis-habisan setelah ada kesempatan.

Tiat To Hoat-ong juga mengetahui kegusaran Oey Yok Su, dia bahkan mentertawainya sambil katanya: „Engkau benar-benar seorang tokoh persilatan yang bisa dipegang kata-katanya, nanti setelah urusan di Hoa-san selesai, barulah kita main-main tiga hari tiga malam. Kau setuju bukan?”

Oey Yok Su mengetahui bahwa itu ejekan untuknya, dimana Tiat To Hoat-ong menganggap dirinya setingkat dengan dia. Kemarahan yang bergolak di hatinya hampir saja tidak bisa disabarnya, tetapi untung saja Siauw Liong Lie telah cepat-cepat menghadapi Tiat To Hoat-ong dan berkata,

„Engkau dulu pernah memaksa aku dengan keroyokan sehingga aku terjerumus ke dalam jurang di sebuah lembah gunung Kun-lun, sekarang aku ingin melihat berapa tinggi kepandaian yang kau peroleh setelah belasan tahun kita tak bertemu.”

Tiat To Hoat-ong tertawa mengejek.

„Engkau sendiri yang terjun ke dalam jurang, kawan-kawanku Turkichi dan Talengki tentu akan membenarkan perkataanku. Bahwa engkau sendiri yang telah terjun ke dalam jurang, jadi bukan kesalahan kami! Hemm, sekarang engkau terhindar dari kematian dan telah berada disini juga, maka apakah kesempatan ini engkau ingin pergunakan? Majulah.....”

Tantangan yang diajukan oleh Tiat To Hoat-ong membuat muka nyonya Yo Ko itu berobah merah. Dia memang telah menaruh kebencian kepada Tiat To Hoat-ong, justru sekarang orang menghina dia dengan perkataan yang menantang itu, dengan sendirinya telah membuat Siauw Liong Lie tidak bisa mempertahankan diri lagi. Dia telah mengeluarkan suara seruan yang sangat keras, dan menggerakkan kedua tangannya dari kiri dan kanan.

Kini Siauw Liong Lie telah memperoleh kepandaian yang lebih tinggi dari masa lalu, serangan kedua tangannya yang kosong tidak mempergunakan senjata tajam, jauh lebih hebat dibandingkan jika dulu Siauw Liong Lie menyerang dengan memakai pedang dan mempergunakan jurus-jurus dari Sian-lie-kiam-hoat.

Tiat To Hoat-ong sendiri tidak menyangka bahwa kepandaian Siauw Liong Lie semakin sempurna dibandingkan dengan yang lalu, maka begitu diserang, belum lagi kedua tangan Siauw Liong Lie yang digerakkan serentak dari jurusan kiri dan kanan itu tiba, angin serangannya telah meluncur sangat hebat dan kuat.

Waktu itu Yo Ko baru melihat kepandaian istrinya ini dia sangat kagum sekali. Melihat gerakan dan jurus yang dipergunakan oleh Siauw Liong Lie, Yo Ko jadi berdiri tertegun karena herannya, dia melihat jurus-jurus yang dipergunakan Siauw Liong Lie berbeda dengan jurus-jurus Sian-lie-kiam-hoat atau ilmu Kouw-bok-pay yang biasa mereka latih berdua.

Tiat To Hoat-ong tidak berani berdiam diri atau berayal melihat cara menyerang yang dilakukan oleh Siauw Liong Lie, disamping itu dia juga heran sama sekali, namun Tiat To Hoat-ong tidak sempat berpikir gerakan-gerakan kedua tangan Siauw Liong Lie sangat aneh sekali, dia seperti melancarkan serangan ke kiri tetapi tahu-tahu tangannya telah menyambar ke kanan, dan waktu tangan yang satunya menyambar ke arah atas, tahu-tahu inceran sasaran yang sesungguhnya ke bawah.

Hal ini telah membuat Tiat To Hoat-ong harus memasang mata baik-baik, karena sekali saja dia terserang, niscaya dirinya akan mengalami bahaya yang tidak kecil.

Siauw Liong Lie juga telah mempergunakan ilmu yang diperolehnya di dalam lembah, untuk merubuhkan diri Tiat To Hoat-ong.

Ciu Pek Thong berulang kali menggeleng-gelengkan kepala sambil mendesah-desah menyatakan kekagumannya atas kepandaian yang dimiliki Siauw Liong Lie.

Sedangkan Yo Him jadi berdiri tertegun dengan hati yang berdebar-debar keras, karena justru dia melihat ibunya memiliki kepandaian yang tinggi sekali, mendatangkan perasaan bangga di hatinya.

Di saat itu Tiat To Hoat-ong mati-matian mengeluarkan kepandaiannya dan baru bisa mengimbangi permainan dan serangan kedua tangan Siauw Liong Lie.

It-teng Taysu sendiri telah menyaksikan, betapa Siauw Liong Lie memiliki kepandaian yang tinggi sekali, bahkan hati kecilnya mau menduga bahwa kepandaian Siauw Liong Lie berada di atasnya, atau setidak-tidaknya berimbang, jauh berbeda dengan dulu, dimana kepandaian Siauw Liong Lie masih berada di bawah kepandaiannya.

Yang berdiri heran adalah Oey Yok Su, dia tidak mengerti Siauw Liong Lie kini telah memiliki kepandaian yang benar-benar sangat tinggi dan aneh. Kedua tangannya bergerak semakin lama jadi semakin perlahan, tetapi semakin lambatnya gerakan tangan Siauw Liong Lie semakin kuat tenaga yang menindih Tiat To Hoat-ong.

Pendeta utusan Mongolia itu jadi kelabakan juga, dia heran bertambah gagah. Karena kepandaian Siauw Liong Lie sekarang berada di atasnya, walaupun Tiat To Hoat-ong telah mengeluarkan seluruh kepandaian yang dimilikinya, tetapi. kenyataannya dia terdesak hebat oleh Siauw Liong Lie.

Tangan Siauw Liong Lie sebentar mengincar bagian bawah dan sebentar lagi mengincar bagian atas. Tetapi setiap serangannya itu tidak bisa diduga dulu, karena selalu berobah-robah.

Tiat To Hoat-ong juga melihat kepandaian yang dipergunakan Siauw Liong Lie bukan ilmu pukulan pada belasan tahun yang lalu. Pukulan-pukulan tangan yang dilakukan Siauw Liong Lie kali ini sangat tangguh dan hebat. Hebat dalam pengertian karena memang Siauw Liong Lie telah mendesaknya terus menerus.

Waktu Tiat To Hoat-ong tengah mempergunakan jurus ‘Yan-cu-sam-ciauw-sui’ atau Burung walet Tiga Kali Menyambar Air, di saat itulah Siauw Liong Lie telah menyambuti serangan itu dengan gerakan tubuh yang dimiringkan ke samping kanan, lalu dibarengi lagi dengan gerakan kebasan, disusul lagi dengan gerakan tangan kanannya yang digerakkan ke bawah, disusul lagi dengan ancaman tangan kirinya itu yang akan mencengkeram.

Tiat To Hoat-ong telah menyerang dengan kuat sekali, sehingga tidak bisa ditarik kembali, walaupun dia melihat ancaman tengah mendatangi ke dirinya.

Cepat bukan main, tampak Tiat To Hoat-ong membuang diri ke kanan tanpa sempat menarik pulang pukulannya, karena jika dia tidak mengambil tindakan seperti ini, pasti dirinya akan mengalami celaka di tangan Siauw Liong Lie.

Melihat lawannya bergulingan di tanah, Siauw Liong Lie tidak tinggal diam, dia telah mengeluarkan suara bentakan keras dan kedua kakinya bergantian menendang dengan jurus tendangan ‘Lian-hoan-tai’ dia menendang beberapa jalan darah terpenting di tubuh Tiat To Hoat-ong.

Pendeta Mongolia itu jadi tambah terkejut saja, dia sampai mengeluarkan teriakan yang sangat nyaring dan telah melompat berdiri dengan gerakan ‘Tai-po-lian-hoat’ atau Mundur berantai. Dengan caranya itu Tiat To Hoat-ong dapat menghindar dan mundur beberapa langkah.

Sambil bertempur, Tiat To Hoat-ong telah memperhatikan cara bersilat dan menyerang Siauw Liong Lie. Tiat To Hoat-ong sementara waktu hanya membela diri saja dari serangan-serangan yang dilakukan Siauw Liong Lie.

Namun Siauw Liong Li yang mendongkol karena melihat lawannya, setelah lewat banyak jurus tetap saja tidak bisa dirubuhkan, membuat dia jadi mengerahkan tenaganya dan mengempos lweekangnya lalu dengan gerakan ‘Ging-hong-tan-tim’ atau Menyambut Angin dengan Menyentil debu, tangannya monotok ke arah tulang iga Tiat To Hoat-ong.

Tetapi sekali lagi pendeta itu bisa mengelakkan! Dia mengandalkan ilmu Yoganya sehingga tubuhnya licin seperti belut.

Diantara berkesiuran angin serangan kedua orang yang tengah bertempur itu, tampak semua jago yang berada di tempat ini memandang dengan kagum, mereka memandang tertegun ke arah Siauw Liong Lie. karena setiap jurus ilmu pukulan tangan kosong yang dilancarkannya sangat dahsyat dan membingungkan lawannya.

Yo Ko melihat cara bertempur isterinya telah memandang dengan mata terbuka lebar-lebar, seperti juga dia tidak mau mempercayai bahwa isterinya memiliki kepandaian setinggi itu.

It-teng Taysu memandang diam saja, karena hatinya tengah berpikir keras. Untuk mengetahui entah ilmu apa yang dipergunakan oleh Siauw Liong Lie.

Begitu pula Oey Yok Su, dia coba memperhatikan baik-baik setiap serangan yang dilakukan Siauw Liong Lie kepada lawannya, dia heran sekali karena tidak satu juruspun yang dikenalinya dan diketahuinya merupakan ilmu silat dari aliran mana.

Sebagai seorang tokoh sakti rimba persilatan, Oey Yok Su mengenal hampir seluruh ilmu silat dari berbagai cabang perguruan, dia sangat berpengalaman sekali, tetapi sekali ini ternyata dia tidak bisa mengetahui ilmu silat apa yang dipergunakan Siauw Liong Lie.

Waktu itu Yo Him telah memegang tangan Phang Kui In.

Phang Kui In menggangguk.

„Ya, ilmu pukulan Siauw Liong Lie luar biasa menakjubkan. Jika kelak engkau memperoleh didikan langsung dari ayah dan ibumu, tentu engkau menjadi seorang pendekar yang memiliki kepandaian sangat tinggi sekali.”

Di saat itu tampak Siauw Liong Lie secara beruntun telah mempergunakan jurus dari ‘Hian-kie-ciang-hoat’ atau Ilmu Pukulan Tangan Kosong dari Hian Kie, Oey Yok Su tiba-tiba teringat sesuatu.

„Hemmm, pasti ilmu dia!” katanya di dalam hatinya, yang menduga kepada seseorang.

Sedangkan Ciu Pek Thong bertepuk tepuk tangan kegirangan, sambil terus mengoceh tidak hentinya: „Ya, manusia busuk seperti itu memang harus dihajar adat!”

Sedangkan Siauw Liong Lie memperhebat setiap serangannya. Angin gempuran kedua tangannya telah berseliweran kuat sekali, dan membawa hawa maut.

Tetapi justru di saat itu, dari rombongan orang-orang yang berjumlah limapuluh orang lebih telah melompat dua sosok bayangan.

„Turkichi! dan kau Talengki!” berseru Siauw Liong Lie dengan suara mengandung kemarahan. „Kebetulan, hayo cepat maju, biar kalian bertiga kubereskan hari ini!”

Talengki dan Turkichi telah mengeluarkan suara tertawa mengejek.

„Rupanya Thian masih melindungimu sehingga engkau perempuan siluman masih bisa panjang umur!” mengejek Talengki.

„Ya, tetapi sekarang kalian tentu tidak bisa melakukan apa-apa lagi!” kata Siauw Liong Lie. „Lihat serangan.”

Sambil mengeluarkan suara bentakan, tampak Siauw Liong Lie beruntun melancarkan dengan kedua tangannya silih berganti. Dia menyerang dengan jurus-jurus yang membingungkan dan juga dia mendesak cepat sekali kepada Tiat To Hoat-ong.

Sedangkan Tiat To Hoat-ong yang didesak begitu gencar oleh Siauw Liong Lie membuat dia jadi terdesak cukup hebat, karena jika saja dia berlaku lengah, niscaya jiwanya akan mengalami bencana yang tidak kecil, bisa-bisa dia berhenti menjadi manusia.

Talengki dan Turkichi, keduanya melompat menerjang kepada Siauw Liong Lie di tangan mereka masing-masing menggenggam pedang, diwaktu melompat mereka telah mencabut senjata itu. Kedua batang pedang itu dengan serentak telah meluncur akan menusuk dan menikam Siauw Liong Lie.

Yo Ko melihat itu jadi terkejut karena dia kuatir jika dikeroyok seperti itu isterinya nanti terluka. Dengan mengeluarkan suara bentakan Yo Ko telah melompat maju.

Lengan baju sebelah kanan yang kosong terjuntai itu disalurkan lweekangnya, sehingga lengan baju itu telah melibat dan melingkari pedang Turkichi, setelah itu Yo Ko mengeluarkan suara bentakan menarik pedang lawan. Tetapi Turkichi walaupun kaget dan melihat pedangnya telah dilibat oleh lengan baju Yo Ko, dia tidak menjadi takut, atau juga gugup, dengan mengeluarkan suara bentakan, dia menyalurkan tenaga murni dari lweekangnya kepada pedangnya, maka pedang itu tidak bisa direbut oleh Yo Ko, mereka jadi saling tarik.

Tetapi Yo Ko tidak membuang-buang waktu, dengan cepat dia telah menggerakkan lengan kirinya, dengan jurus ‘Ya-ma-hun-ciang’ atau Kuda Liar Membilaskan bulu surinya, di saat itu muka Turkichi telah dihantam keras sekali.

Untung saja Turkichi bergerak cepat dan gesit, sehingga sebelum lengan baju sebelah kiri Yo Ko menghantam mukanya, dia telah melompat ke samping mengelak dari lengan baju Yo Ko, hanya menyerempet sedikit tetapi karena kuatnya tenaga dalam yang terkandung di pangkal lengan baju itu, menyebabkan Turkichi terhuyung seperti akan rubuh.

Cepat sekali Turkichi membenarkan kedudukan kakinya, dia mengeluarkan suara seruan perlahan dan telah menubruk diri Yo Ko. Serangan yang dilakukannya dengan mempergunakan tangan kirinya, dia menghantam dengan kepalan tangannya karena pedangnya masih terlibat lengan baju kanan Yo Ko.

Yo Ko mengeluarkan suara dengusan dingin, lalu menggerakkan tangan kirinya.

Kepalan tangan kiri dari lweekang telah disambut dengan kepalan tangan kiri Yo Ko, maka tidak ampun lagi tubuh Turkichi telah terlempar di tanah. Cekalan pada pedangnya telah terlepas, dan pedang Turkichi yang terlepas itu meluncur dan menancap dalam sekali di batang sebuah pohon yang terpisah lima tombak lebih.

Turkichi terlempar ambruk di tanah tanpa daya, karena begitu tubuhnya hampir menyentuh tanah, tangan kanannya telah menghantam bumi, dan tubuhnya meletik lagi dengan gerakan ikan gabus meletik.

Kemudian waktu tubuhnya tengah melayang di udara dengan menggunakan jurus ‘Coa-cu-tong’ atau Ular keluar dari liang, kedua tangannya itu seperti juga ular yang bergerak cepat sekali menyambar ke dada dan pundak Yo Ko.

Tubuh Yo Ko telah berkelebat-keilebat bagaikan bayangan untuk melepas serangan Turkichi. Kemudian Yo Ko menggunakan tangan kirinya mencengkeram pergelangan tangan Turkichi dan berseru sambil melontarkan Turkichi.

Tubuh Turkichi ambruk di tanah dengan keras. Kali ini ia sudah tidak bisa mengelak dan waktu dia ingin melompat, tangan Yo Ko bergerak memukul dadanya.

„Bukk!” dada Turkichi terhantam tepat sekali dan tubuhnya jatuh terguling lagi di tanah.

Tetapi Turkichi memang jago pilihan dari Kublai Khan yang bertugas untuk memupuk kekuatan pasukan Mongolia untuk menyerbu Tiong-goan. Tiat To Hoat-ong dengan orang-orang yang berhasil dikumpulkannya akan menyambutnya dari dalam.

Memang Tiat To Hoat-ong telah berhasil menghubungi beberapa orang jago-jago kenamaan di daratan Tiong-goan, tetapi banyak yang masih belum bisa dihubungi atau ditundukannya untuk bekerja pada kekuasaan Khan yang agung itu. Maka dari itu, Tiat To Hoat-ong telah menerima perintah dari Kublai Khan, jika dia tidak berhasil membujuk jago-jago luar biasa di daratan Tiong-goan, Tiat To Hoat-ong harus mempergunakan kekerasan untuk membinasakan mereka. Karena jika tidak, kelak tentara Mongol ia akan mengalami gangguan dan hambatan.

Kelimapuluh lebih jago-jago yang datang ke Hoa-san memang merupakan kaki tangan Tiat To Hoat-ong, jago-jago yang telah menekuk kaki berlutut kepada kaisar Kublai Khan. Maka kedatangan mereka ke Hoa-san adalah untuk mengacau dan mengeroyok Oey Yok Su dan jago-jago utama lainnya, jika saja mereka itu menolak untuk bekerja pada Kublai Khan

Sekarang Turkichi telah terguling beberapa kali di tangan Yo Ko, sehingga dia dapat membayangkan berapa tinggi kepandaian Yo Ko. Jika mau dibandingkan, tentu dia masih berada di bawah tingkat Yo Ko. Tetapi Turkichi sangat licik dan dia adalah jago yang tidak sembarangan, menghadapi jago sehebat Yo Ko, Turkichi masih bisa mempergunakan otaknya, dia telah bergulingan di atas tanah, kemudian dia membalikan tubuhnya dan menyelusup ke dalam rombongan orang banyak.

Yo Ko tidak mengejar.

Turkichi menyadari jika dia bertempur terus dengan Yo Ko, tentu dia yang akan rugi, maka dari itu, dia menyelinap diantara teman-temannya itu untuk mengatur pernapasannya, mempersiapkan diri. Jika saja jago-jago di Hoa-san ini tidak mau menuruti perintah Kublai Khan tentu mereka akan menyerbu dan membinasakan jago-jago itu.

Di saat itu Yo Ko telah menoleh melihat ke arah Siauw Liong Lie.

Dia melihat istrinya telah mendesak Tiat To Hoat-ong dengan gerakan yang mantap dan kuat, sehingga Tiat To Hoat-ong benar-benar untuk menghadapinya.

Tanpa memperdulikan lagi perasaan malu tampak Tiat To Hoat-ong telah mencabut keluar golok hitamnya. Dengan mencekal goloknya itu kuat-kuat, dan kemudian diputarnya dengan keras, maka Siauw Liong Lie tidak bisa melakukan penyerangan yang terlalu mendesak dirinya.

Siauw Liong Lie telah merobah cara, bertempurnya, jika tadi dia memang banyak menyerang dengan jarak yang cukup jauh. Tentu saja cara menyerangnya harus dilakukannya dengan tenaga dalam yang kuat, tanpa memiliki tenaga dalam yang sempurna, niscaya akan menyebabkan Siauw Liong Lie terkena oleh bacokan atau tabasan golok lawannya.

Tiat To Hoat-ong yang melihat Siauw Liong Lie mulai mengendurkan penyerangannya dia jadi girang dan terbangun semangatnya. Diiringi suara bentakannya yang sangat keras, tampak Tiat To Hoat-ong telah menggerakkan goloknya, dia memutar goloknya secepat titiran sehingga tampak tubuh Tiat To Hoat-ong seperti tergulung oleh semacam lingkaran golok yang bergulung-gulung.

Seperti biasanya, To-hoat (ilmu golok) harus dipergunakan dengar cara melintang atau juga dengan cara menabas ke atas boleh ke bawah. Tetapi berlainan dengan Tiat To Hoat-ong, karena dia memang telah meyakinkan ilmu goloknya itu sampai mendalam benar, maka dia tidak menyerang dengan menabas atau juga memotong, dia hanya menikam bagaikan tengah mempergunakan pedang, dan waktu sudah dekat dengan sasarannya, tampak Tiat To Hoat-ong merobah kedudukan tangannya, maka golok itu baru menabas.

Cara menyerang yang dilancarkan oleh Tiat To Hoat-ong memang agak membingungkan Siauw Liong Lie, sulit menerka ke arah mana serangan itu ditujukan. Dalam keadaan demikian, tampak Tiat To Hoat-ong telah mengeluarkan seruan seruan nyaring beberapa kali dan melancarkan serangan yang beruntun.

Di saat seperti itu Yo Ko tidak bisa berdiam diri, dia telah berseru: „Liong-jie, biar aku yang menghadapinya!”

„Jangan!” mencegah Siauw Liong Lie sambil membungkukkan tubuhnya mengelakan serangan Tiat To Hoat-ong. „Biar aku yang menghadapinya!”

Dan sambil berkata begitu, Siauw Liong Lie telah melepaskan sebatang peniti, dengan peniti yang telah ditekuk menjadi memanjang dia mempergunakan benda tersebut untuk menghadapi serangan serangan golok Tiat To Hoat-ong.

Semua orang yang menyaksikan apa yang dilakukan oleh Siauw Liong Lie jadi terkejut.

„Akh, Liong-jie keterlaluan lagi mengapa dia demikian ceroboh memandang rendah pada lawannya? Bukankah dengan demikian bisa mencelakai dirinya sendiri.....?” pikir Yo Ko.

Di saat itu, Siauw Liong Lie tengah berkelit dari serangan lawannya. Dia telah berkelit dengan tubuh yang dimiringkan, dan dalam keadaan demikian peniti di tangan kanannya telah meluncur akan menikam urat nadi di pergelangan lawannya.

Tiat To Hoat-ong terkejut, dia mengeluarkan seruan kaget dan cepat cepat menarik pulang goloknya karena jika dia meneruskan serangannya, niscaya dia sendiri yang akan celaka, karena di saat itu jika goloknya baru berhasil menempel di bahu Siauw Liong Lie justru tusukan jarum peniti dari nyonya Yo itu akan sampai lebih dulu, berarti akan melenyapkan tenaga penyerangannya dan juga akan menyebabkan dia menjadi lumpuh.

Di saat itu, dengan tidak membuang buang waktu, dengan jurus ‘Pek-coa-touw-sia’ atau Ular Putih mengeluarkan Lidah, tampak jurus Siauw Liong Lie meluncur lagi menuju urat darah yang terpenting di bawah dagu leher.

Waktu itu memang terlihat gerakan Siauw Liong Lie tidak akan membawa bahaya apa-apa, bukan hanya sebatang peniti saja? Tetapi bagi Tiat To Hoat-ong sendiri yang bersangkutan langsung telah mengetahui bahwa tusukan, yang dilakukan Siauw Liong Lie itu akan merupakan serangan mematikan, karena jalan darah Cie-tu-hiat yang diincar di leher Tiat To Hoat-ong merupakan jalan darah yang mematikan jika kena tertusuk benda tajam.

Tiat To Hoat-ong menggeser kakinya untuk menjauhi diri dari Siauw Liong Lie.

Tetapi gerakannya itu membuat dia hampir terguling digaet kaki Siauw Liong Lie, untuk itu Tiat To Hoat-ong harus mempergunakan gerakan Naga Melingkar Ditiang, agar dia bisa menguasai tubuhnya tidak sampai terguling di tanah.

Semua orang, jago-jago dan tokoh-tokoh persilatan seperti Yo Ko, Oey Yok Su, Ciu Pek Thong, It-teng Taysu, dan beberapa orang tokoh persilatan kawannya Tiat To Hoat-ong telah mengetahuinya bahwa kepandaian Siauw Liong Lie memang berada di atas Tiat To Hoat-ong. Jika pendeta jubah merah ini terus menerus bertahan diri, tidak sampai seratus jurus tentu dia akan dapat dikalahkan oleh Siauw Liong Lie.

Tiat To Hoat-ong juga menyadari keadaannya yang berbahaya itu dengan mengeluarkan seruan keras, dia memutar goloknya dengan cepat, sehingga dirinya diselubungi oleh sinar hitam dari goloknya yang bergulung-gulung. Dengan caranya itu, dia bisa mencegah desakan Siauw Liong Lie berikutnya. Tetapi tentu saja Tiat To Hoat-ong tidak bisa melakukan gerakan membela diri itu terus menerus, karena tokh akhirnya dia akan lemas dan kehabisan tenaga sendirinya.

Di saat itu, diantara berkesiuran golok Tiat To Hoat-ong, tampak Yo Ko telah melompat ke arah Siauw Liong Lie, dia menggerakkan pedang hitamnya yang merupakan senjata pusakanya itu.

„Tranggg.....!” segera terdengar suara benturan yang keras sekali.

29.58. Hajaran Keras Pada Pengkhianat Bangsa

Yo Ko mencekal pedangnya di tangan kiri, dia menangkis golok Tiat To Hoat-ong dengan tangkisan Badai Bergelombang di Laut, di mana pedang Yo Ko telah menindih golok Tiat To Hoat-ong. Gerakan yang dilakukan oleh Yo Ko memang membantu banyak pada Siauw Liong Lie. Karena waktu golok Tiat To Hoat-ong tertangkis oleh pedang Yo Ko maka gerakan golok itu menjadi tertunda, berarti juga penjagaan dari Tiat To Hoat-ong jadi kendor dan lowong.

Dengan mengeluarkan suara bentakan perlahan: “Awas serangan.....!” tangan kanan Siauw Liong Lie bergerak dengan cepat sekali, jarumnya itu telah mengincar jalan darah Mei-tu-hiat nya Tiat To Hoat-ong.

Pendeta itu jadi terkejut bukan kepalang, dia telah berseru keras sambil menarik goloknya dari tindihan pedang Yo Ko yang berat itu. Tetapi usahanya tidak berhasil, maka hatinya jadi tercekat kaget, apa lagi dia melihat sendiri Siauw Liong Lie hanya terpisah beberapa dim saja, maka jika sampai jarum itu mengenai sasarannya dengan cepat, tentu Tiat To Hoat-ong akan menemui ajalnya. Segera Tiat To Hoat-ong melepaskan goloknya dia telah melompat ke belakang. Dengan demikian dia telah mengorbankan senjatanya untuk menyelamatkan jiwanya.

Yo Ko tertawa dingin: „Dengan kepandaian serendah itu kau berani datang untuk mengacau di dataran Tiong-goan?” bentak Yo Ko mengejek.

„Ya, ya,” berseru Ciu Pek Thong dengan suara yang nyaring. ,,Tanganku juga tengah gatal ingin ikut meramaikan keadaan.”

Muka Tiat To Hoat-ong telah berobah pucat, dia bimbang sendirinya, karena dilihatnya semua jago-jago yang berkumpul di Hoa-san memiliki kepandaian yang sangat menakjubkan. Maka dia telah mengambil keputusan untuk mencari jalan agar dapat membujuk mereka untuk menghentikan pertempuran ini.

Waktu itu tampak Siauw Liong Lie telah melompat ke dekat Tiat To Hoat-ong, dia menyerang pendeta ini lagi dengan mempergunakan jarum di tangan kanannya, gerakannya dilakukan secepat kilat sehingga membuat dia jadi kelabakan.

Kembali Tiat To Hoat-ong melompat mundur untuk mengelakkan diri dari serangannya Siauw Liong Lie.

Hal itu memang telah diduga oleh Siauw Liong Lie, maka dia tidak menarik tusukan jarumnya itu, melainkan dia telah melompat ke depan Tiat To Hoat-ong dan melakukan tusukan jarumnya lebih cepat lagi.

Tiat To Hoat-ong yang sudah tidak memiliki senjata, karena goloknya tadi telah dilepaskannya membuat dia agak gugup juga. Menangkis serangan jarum Siauw Liong Lie dengan mempergunakan tangan saja, tentu akan membahayakan dirinya, berarti juga Siauw Liong Lie bisa merobah serangannya mengincer jalan darah mematikan di tangannya. Maka dari itu jalan satu satunya bagi Tiat To Hoat-ong hanyalah melompat ke belakang lagi untuk mengelakkan diri dari serangan Siauw Liong Lie.

Yo Ko juga telah melompat ke dekat pendeta Mongolia itu, dia menggerakkan pedangnya untuk menikam.

Pedang milik Yo Ko itu merupakan pedang istimewa. Pedang mustika itu memiliki bobot yang berat sekali. Jika memang seseorang yang memiliki lweekang yang tanggung-tanggung, tentu tidak akan dapat menggerakkan pedang hitamnya itu dengan ringan.

Waktu itu Tiat To Hoat-ong telah mengeluarkan suara tertawa mengejek. „Aku tidak menyangka bahwa jago-jago di daratan Tiong-goan yang disiarkan sebagai tokoh-tokoh sakti yang memiliki harga diri, tidak tahunya hanya jago-jago berjiwa tahu! Mana mungkin seorang tokoh yang memiliki harga diri mau melancarkan serangan kepada lawannya dengan cara yang mengeroyok?” Itulah memang sindiran yang sengaja diajukan oleh Tiat To Hoat-ong, karena dia telah terdesak sekali. Dia memang licik, maka dengan meminjam perkataan ho-han, pendekar gagah, dia mengejek lawannya.

Yo Ko tertegun sejenak, kemudian melompat mundur menjauhi lawannya, karena Yo Ko berpikir memang ada benarnya juga bahwa dia telah mengeroyok Tiat To Hoat-ong. Walaupun apa saja alasannya, tentu hal itu hanya akan menjatuhkan nama baiknya saja.

Sambil tertawa mengejek, Tiat To Hoat-ong telah berkata kepada Siauw Liong Lie: „Sebetulnya aku tidak sampai hati harus bertempur dengan seorang wanita secantik engkau. Dulu pun di Kun-lun-san, kami hanya mendesak meminta engkau untuk menyerah, tetapi engkau sendiri yang menerjunkan diri ke dalam lembah itu. Bukankah begitu?”

Siauw Liong Lie jadi gusar diingatkan peristiwa di puncak Kun-lun-san itu. Dengan mengeluarkan seruan nyaring Siauw Liong Lie menyambitkan penitinya itu.

Peniti itu meluncur dengan cepat sekali karena disambit dengan disertai oleh tenaga lwekang yang kuat sekali, tanpaknya Siauw Liong Lie juga ingin melayani lawannya dengan bertangan kosong, maka dia telah menimpukkan penitinya. Memang telah diduganya bahwa peniti itu akan dapat dielakan oleh Tiat To Hoat-ong, Maka begitu Hoat-ong sedang memiringkan tubuhnya menggelakan diri dari samberan peniti yang runcing itu, dengan cepat sekali tampak Siauw Liong Lie mengeluarkan suara seruan, dia telah menggerakkan tangan kirinya menyerang pundak Tiat To Hoat-ong dengan jurus-jurus Garuda Mencakar pohon Liu, jurus itu merupakan suatu cengkeraman yang agak aneh gerakannya, karena Siauw Liong Lie melancarkan cengkeram dengan gerakan yang sulit diduga, mana tangan kanannya seperti menyambar bagian kiri tetapi sesungguhnya serangan jang sebenarnya dari sebelah kanan. Tiat To Hoat-ong agak bingung juga menghadapi serangan-serangan seperti itu.

Diantara berkesiuran angin serangan yang begitu kuat karena masing-masing mempergunakan lweekang tingkat tinggi, maka abu dan daun-daun kering telah beterbangan ke udara.

Semakin lama gerakan tubuh kedua orang itu semakin cepat sedangkan Tiat To Hoat-ong juga jadi sibuk untuk mempertahankan diri dari serangan-serangan gencar yang dilakukan oleh Siauw Liong Lie. Kepandaian Siauw Liong Lie sekarang memang lebih tinggi dari Tiat To Hoat-ong hanya saja pendeta dari Monggolia itu memiliki ilmu kebal sehingga tubuhnya menjadi licin sekali.

Diam-diam Tiat To Hoat-ong juga memutar otak mencari jalan dengan cara apa dia bisa meloloskan diri dari serangan-serangan Siauw Liong Lie, agar dia bisa memaksa lawannya mundur.

Tetapi Siauw Liong Lie yang tengah marah dan mendongkol karena dulu Tiat To Hoat-ong pernah bersama-sama dengan Talengki dan Turkichi telah memaksa dia, sehingga ia terjun ke dalam jurang dan berpisah dengan anaknya, maka sekarang dia melancarkan serangan tanpa sungkan-sungkan lagi. Siauw Liong Lie mengeluarkan seluruh ilmu silat yang dimilikinya untuk merubuhkan Tiat To Hoat-ong.

Tubuh kedua orang yang tengah bertempur itu berkelebat-kelebat. Hanya memperhatikan ujud dari gumpalan warna-warni belaka. Dalam keadaan seperti ini, dilihatnya oleh para tokoh-tokoh sakti yang berada disitu, dalam seratus jurus lagi Tiat To Hoat-ong akan dapat dirubuhkan oleh Siauw Liong Lie.

Tiat To Hoat-ong sendiri juga menyadari akan hal itu, jika dia bertempur dengan cara ini lebih lama lagi, tokh akhirnya dia yang akan rubuh sebagai pecundang. Sebagai seorang yang licik dan memang selalu memakai akal bulus menghadapi lawan-lawannya yang tangguh, maka kali ini juga Tiat To Hoat-ong telah memikirkan suatu cara untuk mengalihkan perhatian Siauw Liong Lie.

„Perempuan iblis, engkau hanya berani di kandang saja! Dulu waktu di puncak Kun-lun-san kita bertempur engkau begitu pengecut telah melompat ke dalam jurang hanya ingin menghindarkan dirimu dari kami. Hemmm, hemm, aku tidak heran jika sekarang engkau berani melawan diriku, karena memang engkau telah memiliki pembantu-pembantu yang banyak! Ha, ha, ha, ha, jika memang kelak aku terjatuh di tangan kalian, jago-jago daratan Tiong-goan yang katanya memiliki nama besar, aku tidak perlu malu..... sungguh gagah sekali jago-jago daratan Tiong-goan yang hanya bisa main keroyok saja!”

Semula ejekan dari Tiat To Hoat-ong tidak diacuhkan oleh Siauw Liong Lie, tetapi lama kelamaan darahnya jadi meluap.

Apa lagi dia diingatkan peristiwa yang terjadi di puncak Kun-lun-san, dia jadi marah sekali. Dengan mengeluarkan suara bertahan kedua tangannya bergerak menuju ke sasaran di dada dan perut Tiat To Hoat-ong dergan gerakan ‘Sian-koan-cee-he’ atau Sepasang Pembuluh Mancur Berbareng, sehingga siasat mengejutkan Tiat To Hoat-ong, sampai pendeta turun itupun mengeluarkan suara jeritan tertahan.

Diwaktu itu, dengan mengeluarkan suara bentakan yang nyaring tampak Siauw Liong Lie telah mengulangi lagi serangan Sepasang Pembuluh Mancur Berbareng itu sebanyak tiga jurus pecahannya, kedua tangannya itu telah bergerak dengan cepat sekali Tiat To Hoat-ong yang melihat serangan Siaw Liong Lie semakin hebat, dia tidak menjadi takut, karena ia justru merasa girang telah berhasil memancing kemarahan lawannya.

Harus diketahui, di dalam suatu pertempuran seseorang tidak boleh terlalu dikuasai oleh perasaan marahnya, karena justeru persiapan dirinya agak berkurang dan perhatiannya terpecah.

Memang serang-serangan selanjutnya dari Siauw Liong Lie semakin dahsyat, tetapi karena dia dalam keadaan marah, tentu saja perhatiannya untuk penjagaan dirinya jadi berkurang banyak, dan dia tidak bisa mengendalikan dirinya lagi, dimana secara beruntun Siauw Liong Lie telah melancarkan serangan-serangan yang sangat cepat sekali, sehingga memperlemah pertahanan dirinya.

Tiat To Hoat-ong telah mementang mulutnya lagi: „Sayang sekali wanita secantik engkau harus menjadi isteri dari seorang manusia bercacad tangannya buntung! Hemmm, coba kalau engkau belum menikah, tentu Hud-ya (pendeta agnng) ingin sekali mengambil kau sebagai isterinya! Sayang! Sayang!”

Muka Siauw Liong Lie jadi merah padam dia telah membentak:

„Apanya yang sayang?”

„Sayang sekali engkau telah menjadi nyonya si buntung, kalau belum, tentu aku yang melamarmu!!” menyahuti Tiat To Hoat-ong.

Muka Yo Ko yang mendengar itu jadi berobah merah padam tetapi dia tidak melompat maju sebab kuatir nanti lawan mengatakan bahwa mereka main keroyok, apalagi Yo Ko telah melihatnya bahwa kepandaian Siauw Liong Lie berada di atas kepandaian Tiat To Hoat-ong. Hanya yang dikuatirkan Yo Ko dan yang lainnya, Siauw Liong Lie tampaknya lengah dikuasai oleh kemarahan, yang meluap-luap. Tentu saja hal itu akan membuat Siauw Liong Lie sendiri yang menderita kerugian.

Begitulah seterusnya sambil berkelit dari serangan-serangan Siauw Liong Lie, Tiat To Hoat-ong terus mengejek dengan kata-kata yang kotor. Kemarahan yang telah memuncak di hati Siauw Liong Lie membuat nyonya Yo itu jadi bertekad untuk mengambil jiwa Tiat To Hoat-ong.

„Pendeta bermulut busuk! Engkau memakai jubah pendeta hanya untuk kedok belaka..... topeng dari kejahatanmu yang ditutupi dengan kependetaanmu itu! Hemm, Hemm, engkau harus dibinasakan, karena manusia seperti engkau tidak ada gunanya untuk dibiarkan hidup terus!”

Di saat itu tampak Tiat To Hoat-ong telah tertawa bergelak-gelak tubuhnya dimiringkan ke kanan doyong agak ke belakang, karena dia telah mengelakan salah satu serangan Siauw Liong Lie. Kemudian dia berkata dengan suara yang nyaring:

„Nyonya yang manis, jika engkau mau bercerai dari si buntung, aku masih mau menerimamu untuk menjadi selirku kelak jika Khan yang agung telah berhasil menaklukkan daratan Tionggoan ini.....”

Terlalu menyakitkan telinga Siauw Liong Lie kata-kata itu, maka dengan mengeluarkan suara bentakan yang sangat nyaring, tahu-tahu tubuh Siauw Liong Lie telah melompat ke tengah udara, dia telah mempergunakan jurus-jurus ‘Ya-ma-hun-cong’ atau Kuda Liar Mengibaskan Bulusurinya, maka tangan kirinya bergerak akan menotok jalan darah Pai-sie-hiatnya Tiat To Hoat-ong.

Jalan darah yang diincar Siauw Liong Lie itu bukan merupakan jalan darah yang terlalu penting, tetapi jika jalan darah itu kena ditotok tentu orang yang menjadi korban totokan itu akan lemas tidak memiliki tenaga untuk sejenak lamanya. Maka jika sampai jalan darah itu tertotok oleh Siauw Liong Lie, tentu saja Tiat To Hoat-ong akan tewas tidak bertenaga dan dengan mudah pasti Tiat To Hoat-ong akan dapat dibinasakan oleh Siauw Liong Lie. Maka cepat cepat Tiat To Hoat-ong melompat mundur.

Serangan-serangan Siauw Liong Lie memang semakin lama jadi semakin kuat dan menuju ke arah bagian-bagian yang mematikan di tubuh si pendeta Mongolia. Tetapi Siauw Liong Lie juga bukan tidak menderita kerugian, bahkan dengan cara menyerang seperti itu, pertahanan dirinya berkurang banyak.

Tiat To Hoat-ong memang sengaja memancing kemarahan Siauw Liong Lie dengan ocehan dan makian-makian yang kotor dan hal itu telah merugikan benar Siauw Liong Lie. Semakin dia marah dan mengikuti hawa penasaran dan mendongkolnya, maka lobang-lobang kelemahan yang ada pada dirinya semakin besar.

Tiat To Hoat-ong saat itu telah berkata lagi: „Jika engkau memang jatuh cinta kepadaku, katakanlah terus terang..... jika aku mengetahui pasti diriku dicintai olehmu, maka biarlah si buntung aku binasakan agar tidak menimbulkan kerewelan.”

Yang dimaksudkan si buntung, adalah Yo Ko. Dada Yo Ko terasa seperti akan meledak. Tetapi dia masih berdiri diam di tempatnya dengan tubuh agak menggigil menahan marah.

Siauw Liong Lie sendiri merasakan matanya berkunang-kunang karena terlalu diliputi kemarahannya.

„Jika aku tidak bisa membinasakan dirimu dan merobek mulutmu yang kotor itu, hmm, hmm, aku bersumpah tidak akan hidup lagi!”

Dan membarengi dengan perkataannya itu tampak Siauw Liong Lie telah mempergunakan tangan kirinya untuk mencengkeram pundak Tiat To Hoat-ong sedangkan tangan kanannya dipakai menggempur ke dada lawannya, dengan serangan yang sangat cepat dan mematikan.

Yo Ko yang melihat keadaan ini telah berkata: „Liong-jie kau tidak usah mengejar kemarahanmu! Tadi engkau telah beberapa kali melewatkan kesempatan baik….....!”

Mendengar teriakan Yo Ko, Siauw Liong Lie segera tersadar. Dengan mengempos semangatnya, Siauw Liong Lie telah melompat ke belakang, sejauh tiga tombak dari tempat Tiat To Hoat-ong berada. Waktu itu, Tiat To Hoat-ong telah mengeluarkan kata-kata yang mengejek lagi, tetapi Siauw Liong Lie sudah tidak mau mengacuhkan. Dengan cepat dia berhasil menindih kemarahannya dan mengembalikan ketenangan. Dalam keadaan demikian tampak Siauw Liong Lie telah bersiap-siap akan melompat menerjang ke arah Tiat To Hoat-ong lagi.

Tetapi Ciu Pek Thong yang sejak tadi tidak bisa berdiam diri, telah berulang kali berteriak: „Eh, nona manis, kau minggir, biar aku Loo-boan-thong yang menghajar si gundul itu! Yo hujin, cepat engkau mundur, tanganku sudah gatal nih!”

Siauw Liong Lie bukannya melompat mundur, bahkan dia menjejakan kakinya, tubuhnya telah mencelat dengan cepat sekali kedua tangannya bergerak menyerang pula kepada pendeta dari Mongolia itu.

Pendeta dari Mongolia ini benar benar sangat terdesak sekali, dan rupanya dia menyadari jika keadaan seperti ini berlangsung sampai duapuluh jurus lagi, kemungkinan besar dia tidak bisa mempertahan diri pula dari serangan-serangan yang dilancarkan Siauw Liong Lie.

Waktu dia berhasil mengelakan sekali lagi serangan Siauw Liong Lie, Tiat To Hoat-ong telah berseru: „Maju semuanya.....” dan kelimapuluh orang-orang yang tengah berkumpul itu serentak mencabut senjata mereka masing-masing, ada yang bersenjata golok, ada yang mencekal pedang, tongkat, Poan-koan-pit, sam-cio, dan lain-lainnya. Mereka telah meluruk akan mengeroyok Siauw Liong Lie.

Tetapi Yo Ko, It-teng Taysu, Oey Yok Su, Loo-boan-thong, Yo Him, Phang Kui In dan Siauw Goat Lan telah mencabut senjata dan menerjang maju.

Seketika terjadi pertempuran yang ramai sekali diantara orang-orang itu. Tetapi menghadapi tokoh-tokoh persilatan seperti Oey Yok Su, Loo-boan-thong Cui Pek Tong dan yang lain-iainnya mana bisa jago-jago yang memiliki nama pertengahan di dalam rimba persilatan itu menghadapi mereka? Yo Ko juga sudah bergerak gesit sekali. Dia tidak mencekal senjata, tubuhnya dengan lincah sekali telah melempar kesana kemari, setiap pukulan kepalan tangannya sampai, selalu rubuhlah seorang lawannya.

Yo Ko yang diam-diam memperhatikan puteranya itu jadi gembira, karena dia gembira melihat putra tunggalnya itu telah memiliki kepandaian yang sangat tinggi.

Waktu itu Siauw Goat Lan juga telah menyerang dengan pedangnya. Dia merupakan murid tunggal Siauw Liong Lie, selama belasan tahun memperoleh gemblengan dan didikan Siauw Liong Lie, maka pedangnya itu menyambar-nyambar dengan gesit sekali mengancam lawan-lawannya,

Oey Yok Su yang memiliki lweekang telah sempurna, setiap kali dia mengebutkan lengan bajunya, maka berjumpalitanlah seorang musuhnya. Begitu juga dengan Ciu Pek Thong yang nakal, dia telah melompat kesana kemari sambil mencabuti rambut dari lawan-lawannya, maka ramai pulalah suara jeritan-jeritan kesakitan dari rombongan kawannya Tiat To Hoat-ong yang rambutnya direnggut begitu keras oleh Ciu Pek Thong.

Dalam pertempuran yang agak kacau balau itu, Tiat To Hoat-ong melihat bahwa pihaknya tidak memperoleh angin, dan dalam waktu yang tidak lama lagi niscaya mereka akan dapat ditumpas habis oleh rombongan Oey Yok Su.

Sebagai seorang yang licik, tampak Tiat To Hoat-ong telah mengeluarkan jurus-jurus simpanannya, sehingga dia memaksa Siauw Liong Lie harus melompat mundur menjauhi diri. Mempergunakan kesempatan seperti itu! Tiat To Hoat-ong telah melompat mundur sejauh mungkin, dan dengan tidak mengeluarkan kata-kata apapun juga dia telah memutar tubuhnya, dengan gerakan yang gesit sekali dia telah berlari mempergunakan ginkangnya, meninggalkan tempat itu.

„Mau kabur kemana kau?!” bentak Siauw Liong Lie dengan suara yang berang sekali. Dia telah menjejak kakinya, tubuhnya melambung tinggi sekali dan diwaktu tubuhnya sedang melayang di tengah udara, dengan cepat Siauw Liong Lie telah menggerakkah kedua tangannya dengan jurus ‘Tiong-coa-cut-tong’ atau Ular Keluar Dari Goa, dan kedua tangannya itu telah meluncur ke jalan darah Pai-siang-hiat di punggung Tiat To Hoat-ong.

Tiat To Hoat-ong memang sudah memutuskan untuk menyelamatkan diri dari kepungan Siauw Liong Lie dan jago-jago lainnya, dia telah berlari terus, hanya jubahnya saja yang dikebutkan ke belakang, dan waktu tenaga mereka saling bentur, Tiat To Hoat-ong dengan meminjam tenaga benturan itu, tubuhnya meluncur lebih cepat lagi karena seperti didorong oleh kekuatan lweekang Siauw Liong Lie.

Siauw Liong Lie tidak mengejar terus hanya dengan kesal dia telah mengomel.

„Pendeta pengecut.....”

Saat itu Oey Yok Su dan jago-jago lainnya tengah terlibat dalam pertempuran yang kalut.

Talengki dan Turkichi juga mencoba beberapa kali untuk meloloskan diri. Yang menghadapi mereka berdua adalah Yo Him, pemuda yang gagah perkasa itu. Dia seperti seekor rajawali muda yang berkelebat kesana kemari melancarkan serangan dengan telapak tangannya. Gelaran sebagai Sin-tiauw-thian-lam memang sesuai untuk dirinya, karena di saat itu dia telah berkelebat-kelebat bagaikan seekor burung rajawali yang menerjang kesana kemari dengan gerakan yang sangat cepat disamping mengandung kekuatan lweekang yang dahsyat.

Tetapi berhubung lawan-lawannya merupakan dua orang jago yang memiliki kepandaian dan pengalaman yang cukup luas seperti Talengki dan Turkichi dengan sendirinya Yo Him tidak bisa memperoleh kemenangan dalam waktu yang singkat sekali.

Siauw Goat Lan telah menggerakkan pedangnya yang berkelebat kesana kemari ke diri empat orang lawannya yang mengurung dirinya. Tiga orang berpakaian sebagai busu, sedangkan yang seorang berpakaian sebagai Tojin, pendeta agama To yang memelihara konde.

Sebagai murid tunggal Siauw Liong Lie, memang tidak kecewa Siauw Goat Lan memperoleh didikan dari gurunya itu, karena pedangnya telah berkelebat-kelebat dengan cepat, angin serangannya berkesiur dan mendapatkah rasa jerih kepada lawannya. Siauw Goat Lan telah mengeluarkan ilmu pedang Sian-lie-kiam-hoat, dia memutar pedangnya ke kiri dan ke kanan dengan gerakan yang cepat sekali. Sehingga memaksa keempat orang lawannya sebentar sebentar harus melompat mundur untuk menyelamatkan diri mereka dari ancaman pedang si gadis kecil ini.

Sebagai murid Siauw Liong Lie nampak Siauw Goat Lan mewarisi sifat sifat gurunya yang selalu membawa sikap dingin. Sewaktu bertempur dengan lawan-lawannya ini maka Siauw Goat Lan tidak memancarkan perasaan apapun juga!

Sekejap mata saja tampak Siauw Goat Lan telah berhasil mendesak keempat orang lawannya itu dengan bertubi-tubi, bahkan dalam suatu kesempatan, di saat kedua orang lawannya tengah melompat mundur, dengan jurus ‘Pek-ho-ciong-thian’ atau Burung Bangau Putih menembus Awan, tampak pedang Siauw Goat Lan telah menyambar datang dengan gerakan yang cepat sekali menyontek ke arah kepala Tojin yang ada di sebelah kanannya.

Tojin itu terkejut, dia sampai mengeluarkan suara seruan tertahan saking kagetnya, dengan cepat dia membungkukkan tubuhnya untuk mengelakkan diri dari serangan pedang Siauw Goat Lan, tetapi gerakannya itu terlambat dan tahu-tahu ujung pedang Siauw Goat Lan telah menyontek konde rambut si Tojin, sampai rambut itu terpapas putus sebagian.

Muka Tojin itu jadi berobah pucat, dia juga telah melompat mundur setelah mengeluarkan jeritan kaget, kemudian dengan marah sekali dia melakukan tendangan berantai kepada Siauw Goat Lan.

Dengan gerakan seperti itu Tojin tersebut berhasil menyelamatkan dirinya dari ancaman maut, coba kalau dia tidak melancarkan tendangan berantai seperti itu, berarti mata pedang Siauw Goat Lan akan menyambet menembusi dadanya. Tendangan-tendangan yang datangnya begitu cepat memaksa Siauw Goat Lan harus menjauhi diri dan membatalkan serangan pedangnya kepada Tojin itu.

Di saat itu lawan-lawan yang melayani Oey Yok Su paling parah. Karena setiap kali Oey Yok Su menggerakkan tangan kanannya, segera lawannya itu terjungkel dengan tulang iga atau tulang pergelangan tangan yang pada patah. Belasan lawan yang mengurung Oey Yok Su itu berguguran rubuh seorang demi seorang, suara rintihan mereka karena terluka parah, walaupun tidak sampai mati, ramai sekali terdengar.

Yo Ko juga telah turun tangan tidak tanggung-tanggung, pedang hitamnya yang merupakan senjata mustika itu, telah bergerak-gerak menabas putus lengan atau kaki dari lawan-lawannya. Dalam waktu yang sangat singkat sekali, Yo Ko telah berhasil merubuhkan belasan orang lawannya.

Sisa lawannya yang melihat keadaan seperti ini, jadi ciut nyalinya. Mereka berusaha untuk melarikan diri. Tetapi menghadapi Yo Ko, mereka mana bisa berbuat sekehendak hati?

Walaupun Yo Ko memiliki tangan kiri saja, tetapi dia merupakan tokoh sakti yang berkepandaian telah sempurna. Dengan mengeluarkan suara bentakan perlahan, Yo Ko kembali berhasil merubuhkan dua orang lawannya. Yang lain lainnya seketika menekuk kaki mereka, tanpa malu-malu lagi mereka telah merengek meminta ampun.

„Ampunkanlah kami..…. kami memiliki anak dan istri, jika kami dibinasakan atau dicelakai, tentu anak istri kami terlantar.....!” sesambatlah mereka sambil menangis meminta ampun dari Sin-tiauw Tayhiap Yo Ko.

Yo Ko telah mendengus, katanya dengan suara yang perlahan tetapi tegas: „Kalian telah berusaha untuk menjadi pengkhianat dengan bekerja sama dengan orang-orang Mongol, seharusnya kalian dibinasakan! Tetapi kali ini mau aku mengampuni jiwa kalian tetapi jika kelak bertemu kembali denganku dan kalian masih tetap bekerja sama dengan pihak Mongol, hemm, hemmm, di saat itu aku tentu tidak akan berlaku segan-segan lagi untuk membinasakan kalian!”

Dan setelah berkata begitu Yo Ko mengebutkan tangan kirinya memerintahkan orang-orang itu berlalu.

Sedangkan sisa orang-orangnya Tiat To Hoat-ong yang lainnya telah berlutut juga kepada Oey Yok Su atau Ciu Pek Thong, mereka meminta ampun.

Karena melihat mungkin masih bisa merobah watak dan sifat mereka, dan juga memang tidak terdapat permusuhan apa-apa, tokoh-tokoh persilatan membebaskan orang-orang itu dari kematian. Phang Kui In juga telah membiarkan tiga orang lawannya yang tadi mengepungnya itu untuk berlalu.

Turkichi dan Talengki yang saat itu tengah bertempur dengan seru, waktu melihat kawan-kawannya melarikan diri, mereka juga cepat-cepat memutar tubuh dan berlari sekuat tenaga mereka seperti dikejar hantu saja!

Siauw Liong Lie telah menghela napas, sambil katanya: „Mereka merupakan manusia-manusia rendah yang tidak memiliki harga diri, seharusnya pengkhianat-pengkhianat seperti mereka dimusnahkan.....!” kata nyonya Yo tersebut.

„Biarlah!” kata Yo Ko. „Kali ini kita mengampuninya tetapi jika mereka masih tetap bekerja kepada pihak Mongol, di saat itu kita harus membinasakan mereka tanpa pandang bulu lagi..... kukira pelajaran kali ini akan menyadari mereka agar tidak menjadi penghianat! Yang penting, kita harus mengadakan pengejaran kepada Tiat To Hoat-ong. Dia bukan merupakan musuh pribadi kita, tetapi justru dia bisa mencelakai kita semuanya, dimana dia bekerja untuk tentara Mongol. Maka dari itu, jika dia tidak disingkirkan, maka rakyat Tiong-goan, bisa mengalami bencana yang tidak kecil.”

Oey Yok Su dan yang lainnya telah mengangguk membenarkan.

„Ya, orang-orang Mongolia itu yang harus kita musnahkan!” kata Oey Yok Su. „Aku tadi sesungguhnya tidak ingin membebaskan mereka…..... tetapi apa boleh buat..... aku tidak, tega untuk membasmi dan melakukan pembunuhan begitu banyak jiwa.”

„Tetapi demi keselamatan rakyat Tiong-goan dan kerajaan Song, kita harus mengejar orang-orang Mongol yang telah menyelusup ke daratan Tiong-goan ini.....!” kata Yo Ko

„Bagaimana dengan pertemuan di Hoa-san ini? Apakah akan kita langsungkan terus? Jika memang tidak kita sudah kepalang tanggung berdatangan kemari dari tempat yang cukup jauh.....”

„Pertemuan di Hoa-san akan kita langsungkan terus, nanti setelah pertemuan ini selesai kita melakukan pengejaran kepada orang-orang Mongol itu lagi.”

Yo Ko telah mengangguk-angguk dengan sikap yang sabar.

Di saat itu Siauw Liong Lie telah berkata lagi: „Jika memang kita tidak melakukan pengejaran terhadap mereka, tentu orang-orang seperti Tiat To Hoat-ong, Turkichi maupun Talengkie, akan membuat keonaran di daratan Tiong-goan. Kepandaian mereka memang tidak lemah, namun dalam keadaan seperti sekarang ini tidak dapat mereka biarkan berkeliaran di daratan Tiong-goan, karena tentu mereka akan menghubungi banyak sekali orang-orang atau penjabat penjabat kerajaan Song untuk berkhianat….....!!”

Yang lainnya mengiyakan.

„Tetapi pertemuan di Hoa-san ini kita lanjutkan saja, setelah itu barulah kita mencurahkan seluruh perhatian kita untuk melakukan pergejaran kepada mereka! Kerajaan Song tengah terancam kemusnahan, sedangkan para menteri dan Kaisar tengah hidup berfoya-foya, sehingga mereka tidak menyadari bahwa kerajaan tengah terancam bahaya. Dalam keadaan seperti ini memang harus kita menggerakkan para orang-orang gagah yang cinta tanah air untuk membendung masuknya musuh ke daratan Tiong-goan. Telah enambelas tahun sejak tentara Mongolia itu terpukul mundur dan gagalnya mereka menyerang kota Siang-yang, sekarang tentunya mereka telah memupuk kekuatan lagi, menurut berita terakhir, justru Kublai Khan jauh lebih cerdik dari Mangu, kakaknya.”

„Tetapi,” kata Oey Yok Su. „Jika dilihat secara keseluruhan, tahun ini kerajaan Song sudah sulit untuk diselamatkan..... karena orang-orang pemerintahan di kerajaan Song sudah tidak acuh terhadap ancaman itu, disamping banyak pengkhianat-pengkhianat yang bekerja untuk kerajaan Mongolia. yang akan menyambut dari sebelah dalam. Itulah penyakit yang sulit untuk diobati.....”

Yo Ko menghela napas dengan muka yang berduka, dia bilang: „Ya, jika sampai begitu, dan kerajaan Song sampai jatuh lalu tentara penjajah itu yang berkuasa di daratan Tiong-goan, aku sudah tidak berselera untuk berkecimpung dalam keduniawian lagi, lebih baik aku mencari tempat yang sunyi dan sepi melewati hari-hari tua…….”

30.59. Yo Him Menerima Berbagai Ilmu

„Cocok,” berseru Ciu Pek Thong dengan suara yang sangat nyaring. „Akupun berpikir begitu. Jika memang Kerajaan Song sampai terjatuh ke dalam tangan Mongolia, akupun akan mengasingkan diri dan tidak mau mencampuri lagi urusan-urusan duniawi, mengasingkan diri melewati hari-hari tua sampai akhir nanti aku terbang melayang menghadap Giam-lo-ong!” Berkata sampai disitu, Ciu Pek Thong telah tertawa bergelak-gelak.

Yang lainnya juga jadi tersenyum mendengar gurauan dari Ciu Pek Thong.

Saat ini Siauw Liong Lie telah melambaikan tangannya memanggil Yo Him.

Cepat cepat Yo Him menghampiri ibunya. „Dari mana engkau memperoleh kepandaian yang setinggi itu? Tadi aku menyaksikan engkau telah dapat mempergunakan sekaligus dan berbarengan antara tenaga Yang dengan tenaga Im yang berlawanan itu. Siapa orang yang telah mendidikmu?”

Yo Him segera menceritakan pengalamannya. Yang lainnya mendengar cerita Yo Him dengan tertarik sekali. Dan Kwee Siang telah menyatakan juga bahwa Yo Him memiliki kecerdikan yang luar biasa.

Semua orang mengangguk angguk mengakui bahwa Yo Him memang memiliki bakat yang luar biasa dan tulang-tulang yang baik untuk mempelajari ilmu silat dan tenaga sakti.

Julukan yang telah engkau terima yaitu „Sin-tiauw-thian-lam” (Rajawali Sakti dari Langit Selatan) dapat engkau pergunakan terus. Enambelas tahun yang lalu kota Siang-yang telah berhasil meloloskan diri dari kepungan orang-orang Mongol, dan kini, setelah enambelas tahun justru tentara Mongol itu tampaknya akan segera melancarkan serangan lagi. Kita harus menyelamatkan daratan Tiong-goan dari caplokan mereka, tetapi jika melihat keadaan pasukan tentara Song tentu kerajaan Song tidak mungkin bisa lolos dari kehancuran.....!” dan setelah berkata begitu Yo Ko menghela napas berulang kali.

Di hari itu juga mereka mengadakan perundingan ilmu silat. Perundingan ilmu silat itu memakan waktu selama enam hari. Dan Yo Him, Kwee Siang, Siauw Goat Lan, Phang Kui In, banyak sekali memetik manfaat yang mereka peroleh dengan mendengarkan perundingan ilmu silat itu. Terutama sekali Yo Him dimana dia merupakan seorang anak yang cerdas sekali, setiap jurus ilmu silat yang didengarnya dapat disimpannya dalam hatinya.

Apa lagi secara bergantian Oey Yok Su, Ciu Pek Thong, Yo Ko dan isterinya, yaitu Siauw Liong Lie, telah menurunkan ilmu andalan mereka. It-teng Taysu juga telah menurunkan dan mewariskan kepandaian istimewanya, yaitu It-yang-cie, jari tunggal yang keramat itu. Walaupun waktu berkumpul mereka sangat singkat, sehingga Yo Him hanya menerima teorinya saja, tetapi dengan memperoleh petunjuk-petunjuk seperti itu dari jago-jago yang menjadi tokoh di rimba persilatan, telah membuat Yo Him memperoleh kemajuan yang sangat pesat.

Di suatu malam kedelapannya, Ciu Pek Thong mengajak Yo Him untuk berlatih. Mereka telah pergi ke sebuah bukit kecil, terpisah dari yang lain lainnya.

„Mengapa kita harus mencari tempat terpencil seperti ini, Ciu locianpwe?” tanya Yo Him.

„Sudah kukatakan bebetapa kali, engkau jangan memanggil aku Ciu locianpwe. Apa itu locianpwean? Hemmmm, panggil saja Loo-boan-thong, seperti ibu dan ayahmu memanggilku!”

„Tetapi.....”

„Apanya yang tetapi? Lidahmu kaku tidak bisa menyebut Loo-boan-thong?”

„Locianpwe.....”

„Eh, engkau memanggil Locianpwe lagi!” kata Ciu Pek Thong, „tidak dengarkah engkau? Sudah kukatakan engkau memanggilku dengan sebutan Loo-boan-thong saja.”

„Baiklah Loo..... Loo-boan-thong,” kata Yo Him kemudian.

„Nah begitu baru menyenangkan, bukankah kita bisa bersahabat lebih intim?” kata Ciu Pek Thong sambil berkata lebar.

Yo Him juga menyenangi orang she Ciu ini yang sangat jenaka. Walaupun Ciu Pek Thong telah tua sekali dengan jenggotnya yang telah panjang memutih itu, namun Ciu Pek Thong memang jenaka dan membawa sikap yang selalu kekanak-kanakan saja.

Di saat saat seperti ini, justru dia telah memaksa Yo Him untuk memanggilnya dengan Loo-boan-thong saja dan tidak mau dipanggil dengan sebutan Locianpwe (orang yang tingkatannya lebih tinggi atau tua).

„Nah, sekarang aku mau menjelaskan kepadamu, mengapa aku mengajakmu ke tempat yang terpencil ini,” kata Ciu Pek Thong kemudian.

„Ya, justru itu yang ingin kuketahui. Loo..... Loo-boan-thong!” menyahuti Yo Him.

„Hem, mengetahui? Ingin mengetahui? Jika aku tidak menceritakannya apakah engkau bisa mengetahui?” kata Ciu Pek Thong dengan jenaka.

„Bukan mengetahui, hanya ingin mengetahui,” menjelaskan Yo Him sambil tersenyum, karena dia melihat mimik muka Ciu Pek Thong tampaknya lucu sekali.

Waktu itu tampak Ciu Pek Thong telah duduk numprah di atas tanah.

„Hayo duduk disini jika engkau ingin mendengar penjelasanku!” kata Ciu Pek Thong.

Yo Him jadi kewalahan juga menghadapi sikap yaug kekanak-kanakkan dari Ciu Pek Thong. Sambil tersenyum dia hanya menuruti saja kehendak Ciu Pek Thong, dia telah duduk, di tanah juga berhadapan dengan Ciu Pek Thong.

„Maksudku mengajakmu kemari untuk memberikan penjelasan, yaitu mengenai ilmu silat!” kata Ciu Pek Thong.

„Kalau untuk urusan itu, tentu saja aku sangat berterima kasih..... karena kepandaian Loo..... Loo-boan-thong sangat tinggi, tentu aku bisa memperoleh kepandaian yang istimewa dari kau!”

Ciu Pek Thong mengangguk.

„Ya……. kepandaian si Loo-boan-thong tidak kalah kalau dibandingkan dengan si gundul It-teng Taysu, juga ayah ibumu belum tentu dapat menundukkan kepandaian. Tetapi aneh sekali, aneh ya, aku mengapa bisa takluk dan tunduk kepada ayah dan ibumu.......!” Setelah berkata begitu, Ciu Pek Thong duduk terpekur dia memandang bengong ke arah depan tanpa berkedip matanya.

Yo Him jadi bingung juga melihat sikap Ciu Pek Thong, yang dianggapnya sulit diterka itu. Lama Ciu Pek Thong bengong begitu tanpa mengacuhkan Yo Him, sampai akhirnya Yo Him habis sabar dan menepuk paha Ciu Pek Thong sambil katanya:

„Mengapa kau diam saja Loo-boan-thong?”

„Oya! Oya! ada engkau disini! Aku lagi memikirkan mengapa aku bisa takluk kepada ayah dan ibumu, padahal kepandaianku tidak berada di sebelah bawah mereka. Nah sekarang aku ingin bertanya kepadamu, kau harus menjawabnya dengan jujur!”

„Oh, pasti! pasti aku akan menjawabnya dengan jujur. Mengapa aku harus tidak jujur sedangkan kau sendiri tampaknya terbuka sekali!”

„Begini, aku ingin mendengar jawabanmu, jika engkau melihat kepandaianku dibandingkan dengan kepandaian kedua orang tuamu siapa yang lebih tinggi?”

Yo Him jadi serba salah memperoleh pertanyaan seperti itu, dia berdiam diri seperti berpikir untuk mencari jawaban yang enak didengar oleh Ciu Pek Thong, asal tidak menyinggung perasaan orang she Ciu ini dan juga jangan sampai merendahkan derajat kedua orang tuanya.

Menurut apa yang dilihatnya, bahwa kepandaian kedua orang tuanya, Yo Ko dan Siauw Liong Lie berada di atas Ciu Pek Thong, karena kepandaian Yo Ko dan Siauw Liong Lie selain merupakan kepandaian yang murni, juga mereka telah melatih diri sampai di puncak kesempurnaannya. Sedangkan Ciu Pek Thong memiliki kepandaian yang sempurna juga, namun jika dibandingkan dengan Yo Ko dan Siauw Liong Lie, kepandaiannya hanya terpaut sedikit saja, dan yang dimenangkan oleh Ciu Pek Thong adalah latihan tenaga dalamnya yang diperoleh dari kakak sepeguruannya, yang pernah merajai persilatan, yaitu Ong Tiong Yang.

„Hayo jawab…!” kata Ciu Pek Thong waktu dia melihat Yo Him hanya berdiam diri saja. „Mengapa engkau bengong begitu saja?”

Ditegur begitu, Yo Him cepat-cepat menyahutinya:

,,Kalau menurut penglihatanku, kepandaianmu Loo-boan-thong sangat tinggi sekali, mungkin berimbang dengan kepandaian kedua orang tuaku.....!”

„Celaka! Celaka!” tiba-tiba Ciu Pek Thong telah melompat berdiri sambil berjingkrak-jingkrak tidak hentinya.

Yo Him jadi terkejut, dia telah bertanya dengan suara tertegun: „Apa yang terjadi Loo..... Loo-boan-thong?”

Ciu Pek Thong masih berseru seru, „Celaka! Celaka! Ini bisa celaka!”

„Kenapa, Loo-Boan Tong,” Yo Him telah mengulangi lagi perkataannya.

„Kau mengatakan kemungkinan kepandaianku dengan kedua orang tuamu itu berimbang. Bukan begitu?” tanya Loo-Boan Tong sambil mengawasi Yo Him.

„Benar..... tetapi mengapa justeru kau mengatakan celaka, celaka begitu…?”

„Tentu saja celaka..... coba kau bayangkan kau mengatakan ‘kemungkinan’ bahwa kepandaianku berimbang dengan kedua orang tuamu, apakah itu bukan suatu pengadu domba antar aku dengan kedua orang tuamu?”

„Heh?” Yo Him jadi terkejut.

„Benar tidak, coba kau pikirkan, dengan engkau mengatakan ‘kemungkinan’ kepandaianku berimbang dengan kedua orang tuamu itu, berarti juga engkau ingin mengadu dombakan aku dengan kedua orang tuamu. Tanpa ada kepastian, berarti aku harus piebu dengan kedua orang tuamu..... nah itu bukannya suatu anjuran agar aku piebu dengan mereka?”

Mendengar pekataan Ciu Pek Thong seperti itu telah membuat Yo Him jadi tertegun tetapi kemudian dia berkata:

„Loo-boan-thong engkau jangan salah penafsiran atas perkataanku itu..... ketahuilah, bahwa engkau memiliki kepandaian yang sangat tinggi, maka jika engkau meminta pertimbangan dariku yang tidak memiliki kepandaian yang berarti, mana bisa aku menjawabnya dengan benar? Bukan aku mengatakan kemungkinan kepandaianmu itu berimbang dengan ayah dan ibuku, atau memang engkau memiliki kepandaian yang lebih tinggi dari mereka?”

Mendengar perkataan Yo Him yang terakhir itu, Ciu Pek Thong jadi mengawasi Yo Him dengan pandangan mata tertegun.

,,A..... apa?’ katanya kemudian dengan suara tertegun.

„Mungkin juga kepandaian yang kau miliki itu jauh berada di atas kepandaian kedua orang tuaku.....!” menyahuti Yo Him.

Mendengar perkataan Yo Him yang terakhir itu telah membuat Ciu Pek Thong jadi tertawa bergelak-gelak.

Melihat sikap Ciu Pek Thong, yang bisa kaget dan kelabakan, atau sekarang bisa tertawa bergelak-gelak kesenangan, Yo Him jadi tidak mengerti sendirinya, ada seorang jago tokoh persilatan yang telah lanjut usianya bisa memiliki sifat kekanak-kanakan seperti itu.

„Nah, sekarang kita kembali ke soal yang sesungguhnya mengapa aku mengajakmu ke tempat ini! Aku ingin mengajari engkau ilmu silat simpananku, tetapi engkau harus tutup mulut tidak boleh menceritakan kepada siapapun juga! Cara untuk memperoleh kepandaian itu, engkau harus menemaniku bermain kelereng....., setiap kali engkau memperoleh kemenangan dalam permainan kelereng itu, aku akan menurunkan satu jurus kepandaian kepadamu…. begitu seterusnya!”

Yo Him tertawa mendengar syarat dari Ciu Pek Thong itu.

„Bagaimana kalau aku yang kalah dalam permainan kelereng itu?” tanya Yo Him kemudian

„Engkau harus menggendong aku sejauh satu lie, engkau jadi kuda-kudaan! Bagaimana, setujukah engkau?’ tanya Ciu Pek Thong.

„Setuju!” mengangguk Yo Him sambil tertawa, dia tertarik mendengar permainan yang agak aneh dari tokoh persilatan yang seorang ini.

Ciu Pek Thong telah merogoh sakunya, dia mengeluarkan duabelas kelereng kecil. Diberikannya kepada Yo Him enam butir, kemudian dia melemparkan lima butir kelereng ke tanah.

„Ayo, engkau juga melemparkan kelima kelereng!” Ciu Pek Thong menganjurkan,

Yo Him hanya menuruti saja.

Ciu Pek Thong telah berjongkok dan mempergunakan kelereng yang satu di tangannya itu disentilkan kepada kelima kelereng lainnya yang berada berpisah satu dengan yang lainnya.

Tetapi cara menyentil Ciu Pek Thong sangat luar biasa, karena dia menyentil satu kelereng, kemudian dari satu kelereng itu, terpental menyentuh kelereng yang lainnya, begitu seterusnya, sampai empat kali benturan. Yo Him baru sekali sentil dapat mengendalikan kelereng itu sebanyak lima kali, baru dia memperoleh kemenangan.

Yo Him tersenyum, itulah karena disertai lweekang, maka Ciu Pek Thong bisa mengendalikan kelerengnya saling bersentuhan satu dengan yang lainnya.

Yo Him telah berjongkok dan mengikuti gerakan yang tadi dilakukan oleh Ciu Pek Thong, dia telah menyentil kelerengnya itu, pada jari telunjuknya dia dikerahkan tenaga It-yang-cie jari tunggal yang sakti, yang telah diperolehnya dari It-teng Taysu.

Kelereng itu meluncur, menghantam kelereng yang ada di sebelah kanan, tetapi sentuhan itu mencong ke kiri, dan menghantam kelereng yang satunya lagi, dan sentuhan itu membuat kelereng itu menyentuh yang lainnya yang ada di dekatnya, tetapi gagal untuk menyentuh kelereng yang keempat.

Ciu Pek Thong yang sejak tadi mengawasi dengan tegak telah berlompat-lompat kegirangan, dia bersorak sorak,

„Aku menang! Aku menang! Aku yang menang dan engkau harus menjadi kudaku!!”

Yo Him tersenyum, dia diberi setengah berjongkok, katanya: „Ayo aku menjalani hukuman itu.....”

Ciu Pek Thong telah menaiki merangkul di belakang Yo Him. Yo Him juga berlari-lari sambil menggendong Ciu Pek Thong. Dia dilakukan hukuman tersebut selama dia berlari-lari satu lie jauhnya.

Setelah satu Lie, Ciu Pek Thong melompat turun sambil tertawa.

„Kau berani bertaruh lagi!” tanyanya.

„Berani!” mengangguk Yo Him.

Di saat itu Ciu Pek Thong telah berlari-lari menghampiri tempat dimana tadi dia telah meninggalkan kelerengnya. Dia telah berjongkok menyentil kelereng itu lagi, dan kembali hanya dia bisa menyentil saling bersentuhan empat kali saja.

Yo Him kemudian menyentil juga.

Dan kali ini tetap hanya tiga kali yang berhasil disentuh oleh Yo Him, kembali dia harus menjadi kudanya Ciu Pek Thong, menggendong sejauh satu lie.

Begitu diulangi terus permainan itu, sampai waktu kelima kalinya, Yo Him bisa menyentil keempat kelereng, sedangkan Ciu Pek Thong hanya bisa mengenai tiga kelereng saja.

Ciu Pek Thong telah banting-banting kakinya dengan sikap yang jengkel. „Akh, akh…!” katanya dengan suara seperti menyesal.

„Kenapa Loo-boan-thong,” tanya Yo Him sambil tersenyum.

„Aku setua bangka bisa kalah dengan seorang anak kecil seperti kau……!” kata Ciu Pek Thong kemudian.

„Kebetulan saja itu, Loo-boan-thong.....!” kata Yo Him, „Aku hanya kebetulan bisa memenangkan engkau!”

Padahal memang Yo Him telah mempergunakan It-yang-cienya berulang kali, dan semakin bisa menguasai teknik menyentilnya, yang membuat dia akhirnya lebih bisa menguasai meluncurnya kelerengnya itu.

Saat itu Ciu Pek Thong memang menepati janjinya dia telah mengajari Yo Him satu jurus ilmu silat bertangan kosong. Kemudian setelah Yo Him menguasai jurus itu, dia mengajak Yo Him bermain kelereng lagi.

Begitulah, setiap kali Yo Him kalah, tentu dia menjadi ‘kuda’ mcnggendong Ciu Pek Thong. Tetapi semakin lama semakin jarang Yo Him kalah.

Seringkali mereka sama-sama berhasil menyentil mengenai lima kelereng lainnya, sehingga mereka anggap berimbang dan mengulang-ulangi lagi permainan. Tetapi jika Yo Him semakin lama semakin menguasai cara permainan kelereng itu, sedangkan Ciu Pek Thong semakin mengendor, karena dia sering jadi sengit sendirinya jika kalah dalam permainan itu. Semakin sengit, semakin jarang Ciu Pek Thong bisa mengenai kelima kelereng lainnya itu.

Yo Him semakin lama semakin jitu centilannya, selalu berhasil menyentuh kelima kelereng itu dengan menyalurkan It-yang-cie ke telunjuk tangannya. Berulang kali dan beruntun Yo Him telah berhasil memenangkan sepuluh kali permainan kelereng itu. sehingga dia telah memperoleh belasan jurus ilmu pukulan dari Ciu Pek Thong.

Waktu itu, hari mulai mendekati sore, Yo Him mengajak Ciu Pek Thong untuk kembali dimana Yo Ko dan yang lain-lainnya berkumpul.

Keesokan paginya, Ciu Pek Thong mengajak Yo Him untuk melanjutkan permainan kelereng mereka. Hal ini disebabkan Ciu Pek Thong semakin lama semakin penasaran saja, membuatnya jadi memaksa Yo Him untuk bermain terus sampai sore hari lagi. Dan satu harian itu justru semua permainan dimenangkan oleh Yo Him, dia bisa memperoleh duapuluh empat jurus dari ilmu pukulan istimewa Ciu Pek Thong, si tua yang jenaka itu.

Hari ketiganya juga tampak Ciu Pek Thong menderita kekalahan, sehingga dia harus mengajari Yo Him ilmu pukulan sebanyak belasan jurus.

Dihari keempat akhirnya Ciu Pek Thong yang menderita kekalahan terus menerus telah ngambek tidak mau bermain kelereng lagi.

Yo Ko dan yang lainnya yang mengetahui hal itu hanya tersenyum-senyum saja, mereka memang telah mengenal adat dan watak Ciu Pek Thong, sehingga mereka tidak merasa aneh lagi.

Begitulah, pertemuan di puncak Hoa-san telah selesai, karena mereka bukan pibu seperti biasanya, hanya merundingkan ilmu silat mereka belaka dan mencari kelemahan masing-masing untuk dapat mengurangi kelemahan-kelemahan tersebut. Dengan adanya perundingan ilmu silat seperti itu diantara tokoh-tokoh persilatan tersebut, mereka jadi semakin sempurna kepandaiannya.

Yo Ko telah mengatakan maksud hatinya guna melakukan pengejaran kepada Tiat To Hoat-ong.

Yang lainnya juga menyetujuinya. Tetapi mereka beranggapan jika mereka melakukan perjalanan dengan rombongan, tentu akan mendatangkan kecurigaan di pihak kerajaan Song, kemungkinan pula bisa terjadi salah pengertian.

Dan juga tentu orang-orang Mongolia yang telah menyelusup ke daratan Tiong-goan akan bersiap sedia jika melihat rombongan para tokoh-tokoh persilatan itu. Maka mereka memutuskan untuk melakukan perjalanan dengan memencar ke berbagai daerah untuk menyelesaikan tugas mereka, guna mencari dan mengejar orang-orang Mongolia yang telah sempat menyelusup ke daerah Tiong-goan. Mereka hanya menjanjikan, dibulan keempat dan tanggal limabelas, mereka akan berkumpul di Siang-yang.

Yo Ko juga menjuruh Phang Kui In, untuk menghubungi pihak Pek-liong-kauw, guna meminta mereka untuk membantu, serta mengumpulkan orang-orang yang cinta pada tanah air untuk bergabung dengan mereka.

Y

Yo Him, Yo Ko dan Siauw Liong Lie melakukan perjalanan bertiga, mereka telah melakukan perjalanan ke utara. Sedangkan Siauw Goat Lan, murid Siauw Liong Lie, melakukan perjalanan bersama It-teng Taysu, karena It-teng Taysu melihat bahwa Siauw Goat Lan memiliki bakat yang baik untuk diwarisi kepandaiannya maka dia telah meminta ijin kepada Siauw Liong Lie guna mengajak Siauw Goat Lan dalam perjalanan, untuk dididik ilmu dan kepandaiannya.

Tentu saja Siauw Liong Lie girang sekali, dia segera mengijinkan, Siauw Goat Lan sendiri tidak hentinya menyampaikan terima kasihnya kepada pendeta yang baik hati dari negeri Tayli ini.

Waktu itu, Phang Kui In telah melakukan perjalanan ke Timur, untuk menghubungi orang-orang Pek-liong-kauw, guna bergabung dan mengadakan pembelaan tanan air terhadap ancaman orang-orang Mongolia.

Oey Yok Su sendiri menyatakan bahwa dia bermaksud untuk pelesir saja, tidak mau mencampuri urusan tersebut.

„Aku sudah tua, dan aku hanya ingin nikmati hari tuaku di pulau Tho-hoa-to.”

Kwee Siang diminta oleh Yo Ko untuk pergi menghubungi Kwee Ceng dan Oey Yong, ayah dan ibunya itu untuk memberi tahukan situasi yang terakhir itu dan meminta mereka untuk berkumpul di Siang-yang.

Begitulah para pendekar itu telah berpencar untuk menyelesaikan tugas mereka masing-masing.

Sepanjang perjalanan, Yo Him banyak sekali menerima petunjuk dari kedua orang tuanya. Dengan sendirinya pula, kepandaian Yo Him telah maju pesat dibandingkan beberapa saat yang lalu. Ada suatu keluarbiasaan Yo Him, karena dia memiliki kecerdikan yang bukan main, melebihi dari kecerdikan anak-anak yang lainnya, dan juga dia memiliki kelainan dalam latihan tenaga Im dan Yang yang telah bisa dicampur adukannya berkat petunjuk Kwee Siang.

Sekarang dengan menerima petunjuk Yo Ko dan Siauw Liong Lie secara langsung, kedua tokoh sakti dari rimba persilatan itu, membuat Yo Him tertempa menjadi jago yang memiliki kepandaian jarang tandingannya. Kepandaiannya juga bermacam-ragam, jurus-jurus yang diperolehnya dari Ciu Pek Thong, It-teng Taysu, Yo Ko dan ibunya, yaitu Siauw Liong Lie dikumpulkan menjadi satu.

Kepandaian yang beraneka macam itu meyebabkan Yo Him menjadi pendekar yang memiliki kesaktian melebihi dari yang lainnja. Hanya ada satu kekurangannya, yaitu Yo Him masih kurang pengalaman, dan juga kurang latihan. Jika di saat mendatang Yo Him bisa memiliki waktu untuk melatih diri, mungkin dia dapat melebihi kepandaian dari tokoh-tokoh persilatan yang lainnya.

Yo Ko dan Siauw Liong Lie girang luar biasa melihat perkembangan dan kemajuan Yo Him yang memperoleh kemajuan sangat pesat sekali. Maka dari itu, Siauw Liong Lie jadi semakin bersemangat menuruni seluruh kepandaiannya kepada putra tunggalnya itu.

Setelah melakukan perjalanan selama satu bulan Yo Ko bertiga tiba di kota Bun-siu-kwan.

Mereka singgah di rumah makan yang berada di tengah-tengah kota dan merupakan rumah makan yang teramai dan paling mewah. Mereka memilih kursi yang masih kosong dan memesan makanan untuk mereka. Tetapi di saat itu justru Yo Him melihat seseorang yang sedang tergesa-gesa untuk meninggalkan ruangan makan itu.

„Thia (ayah),” kata Yo Him perlahan kepada Yo Ko yang duduk disampingnya. „Lihatlah, bukankah itu Turkichi.....?”

Yo Ko dan Siauw Liong Lie telah menoleh, mereka mengenali orang yang tengah bergesa-gesa meninggalkan ruangan makan itu memang Turkichi.

Rupanya, Turkichi tadi melihat Yo Ko bertiga memasuki rumah makan tersebut, dimana dia sedang bersantap. Maka dia cepat-cepat menundukkan kepala dalam-dalam agar Yo Ko bertiga tidak melihatnya. Dan begitu Yo Ko duduk mengambil tempat masing-masing, dia meninggalkan ruang makan itu dengan tergesa-gesa dan menundukkan kepalanya dalam-dalam.

Tetapi sayang sekali, Yo Him mengambil sebatang sumpit lalu dilontarkan ke arah Turkichi. Timpukan itu meluncur sangat cepat sekali, membawa angin serangan yang sangat kuat.

Turkichi mendengar suara menyambarnya sumpit itu, dia mandek dan mengangkat jari tangannya, menyentil sumpit itu. Sehingga dia jadi terlambat keluar dari ruangan rumah makan itu, karena dia telah tertunda langkahnya dan tahu tahu Yo Ko dan Siauw Liong Lie telah melompat menghadang dihadapannya.

„Kebetulan sekali kau ada disini, hmmm, engkau harus memberikan keterangan selengkap-lengkapnya apa yang akan dilakukan oleh tentara Mongolia.....!” kata Yo Ko sambil menguIurkan tangannya bermaksud akan mencengkeram pergelangan tangan Turkichi.,

Turkichi mengelakkan diri dengan cepat ke samping kanan, dia telah mengeluarkan seruan perlahan karena terkejut. Belum lagi dia bisa berdiri tetap justru tangan kanan Siauw Liong Lie telah meluncur akan menotok jalan darah Pai-cing-hiatnya di tulang iga kedelapan.

Turkichi mengelakan diri lagi dengan cepat dan berusaha menerjang untuk keluar.

Namun, kaki kanan Yo Ko telah melayang menendang punggung Turkichi yang mengenai tepat sekali, sehingga tubuh Turkichi terhuyung terjerunuk ke depan.

Namun Turkichi bukan seorang yang memiliki kepandaian rendah, walaupun dia tidak bisa menandingi Yo Ko atau Siauw Liong Lie namun dia tetap merupakan jago Mongolia yaig memiliki kepandaian cukup tinggi.

Belum lagi dia terjerunuk mencium bumi justru kedua tangannya telah diulurkan menyentuh tanah, dan tubuhnya berjumpalitan ke tengah udara, kemudian meluncur turun di luar ruang rumah makan itu.

Yo Ko dan Siauw Liong Lie mengejarnya, tetapi tangan kanan Turkichi telah bergerak menimpukkan sesuatu tampak meluncur beberapa titik sinar terang menyambar ke arah Yo Ko dan Siauw Liong Lie, karena Tuikichi telah menimpukkan paku-paku beracun.

Yo Ko mandek dan mengelakan diri dari sambaran paku-paku beracun itu, sedangkan Siauw Liong Lie menggerakkan tangan kanannya untuk merabuh paku-paku beracun itu, sehingga dia terhindar dari samberan paku itu.

Namun dengan adanya timpukan paku-paku beracun itu, telah membuat Turkichi sempat kabur agak jauh.

Yo Him yang semula tidak ikut menyerang Turkichi. waktu melihat orang tersebut bisa meloloskan diri, cepat seperti seekor elang tubuh Yo Him telah melompat keluar ruang rumah makan itu. Sambil tubuhnya masih melayang di tengah udara, tangan kanannya bergerak dengan jurus ‘Ju-coan-swie-jiu’ atau Pukulan Menembus Air, menghantam punggung Turkichi.

Turkichi mendengar samberan angin serangan yang deras dan kuat, dia bermaksud mengelakan diri. Tetapi terlambat, serangan Yo Him lebih dulu tiba di punggungnya,

„Bukkkkk,” tubuh Turkichi telah terhantam cepat sekali, dia sampai rubuh begulingan di tanah beberapa tombak jauhnya. Dengan menahan sakit Turkichi telah berusaha untuk merangkak bangun.

Namun waktu itu Yo Him yang tengah meluncur turun telah menendangkan kedua kakinya dengan jurus ‘Lian-hoan-tui’ atau Tendangan Berantai, menghantam punggung Turkichi sampai dia terguling beberapa tombak.

Waktu Yo Him ingin menerjang maju lagi, di saat itu Turkichi telah berguling di tanah sambil menimpukkan paku-paku beracunnya. Yo Him tidak bisa menerjang terus, dia harus mengelakkan diri dulu dari timpukan paku-paku beracun itu.

Dengan mempergunakan kesempatan itu, Turkichi telah melompat berdiri dan melarikan diri.

Yo Ko, Siauw Liong Lie dan Yo Him mengejar terus.

Turkichi yang mengetahui dirinya dikejar oleh lawan-lawannya telah mengerahkan seluruh ginkangnya untuk berlari sekeras mungkin. Turkichi memang ahli ginkang nomor satu di Mongolia, maka dia bisa berlari dengan cepat melebihi kecepatan angin.

Namun justru kali ini yang mengejarnya juga adalah tokoh-tokoh persilatan sakti seperti Siauw Liong Lie dan Yo Ko, maka dia tidak bisa menghindarkan diri dari pengejaran itu. Walaupun Yo Him masih berusia muda, tetapi diapun memiliki kepandaian yang jangat tinggi berkat ajaran dari beberapa tokoh persilatan yang sakti-sakti.

Sin-tiauw-thian-lam Yo Him merupakan jago muda yang memiliki kepandaian sangat tinggi sekali dan bermacam ragam, memaksa Turkichi tidak bisa menghindarkan diri dari kejaran lawan-lawannya itu.

Di antara orang-orang yang banyak di jalan raya itu, semua hanya memandang terheran-heran atas pengejaran yang terjadi itu, tampak Turkichi telah menuju ke pintu kota sebelah barat.

Tetapi Yo Ko bertiga tetap tidak mau melepaskan dan mengejar terus. Siauw Liong Lie yang ingat bahwa Turkichi merupakan salah seorang yang enambelas tahun lalu telah mendesaknya sampai harus terjun ke jurang di lembah Kun-lun-san dan menyebabkan dia terpisah dengan Yo Him, darahnya meluap lagi. Dengan mengerahkan ginkangnya dia berlari secepat angin, dan waktu tiba di pintu kota sebelah barat, Siauw Liong Lie mengejar berada paling dekat dengan Turkichi, hanya terpisah belasan tombak lagi.

Turkichi mengetahui itu jadi panik, dia mengempos semangatnya dan melarikan diri terus.

Setelah kejar mengejar itu berada di luar kota yang sepi, mereka tampak seperti juga terbang, hanya berkelebat-kelebat dalam bentuk bayangan saja.

Yo Him melihat ginkang ayah dan ibunya sempurna sekali. Dia tidak bisa belari bersamaan dengan Yo Ko dan Siauw Liong Lie, selalu tertinggal di belakang kedua orang tuanya. Sesungguhnya Yo Him telah memiliki bahan yang baik sekali, dia juga memiliki bermacam-macam ilmu kepandaian, hanya yang kurang padanya adalah latihan dan pengalaman.

Setelah mengejar ratusan tombak lagi Siauw Liong Lie bisa memperpendek jarak dia dengan Turkichi, hanya terpisah beberapa tombak saja.

Turkichi melontarkan sesuatu ke belakangnya, menyerang dengan paku beracunnya.

Siauw Liong Lie menjejakkan kakinya, tubuhnya telah melompat dengan ringan dan paku-paku beracun itu telah lewat di bawah kakinya.

Tetapi karena demikian, jaraknya dengar Turkichi terpisah agak jauh lagi.

Tentu saja hal ini membuat Siauw Liong Lie kian penasaran. Dia berlari sambil membungkukkan tubuhnya, dari meraup batu-batu kerikil kecil. Kemudian dengan mengeluarkan suara bentakan yang sangat keras sekali, dia telah menggerakkan tangannya melontarkan batu-batu kerikil itu, sehingga memaksa Turkichi harus mengelakkan sambaran batu-batu kerikil kecil itu, disamping itu juga batu-batu tersebut mengincar beberapa jalan darah yang mematikan.

30.60. Ciu Tie Tam-tai, Jagoan Mongolia

Waktu itulah Siauw Liong Lie telah tiba tangan kanan nyonya Yo ini telah diulurkan untuk mencengkeram pergelangan tangan Turkichi, menyusul lagi kakinya juga telah bergerak dengan cepat melakukan tendangan yang bisa menghancurkan tulang di dada Turkichi. Serangan yang dilakukan Siuw Liong Lie bukan sekedar serangan pancingan atau gertakan, dalam keadaan penasaran dan marah Siauw Liong Lie telah menyerang dengan jurus yang bisa mematikan lawannya.

Turkichi ciut nyalinya, karena dia kini bukan hanya sekedar menghadapi Siauw Liong Lie disamping nyonya itu masih ada Yo Ko dan Yo Him yang kepandaiannya juga sangat tinggi sekali. Setelah berhasil mengelakkan diri dengan membuang dirinya bergulingan di atas tanah, Turkichi berusaha melompat bangun untuk melarikan diri.

Tetapi Siauw Liong Lie telah melancarkan serangan yang beruntun beberapa kali, sehingga mendatangkan angin yang menderu-deru. Turkichi terpaksa melawan nyonya yang tengah diliputi kemarahan ini. Serangan-serangan Siauw Liong Lie telah menghambat Turkichi melarikan diri, dan waktu itu Yo Ko dan Yo Him telah tiba juga.

Tanpa mengucapkan apa-apa Yo Ko telah melompat maju tangan tunggalnya itu telah diulurkan dan „Wuttttt!” dia berhasi1 mencekal tangan Turkichi, dan sekali dia menggentak, maka dia telah membuat Turkichi jadi jumpalitan bergulingan di tanah.

Yo Ko, Siauw Liong Lie dan Yo Him berhenti menyerang, mereka telah memandang Turkichi dengan sikap mengancam.

„Engkau harus memberikan keterangan selengkapnya kepada kami, berapa banyak orang-orang Mongolia yang telah menyelusup masuk ke dalam daratan Tiong-goan…..?” kata Yo Ko dengan suara yang dingin.

Sedangkan Siauw Liong Lie hanya mendengus bebetapa kali, dia telah berkata kemudian dengan suara yang perlahan: „Enambelas tahun yang lalu disebabkan engkau sebagai salah satu penyebabnya telah membuat kami ibu dan anak harus berpisah..... maka sekarang jika engkau tidak mau bicara dengan segera dan mempersulit kami, hemmm, hemmm, hemmm, aku tidak akan segan-segan untuk membinasakanmu! Katakan, di mana berkumpulnya Tiat To Hoat-ong dan yang lainnya?”

„Tiat To Hoat-ong…. Tiat To Hoat-ong.....” suara Turkichi tergagap.

„Jangan engkau mempersulit dirimu sendiri, kami bisa saja memaksa engkau bicara dengan berbagai jalan! Jika engkau tidak mau mengatakannya, kami bisa memaksanya dengan cara kami!” ancaman Yo Ko waklu melihat Turkichi ragu-ragu. „Dan engkau jangan sekali-kali bermaksud untuk berdusta!”

Muka Turkichi menjadi pucat dan dia tampaknya kebingungan. Untuk menghadapi Siauw Liong Lie, Yo Ko dan Yo Him jelas dia tidak akan sanggup, dan dia tengah terkepung seperti ini tentu saja membuat dia jadi bingung. Meloloskan diri tidak bisa dan sekarang dia dipaksa untuk bicara mengenai keadaan kawan-kawannya, memang dia tengah terdesak sekali.

Di saat itu Yo Him telah ikut berkata: „Jika dia tidak mau bicara Thia (ayah), sudah patahkan saja tangannya biar aku yang melakukannya......!” dan sambil berkata begitu, Yo Him melangkah maju untuk menghampiri Turkichi.

Turkichi jadi semakin pucat. Dia tahu, apa yang dikatakan oleh Yo Him bukan gertak sambel belaka, tetapi memang merupakan kenyataan yang bisa saja dilakukan oleh Yo Him mengingat usia pemuda ini yang masih muda dan memiliki tekanan darah panas.

Tetapi Yo Ko telah mengulurkan tangannya, dia mencekal pergelangan tangan Yo Him, sambil katanya: „Biar lihat dulu dia mau bicara atau tidak.....!”

Turkichi benar-benar telah terjepit, dan dia tidak tahu apa yang harus dilakukannya.

„Cepat beritahukan, dimana berkumpulnya kawan-kawanmu, termasuk Tiat To Hoat-ong!” bentak Siauw Liong Lie

„Kami berpisah beberapa hari yang lalu.....” menyahuti Turkichi kemudian. „Dan kami telah mengambil arah yang berlawanan, maka kami tidak mengetahuinya..... dimana Tiat To Hoat-ong berada kini. Dia berangkat menuju ke Mongolia untuk memberi laporan kepada Khan kami!”

Mendengar perkataan Turkichi itu, Yo Ko tertawa dingin.

„Kau kira kami ini bocah-bocah ingusan yang mudah kau akali begitu saja?” tanya Yo Ko dengan suara yang dingin dan mukanya memperlihatkan kemarahan. „Jika engkau masih mau main-main dengan dustamu itu, hemmm, aku tidak akan segan-segan turunkan tangan jahat kepadamu!”

Turkichi ragu-ragu lagi, dia coba membela diri sambil katanya, „Aku..... aku telah bicara dari hal yang sebenarnya!”

„Aku akan menghitungnya sampai tiga!” kata Yo Ko. „Jika engkau masih tidak mau bicara, jangan persalahkan jika kami membawa cara kami sendiri untuk memaksa engkau bicara!”

„Hemmm, sekarang memang kalian berada di atas angin. Aku telah bicara dari hal yang sebenarnya, tetapi kalian menganggap aku berdusta. Dalam hal ini aku memang tidak berdaya, terserah kepada kalian saja!” tantang Turkichi akhirnya dengan nekad.

Yo Ko tertawa dingin.

„Hemmm, aku mau lihat engkau mau bicara atau tidak sekarang ini!” dan Yo Ko bukan hanya sekedar berkata saja, dia telah mengulurkan tangan kanannya, tahu-tahu dia telah menotok jalan darah Ju-siang-hiat di belikat bahu Turkichi.

Bcgitu tertotok jalan darahnya, segera Turkichi meraung kesakitan, karena dia merasakan seluruh tubuhnya seperti juga digerayangi semut. Dengan cepat Turkichi menjerit,

„Bebaskan aku dari totokanmu..... bebaskan aku..... aku akan bicara..... aku akan bicara.....”

„Bicara, nanti aku membebaskan…..!” kata Yo Ko dengan nada yang dingin. „Beritahukan kepada kami, dimana sekarang beradanya Tiat To Hoat-ong dan kawan-kawanmu yang lainnya?!”

,,Yang..... aku ketahui mereka akan menyambut pasukan Khan di kota Siang-yang!” menyahuti Turkichi. „Aduhhh..... aduhhh..... bebaskan totokanmu itu..... bukankah aku telah bicara.” Dan sambil berkata begitu, Turkichi telah bergulingan di atas tanah, karena dia merasakan betapa sekujur tubuhnya sakit-sakit. Dia meraung-raung dengan suara yang menyayatkan.

„Bunuh saja aku..... bunuh saja aku, jangan menyiksa aku dengan cara seperti ini..... bunuh saja aku!” teriak Turkichi dengan suara yang sangat menyayatkan, rupanya perasaan sakit yang dideritanya itu sudah tidak sanggup untuk diatasi dan ditahannya.

Tetapi Yo Ko telah berkata lagi: „Kau bicara dulu, baru aku akan membebaskan engkau! Bicara dulu seluruhnya keterangan yang kami butuhkan!”

„Ya, ya aku akan bicara..... aku….. aku akan bicara, aduhh, aduh.....!” berseru seru Turkichi sambil bergulingan.

Melihat itu Siauw Liong Lie telah berkata pada Yo Ko, suaranya perlahan: „Ko-jie bebaskan dulu dia, biarlah dia bicara dulu, kalau memang dia hendak mempermainkan kita dengan keterangan palsunya, maka di saat itu barulah kita menyiksa dia dengan berbagai cara dan membinasakannya!”

Yo Ko mengangguk, dia mengambil sebutir batu kerikil dan melontarnya mengenai tepat sekali jalan darah Su-sie-hiat, sehingga totokan Yo Ko tadi telah terbuka dan terbebaslah Turkichi dan pengaruh totokan yang begitu menyakitkan.

„Sekarang bicaralah, ingat sekali saja engkau berpikir untuk main gila mendustai kami hemmm, hemmm, di saat itu aku tidak akan tanggung-tanggung lagi turun tangan!”

Turkichi menarik napas dalam-dalam, tampaknya dia baru bisa bernapas lega, tidak merasakan sakit seperti pada waktu beberapa saat yang lalu.

„Keterangan apa yang kalian hendak tanyakan!” tanya Turkichi kemudian dengan muka yang pucat.

„Jelaskan seluruh rencana dari Khan Mongolia itu, apa yang akan dilakukannya dan apa yang sedang dikerjakannya sekarang ini!”

Turkichi ragu-ragu, dia bimbang sekali.

„Cepat katakan, sekali saja aku menggerakkan tanganku, maka engkau akan tersiksa lagi seperti tadi, bahkan lebih hebat!” bentak Yo Ko.

„Khan…… Khan kami bermaksud menyerang kerajaan Song ini…..... di akhir tahun ini,” kata Turkichi kemudian.

„Dan, berapa besar kekuatan yang akan dikerahkan?” tanya Yo Ko lagi.

„Ha! ini aku tidak mengetahuinya..... karena aku hanya diberi tugas untuk mencari kontak saja dengan jago-jago daratan Tiong-goan agar kami bisa bekerja sama dan menyambut kedatangan Khan!”

„Berapa banyak jago-jago yang telah sempat kau hubungi dan bersedia untuk berkhianat dan juga siapa-siapa saja nama mereka?”

Ditanya begitu, Turkichi benar-benar ragu-ragu, dia sampai berdiam diri sekian lama.

„Engkau ingin keras kepala seperti tadi?” bentak Yo Ko.

Ditanya begitu, muka Turkichi jadi tambah pucat, dengan sikap masih ragu-ragu dia telah berkata,

„Mereka itu..... mereka itu……”

Tetapi baru saja Turkichi berkata sampai disitu, terdengar suara tertawa bergelak-gelak yang panjang sekali.

Yo Ko mengerutkan alisnya, nada suara tertawa itu mengandung nada kesesatan.

Dan muka Turkichi seketika bersinar, tampaknya dia girang mendengar suara ketawa itu, yang mungkin dikenalnya sebagai suara kawan-kawannya.

Yo Ko, Siauw Liong Lie dan Yo Him telah melihat perobahan wajah Turkichi, maka Yo Ko telah mendengus dingin: „Siapa kawanmu itu? Jika dia datang, jangan harap engkau bisa tertolong, karena isteriku akan melayaninya, sedangkan aku tetap akan menyiksamu!”

„Tidak semudah itu! Tidak semudah itu!” terdengar suara orang berkata dengan nada yang angkuh sekali.

Yo Ko bertiga terkejut juga, karena suara itu terdengar dan jarak yang cukup jauh, namun bisa terdengar jelas oleh mereka, maka hal itu telah membuktikan bahwa orang yang bicara itu adalah seorang yang telah memiliki lweekang sempurna.

Yo Ko mengempos semangatnya, kemudian dia berkata dengan suara yang disertai lweekangnya: „Siapa orang yang hanya berani memperdengarkan suara tetapi menyembunyikan ekor? Keluarlah mari kita bicara!”

„Ha, ha, ha, aku bukan menyembunyikan ekor, jika aku keluar memperlihatkan diri, tentu kalian akan terkejut dan mati karena kaget!” terdengar suara jawaban dari arah yang jauh sekali, tetapi setiap patah kata terdengar sangat jelas sekali.

Dan berbareng dengan habisnya suara itu tampak dari kejauhan sesosok tubuh yang tengah berlari-lari dengan gerakan yang gesit sekali. Dan dalam sekejap mata, sosok tubuh itu, yang berukuran tinggi besar, telah berada dihadapan Yo Ko bertiga.

Dialah seorang asing, jika dilihat wajah tentunya orang Mongolia dengan hidungnya yang mancung, muka yang kasar dan juga tubuhnya yang tinggi besar itu, memperlihatkan tenaga dan semangatnya sangat kuat. Namun yang mengherankan, biasanya jika seorang ahli gwakang (ahli luar) memang memiliki ukuran tubuh yang besar dan berotot kuat. Namun orang ini justeru bentuk tubuhnya seperti seorang ahli gwakang sedangkan sesungguhnya dia seorang ahli lweeke, ahli tenaga dalam, tenaga lunak.

Yo Ko tidak mengenal siapa orang ini, hanya melihat orang tersebut telah berdiri di hadapan mereka, dengan suara yang dingin Yo Ko telah bertanya: „Siapa namamu, mengapa engkau berkeliaran di daratan Tiong-goan tentu engkaupun orangnya Khan kalian, bukan?”

Ditegur begitu, orang yang bertubuh tinggi besar itu tertawa bergelak-gelak, tampaknya dia memandang rendah dan meremehkan Yo Ko bertiga, yang seperti tidak dipandang sebelah mata.

„Tepat! Sungguh tepat perkataanmu! Memang aku orang kepercayaan dari Khan yang agung, Khan kami yang memiliki kekuasaan yang sangat besar.....! Aku Ciu Tie Tam-tai dan memang aku ingin berkeliaran di daratan Tiong-goan! Katakan, jika aku ingin berkeliaran begitu, apa yang hendak kalian lakukan?”

Yo Ko jadi mendongkol melibat sikap orang yang ugal-ugalan „Apakah engkau kira semudah itu untuk berkeliaran di daratan Tiong-goan dengan maksud menimbulkan kekacauan dan huru-hara?”

„Eh, engkau terlalu banyak bicara saja, buntung,” kata orang itu sambil mengebutkan lengan jubahnya.

Dan lengan jubahnya itu meluncur angin yang sangat kuat, membuat Yo Ko jadi terkejut. Yo Ko menancapkan kedua kakinya dengan kuda-kuda seribu kati, untuk berdiam diri terus di tempatnya, tetapi kibasan dari orang itu telah membuat tubuh Yo Ko terhuyung sedikit ke belakang.

Hal itu bukan mengejutkan Yo Ko saja bahkan Siauw Liong Lie dan Yo Him juga jadi terkejut. Mereka mengetahui bahwa Yo Ko merupakan tokoh sakti yang sulit dicari tandingannya lagi dimana-mana. Tetapi orang Mongolia itu, yang mengaku bernama Ciu Tie Tam-tai, dengan hanya mengebut perlahan saja telah bisa menggugurkan kuda-kuda kaki Yo Ko, sudah merupakan kejadian yang langka dan jarang terjadi.

Yo Ko sendiri telah berobah mukanya, dia berkata dengan dingin: „Hebat! Rupanya engkau memang memiliki sedikit kepandaian, sehingga berani membrutal di daratan Tiong-goan!” Dan setelah berkata begitu, tampak Yo Ko telah menggerakkan lengan tunggalnya, dia mengebut sama seperti halnya orang itu, dimana Ciu Tie Tam-tai merasakan gelombang angin mendorong dia sangat kuat.

Tetapi orang Monggol ini telah tertawa bergelak-gelak, dia merangkapkan kedua tangannya, dan tubuhnya tidak bergeming sedikitpun juga, dia malah menerima serangan Yo Ko dengan kekerasan.

Tubuh Yo Ko kembali tergoncang, walau pun tidak sampai mundur seperti tadi.

Hal itu lelah membuktikan bahwa kekuatan lweekang orang Mongolia itu tidak berada di bawah Yo Ko, kemungkinan berada di atasnya.

Siauw Liong Lie cepat-cepat, bersiap sedia untuk membantu suaminya jika Yo Ko terdesak oleh Ciu Tie Tam-tai.

Tetapi Yo Ko setelah tubuhnya terguncang, mengeluarkan suara tertawa, tahu-tahu tubuhnya bergerak cepat sekali, dia telah melompat sambil mengayunkan tangan kirinya itu melancarkan serangan dengan jurus Naga keluar dari liang, untuk menghajar bahu Ciu Tie Tam-tai.

Tetapi Ciu Tie Tam-tai tidak bergeser sedikitpun dari tempat berdirinya. Melihat datangnya serangan Yo Ko, justru dia berdiri tegak, dan dia menyambuti serangan itu dengan mengangkat tangan kirinya menangkis dengan kekerasan.

„Bukkk.....!” kali ini bukan Yo Ko yang terhuyung, tetapi justru Ciu Tie Tam-tai yang telah tergoncang dari tempat berdirinya dan mundur tiga langkah. Belum dia sempat untuk berdiri tetap, Yo Ko telah menerjang lagi dengan dua jurus serangan yaitu Naga merebut mutiara, dibarengi dengan jurus Naga Mengibas ekor. Tangan kirinya menyambar akan mencengkeram dada lawan, sedangkan tangan kanannya yang buntung, hanya mempergunakan lengan bajunya saja untuk mengebut ke atas kepada Ciu Tie Tam-tai.

Kebutan lengan baju tangan kanan Yo Ko yang kosong itu bukan gerakan yang sembarangan karena pada kain lengan baju itu telah diselubungi oleh kekuatan lweekang yang hebat sekali, sehingga lengan baju itu telah berubah keras seperti baja. Maka jika lengan baju kanan Yo Ko berhasil mengenai kepala Ciu Tie Tam-tai jangan harap dia bisa selamat, batu saja akan hancur bila terserang lengan baju kanan dari Yo Ko.

Ciu Tie Tam-tai juga tampaknya terkejut menyaksikan serangan Yo Ko itu. Tadi ia menduga Yo Ko tentu berada di sebelah bawah kepandaiannya. Dia merupakan guru dari Kim Lun Hoat-ong dan Tiat To Hoat-ong, yang semula sudah tidak mau mencampuri urusan duniawi lagi, dimana dia hidup menyendiri di sebuah daerah yang sepi sekali di tanah Mongolia dan disebut sebagai ‘Manusia Sakti Tanpa Ujud’, karena kepandaiannya yang telah mencapai tarap yang sangat tinggi sekali.

Bisa dibayangkan, jika Kim Lun Hoat-ong (yang telah binasa di dalam Sin-tiauw-hiap-lu) dan Tiat To Hoat-ong sudah begitu tinggi dan sulit untuk dihadapi, apalagi guru dari kedua pendeta itu.

Manusia sakti tanpa ujud Ciu Tie Tam-tai itu memang memiliki adat yang aneh. Kedua muridnya itu menjadi pendeta, tetapi dia sendiri tidak terikat oleh segala sesuatu apapun juga, dimana yang dia senangi pasti akan dikeluarkannya. Tetapi karena dia memang sudah tidak pernah muncul di dalam pergaulan masyarakat ramai, dengan sedirinya namanya akhirnya dilupakan orang.

Hanya setelah Kim Lun Hoat-ong binasa dan Tiat To Hoat-ong telah mengirim berita itu kepada Kubilai Khan, Khan yang baru ini telah mengutus orang mengundang Manusia sakti Tanpa Ujud ini untuk datang menghadap ke istana, dan memberitahukan kematian Kim Lun Hoat-ong sambil memberikan kata-kata yang ‘membakar’ yang membuat Manusia Sakti Tanpa Ujud Ciu Tie Tam-tai diliputi kemarahan dan meminta kepada Khan yang agung itu agar memberikan perintah kepadanya untuk mengacak-acak daratan Tiong-goan.

Kubilai Khan memang jauh lebih cerdik dari Mangu (kaisar Mongolia yang mati tertimpuk batu oleh Yo Ko), dan dia telah memberi printah dan kekuasaan kepada Ciu Tie Tam-tai, dimana Ciu Tie Tam-tai diberikan kekuasaan untuk mengatur seluruh orang-orang Mongolia yang berada di daratan Tiong-goan yang berhasil menyusup, agar dihimpun dan dipimpinnya.

Dengan kekuasaan besar tiada taranya itu Ciu Tie Tam-tai jadi terbangun semangatnya dia jadi ingin melihatnya berapa banyak jago-jago yang ada di daratan Tiong-goan. Berangkatlah dia ke daratan Tiong-goan, dan bertemu dengan Tiat To Hoat-ong, yang kebetulan waktu itu tengah melarikan diri dari Hoa-san.

Mendengar keterangan dari Tiat To Hoat-ong, yang juga menambah-nambahkan bumbu pada ceritanya, telah membuat sang guru semakin bergelora semangatnya untuk bertemu dengan jago-jago daratan Tiong-goan. Kebetulan hari ini justru dia melihat Turkichi salah seorang anak buahnya tengah disiksa oleh Yo Ko dan dia sudah bisa menerkanya orang yang lengan tangan kanannya buntung itu tentunya Sin-tiauw Tayhiap Yo Ko yang sangat terkenal itu.

Sekarang dia telah merasakan hebatnya tenaga dalam Yo Ko, diam-diam dia jadi terkejut, tetapi dia tidak mau memperlihatkan suara tertawa dingin, katanya tawar:

„Bagus! Bagus! Rupanya engkau memang memiliki kepandaian yang lumayan dan layak menjadi lawanku!” dan setelah berkata begitu, dengan cepat Ciu Tie Tam-tai mengeluarkan suara erangan perlahan, dan kemudian dia mengeluarkan tangan kananrya, dari mana telah meluncur angin serangan yang kuat sekali, dibarengi dengan itu tangan kirinya juga telah bergerak akan mencengkeram batok kepala Yo Ko.

Dua serangan yang berlainan arah itu tetapi datangnya serentak cukup mengejutkan Yo Ko. Dengan gesit Yo Ko mengelakkan diri dari terjangan itu, dengan gerakan Naga mengibas Ekor, tampak tangan kirinya telah menyampok ke arah kepala Ciu Tie Tam-tai lagi.

Terpaksa Ciu Tie Tam-tai melompat mundur untuk mengelakkan diri dan batalkan kedua serangannya.

Ciu Tie Tam-tai jadi semakin penasaran, dia mengeluarkan suara erangan lagi, dan melancarkan serangan yang lebih kuat dari tadi, bahkan dengan gerakan seperti jurus di daratan Tiong-goan yang biasanya dinamakan Memandang Rembulan Dari Loteng, dengan kecepatan yang sulit diikuti oleh pandangan mata, tampak Ciu Tie Tam-tai telah melancarkan serangan-serangan yang memiliki kekuatan bisa menghancurkan besi atau batu gunung.

Tetapi Yo Ko mana mau membiarkan dirinya diserang terus-terusan. Cepat-cepat dia menggeser kaki kirinya, ditekuk sedikit dan dia mempergunakan gerakan Naga Melingkari Tiang, dimana dia telah membebaskan diri dari serangan lawannya dan juga balas menyerang jurus jurus Naga Melompat Diawan, disusul dengan jurus-jurus Naga Mengeluarkan Lidah, kedua jurus itu telah meluncur dahsyat sekali menghantam lawannya.

Ciu Tie Tam-tai memang yakin bahwa dirinya seorang sakti yang sudah tidak ada tandingannya, maka walaupun dia melihat serangan Yo Ko hebat sekali, dia tidak berusaha berkelit, hanya dia menyambut dengan kekekerasan. Waktu tangan Yo Ko yang kiri membentur tangan lawannya, Ciu Tie Tam-tai jadi terkejut sekali, dia sampai mengeluarkan suara seruan tertahan karena heran.

Tangan atau serangan Yo Ko lunak tidak mengandung kekuatan apapun juga, sehingga waktu tangan Ciu Tie Tam-tai beradu dengan tangan Yo Ko, dia seperti menggempur tumpukan kapas, lenyaplah kekuatan tenaga serangannya. Dan diwaktu dia tengah terheran-heran tahu-tahu bergelombang keluar dari telapak tangan kiri Yo Ko kekuatan angin yang benar-benar dahsyat menerjang kepada Ciu Tie Tam-tai.

Memang kedua orang yang kali ini saling mengadu kepandaian dan kekuatan, merupakan dua orang tokoh persilatan yang masing-masing merupakan jago tersakti dari dua negeri. Jika yang seorang merupakan super sakti dari daratan Tiong-goan, sedangkan yang seorangnya lagi merupakan jago sakti tidak terkalahkan dari Mongolia. Maka pertempuran mereka berdua kali ini seperti juga sepasang naga yang saling menerjang memperebutkan mustika. Mereka bertempur dengan gerakan-gerakan yang semakin lama semakin cepat.

Yo Him sendiri yang menyaksikan pertempuran itu sampai berkunang-kunang matanya, karena dia melihat ayahnya dan Ciu Tie Tam-tai bertempur bergerak-gerak dengan cepat sekali, tubuh mereka seperti juga dua sosok tubuh yang merupakan gumpalan warna baju saja.

Saat itu, tiba-tiba Siauw Liong Lie telah membentak: „Mau lari kemana kau?” dan tubuh Siauw Liong Lie telah melompat cepat sekali, dengan gerakan Walet Menerjang Air dia telah meluncur menghantam punggung Turkichi.

Rupanya, di saat semua orang tengah tercurah perhatiannya pada pertempuran yang terjadi antara Yo Ko dengan Ciu Tie Tam-tai, kesempatan itu dipergunakan oleh Turkichi sebaik-baiknya. Mula-mula dia menggeser kedudukan kakinya, setelah dua tombak lebih, dia membalikkan tubuhnya untuk melarikan diri dari tempat tersebut.

Tetapi sayangnya, biarpun Siauw Liong Lie tengah memperhatikan suaminya yang bertempur dahsyat dengan Ciu Tie Tam-tai, tokh pendekar wanita ini tetap memasang mata kepada Turkichi.

Turkichi merasakan dari arah belakangnya telah menyambar kuat sekali angin serangan maka dia memutar tubuhnya untuk menangkis karena kalau dia meneruskan larinya, niscaya dia akan terhajar punggungnya oleh serangan yang kuat dari Siauw Liong Lie.

Siauw Liong Lie te!ah mempergunakan jurus Walet Menerjang Air, dan pukulan yang dipergunakan itu mengandung kekuatan lweekang yang akan mematikan jika mengenai sasarannya.

Diantara berkesiuran angin serangan itu, nampak tangan Turkichi telah menangkis serangan Siauw Liong Lie. Karena Turkichi menangkisnya dengan tergesa-gesa, maka ia tidak menggunakan seluruh tenaga lweekangnya. Begitu tangannya saling bentur, tubuh Turkichi terpental dua tombak lebih dan bergulingan di atas tanah.

Siauw Liong Lie melompat dan meluncur lagi dan melancarkan serangan kepada Turkichi. Tetapi tiba-tiba dari arah samping meluncur sebutir batu yang akan menghantam pinggang pendekar wanita itu. Batu kerikil itu meluncur bukan dengan tenaga yang ringan, karena batu itu telah menimbulkan suara yang berkesiuran keras sekali. Siauw Liong Lie kaget dan cepat cepat membatalkan maksudnya untuk melancarkan gempuran kepada Turkichi, dia telah memutar tanganya dan menyambut batu itu dengan kedua jari tangannya.

Kemudian dari arah samping dari mana tadi datangnya batu itu, tampak melompati keluar sesosok tubuh, seorang pendeta Mongolia.

„Kau?” kata Siauw Liong Lie dengan kemarahan yang seketika meluap. „Kebetulan sekali, justru kami memang tengah mencari-cari kau!”

Pendeta yang baru datang itu telah mengeluarkan suara tertawa bergelak-gelak dia tak lain dari Tiat To Hoat-ong.

„Guru, mereka inilah yang telah membinasakan Kim Lun dan juga telah merubuhkan aku. Mereka juga yang mengatakan bahwa Manusia Sakti Tanpa Ujud Ciu Tie Tam-tai merupakan manusia tahu yang tidak punya guna!” ternyata Tiat To Hoat-ong yang cerdik itu telah mempergunakan kesempatan ini untuk membakar gurunya.

Ciu Tie Tam-tai mengeluarkan suara gerengan keras. Dia makin marah sekali kepada Yo Ko serangannya jadi jauh lebih kuat lagi.

Yo Ko agak kewalahan menerima serangan-serangan yang dilakukan oleh lawannya yang tangguh ini. Kepandaiannya memang mungkin berimbang tetapi ada suatu yang dimenangkan di atas kepandaian Yo Ko, yaitu Ciu Tie Tam-tai memiliki latihan lweekang yang kuat dan sempurna dicampur dengan tenaga yoga, sehingga kekuatannya menjadi lebih hebat.

Diserang bertubi-tubi dengan disertai tenaga lweekang yang jauh lebih kuat dari semula, Yo Ko jadi sibuk juga. Berulang kali dia harus mengelakkan diri dan memperhatikan cara lawannya itu melancarkan serangan, karena Yo Ko ingin mencari kelemahan lawannya.

Siauw Liong sendiri tidak mau memberi kesempatan kepada Tiat To Hoat-ong. Waktu pendeta itu tengah berkata-kata kepada gurunya, justru Siauw Liong Lie telah menyerang pendeta itu dengan mempergunakan jurus Awan Menutup matahari, tangan kanannya meluncur dengan setengah ditekuk, dia telah meluncurkan tangan kirinya untuk mencengkeram perut lawannya.

Tiat To Hoat Hong tidak jeri, dia malah mengeluarkan suara tertawa mengejek. Melihat datangnya serangan tangan kanan Siauw Liong Lie yang setengah tertekuk begitu, dia telah mendekkan diri dan perutnya dikempiskan, sehingga jarak antara tangan Siauw Liong Lie dengan perutnya jadi terpisah, sedangkan tangan kiri pendeta itu telah bergerak, melancarkan serangan yang memiliki kekuatan tidak kalah dibandingkan dengan serangan Siauw Liong Lie.

Siauw Liong Lie penasaran sekali melihat lawannya, berhasil mengelakkan diri dari serangannya itu, dia mengeluarkan suara bentakan dan tangan kirinya telah mengulangi serangannya.

Kali ini Tiat To Hoat-ong tidak bisa mengelakkan diri, sehingga dia harus menangkis dengan tangan kanannya, kedua tenaga saling bentur dengan kuat sekali menimbulkan suara menggelegar keras dan menulikan pendengaran, karena selain Siauw Liong Lie mempergunakan kekuatan tenaga yang sangat hebat, juga Tiat To Hoat-ong dalam menangkisnya telah mempergunakan lweekangnya sebanyak sembilan bagian.

Turkichi yang melihat munculnya Tiat To Hoat-ong, jadi girang. Jika tadi dia ingin melarikan diri, karena dia belum begitu yakin bahwa Ciu Tie Tam-tai akan memperoleh kemenangan melawan Yo Ko. Tetapi sekarang di saat Siauw Liong Lie tengah dilibat oleh Tiat To Hoat-ong, Turkichi jadi besar hatinya. Dia tidak bermaksud untuk melarikan diri lagi, melainkan dia telah berdiri menyaksikan jalannya pertempuran diantara dua pasang jago-jago yang memiliki kepandaian sempurna itu.

Yo Him juga telah melihat, betapa kedua pasang orang yang tengah bertempur itu merupakan pertempuran dari tokoh-tokoh kelas tinggi yang sulit dicari bandingannya. Tangannya jadi gatal juga, dia melirik ke arah Turkichi kemudian dengan cepat dia melompat mendekati Turkichi sambil katanya,

„Mari, kita juga main!”

Dan Yo Him bukan hanya sekedar berkata saja, karena dia telah menyerang dengan jurus Naga keluar dari liang, disusul lagi dengan gerakan Naga merangsang maju memasuki liang, dia telah melancarkan serangan saling susul dengan dahsyat sekali, karena memang Yo Him memiliki keistimewaan dimana dia bisa menggabungkan tenaga Yang dan Im (panas dan dingin) menjadi satu, dia hanya kurang latihan, tetapi kekuatan lweekangnya telah mencapai taraf yang cukup tinggi.

Tuikichi melihat usia Yo Him yang masih muda, dia tidak memandang sebelah mata. Dia menduga, anak semuda ini mana bisa memiliki kepandaian yang tinggi? Maka waktu melihat datangnya dua jurus serangan yang saling susul oleh Yo Him, Turkichi telah mengerahkan kekuatan lweekangnya dan menangkisnya.

„Bukkkkkk!” memang Turkichi berhasil menangkisnya, tetapi tubuhnya segera terlempar melayang di tengah udara dan terbanting di tanah terus pingsan tidak sadarkah diri dengan mulut dan hidung mengeluarkan darah segar!

<> 

Tiat To Hoat-ong yang melihat apa yang dialami oleh Turkichi jadi terkejut, ia mengeluarkan suara meraung dan mempergunakan kedua telapak tangannya untuk menghantam kepada Siauw Liong Lie. Gerakan yang dilakukannya itu merupakan serangan yang bisa mematikan, karena pendeta tersebut telah mempergunakan sembilan bagian dari kekuatan tenaga lweekang yang dimilikinya. Dan membarengi waktu Siauw Liong Lie berkelit dari samberan tangannya, tampak pendeta Mongolia tersebut telah menggerakkan tangan kanannya, dimana tahu-tahu dia telah mencabut goloknya yang berwarna hitam itu, secercah sinar hitam berkelebat menyambar ke arah batang leher Siauw Liong Lie.

Bacokan yang dilakukan oleh Tiat To Hoat-ong dengan golok pusakanya tersebut merupakan bacokan yang memiliki gerakan aneh sekali, karena goloknya itu berkelebat-kelebat ke sana kemari dengan sasaran yang sulit diduga.

Walaupun tampaknya mata golok pusaka tersebut menyambar ke arah leher Siauw Liong Lie, namun ia sebenarnya hendak menebas batang leher Siauw Liong Lie, karena waktu terpisah empat dim dari sasarannya Tiat To Hoat-ong telah menggetarkan tangan kanannya itu golok hitam tersebut bagaikan kilat cepatnya tahu-tahu telah membacok menurun, mulai dari dada ke arah paha.

31.61. Pertarungan Naga-naga Sakti

Siauw Liong Lie jadi terkejut, karena semula ia menduga bacokan itu hanya menuju ke batang lehernya dan ia bermaksud berkelit sambil membalas melontarkan pukulan telapak tangannya. Tetapi melihat perobahan pada cara membacok pendeta Mongolia tersebut, membuat Siauw Liong Lie dalam waktu hanya beberapa detik tersebut harus merobah gerakannya. Dengan menjejakan kedua kakinya, tubuhnya melambung ke tengah udara dengan ringan, dan ia mempergunakan kedua telapak tangannya untuk menghantam kepala Tiat To Hoat-ong. Karena lawan yang tengah dihadapi tersebut merupakan tokoh Mongolia yang memiliki kekosenan, dengan sendirinya Siauw Liong Lie dalam memukul tersebut berlaku tidak sungkan-sungkan lagi.

Tiat To Hoat-ong melihat bacokannya yang aneh itu gagal, cepat-cepat hendak menarik pulang goloknya, tetapi baru saja dia memiringkan tubuhnya menghindar dari pukulan telapak tangan Siauw Liong Lie dan hendak menarik pulang goloknya, diwaktu itulah tangan kiri Siauw Liong Lie menyambar menurun, tahu-tahu telah menjepit tepian punggung golok dari Tiat To Hoat-ong.

Jepitan jari tangan Siauw Liong Lie pada golok Tiat To Hoat-ong tersebut bukan sekedar jepitan biasa, karena melebihi kekuatan jepit besi.

Tiat To Hoat-ong juga merasakan goloknya itu tidak bisa digerakan, walaupun ia telah menarik pulang dengan mengerahkan tenaga lweekangnya.

Kedua orang ini jadi saling tarik. Siauw Liong Lie menjepit golok lawannya dengan mempergunakan tenaga sinkangnya, sehingga, golok itu tidak bisa bergeming. Sedangkan Tiat To Hoat-ong bermaksud hendak menarik pulang goloknya melepaskan jepitan jari tangan Siauw Liong Lie. Dengan demikian, kedua tokoh persilatan yang masing-masing memiliki kepandaian dan sinkang yang tinggi tersebut, telah saling memusatkan dan mempergunakan tenaga lweekang mereka guna saling menarik, agar dapat menguasai lawannya.

Siauw Liong Lie mendengus dingin tahu tahu nyonya Yo Ko tersebut telah menjejakkan kakinya pula, tubuhnya melompat ringan sekali ke tengah udara dengan jari tangan menjepit golok lawannya. Dan tangan kirinya digerakan menghantam ke batok kepala Tiat To Hoat-ong.

Itulah hantaman yang hebat sekali. Goloknya tengah dijepit oleh jari tangan Siauw Liong Lie, sehingga Tiat To Hoat-ong tidak bisa berkelit dengan leluasa, apa lagi pukulan telapak tangan kiri Siauw Liong Lie menyambar begitu kuat dan juga sangat cepat.

Tetapi sebagai seorang ahli silat, yang memiliki kepandaian sangat tinggi, dengan sendirinya Tiat To Hoat-ong tidak mau menyerah begitu saja. Ia pun tidak mau melepaskan golok hitamnya tersebut dia memusatkan kekuatan tenaga yoganya pada batok kepalanya untuk membuat kepalanya itu keras melebihi besi, kemudian dengan mengeluarkan suara erangan keras, tanpa menantikan datangnya serangan yang dilakukan Siauw Liong Lie, ia telah menundukan kepalanya dan menyundul ke arah perut dari Yo Hujin tersebut.

Apa yang dilakukan oleh Tiat To Hoat-ong tersebut merupakan perbuatan yang nekad, karena ia seperti juga ingin binasa bersama. Dengan demikian, terlihat, ia sama sekali tidak memperhatikan pukulan telapak tangan kiri Siauw Liong Lie yang bisa mematikannya, yang terpenting baginya iapun bisa menyeruduk perut dari nyonya Yo tersebut, agar dapat merusak isi perut nyonya tersebut.

Siauw Liong Lie terperanjat, karena ia menyadari tidak ada keuntungan buatnya jika mereka terbinasa bersama. Tanpa menanti serudukan Tiat To Hoat-ong tiba, nyonya Yo tersebut telah melepaskan jepitan jari tangannya pada golok lawannya, dan membatalkan pukulan telapak tangan kirinya, tubuhnya terjumpalitan ke belakang, berpok-say sampai tiga tombak jauhnya.

Tiat To Hoat-ong juga telah menghentikan serudukan kepalanya waktu melihat Siauw Liong Lie melepaskan jepitan jari tangan pada goloknya itu dan membatalkan pukulan telapak tangan kirinya. Namun disebabkan tadi Tiat To Hoat-ong telah menyeruduk dengan kekuatan yang penuh, tubuhnya terhuyung juga, tidak bisa ia berdiri tetap dan menghentikan serudukannya itu tiba-tiba begitu.

Siauw Liong Lie tidak mau membuang-buang waktu lagi, ketika melihat Tiat To Hoat-ong belum bisa berdiri tetap, ia telah menjejakan kakinya, di saat kakinya itu meluncur turun akan menginjak tanah, ia menotol dengan keras, tubuhnya melambung lagi ke tengah udara, meluncur ke belakang Tiat To Hoat-ong. Berbareng dengan gerakannya itu, ia menghantam lagi dengan kuat ke arah punggung Tiat To Hoat-ong.

Pendeta Mongolia itu waktu merasakan sambaran angin yang berkesiuran keras sekali di belakang punggungnya, memaksa ia harus mengelakkan diri lagi, waktu itu kuda-kuda kedua kakinya belum bisa diperbaiki dan tubuhnya tengah terhuyung, maka jalan satu-satunya menyelamatkan dirinya adalah melompat maju ke depan hampir satu tombak, sambil berbuat begitu dia memutar tubuhnya dan mempergunakan goloknya menabas ke belakang, maka selarik cahaya hitam telah meluncur ke arah perut Siauw Liong Lie.

Hal itu memaksa Siauw Liong Lie batal meneruskan pukulannya.

Mempergunakan kesempatan yang hanya beberapa detik itu tampak Tiat To Hoat-ong telah cepat-cepat memperbaiki kedudukan kuda-kuda kedua kakinya, ia telah mengerahkan lweekangnya pada kedua kakinya, memutar tubuhnya menghadapi Siauw Liong Lie lagi dengan golok hitam tercekal di tangan kanannya siap untuk melakukan bacokan dan tabasan pula.

Diam-diam Tiat To Hoat-ong berpikir keras, karena ia melibat bahwa kepandaian yang dimiliki Siauw Liong Lie telah mengalami banyak kemajuan, dimana kini tenaga sin-kangnya seperti lebih kuat dibandingkan dulu dengan demikian telah membuat Tiat To Hoat-ong tidak bisa meremehkannya dan dia harus berlaku waspada sekali. Kalau sekali saja terkena gempuran telapak tangan Siauw Liong Lie tentu ia bisa cidera berat ataupun terbinasa. Petempurannya dengan Siauw Liong Lie bukanlah pertempuran main-main, karena ia memang seperti tengah mempertaruhkan jiwanya.

Siauw Liong Lie sendiri melihat Tiat To Hoat-ong juga telah memperoleh kemajuan yang banyak sekali dimana selain ilmu goloknya yang memang memiliki gerakan yang aneh, pun kekuatan lweekang yang dimiliki pendeta Mongolia tersebut terlebih lagi dicampur dengan ilmu yoganya membuat Tiat To Hoat-ong merupakan lawan yang tangguh sekali. Dengan demikian Siauw Liong Lie harus berpikir keras mencari jalan dan cara untuk merubuhkan pendeta tersebut.

Setelah menarik napas dalam-dalam, dan memusatkan kekuatan tenaga dalamnya pada kedua telapak tangannya Siauw Liong Lie menjejakkan kakinya dan berturut-turut melontarkan pukulan yang mengandung kekuatan yang bisa mematikan.

Begitulah, kedua orang tersebut terlibat kembali dalam pertempuran yang semakin lama semakin seru.

Walaupun Tiat To Hoat-ong mempergunakan senjata tajam pusakanya, yaitu golok hitam itu, dan Siauw Liong Lie hanya bertangan kosong, namun keduanya seperti juga seekor naga dan seekor singa betina yang tengah bertarung dengan hebat sekali. Keduanya tidak mengenal mundur, malah telah mengeluarkan seluruh kepandaian yang mereka miliki.

Yo Ko yang telah bertarung dengan Ciu Tie Tam-tai juga berlangsung dengan seru. Karena keduanya tengah saling memusatkan kesaktian dan kekuatan mereka, guna saling tindih.

Sebagai seorang pendekar silat yang diakui oleh jago-jago Tiong-goan, sebagai jago nomor wahid Yo Ko memang memiliki kepandaian yang sempurna sekali. Hanya ia memperoleh kesulitan, yaitu Ciu Tie Tam-tai sering mempergunakan ilmu Yoganya, sehingga tubuhnya itu jadi kecil seperti belut, dan setiap kali pukulan dari Yo Ko mengenai tubuh dari Ciu Tie Tam-tai tersebut, selalu melejit tidak berhasil menghantam dengan tepat. Dengan demikian berulang kali Yo Ko gagal dengan serangannya.

Kepandaian silat dari Ciu Tie Tam-tai juga luar biasa tingginya, boleh dibilang tidak berada di sebelah bawah dari kepandaian silat yang dimiliki Yo Ko. Maka dari itu, mereka telah terlibat dalam pertarungan yang kian lama kian menentukan mati hidupnya mereka. Keduanya semakin lama telah mempergunakan sinkang mereka semakin kuat, malah Yo Ko sendiri telah mempergunakan sinkangnya delapan bagian.

Seumur hidupnya, jarang sekali Yo Ko mempergunakan sinkangnya sampai begitu besar, karena jika ia tidak sedang berhadapan dengan lawan yang benar-benar tangguh seperti Ciu Tie Tam-tai tentu ia tidak mau mempergunakan sinkang begitu besar.

Perlu diketahui, bahwa seseorang ahli silat yang telah sempurna tenaga sinkangnya, jika ia mempergunakan sinkangnya berlebihan dan mengeluarkannya terlampau banyak, mengempos dengan diiringi oleh napsu yang berkobar di hatinya, akan merusak dirinya, dan juga akhirnya ia akan kehabisan tenaga. Jika pertempuran itu bisa dimenangkan olehnya, tokh akhirnya ia akan kehabisan tenaga dalamnya, dan berarti ia membutuhkan tiga tahun untuk memulihkan semangat murninya tersebut. Dengan demikian jarang sekali ada seorang pendekar persilatan yang mempergunakan seluruh dari sinkangnya. Dan Yo Ko mempergunakan sampai delapan bagian sinkang yang dimilikinya itu karena ia dalam keadaan terpaksa, dimana lawannya memang benar-benar tangguh sekali.

Yo Him yang menyaksikan pertandingan itu dari luar gelanggang, melihat betapa butir-butir keringat memenuhi wajah dan tubuh ayahnya tersebut. Dan juga Ciu Tie Tam-tai telah basah oleh keringat yang membanjir keluar membasahi tubuhnya.

Diam-diam Yo Him jadi menguatirkan keselamatan ayahnya, karena ia melihat bahwa kepandaian yang dimiliki Ciu Tie Tam-tai memang merupakan kepandaian yang telah sempurna dan tidak berada di sebelah bawah dari kepandaian Yo Ko. Dengan demikian, pertempuran yang tengah berlangsung antara Yo Ko dengan Ciu Tie Tam-tai merupakan pertempuran untuk menentukan mati hidup mereka.

Sedangkan pertempuran antara Siauw Liong Lie dengan Tiat To Hoat-ong juga merupakan pertempuran yang mendebarkan hati Yo Him. Untuk maju membantui kedua orang tuanya itu jelas Yo Him belum memiliki kemampuan untuk melakukan hal itu. Dengan demikian, ia hanya bisa menyaksikan saja dengan hati berkuatir dan mata yang terpentang lebar-lebar.

Semakin lama Yo Ko menggerakkan tangan tunggalnya itu semakin perlahan. Sekali-kali lengan baju kanannya yang kosong itu juga berkibaran dengan kuat sekali, memancarkan sinkangnya yang benar-benar tangguh, terkadang lengan baju tangan kanannya yang kosong itu sebentar lemas dan tidak lama kemudian berubah keras, sering mengancam akan melibat pergelangan tangan dari lawannya.

Aneh pula cara bertempur dari Ciu Tie Tam-tai, karena ia berulang kali belakangan ini mempergunakan cara yang benar-benar mengherankan, yaitu kedua tangannya ditekuk ke dalam, kesepuluh jari tangannya dipentang seperti juga sikap seekor kera, kedua kakinya juga sering ditekuk, sehingga ia berjongkok rendah sekali, dan ia memiringkan tubuhnya ke kiri dan ke kanan berulang kali.

Tetapi hebat adalah angin sinkang pukulan yang dilakukan oleh Ciu Tie Tam-tai, karena berkesiuran dengan kuat sekali menerjang bagian-bagian yang mematikan di tubuh Yo Ko. Tidak jarang pula Ciu Tie Tam-tai melompat berjungkir balik dengan tangan kirinya ia menahan tubuhnya, dengan kepala di bawah dan kedua kaki menjulang ke atas langit, dan tangan kanannya telah digerakan meluncur berulang kali menghantam bagian penjagaan di bawah tubuh Yo Ko.

Cara Yoga yang dipergunakan oleh Ciu Tie Tam-tai, yang dicampur dengan ilmu silat yang tinggi sekali, merupakan cara yang benar-benar sangat tangguh. Membuat Yo Ko berulang kali terdesak mundur dengan cara berkelahi orang tersebut.

Sesungguhnya Yo Ko hendak menghadapi cara bertempur lawannya itu dengan mempergunakan ilmu Ha-mo-kang, yaitu ilmu Kodok, yang telah diperoleh dari Auwyang Hong, namun kenyataannya Yo Ko masih belum melakukannya, karena ia ingin melihat dulu kelemahan dari lawannya yang belum berhasil ditemukannya, sehingga ia menunda niatnya tersebut. Dia terus juga melayani dengan tangan tunggalnya sambil berurang kali mengelakkan diri. Dan selama itu ia pun memperhatikan benar-benar cara bertempur dari Ciu Tie Tam-tai, untuk mencari kelemahan lawannya tersebut.

Tetapi desakan yang dilancarkan oleh Ciu Tie Tam-tai datang bertubi-tubi dan cara bertempurnya juga semakin aneh sekali. Sehingga suatu kali, Yo Ko terpaksa melompat melambung ke tengah udara berjumpalitan mengelakan diri dari terjangan kekuatan tenaga lweekang yang melancarkan pada pukulan kedua telapak tangan Ciu Tie Tam-tai, yang menerjang seperti seekor harimau garang dan ganas sekali.

Sambil berjumpalitan di tengah udara, Yo Ko telah menyambut dengan lengan baju bagian yang kosong, ia menghantam ke arah kepala dari Ciu Tie Tam-tai, dimana lengan bajunya tersebut berobah keras seperti baja, menimbulkan angin yang berkesiuran kuat sekali. Jika saja lengan baju tersebut berhasil menghantam tepat kepala dari Ciu Tie Tam-tai, niscaya kepala lawannya itu akan terpukul pecah, karena jangankan kepala manusia, sedangkan batu gunung yang besar sekalipun, jika terkena hantaman lengan baju yang telah disaluri oleh kekuatan sinkang yang memang sangat dahsyat tersebut, tentu akan hancur menjadi tepung!

Ciu Tie Tam-tai yang waktu itu sesungguhnya hendak membarengi melontarkan serangan pula, jadi terkejut melihat ancaman yang tengah menuju ke arah dirinya itu. Beberapa kali ia telah mengeluarkan suara seruan sambil berkelit, namun lengan baju Yo Ko seperti juga memiliki mata, kemana saja Ciu Tie Tam-tai mengelak, maka lengan baju itu telah menyambar dengan cepat dan kuat sekali.

Ciu Tie Tam-tai akhirnya tidak bisa mengelit lebih jauh lagi, waktu lengan baju itu menyambar terus dengan cepat ke batok kepalanya, sedangkan tangan kiri Yo Ko juga telah menghantam dengan kuat sekali ke dadanya, maka terpaksa Ciu Tie Tam-tai telah mengeluarkan suara raungan yang keras sekali, dan balas menyerang. Ia bukan menangkis dengan mempergunakan kekerasan, karena justru dengan menghantam begitu ia memaksa Yo Ko untuk menarik pulang serangannya, karena jika tidak mereka tentu akan terbinasa bersama, dimana memang mereka berdua memiliki kekuatan sinkang yang berimbang dan ilmu yang sama tingginya.

Tetapi Yo Ko sebagai jago silat yang memang telah sempurna sekali ilmunya dan memiliki banyak pengalaman, tidak mau begitu saja mundur, melihat kenekadan lawannya. Tiba-tiba tubuhnya telah terjungkir balik, dengan tangan kirinya ia telah menghantam ke arah dada lawannya, tubuhnya meluncur terus turun, tahu-tahu kepalanya membentur tanah, dan tubuh Sin-tiauw Tayhiap tersebut telah berputar dengan cepat sekali seperti gangsing.

Dan dengan berputar begitu, lengan bajunya yang kanan, yang kosong itu, telah berputar seperti titiran, dan membentuk sebuah lingkaran yang cukup luas, dimana ruang lingkup untuk menyingkirkan diri dari Ciu Tie Tam-tai jadi sempit sekali, kemana saja ia berkelit maka kesitu pula lengan baju Yo Ko menyambar dengan kuat dan bisa mematikan.

Bukan main mendongkol dan murkanya Ciu Tie Tam-tai, sampai tubuhnya gemetaran dan ia berulang kali mengeluarkan suara seruan yang nyaring sekali. Dengan nekad ia juga telah memutar kedua tangannya seperti juga tangannya itu telah berobah menjadi puluhan pasang tangan. yang melindungi sekujur tubuhnya. Gerakan yang dilakukannya itu merupakan jurus membela diri, yaitu melindungi tubuhnya dengan sinkangnya sehingga terjangan tenaga gempuran yang dilancarkan oleh Yo Ko terbentur dan tidak bisa menerobos pertahanan dari Ciu Tie Tam-tai.

Jurus demi jurus telah lewat lagi cepat sekali, dimana kedua tokoh persilatan yang masing-masing memiliki kepandaian sangat tinggi itu, akhirnya terlibat dalam suatu pertempuran yang menentukan sekali, karena dilihat dari cara bertempur mereka, jelas salah seorang diantara mereka akan jatuh sebagai korban.

Yo Him yang menyaksikan jalannya pertempuran antara Yo Ko dengan Ciu Tie Tam-tai, dan juga Siauw Liong Lie dengan Tiat To Hoat-ong tersebut, semakin lama jadi semakin kuatir, karena ia melihatnya jika saja kedua orang tuanya itu berlaku lambat atau lengah sedikit saja, tentu akan celaka di tangan lawan-lawan mereka.

Siauw Liong Lie sendiri mulai tidak sabar, karena beberapa kali ia telah mulai menyerang dengan ilmu-ilmu simpanannya. Setiap serangan dari kepalan maupun telapak tangannya, semua itu mengandung tenaga maut yang bisa mematikan. Dengan demikian membuat Tiat To Hoat-ong semakin lama semakin sibuk untuk menghadapinya, dimana tampak ia semakin terdesak. Telah belasan jurus lagi yang dilewati mereka, dan masing-masing telah mempergunakan lweekang mereka pada tingkat yang tertinggi.

Bertempur dengan mempergunakan sinkang sesungguhnya merupakan pertempuran yang bisa membawa celaka untuk orang yang bersangkutan. Karena cara bertempur dari para ahli silat yang telah mahir lweekangnya, tentu sekali hantam bisa membinasakan lawannya hanya mengandalkan angin serangan. Berbeda dengan mempergunakan senjata tajam, mungkin hanya terluka. Tetapi justru dengan lweekang, sekali lambat mengelakkan diri, berarti akan merusak bagian dalam tubuh. Lawan dari orang yang bertempur dengan mempergunakan lweekang pun harus dapat mengendalikan diri dalam hal menggerakkan lweekang membendung desakan dari tenaga menyerang lawan, karena jika tidak, ia bisa dirusak oleh kekuatan lweekang sendiri, dimana akan bisa membuatnya lumpuh saja kalau lweekang itu seperti senjata makan majikan.

Hal itu juga seperti diketahui dengan baik oleh Siauw Liong Lie maupun Tiat To Hoat-ong. Maka walaupun Siauw Liong Lie telah mendesaknya begitu kuat dengan lweekang dan juga ilmu simpanannya, Tiat To Hoat-ong hanya membatasi diri dengan berkelit dan membendung tenaga serangan lawannya. Sejauh itu ia belum sedia untuk menghadapi dengan keras dilawan keras, karena ia kuatir kalau-kalau begitu ia mempergunakan lweekangnya, tenaga dalamnya itu belum bisa memadai kekuatan lawannya. Itulah sebabnya, selama itu ia hanya memperhatikan cara Siauw Liong Lie melancarkan gempuran-gempuran kepadanya. Setelah lewat lagi sepuluh jurus, barulah Tiat To Hoat-ong mengeluarkan suara bentakan keras sambil mempergunakan kedua tangannya yang dirangkapkan dan telah mendorong kuat sekali.

Siauw Liong Lie merasakan angin gempuran yang menyambar kuat sekali kepadanya, tenaga serangannya pada saat itu seperti tertolak balik kepadanya, dan juga dadanya dirasakan seperti tertekan oleh suatu kekuatan yang membuat napasnya menjadi sesak. Segera ia mengebutkan tangan kanannya, berusaha untuk membuyarkan tenaga menekan dari lawannya.

Tiat To Hoat-ong tidak membuang-buang waktu lagi, ia mengeluarkan suara bentakan beberapa kali dibarengi dengan kedua tangannya menghantam berulang kali, seperti juga angin serangannya itu telah berkesiuran dengan hebat menerjang Siauw Liong Lie.

Tubuh Siauw Liong Lie terhuyung sampai satu tombak lebih, ia merasakan betapa kuda-kuda kedua kakinya seperti tergempur. Dan bersamaan dengan itu, sudah tidak ada jalan lain untuk Siauw Liong Lie menyingkirkan diri, ia mengeluarkan suara teriakan nyaring dan menghantam dengan kedua tangannya. Tanpa saling sentuh tangan mereka masing-masing, kedua kekuatan Siauw Liong Lie dan Tiat To Hoat-ong telah saling bentur dengan keras sekali, menggelegar seperti juga memekakkan anak telinga yang bagaikan mendengar suara petir yang meledak di tepi telinga mereka.

Tiat To Hoat-ong tampak tergoncang tubuhnya, sampai ia mundur beberapa langkah ke belakang dengan wajah yang pucat dan juga napasnya yang memburu keras. Matanya terpentang lebar-lebar, dan ia berdiri di tempatnya sambil berusaha mengatur pernapasannya, karena ia merasakan betapa seluruh isi tubuhnya bagaikan tergoncang dan teraduk-aduk. Dan Siauw Liong Lie telah terhuyung dua langkah, tetapi nyonya Yo tersebut membawa sikap yang tenang, dalam waktu yang singkat ia telah berhasil meluruskan pernapasannya.

Melihat Tiat To Hoat-ong yang masih berdiri di tempat tersebut berdiam diri saja, dengan wajah yang pucat seperti itu, ia tidak mau membuang-buang waktu lagi, cepat bukan main, tubuhnya telah meloncat melayang di tengah udara menerjang Tiat To Hoat-ong. Gerakan yang dilakukan oleh Siauw Liong Lie yang sangat cepat sekali, dan juga tenaga serangan dari kedua telapak tangannya itu sangat kuat, menyambar ke arah dada Tiat To Hoat-ong.

Pendeta Mongolia tersebut kaget bukan main, semangatnya seperti terbang meninggalkan raganya waktu melihat cara menyerang Siauw Liong Lie seperti itu. Namun karena ia terdesak demikian rupa, ia sudah tidak memiliki pilihan lain lagi, hanya mempergunakan golok hitamnya tersebut dikibaskan kepada lawannya dengan gerakan membacok melintang, dan membarengi dengan itu tangan kirinya juga telah menghantam lagi dengan seluruh sisa tenaga yang ada padanya.

Rupanya cara membela diri dari Tiat To Hoat-ong benar-benar merupakan pembelaan diri yang sangat kuat sekali, memaksa Siauw Liong Lie harus membatalkan serangannya itu. Karena jika ia meneruskan, tenaga tangan kiri dari Tiat To Hoat-ong itu bisa dihadapinya, namun bahayanya adalah golok hitam pusaka dari pendeta Mongolia tersebut, yang mungkin bisa merobek perutnya.

Dengan cepat Siauw Liong Lie mengerahkan sinkangnya, memberati tubuhnya seribu kati, dan tubuhnya itu meluncur turun dengan demikian tebasan golok dari pendeta Mongolia tersebut telah mengenai tempat kosong. Dan bersamaan dengan itu, ia juga cepat sekali menekuk kedua kakinya, dalam keadaan posisi tubuh yang jauh lebih rendah dari Tiat To Hoat-ong, ia mengerakkan tangan kanannya menghantam ke atas.

Angin gempuran terdengar berkesiuran kuat sekali, dan diwaktu itu pula tubuh Tiai To Hoat-ong sudah tidak berhasil lolos dari gempuran tersebut, bagian pinggangnya terhantam telak sekali.

Suara jeritan keras dari Tiat To Hoat-ong terdengar menggema di tempat tersebut, tubuhnya juga terlontarkan dengan kuat sekali ke tengah udara, dimana tubuhnya meluncur akan terbanting di tanah. Namun Tiat To Hoat-ong sebagai seorang Kok-su negara yang memiliki kepandaian sangat tinggi, merupakan seorang yang pandai menguasai keadaan dengan cepat, waktu tubuhnya tengah meluncur akan terbanting seperti itu, ia telah menyedot hawa udara dengan cara yoga, dan tubuhnya waktu terbanting, ia berguling dengan mempergunakan cara jago gulat, sehingga tubuhnya waktu menyentuh tanah ia bergelinding beberapa kali sejauh satu tombak lebih dan kemudian mencelat melompat bangun kembali.

Siauw Liong Lie girang melihat kali ini serangannya telah berhasil mengenai tepat pada sasarannya, dan ia telah menyusul kepada pendeta Mongolia itu, dan kembali melancarkan gempuran. Sama sekali ia tidak mau memberikan kesempatan bernapas kepada pendeta tersebut.

Tetapi Tiat To Hoat-ong yang telah melihat bahwa dirinya bukan tandingan dari nyonya Yo tersebut, terlebih lagi disebabkan tubuhnya telah tergempur oleh serangan Siauw Liong Lie tadi, sehingga ia terluka di dalam dan tenaga sinkangnya tergempur, membuat ia cepat-cepat menjauhi diri, tidak bersedia melayani gempuran yang dilancarkan Siauw Liong Lie.

Namun Siauw Liong Lie sama sekali tidak mau memberikan kesempatan kepada Tiat To Hoat-ong, dengan cepat ia mengulangi lagi gempurannya. Dan jurus demi jurus telah dilewatkan dalam ke dalam demikian Tiat To Hoat-ong telah terdesak hebat.

Tiat To Hoat-ong jadi terdesak terus menerus, dan akan membuat Tiat To Hoat-ong bercelaka, kalau saja ia terlambat mengelakkan diri dari gempuran Siauw Liong Lie, karena satu kali saja ia terkena serangan itu, niscaya akan membuat Tiat To Hoat-ong terluka di dalam, yang akan membawa kecelakaan yang tidak kecil buat Tiat To Hoat-ong sendiri.

Tetapi untuk menghadapi gempuran Siauw Liong Lie dengan kekerasan, ia pun belum bisa, karena tenaga sinkangnya belum pulih. Jalan satu-satunya buat Tiat To Hoat-ong hanyalah mengelakkan diri berulang kali, dan beruntun ia telah melompat kesana kemari degan gerakan yang gesit sekali.

Siauw Liong Lie mendesak terus, sejurus demi sejurus serangannya semakin kuat, dan tenaga sinkang yang dipergunakannya juga semakin kuat. Dengan demikian, segera juga tampak napas Tiat To Hoat-ong semakin sulit, dimana ia merasakan dadanya seperti tertindih oleh sesuatu kekuatan yang ratusan kali. Jika saat itu ia masih bisa berkelit kesana kemari, itulah di sebabkan ia memang seorang ahli silat yang memiliki lweekang yang sempurna. Dengan demikian, dalam keadaan terluka di dalam, ia masih bisa untuk mengeluarkan sisa tenaganya untuk menyelamatkan dirinya dari setiap serangan yang dilancarkan oleh Siauw Liong Lie.

Tetapi Tiat To Hoat-ong juga menyadarinya bahwa ia tidak bisa bertindak begitu terus menerus, diapun bagaimana ia harus dapat mengatasi lawannya ini, yang terlalu mendesaknya terus menerus. Segera terlihat Tiat To Hoat-ong telah menggerakkan golok hitamnya, dan bersamaan dengan itu dengan disertai suara teriakan mengguntur, segera mendorong dengan telapak tangan kirinya dan tubuhnya melompat menerjang Siauw Liong Lie, ia telah mengulurkan kedua tangannya, merangkulnya dengan cepat ke arah pinggang Siauw Liong Lie.

Melihat cara orang melancarkan serangan seperti itu, Siauw Liong Lie menyadari bahwa Tiat To Hoat-ong tengah nekad, ia mengeluarkan suara tertawa dingin, dan menepuk ke arah kepala Tiat To Hoat-ong. Pukulan telapak tangan ini bukan main-main, karena jika kepala Tiat To Hoat-ong kena ditepuk oleh telapak tangan Siauw Liong Lie, tentu akan membuat kepala Tiat To Hoat-ong terhajar hancur.

Tiat To Hoat-ong rupanya sama sekali sudah tidak memperdulikan serangan Siauw Liong Lie, ia tidak menangkis tepukan tangan Siauw Liong Lie melainkan serangannya pinggang Siauw Liong Lie kena dipeluknya dan golok hitamnya cepat sekali telah menempel pada pakaian Siauw Liong Lie.

Sedangkan tangan Siauw Liong Le juga telah tiba di dekat kepala dari Tiat To Hoat-ong, hanya terpisah beberapa dim saja. Dengan demikian, keduanya terancam bahaya kematian. Jika memang Siauw Liong Lie meneruskan tepukan telapak tangannya itu, kepala Tiat To Hoat-ong tidak akan hajar pecah dan binasa, tetapi juga Siauw Liong Lie tidak akan lolos dari kematian juga. Dengan dipeluknya pinggangnya, maka Siauw Liong Lie tidak mungkin mengelakkan diri dari golok pusaka Tiat To Hoat-ong, berarti mereka juga akan binasa bersama-sama.

Siauw Liong Lie tercekat hatinya, ia kaget bukan main. Tentu saja Siauw Liong Lie tidak mau binasa dengan pendeta Mongolia tersebut, karena itu tidak bersedia untuk mati dengan cara begitu konyol. Ia membatalkan tepukkan tangannya pada kepala pendeta tersebut, mengempiskan perutnya dan cepat bukan main, tahu-tahu tangan kirinya menyentil golok hitam Tiat To Hoat-ong dan membarengi itu tangan kanannya mendorong kuat sekali.

Tubuh Tiat To Hoat-ong terhuyung mundur beberapa langkah.

Dan kesempatan seperti itu dipergunakan Siauw Liong Lie untuk melompat menjauhi diri. Mereka jadi terpisah tiga tombak lebih.

Kedua orang ini saling mengawasi, dan kesempatan itu dipergunakan Tiat To Hoat-ong untuk mengatur jalan pernapasannya. Berangsur-angsur ia berhasil mengatur pernapasannya menjadi lurus kembali. Sedangkan matanya tetap mengawasi tajam kepada Siauw Liong Lie, dimana ia menantikan serangan berikutnya dari Siauw Liong Lie.

Siauw Liong Lie juga tidak segera melancarkan serangannya lagi, ia hanya berdiri diam, dan melirik kepada suaminya yang tengah berhadapan dengan Ciu Tie Tam-tai. Dengan demikian, ia melihat betapa Yo Ko dan Ciu Tie Tam-tai seperti juga tengah bertempur mengadu jiwa, dari kepala kedua orang itu seperti mengepul uap yang tipis naik tinggi sekali, keringat telah memenuhi wajah dan tubuh mereka. Dan juga, di saat itu, sepasang kaki mereka masing-masing telah melesak masuk ke dalam tanah, kurang lebih lima dim.

Melihat hal itu, Siauw Liong Lie jadi terkejut. Pertempuran antara Yo Ko dengan Ciu Tie Tam-tai merupakan pertempuran yang menentukan sekali antara mati dan hidup, karena mereka tengah mempergunakan lweekang yang tertinggi yang mereka miliki. Sekali saja mereka tergempur, di saat itu juga akan terbinasa tanpa ampun lagi.

Dengan begitu, Siauw Liong Lie akhirnya berdiri diam saja mengawasi dengan bersiap sedia untuk membantui Yo Ko, jika suatu saat kelak suaminya mengalami ancaman bahaya dari lawannya.

Ciu Tie Tam-tai sendiri mulai merasakan tekanan-tekanan dari tenaga lweekang Yo Ko. Karena itu ia telah beberapa kali sesungguhnya berusaha untuk dapat memisahkan diri dari lawannya tersebut. Tetapi karena mereka telah terlibat dalam pertarungan mengadu kekuatan tenaga dalam yang dahsyat, dengan sendirinya tidak mudah buat Ciu Tie Tam-tai memisahkan diri dari lawannya.

Yo Ko maupun Ciu Tie Tam-tai telah terlibat dalam pertempuran yang memaksa mereka semakin lama harus mengeluarkah seluruh kekuatan lweekang yang mereka miliki. Dengan demikian, akhirnya keduanya telah mencapai batas kemampuan yang tertinggi yang mereka miliki, dimana tubuh mereka tergetar dan juga tangan mereka masing-masing telah bergerak semakin lambat. Diwaktu itu tampak tubuh kedua orang ini juga seperti sering terhuyung bagaikan hendak rubuh terguling, bergoyang kesana kemari.

Siauw Liong Lie telah melihat bahwa kekuatan lweekang Ciu Tie Tam-tai tidak berada di sebelah bawah suaminya, maka ia telah mendekati kedua orang yang tengah saling mengerahkan kekuatan sinkang mereka. Matanya telah mengawasi tajam, dan jika saja Yo Ko telah tidak kuat menghadapi lawannya itu, ia akan menyelak untuk menghadapi Ciu Tie Tam-tai.

Siauw Liong Lie telah mempersiapkan tenaga sinkang pada telapak tangannya.

Tetapi waktu itu Siauw Liong Lie tidak bisa segera turun tangan, karena jika ia menyelak dalam keadaan Yo Ko dan Ciu Tie Tam-tai tengah terlibat dalam mengadu kekuatan sin-kang tingkat tinggi, jelas akan membahayakan Yo Ko juga. Karena begitu ada kekuatan pihak ketiga yang menyelak di tengah-tengah mereka, tentu dua kekuatan tenaga sinkang dari Ciu Tie Tam-tai dan juga Yo Ko akan tergoncang dan boleh jadi kedua orang tersebut yang akan tergempur sendiri oleh tenaga lweekang mereka masing-masing.

Dan belum berarti bahwa Siauw Liong Lie sendiri terlolos dari bahaya karena diwaktu itu boleh jadi mereka tidak sanggup menerima gencetan dari dua kekuatan tenaga lweekang dari dua orang itu, yang memiliki lweekang kuat sekali. Dengan sendirinya, jika Siauw Liong Lie melakukan suatu kesalahan kecil saja dalam menyelak diantara dua kekuatan raksasa tersebut, niscaya akan membuat ia terluka-dalam juga. Maka dari itu Siauw Liong Lie hanya berdiri diam menantikan perkembangan selanjutnya saja, ia berwaspada mengawasi suaminya.

Ciu Tie Tam-tai juga tidak luput dari tekanan Yo Ko, semakin lama semakin terdesak dan merasakan kedua kakinya mulai bergoyang-goyang, dimana suatu saat tentu kedua kakinya tersebut akan menjadi lemah dan kuda-kuda pertahanan kakinya akan tergempur. Ia mengerahkan kekuatan lweekangnya sambil otaknya bekerja ke sana kemari mencari jalan untuk dapat menundukkan lawannya itu.

Ketegangan yang diliputi tempat tersebut semakin terasa, dan Siauw Liong Lie sendiri merasakan hatinya berdebar keras.

Yo Him telah menghampiri ibunya, dan berdiri di sisi ibunya tersebut.

Sedangkan Tiat To Hoat-ong sendiri telah berdiam diri saja, ia mengawasi saja pertempuran yang tengah berlangsung antara Yo Ko dengan Ciu Tie Tam-tai sambil iapun memusatkan lweekangnya, berusaha untuk menyembuhkan luka di pinggangnya akibat gempuran Siauw Liong Lie tadi.

Dalam keadaan seperti itu, dimana sekitar tempat tersebut hanya terdengar suara menderu dari angin serangan antara Yo Ko dengan Ciu Tie Tam-tai, maka diwaktu itulah terdengar suara orang tertawa panjang sekali, suara tertawa tersebut terdengar jauh dan samar-samar, tetapi cepat sekali telah terdengar jelas dan juga diwaktu itu sesosok tubuh telah tiba di tempat tersebut.

„Loo-boan-tong.....!” berseru Siauw Liong Lie girang.

Ternyata orang yang baru datang sambil mengeluarkan suara tertawa itu tidak lain Ciu Pek Thong, si tua berandalan yang jenaka itu.

Yo Him telah menyambut kedatangan orang tua jenaka itu, ia memberi hormat.

„Aku tidak menyangka bahwa disini terjadi suatu pertemuan yang akan menggembirakan. Hai, hai, pertunjukan yang menarik hati..... pertunjukan yang menarik hati!” berseru Ciu Pek Thong sambil tertawa keras lagi, dan mengusap-usap jenggotnya, „Yo Hujin, sudah lamakah kalian disini?”

Siauw Liong Lie menunjuk kepada Yo Ko dan Cin Tie Tamtai, yang tengah terlibat dalam mengadu kekuatan tenaga lweekang.

„Kami ingin membereskan mereka dulu!” kata Siauw Liong Lie sambil kemudian melirik kepada Tiat To Hoat-ong.

Sedangkan pendeta Mongolia tersebut, ketika melihat munculnya Ciu Pek Thong, jadi mengeluh. Karena si tua berandalan tersebut merupakan seorang jago yang memiliki ilmu silat tidak berada di sebelah bawah kepandaian Yo Ko dan Siauw Liong Lie. Dengan munculnya si tua berandalan tersebut, berarti ia bersama Ciu Tie Tam-tai dan Turkichi, akan memperoleh kesulitan yang tidak kecil.

Waktu itulah tampak Ciu Pek Thong telah berkata kepada Tiat To Hoat-ong.

„Inilah kesempatan yang baik sekali untuk kita saling mengadu ilmu! Kita akan main-main sampai sepuas hati!” katanya sambil tertawa keras, dan membarengi dengan itu, tampak tubuhnya telah melompat ke depan Tiat To Hoat-ong.

Tiat To Hoat-ong waktu itu telah tergempur pinggangnya oleh serangan tangan Siauw Liong Lie dengan demikian jalan pernapasannya belum pulih seluruhnya. Dan tentu saja sekarang ia ditantang demikian rupa oleh Ciu Pek Thong, dimana tentunya pertempuran di antara mereka tidak mungkin dielakkan, dengan sendirinya akan membuat dirinya yang menderita kerugian.

31.62. Penderitaan Kok-su Mongolia

Namun sebelum dia mengambil keputusan dan menyahuti perkataan Ciu Pek Thong, di waktu itulah Ciu Pek Thong telah melompat dan menggerakkan tangannya akan menarik jenggot Tiat To Hoat-ong. Gerakan yang dilakukan si tua berandalan yang jenaka ini gesit sekali, dimana ia menggerakkan tangannya itu secepat kilat.

Tiat To Hoat-ong telah mengelakan tangan orang dengan memiringkan kepalanya, dan golok hitamnya telah digerakkan menyilang.

Tabasan golok itu memang berbahaya menuju ke arah dada Ciu Pek Thong, namun kenyataannya Ciu Pek Thong dengan diiringi tertawanya, telah menyentil golok tersebut, sehingga golok itu tergetar keras. Dan tangan Ciu Pek Thong yang satunya tetap diulurkan untuk mencabut jenggot dari pendeta Mongolia tersebut.

Tiat To Hoat-ong gusar bukan main, ia mengeluarkan suara seruan nyaring, dan bersamaan dengan itu, ia menendang dengan kaki kanannya.

Tetapi Ciu Pek Thong benar-benar gesit, ia berhasil menghindarkan diri dari tendangan orang, sedangkan tangannya masih juga diulurkan akan mencabut jenggot Tiat To Hoat-ong.

Pendeta Mongolia itu jadi kewalahan juga, karena ia melihat bahwa ia tidak mungkin menghindarkan diri dari serangan Ciu Pek Thong kali ini. Dan baru saja ia ingin mengelakkan diri dari jambretan tangan Ciu Pek Thong, diwaktu itulah si tua berandalan tersebut telah menaikkan sedikit tangannya, tahu-tahu bukannya menarik jenggot Tiat To Hoat-ong, justru dia telah memilin kumisnya Tiat To Hoat-ong dan kemudian menariknya.

Seketika Tiat To Hoat-ong merasakan kesakitan bukan main, pedih sekali, sampai ia mengeluarkan air mata. Ia telah meraung dengan suara yang keras dan seperti kalap tampak golok hitamnya itu telah berkelebat-kelebat menyambar ke arah Ciu Pek Thong.

Menerima serangan seperti itu, Ciu Pek Thong malah tertawa ha, ha, he, he, dimana ia telah melompat kesana kemari dengan, gerakan yang cepat dan gesit. Malah dalam suatu kesempatan, kaki kanannya telah mendupak pinggul dari pendeta Mongolia tersebut.

„Bukkkkkk,.....!” tubuh Tiat To Hoat-ong telah terhuyung terjerunuk hampir saja pendeta Mongolia tersebut terjerembab. Untung saja Tiat To Hoat-ong cepat cepat menguasai kuda-kuda kedua kakinya, sehingga ia bisa mempertahankan tubuhnya tidak sampai terjerunuk.

Tetapi Ciu Pek Thong memang dasarnya seorang berandalan dan jenaka, melihat keadaan lawannya seperti itu, timbul kegembiraan untuk mempermainkan Tiat To Hoat-ong. Sambil tertawa-tawa, tampak tubuhnya telah melompat dengan ringan sekali, kedua tangannya telah digerakkan dengan berbareng, tetapi justru cara menyerang itu berbeda satu dengan yang lain, yaitu tangan kirinya mempergunakan jurus Si tolol mengangsurkan Arak, kemudian tangan kanannya dilancarkan, dengan jurus Anjing Kurap Menggaruk Pantat. Dua gerakan jenaka tersebut merupakan jurus silat yang memiliki keampuhan luar biasa. Memang dari nama jurus-jurus tersebut seperti juga jurus silat main-mainan yang tidak berarti, sesungguhnya dibalik dari nama jurus-jurus tersebut yang jenaka, terdapat kekuatan tenaga lweekang yang sangat dahsyat, karena jurus tersebut disertai oleh sinkang yang kuat, tidak mungkin bisa dipunahkan oleh sembarangan jago silat.

Tiat To Hoat-ong sendiri heran melihat cara menyerang Ciu Pek Thong seperti itu, karena itu ia merandek sejenak mengawasi, baru pertama kali ini ia menyaksikan cara menyerang Ciu Pek Thong seperti itu karena dulu waktu mereka pernah bertempur, Ciu Pek Thong justru tidak mempergunakan ilmunya tersebut. Tetapi Tiat To Hoat-ong juga tidak bisa terlalu lama berdiam begitu, karena kedua tangan Ciu Pek Thong telah menyambar dekat sekali. Dengan cepat Tiat To Hoat-ong menggerakkan golok hitamnya berulang kali, dibolang-balingkan ke sekujur tubuhnya, melindungi bagian tubuh yang terpenting.

Namun Ciu Pek Thong benar-benar lihay dan gesit sekali, melihat golok hitam lawannya diputar seperti itu, ia telah menarik pulang tangannya, dan tahu-tahu dengan gerakan tubuh seperti orang yang terjerunuk ke depan, seperti menubruk ke arah golok Tiat To Hoat-ong, cepat sekali ia telah menggerakkan kedua tangannya lagi. Diwaktu itu ia telah menarik pula kumis dari pendeta tersebut.

Tiat To Hoat-ong mengeluarkan suara jerit kesakitan pula. Segera terlihat betapa ia melompat dan berjingkrakan tidak keruan dengan diliputi kemarahan yang sangat. Pendeta Mongolia itupun mencaci maki dengan suara yang keras, mengandung kemendongkolan dan penasaran.

Ciu Pek Thong malah tertawa keras, mentertawai sikap dan kelakuan dari lawannya itu.

Di saat itu terlihat Siauw Liong Lie tersenyum menyaksikan Ciu Pek Thong tengah mempermainkan Tiat To Hoat-ong.

Yo Him sendiri telah bertepuk-tepuk tangan karena ia gembira sekali dan puas melihat Tiat To Hoat-ong yang jenaka tersebut. Ia bahkan telah berseru-seru menganjurkan Loo-boan-thong mempermainkan terus Tiat To Hoat-ong.

Ciu Pek Thong juga telah memperdengarkan suara tertawa yang keras, „Aku akan membuat dia mati perlahan-lahan!” serunya itu dibarengi dengan gerakan tubuhnya yang berkelebat kesana kemari.

Tiat To Hoat-ong benar-benar kewalahan menghadapi Ciu Pek Thong, kerena justru waktu itu ia tengah terluka di dalam. Jika saja tadi ia belum banyak terlalu menggunakan tenaga sinkangnya, tentu ia bisa melayani berimbang diri si berandalan jenaka ini. Tetapi karena dia telah tergempur oleh serangan Siauw Liong Lie, membuat tenaga dalamnya jadi berkuras maka ia bergerak tidak begitu leluasa.

Diwaktu itulah, Ciu Pek Thong tanpa membuang-buang waktu, telah bergerak kesana kemari dan setiap kali ada kesempatan, ia telah mengulurkan tangannya untuk mencabut kumis atau jenggot dari Tiat To Hoat-ong.

Berulang kali Tiat To Hoat-ong harus berjingkrak-jingkrak karena marah dan mendongkol, namun tetap saja ia tidak memiliki kesempatan untuk memberikan perlawatan pada Ciu Pek Thong.

Ciu Pek Thong sendiri tampaknya tidak puas dengan hasil yang telah diperolehnya, ia mempermainkan terus lawannya, membuat Tiat To Hoat-ong semakin lama semakin kalap.

„Jika aku tidak mengaju jiwa dengan kau, aku tidak akan menginjakkan kaki pula di daratan Tiong-goan!” berteriak Tiat To Hoat-ong karena murka yang meluap.

Ciu Pek Thong malah tertawa.

„Baik, baik, mari kau mengadu jiwa, aku akan melayaninya sebaik mungkin!” menyahuti Ciu Pek Thong. „Awas kumismu.....!” dan membarengi dengan perkataannya itu, tangan kanan Ciu Pek Thong telah bergerak lagi, dia telah menarik kumis pendeta Mongolia tersebut.

Tiat To Hoat-ong berusaha mengelakan diri, tetapi ia gagal kumisnya kembali ditarik oleh Ciu Pek Thong, sehingga ia merasa pedih dan sakit bukan main dan ia menjerit-jerit dengan murka.

Ciu Pek Thong berjingkrak-jingkrakan sambil bertepuk tangan. Tampaknya si tua berandalan ini merasa puas telah bisa mempermainkan Kok-su negara Mongolia itu.

„Engkau harus hati-hati menjaga kumis dan jenggotmu, karena sekarang aku bukan hanya menarik, tetapi aku akan mencabutnya, biar engkau menjadi pendeta yang kelimis!” Dan sehabisnya berkata begitu, tubuh Ciu Pek Thong telah bergerak lagi dengan gesit dan tangan kanannya telah menyambar kumis Tiat To Hoat-ong. Gerakan yang dilakukannya itu sangat cepat, biarpun Tiat To Hoat-ong telah berusaha untuk mengelakkan diri, menyelamatkan kumisnya dari tangan Ciu Pek Thong tokh dia gagal. Malah lima atau enam helai kumisnya telah kena ditarik copot, sehingga ia merasa kesakitan bukan main dan berteriak, teriak kalap.

Ciu Pek Thong tidak memperdulikan kemarahan lawannya, ia terus juga menggodai pendeta Mongolia tersebut dengan berulang kali mencabuti kumis dan jenggot dari Tiat To Hoat-ong, sehingga kini kumis dan jenggot Tiat To Hoat-ong sudah tidak rata lagi, karena telah cukup banyak yang ditarik copot oleh si berandalan jenaka itu dengan demikian kumis dan jenggotnya jadi malang melintang, seperti kumis kucing, dan jenggotnya seperti juga jenggot duri yang kaku dan hanya beberapa helai saja.

Bukan main mendongkol dan murkanya Tiat To Hoat-ong, sampai dia mencaci maki kakek moyangnya Ciu Pek Thong dengan kata-kata yang kotor.

Tetapi Ciu Pek Thong tetap dengan sikapnya yang jenaka itu, karena itu berulang kali ia sambil tertawa-tawa dengan suara yang keras, iapun telah melompat kesana kemari masih mencabuti kumis dan jenggot Tiat To Hoat-ong.

Sesungguhnya pendeta Mongolia tersebut dalam kalapnya telah menggerakkan golok hitamnya untuk menyerang, namun selalu gagal. Semakin keras amarahnya, semakin sembarangan gerakan goloknya tersebut, sehingga akhirnya ia berusaha menenangkan diri dan berkelit kesana kemari saja dari serangan Ciu Pek Thong.

Bersamaan dengan itu, tampak Yo Ko dengan Ciu Tie Tam-tai yang tengah saling mengukur kekuatan, mulai mencapai titik yang menentukan. Karena dari tubuh mereka yang mengeluarkan uap itu dan tergetar, telah tersalurkan seluruh kekuatan sinkang yang mereka miliki. Dengan demikian, segera terlihat, bahwa mereka benar-benar telah mencapai tingkat mengadu jiwa. Ciu Tie Tam-tai sendiri menyadarinya, bahwa ia tidak boleh lengah sedikit pun juga.

Yo Ko sendiri telah mengerahkan seluruh kekuatan yang ada padanya, selain tangan kirinya yang bergerak lambat namun memiliki kekuatan sinkang tangguh sekali, juga lengan baju kanannya telah bergerak-gerak terus, bagaikan seekor naga yang berusaha membelit lawannya.

Gangguan dari lengan baju sebelah kanan Yo Ko tersebut yang membuat perhatian Ciu Tie Tam-tai sering terpecahkan.

Lweekang Yo Ko memang lebih kuat seurat dibandingkan Ciu Tie Tam-tai. Jika Ciu Tie Tam-tai lebih unggul dalam hal kekedotan tubuhnya yang dibantu oleh latihan tenaga Yoganya, justru untuk tenaga sinkang sejati Yo Ko menang sedikit. Dimana ia merupakan seorang tokoh persilatan daratan Tiong-goan yang nomor wahid di saat ini.

Seperti diketahui, waktu lengan kanan Yo Ko dibacok kutung oleh Kwee Hu, maka sejak saat itulah Yo Ko telah melatih tangan kirinya dengan golok pusakanya di tepi laut, melatih diri dengan gelombang laut, dengan petunjuk-petunjuk dari Sin-tiauw, burung rajawali sakti yang menjadi sahabatnya. Dan diwaktu itu pula Yo Ko telah berhasil menciptakan semacam tenaga lweekang yang benar-benar tangguh. Terlebih lagi sekarang, setelah berselang puluhan tahun, dengan demikian lweekang yang dimiliki Yo Ko telah mencapai puncak kesempurnaannya.

Walaupun ia hanya memiliki tangan kiri saja, tokh kekuatan lweekangnya itu tidak berkurang manfaatnya. Dan juga lengan baju sebelah kanan itu tidak kurang berbahayanya dibandingkan dengan tangan biasa.

Itulah sebabnya, walaupun di negerinya Ciu Tie Tam-tai merupakan jago yang terpandai dan memiliki ilmu yang tinggi sekali, namun disebabkan sekarang ini ia harus berhadapan dengan Yo Ko yang memiliki kepandaian sangat tinggi dan tidak berada di sebelah bawah dari kepandaiannya, maka ia jadi tidak bisa berbuat banyak.

Yo Ko juga telah melihat, bahwa mereka tidak mungkin memisahkan diri pula, dan mereka tentu akan terluka bersama, atau juga binasa bersama. Dan pertempuran mereka kali ini merupakan pertempuran mengadu jiwa.

Siauw Liong Lie mulai berkuatir menyaksikan keadaan sudah berlangsung demikian dengan begitu, ia sudah tidak bisa berayal dan berdiam diri saja. Ia melompat dan sudah berdiri di tengah-tengah sisi dari kedua orang tersebut.

Dengan memusatkan seluruh kekuatan lweekangnya, tiba-tiba Siauw Liong Lie telah mengebutkan kedua tangannya, dan diwaktu itu terdengar suara menggeleger yang keras sekali.

Tubuh Yo Ko dan Ciu Tie Tam-tai terpental berjumpalitan. Tenaga mereka yang tengah saling dorong itu, dan kemudian dihantam oleh kekuatan Siauw Liong Lie yang menerjang dari tengah, membuat mereka seperti juga dihantam oleh sesuatu yang sangat kuat luar biasa. Dengan demikian, segera terlihat betapa keduanya telah terjungkir balik beberapa kali di tengah udara.

Siauw Liong Lie berhasil memisahkan kedua orang tersebut tetapi tidak urung ia pun merasakan napasnya jadi sesak. Dia berdiri diam di tempatnya beberapa saat lamanya mengatur jalan pernapasannya tersebut sehingga akhirnya ia berhasil memulihkan semangat dan tenaga dalamnya.

Selangkan Yo Ko waktu tubuhnya terpental ke tengah udara, telah berusaha untuk mengatur tubuhnya sehingga jatuh dengan kedua kaki lebih dulu. Tetapi karena tadi ia terpental begitu keras, dengan sendirinya ia terhuyung beberapa langkah ke belakang.

Muka Yo Ko agak pucat, dan juga napasnya memburu. Ia menyadari dengan dipisahkan begitu oleh istrinya, jelas Siauw Liong Lie telah menyelamatkan jiwanya dan juga jiwa Ciu Tie Tam-tai.

Ciu Tie Tam-tai juga tenaga dalamnya tadi tergempur hebat, maka waktu tubuhnya terpental dan meluncur jatuh, ia jatuh dengan duduk numprah, untuk sejenak lamanya ia tidak bisa bangkit. Napasnya memburu keras, segera ia memusatkan seluruh latihan sinkangnya dicampur juga dengan aturan napas dari Yoga, dengan demikian ia bisa cepat sekali memulihkan semangatnya.

Begitu merasa kesegaran tubuhnya pulih tampak Ciu Tie Tam-tai telah melompat berdiri lagi, sambil memperdengarkan suara tertawanya yang keras.

„Aku tidak menyangka bahwa hari ini aku akan dapat berhadapan dengan lawan yang seimbang dengan kepandaianku, sehingga aku bisa main-main dengan sepuas hati. Sungguh memuaskan sekali! Sungguh memaskan sekali! Memang telah kulihat, bahwa Sin-tiauw Tayhiap bukan bernama kosong belaka!”

Yo Ko juga telah menengadahkan kepalanya dan tertawa bergelak-gelak panjang sekali suara tertawanya itu, sehingga seperti juga sambung menyambung terus menerus dan bergema di sekitar tempat itu. Setelah puas tertawa, Yo Ko berkata dengan suara yang nyaring:

„Terima kasih atas pujianmu! Tetapi kita akan segera meneruskan permainan kita yang tertunda tadi!” dan setelah berkata begitu, ia mengebutkan tangan bajunya yang sebelah kanan, dari mana telah menyambar kekuatan yang dahsyat sekali menerjang ke arah Ciu Tie Tam-tai.

Sebagai seorang ahli silat yang memiliki kepandaian tinggi sekali, dengan bertempur tadi, Ciu Tie Tam-tai menyadari bahwa mereka berdua, memang merupakan lawan yang berimbang, dan jika meneruskan pertempuran mereka ini, mereka bisa rusak dua-duanya. Tetapi karena melihat Yo Ko telah melancarkan serangannya kembali seperti itu, dimana gempuran tersebut tidak bisa dibuat main-main, Ciu Tie Tam-tai telah mengeluarkan suara bentakan yang nyaring sekali, dan menyusul kedua telapak tangannya telah didorong dengan kuat sekali. Dari kedua telapak tangannya itu telah meluncur keluar angin gempuran yang tidak kalah hebatnya dengan kekuatan dari tenaga serangan Yo Ko. Dua kekuatan tenaga lweekang yang hebat itu telah saling bentur.

„Bukkk.....:!” pasir dan debu telah beterbangan ke atas.

Tubuh Ciu Tie Tam-tai terhuyung mundur beberapa langkah, Yo Ko sendiri terpental melayang ke tengah udara, dan kemudian meluncur turun dengan kedua kaki hinggap terlebih dulu.

Diwaktu itu Siauw Liong Lie telah melompat ke depan Ciu Tie Tam-tai, ia berkata nyaring:

„Aku hendak minta petunjuk!” sambil tangan kanannya bergerak akan mencengkeram ke arah jalan darah Lung-tie-hiat di dekat tulang belikat Ciu Tie Tam-tai.

Gerakan yang dilakukan oleh Siauw Liong Lie selain cepat juga bisa mematikan. Jalan darah Lung-tie-hiat tersebut merupakan jalan darah terpenting, kalau sampai jalan darah itu kena dicengkeram, tentu akan membuat orang yang bersangkutan seketika menjadi lumpuh dan tenaga dalamnya menjadi buyar.

Ciu Tie Tam-tai yang melihat cara menyerang Siauw Liong Lie, mana mau membiarkan dirinya dicengkeram begitu? Dengan cepat ia telah mengeluarkan suara bentakan yang sangat keras sekali, dan kemudian menangkis dengan tangan kirinya.

Tangan Siauw Liong Lie dan tangan Ciu Tie Tam-tai telah saling bentur, dan seketika itu juga terlihat betapa tubuh kedua orang tersebut terpental beberapa tombak. Tetapi Siauw Liong Lie masih kumpul tenaganya, maka begitu dia bisa berdiri tetapi segera dia melompat melancarkan serangan lagi kepada Ciu Tie Tam-tai.

Berbeda dengan Ciu Tie Tam-tai yang tadi telah kehabisan tenaga karena ia telah bertempur mati-matian dengan Yo Ko, maka ia tidak memiliki kekuatan tenaga yang sepenuhnya lagi. Begitu tubuhnya terhuyung ia tidak bisa segera mengendalikan dirinya, dan di saat itu justru serangan Siauw Liong Lie telah menyambar ke jalan darah Bun-kie-hiat nya.

Tiada jalan lain lagi buat Ciu Tie Tam-tai, dengan terpaksa ia menangkis lagi. Ketika dua kekuatan saling bentur, seketika Ciu Tie Tam-tai telah terpental keras dan kemudian dia ambruk di tanah tidak bisa berdiri, dari mulutnya telah memuntahkan darah segar.

Sedangkan Siauw Liong Lie yang melihat keadaan lawannya sudah demikian rupa tidak mau memberikan kesempatan lagi, dengan cepat dan ringan, tubuhnya telah melompat dan melancarkan serangan-serangan yang kuat sekali. Dimana ia telah menggerakkan kedua tangannya saling susul. Kepandaian yang dimiliki Siauw Liong Lie tidak berada di sebelah bawah dari kepandaian Yo Ko, dengan sendirinya, sekarang dia melancarkan serangan yang beruntun dan mempergunakan ilmu simpanannya, jelas telah membuat Ciu Tie Tam-tai jadi kelabakan bukan main.

Mati-matian tampak Ciu Tie Tam-tai telah berusaha mengelakan diri. Dia menyadarinya, kalau saja dia menangkis dengan mempergunakan kekerasan, maka diwaktu itulah dirinya akan celaka sendirinya, karena justru kekuatan tenaga lweekangnya itu tengah buyar dan tidak bisa dipergunakannya secara penuh.

„Habislah aku kali ini.....!” berpikir Ciu Tie Tam-tai dan ia berusaha untuk mengelakkan diri dengan bergulingan di atas tanah.

Serangan Siauw Liong Lie jatuh di tempat kosong, dan baru saja ia hendak menyusul dengan serangan berikutnya, diwaktu itulah terlihat betapa nyonya Yo tersebut merasakan napasnya sesak, dan kepalanya menjadi pusing. Siauw Liong Lie kaget sendirinya, dia mengempos semangatnya dan menyalurkan ke bagian Tan-tiannya, tetapi matanya malah jadi berkunang-kunang.

Dengan mengeluarkan suara keluhan perlahan, tubuh Siauw Liong Lie jadi terhuyung seperti akan rubuh. Namun Siauw Liong Lie masih berusaha mengerahkan tenaga sinkangnya untuk menguasai tubuhnya yang tengah terhuyung itu, agar tidak sampai terjerembab. Rupanya Siauw Liong Lie tidak berhasil dengan usahanya tersebut, dengan mengeluarkan suara keluhan lagi, tubuhnya telah terguling rebah di tanah.

Yo Ko yang melihat hal itu segera melompat ke dekat istrinya, memeriksa keadaannya. Begitu juga Yo Him. telah melompat dengan cepat, dimana ia telah ikut memeriksa keadaan ibunya.

Sepasang mata, Siauw Liong Lie terpejamkan rapat-rapat, dan kemudian napasnya tersendat sendat, tampaknya sesak dan sulit sekali baginya untuk bernapas dengan lancar.

Yo Ko bingung bukan main, ia merasakan denyutan nadi istrinya itu tidak beraturan. Dan dalam keadaan seperti itu, rupanya jalan pernapasan Siauw Liong Lie telah mengalami sesuatu yang tidak benar. Hanya saja yang membingungkan, justru tadi Siauw Liong Lie segar bugar dan mendadak ia bisa ‘berpenyakit’ seperti ini, yang aneh dan mendadak sekali terjadinya.

Ciu Pek Thong yang tengah mempermainkan Tiat To Hoat-ong telah menoleh juga waktu mendengar Yo Him mengeluarkan seruan kaget. Ia cepat cepat meninggalkan Tiat To Hoat-ong dan memburu mendekati Yo Ko. Waktu melihat keadaan Siauw Liong Lie seperti itu, si tua berandal an tersebut telah berjingkrak sambil mengeluarkan suara seruan tertahan.

„Apa yang terjadi pada diri Yo Hujin?” tanya Ciu Pek Thong dengan suara kaget.

„Entahlah, akupun tidak mengetahuinya, Ciu Toako, mendadak sekali..... tiba-tiba ia terguling dan seperti pingsan!”

Ciu Tie Tam-tai waktu itu tengah duduk bersila melancarkan jalan pernapasannya, dan setelah lewat beberapa saat lamanya, ia melompat berdiri sambil berkata,

„Aha, akhirnya aku akan berhasil membinasakan kalian semua….!” Dan Ciu Tie Tam-tai telah tertawa terbahak-bahak dengan suara yang keras, wajahnya memancarkan kepuasan.

Yo Ko gusar bukan main, ia melompat ke dekat Ciu Tie Tam-tai.

„Akal licik apa yang telah kau pergunakan untuk mencelakai isteriku?” bentak Yo Ko.

„Hemmm, aku baru mempergunakan salah satu dari ketiga bubuk pusaka yang kumiliki,” menyahuti Ciu Tie Tam-tai dengan suara yang nyaring, wajahnya tidak memperlihatkan perasaan jeri sedikitpun juga. „Itu baru kupergunakan bubuk Cap-sah-hun (Tigabelas Arwah), istrimu di dalam waktu dua hari akan terus menerus dengan keadaan itu, yaitu pingsan tidak sadarkan diri, selewatnya itu, ia tidak akan bernapas lagi!” Dan setelah berkata begitu Ciu Tie Tam-tai mengeluarkan suara tertawa yang bergelak-gelak keras sekali.

Muka Yo Ko merah padam karena murka. Ia menjejakkan kakinya, tangan kirinya telah menyambar akan menghantam Ciu Tie Tam-tai.

Namun Ciu Tie Tam-tai telah bersiap siaga sejak tadi, melihat datangnya gempuran dari Yo Ko, ia berkelit dengan cepat.

Tetapi Yo Ko waktu melihat gempuran tangan kirinya tersebut tidak berhasil mengenai sasarannya, ia tidak segera berhenti, berbareng lengan bajunya yang sebelah kanan yang kosong itu telah bergerak akan melibat batang leher Ciu Tie Tam-tai.

Gerakan yang dilakukan oleh Yo Ko sangat gesit dan cepat sekali, karena waktu itu Ciu Tie Tam-tai belum lagi bisa berdiri tetap, karena baru saja mengelakkan dari dari serangan tangan kirinya Yo Ko dan serangan tangan baju sebelah kanan itu telah menyambar dekat sekali ke lehernya, akan melibat.

Dan lengan baju sebelah kanan dari Yo Ko tersebut bukanlah merupakan tangan baju biasa, karena pada tangan baju yang kosong tersebut berisikan tenaga sinkang yang kuat sekali

Dengan demikian, Ciu Tie Tam-tai tidak berani berayal, sambil mengeluarkan suara teriakan marah, ia melompat ke belakang lagi beberapa tindak dan membarengi dengan itu, jari telunjuk tangan kanannya telah menyentil dan Yo Ko segera membaui sesuatu yang tidak sedap.

Rupanya memang Ciu Tie Tam-tai telah mempergunakan sejenis racun yang hebat daya kerjanya. Ia tadi begitu terdesak oleh Siauw Liong Lie, sehingga dalam keadaan antara mati dan hidup ia telah mempergunakan racun Cap-sah-hun, yaitu racun tigabelas arwah. Bubuk racun itu terlalu halus, dan jika tidak diperhatikan benar-benar, maka tidak akan terlihat oleh mata manusia biasa. Itulah sebabnya, karena racun yang disembunyikan pada kuku tangan Ciu Tie Tam-tai tersebut, telah tercium oleh Siauw Liong Lie, nyonya Yo tersebut telah terjungkal rubuh dengan keadaannya yang menguatirkan sekali.

Kini Yo Ko mencium hal yang aneh terkejut, tidak berayal lagi, ia menutup pernapasannya. Tetapi karena ia telah mencium sedikit hawa racun tersebut, tidak urung Yo Ko merasakan kepalanya agak pening. Namun Sin-tiauw Tayhiap telah memusatkan tenaga lweekangnya, dan kemudian ia mengatur jalan pernapasannya mendesak hawa kotor tersebut untuk keluar dari pori-pori kulitnya.

Yo Ko juga tidak tinggal diam, melihat Ciu Tie Tam-tai tengah melompat mundur menjauhi diri, ia telah menjejakkan kakinya tubuhnya mencelat dengan cepat sekali, tangan dirinya kembali melancarkan gempuran kepada Ciu Tie Tam-tai.

Ciu Tie Tam-tai waktu itu merasa girang semula ia menduga bahwa serangan racunnya itu berhasil. Namun kenyataannya Yo Ko tidak berhasil dicelakainya. Demikian ia telah mengeluarkan seruan kaget di saat tenaga gempuran Yo Ko telah tiba di dekatnya. Apa lagi Yo Ko juga bukan menyerang dengan satu jurus saja, dimana tangan bajunya yang sebelah kanan telah digerakkan juga maka Ciu Tie Tam-tai telah diserang dari dua jurusan, dari tangan kirinya mengalir kekuatan lweekang yang keras dan kuat, yang bisa menghancurkan batu gunung yang berukuran besar. Juga dari lengan baju Yo Ko yang sebelah kanan itu telah meluncur kekuatan lweekang yang dikombinasikan antara tenaga Im dan Yang, yaitu tenaga lunak dan tenaga keras.

Dengan demikian, segera juga tubuh Ciu Tie Tam-tai jadi terhuyung-huyung mundur agak gugup, karena ia merasakan desakan tenaga dalam Yo Ko yang merangseknya. Mati-matian Ciu Tie Tam-tai telah memusatkan sinkangnya untuk menangkis tetapi usahanya itu gagal.

Dalam gusarnya Yo Ko telah mempergunakan ilmu simpanannya yang paling hebat, yaitu ilmu gabungan antara It-yang-cie dengan ilmu pukulan telapak tangan tunggal. Yo Ko juga menyerang dengan mengerahkan sembilan bagian tenaga lweekangnya.

Tidak ampun lagi tubuh Ciu Tie Tam-tai yang terkena gempuran itu melayang ke tengah udara seperti layang-layang yang putus talinya dan kemudian tubuhnya telah ambruk terbanting di atas tanah. Walaupun tidak sampai pingsan, tetapi Ciu Tie Tam-tai juga tidak bisa segera bangkit dari rebahnya, ia pun mengerang-erang, karena ada tiga tulang rusuk yang telah patah akibat gempuran Yo Ko .

Ciu Pek Thong bersorak dengan suara yang nyaring: „Bagus! Bagus!” dan ia melompat mendekati Ciu Tie Tam-tai, segera ia menggerakkan kaki kanannya untuk menendang.

Tubuh Ciu Tie Tam-tai telah berhasil ditendangnya melambung ke tengah udara, sehingga tubuh Ciu Tie Tam-tai kembali meluncur terbanting di atas tanah dengan keras.

Dengan mengeluarkan suara jeritan kesakitan tubuh Ciu Tie Tam-tai jadi meringkuk di atas tanah, ia tidak bisa untuk bangkit berdiri, bergerak saja sulit. Ciu Pek Thong telah melangkah mendekati dan ia menggerakkan kakinya pula, cepat bukan main, kakinya menendang lagi. Seketika, tubuh Ciu Tie Tam-tai tertendang pula, dan ketika terbanting di atas tanah, seketika ia menjadi pingsan tidak sadarkan diri.

Yo Ko melompat ke dekat tubuh Ciu Tie Tam-tai, dan ia berjongkok merogoh saku orang untuk mencari obat penawar racun. Dari dalam saku Ciu Tie Tam-tai dijumpainya beberapa macam barang dan juga uang yang tidak begitu banyak, dan diwaktu itu, ia juga melihat tiga macam botol yang berukuran kecil, terbuat dari beling berwarna hijau.

Segera Yo Ko membuka tutup botol yang satunya mendekati mulut botol kehidungnya dan menciumnya. Setelah menciumi ketiga botol tersebut bergantian, akhirnya Yo Ko memilih botol yang satunya, yang dibawa ke dekat Siauw Liong Lie, ia menuang isi botol tersebut, yang merupakan bubuk halus, kemudian memasukan ke dalam mulut Siauw Liong Lie. Dengan bantuan air ludah, akhirnya obat bubuk tersebut tertelan.

Tetapi bola mata Siauw Liong Lie masih terbalik dan napasnya juga menyesak, namun wajahnya tidak sepucat tadi. Dengan penuh kekuatiran Yo Ko dan Ciu Pek Thong juga Yo Him telah mengawasi Siauw Liong Lie, dan berangsur-angsur muka Siauw Liong Lie merah kembali, dan juga bola matanya telah putih seperti biasa.

Setelah napas Siauw Liong Lie tidak tersendat sendat lagi, ia bangun untuk duduk, dengan dibantu oleh Yo Ko.

„Mana..... mana manusia jahat itu?” tanya Siauw Liong Lie begitu ia membuka suara, „Aku..... aku telah dicelakainya dengan semacam racun jahat olehnya!”

Yo Ko menoleh, ia melihat Ciu Tie Tam-tai menggeletak di tanah masih pingsan tidak sadarkan diri. Tetapi diwaktu itu Yo Ko, dan juga kemudian Ciu Pek Thong serta Yo Him, jadi mengeluarkan seruan tertahan, karena Tiat To Hoat-ong dan Turkichi, telah tidak berada di tempat tersebut.

„Mereka telah melarikan diri di saat kita tidak memperhatikan!” kata Ciu Pek Thong mendongkol.

Yo Ko menghela napas. „Biarlah nanti juga kita akan bertemu lagi dengan mereka!” katanya.

Setelah Siauw Liong Lie bisa berdiri, waktu itu Yo Ko telah menghampiri Ciu Tie Tam-tai. Ia telah menotok beberapa jalan darah dari Ciu Tie Tam-tai, dan kemudian menendang jalan darah Ma-liong-hiat yang terletak di dekat punggung, seketika Ciu Tie Tam-tai tersadar dari pingsannya. Namun ia hanya bisa membuka matanya, tanpa bisa menggerakkan tubuhnya, dari mulutnya terdengar suara rintihan yang perlahan sekali. Beberapa kali Ciu Tie Tam-tai menggerakkan kaki dan tangannya, namun selalu gagal.

Waktu itu Yo Ko telah berkata dengan suara yang dingin: „Engkau harus bicara yang sebenarnya dan menjawab pertanyaan-pertanyaanku dengan jujur. Sekali saja engkau berdusta, hemm, hemm, aku tidak akan memberi ampun lagi ke padamu!”

Mata Ciu Tie Tam-tai telah memandang Yo Ko dengan sinar yang tajam, kemudian dengan suara seperti mengerang, ia berkata perlahan: „Apa yang hendak kau tanyakan?”

„Berapa jauh tentara Mongolia telah menyelusup masuk ke daratan Tiong-goan?” tanya Yo Ko kemudian sambil mengawasi tajam pada Ciu Tie Tam-tai.

Cm Tie Tamtai tidak segera menjawab, dia berdiam diri sesaat lamanya.

„Katakan yang sebenarnya..... berapa kekuatan tentara Mongolia yang akan menyerbu ke daratan Tiong-goan, dan berapa banyak jago yang dikerahkan. Dan juga ceritakan kepadaku, sudah berapa jauh tentara Mongolia merencanakan penyerbuannya ke kota Siang-yang!”

Ciu Tie Tam-tai menghela napas, Ia telah terjatuh di tangan musuhnya, dan juga dalam keadaan tertotok, sehingga ia tidak berdaya apa-apa maka setelah berdiam lagi beberapa lama, ia berkata dingin:

„Jika engkau hendak membinasakan aku, bunuhlah..... aku tidak akan bicara. Tetapi yang pasti, akan banyak sekali jago-jago Mongolia yang turun ke daratan Tiong-goan untuk melampiaskan sakit hatiku ini!”

Mendengar perkataan Ciu Tie Tam-tai, seketika Yo Ko tertawa dingin.

„Hemmm!” katanya dengan tawar. „Jika demikian aku terpaksa harus mengorek keterangan dari mulutmu dengan mempergunakan caraku.....!”

32.63. Masuk Wilayah Tentara Mongol

Waktu itu, Siauw Liong Lie dan Ciu Pek Thong telah melangkah kedekat Yo Ko. Siauw Liong Lie berkata perlahan, „Dia tentu mengetahui jelas tentang pasukan tentara Mongolia yang akan menyerbu masuk ke daratan Tiong-goan, jangan dibinasakan dulu, terlebih baik kita mengorek keterangannya dulu dari mulut dia!”

Dan setelah berkata begitu, Siauw Liong Lie berjongkok di dekat Ciu Tie Tam-tai.

„Apakah benar benar engkau tidak mau bicara secara baik baik?” tanya Siauw Liong Lie.

„Hemmm, engkau hendak membunuhku!” kata Ciu Tie Tam-tai dengan suara yang nyaring mengandung marah dan penasaran. „Tetapi jangan kalian harap bisa memperoleh suatu keterangan dari mulutku!”

Siauw Liong Lie mendengus, kemudian tertawa dingin, tangan kirinya segera bekerja menotok beberapa jalan darah di tubuh Ciu Tie Tam-tai.

Memang buru-buru Ciu Tie Tam-tai tidak merasakan apa-apa atas totokan tersebut, tetapi lewat sejenak lamanya, seketika tubuhnya terasa kejang-kejang dan juga di sekujur tubuhnya seperti juga dijalani oleh ribuan semut. Dan yang menyiksa lagi dirinya, ia merasakan pada siku dan sambungan tulang-tulangnya tetasa ngilu sekali, seperti juga ditusuk-tusuk oleh besi yang tajam, menimbulkan perasaan nyeri dan sakit bukan main. Setelah bertahan beberapa lamanya, akhirnya Ciu Tie Tam-tai telah mengerang dengan suara yang menyayatkan.

Siauw Liong Lie tertawa dingin, katanya, „Jika engkau tetap tidak mau bicara, aku akan menotok jalan darah Pai-cie-hiat mu. Aku mau lihat, apakah setelah itu engkau mau bicara yang benar atau tidak!”

Muka Ciu Tie Tam-tai ketika mendengar akan ditotok jalanan darah Pai-cie-hiatnya berobah jadi pucat pias, ia menggidik ngeri sebab ia mengetahui apa artinya jika saja jalan darah Pai-cie-hiat nya kena ditotok oleh Siauw Liong Lie.

Pai-cie-hiat merupakan jalan darah yang terletak antara persimpangan jalan darah Ku-lung-hiat dan jalan darah Tu-lie-hiat, kedua jalan darah yang terletak antara pinggang dan pinggul, jika saja jalan darah Pai-cie-hiat kena ditotok oleh lawan, niscaya korban totokan tersebut akan menderita kesakitan selama empatpuluh hari empatpuluh malam, dan tenaga dalamnya buyar kepandaian silatnya punah. Dengan demikian, seumur hidup dia akan menjadi bercacat. Maka hebat ancaman yang diberikan oleh Siauw Liong Lie, karena jika sampai jalan darah Pai-cie-hiat nya ditotok tidak ada ampunnya lagi ia akan menjadi manusia bercacat.

Sebagai seorang yang telah memiliki kepandaian tinggi, buat Ciu Tie Tam-tai kematian bukanlah merupakan hal yang perlu ditakuti. Tetapi justru yang membuat dia kuatir kalau kalau ia menjadi manusia yang lemah. Karena itu, takutnya jadi berkecamuk di dalam hatinya.

Melihat muka Ciu Tie Tam-tai berobah pucat pias seketika Siauw Liong Lie memperdengarkan suara tertawa dingin, katanya:

„Hemm engkau tentu tidak mau jika jalan darah Pai-cie-hiat di tubuhmu ditotok olehku, bukan?”

Akhirnya Ciu Tle Tamtai telah menghela napas dengan sikap berputus asa.

„Baiklah,” katanya kemudian. „Jika memang begitu, berarti aku sudah tidak bisa mengatakan apa-apa!”

„Ternyata engkau seorang yang bijaksana bisa melihat selatan,” kata Siauw Liong Lie girang. „Nah, sekarang katakanlah, rencana apa yang telah disusun oleh Khan-mu?”

„Hemm, untuk menceritakan semua itu sangat panjang dan tidak akan habis satu harian!” katanya Ciu Tie Tam-tai. „Tetapi sekarang yang penting, kalian harus membebaskan aku dari totokan kalian!”

„Hemm, tentu saja kami akan membebaskan setelah engkau menceritakan seluruh rencana yang disusun oleh Khan kalian!” menjawab Siauw Liong Lie sambil tertawa dingin.

„Tetapi bagaimana aku bisa menceritakan segalanya jika aku dalam keadaan tertotok seperti ini?” kata Ciu Tie Tam-tai gusar.

„Bukankah engkau bercerita dengan mulutmu?” tanya Siauw Liong Lie. „Dengan rebah disitu saja, tentu engkau bisa menceritakan segalanya!”

Habis daya Ciu Tie Tam-tai, akhirnya ia menceritakan juga rencana dari Kubilai Khan, dimana Khan nya tersebut akan menyerbu Siang-yang, untuk merebut daratan Tiong-goan. Begitu juga rahasia kekuatan dari angkatan perangnya Kubilai Khan telah diceritakannya dengan lengkap, berikut berapa banyak orang-orang gagah yang pandai ilmu silat bergabung di dalamnya.

Setelah mendengar selesai cerita Ciu Tie Tam-tai, Siauw Liong Lie membebaskan totokannya. Pada waktu itu Ciu Tie Tam-tai telah letih bukan main, tenaganya seperti telah habis, dan ia ngeloyor pergi meninggalkan tempat tersebut tanpa mengucapkan sepatah kata pun juga.

Sedangkan Yo Ko bersama Siauw Liong Lie, Yo Him dan Ciu Pek Thong kembali ke rumah penginapan, setelah beristirahat satu malaman, akhirnya mereka melanjutkan perjalanannya ke Siang-yang.

Y

Waktu mereka tiba di Siang-yang, ternyata kota tersebut, kota terdepan untuk pertahanan dari tentara Song menghadapi pasukan Mongolia yang akan menyerbu masuk ke daratan Tiong-goan, tampak kesibukan para laskar dan tentara Song yang tengah bersiap-siap mengadakan penjagaan. Begitu pula para penduduk Siang-yang yang telah ikut membantu para tentara kerajaan Song tersebut sibuk dengan berbagai pekerjaan mereka. Yang pria sibuk melatih mempergunakan tombak dan berbagai senjata tajam lainnya, sedangkan yang wanita sibuk untuk memasakkan para tentara kerajaan Song tersebut.

Di Siang-yang, akhirnya Yo Ko berkumpul dengan It-teng Taysu, dan para orang-orang gagah lainnya, termasuk Phang Kui In.

Sebagai seorang tokoh sakti yang memiliki nama sangat terkenal dan dihormati, Yo Ko telah diangkat untuk memimpin mereka dalam hal menyusun kekuatan, membantu pihak tentara kerajaan Song menghadapi ancaman serangan tentara Mongolia.

Yo Ko juga tidak menolak jabatan yang diberikan kepadanya.

Karena ancaman serangan tentara Mongolia yang akan menyerbu ke daratan Tiong-goan tampaknya tidak akan lama lagi, maka Yo Ko dan orang-orang gagah lainnya telah berusaha untuk menghimpun kekuatan guna kelak dipergunakan membantu para tentara kerajaan Song menghadapi pasukan kerajaan Mongolia.

Kwee Ceng dan Oey Yong juga telah datang ke Siang-yang. Dan mereka saat itu telah berusia lanjut, tetapi semangat dan kegagahan mereka masih menyala-nyala.

Enambelas tahun yang telah lalu Kwee Ceng lah yang memimpin para orang-orang gagah bantu mempertahankam Siang-yang dari serangan orang-orang Mongolia, maka kini iapun banyak membantu memberikan petunjuknya.

Sesungguhnya telah beberapa kali Yo Ko meminta pada Kwee Ceng agar mau menjabat kedudukan sebagai pemimpin para orang gagah di Siang-yang untuk menghimpm kekuatan, sebab menurut Yo Ko, Kwee Ceng tentunya lebih berpengalaman dari dia.

Tetapi Kwee Ceng telah menolaknya. Dan dengan demikian Yo Ko yang tetap menjadi pemimpin dari para orang-orang gagah tersebut.

Sedangkan Phang Kui In dan orang-orang gagah yang bekerja keras siang dan malam untuk melatih para penduduk pria kota Siang-yang, agar mereka bisa mengerti ilmu perang ataupun ilmu mempergunakan senjata tajam, telah berhasil menghimpun cukup banyak laskar rakyat tersebut. Hampir tigaribu orang pria dari penduduk kota Siang-yang tersebut yang telah berhasil dilatih mereka, sehingga memiliki kepandaian mempergunakan senjata tajam yang mengagumkan.

Yo Ko selama itu telah menyebar beberapa orang-orang pandai untuk menyelidiki keadaan di perbatasan, untuk mencari tahu sampai berapa jauh gerakan yang telah dilakukan oleh tentara Mongolia.

Dalam keadaan seperti itu, dimana negara tengah terancam bahaya perang, maka seluruh penduduk Siang-yang siang dan malam telah mempersiapkan diri untuk dapat berbuat sekuat dan semampu mereka membantu para tentara kerajaan Song.

Rupanya pihak Mongolia juga telah menyebar orang-orangnya yang memiliki kepandaian silat yang lumayan tingginya, untuk menyelusup ke dalam Siang-yang, guna melakukan penyelidikan. Tetapi karena ketatnya Yo Ko dan kawan-kawannya melakukan penjagaan, dengan demikian akhirnya mereka berhasil menangkap empat orang Mongolia yang telah menyelusup ke dalam kota Siang-yang, memata-matai mereka. Dari mulut para mata-mata Mongolia tersebut Yo Ko berhasil mengorek keterangan yang mereka perlukan. Dengan demikian bertambah banyak pula keterangan-keterarangan yang bisa dikumpulkan oleh pihak tentara Song.

Kwee Ceng pernah suatu kali menganjurkan Yo Ko agar mengirim beberapa orang sahabat mereka pergi melakukan penyelidikan di garis depan, guna mengawasi gerak-gerik tentara musuh. Maka Yo Ko telah mengutus Yo Him dan Phang Kui In untuk menyelidiki keadaan di garis depan.

Yo Him yang menerima perintah tersebut dari ayahnya, jadi girang bukan main. Begitu pula Phang Kui In, ia jadi begitu semangat. Pada malam harinya, keduanya telah meninggalkan Siang-yang.

Untuk mencapai perbatasan, mereka memerlukan waktu dua hari perjalanan. Dan mereka tiba di garis depan waktu hari menjelang magrib. Di waktu itulah, Yo Him dan Phang Kui In telah mencari rumah penduduk, untuk menginap.

Setelah beristirahat satu harian, mereka telah menyelidiki, keadaan garis depan tersebut. Pekerjaan menyelidiki, yang mereka lakukan tersebut tidak begitu sulit, karena memang mereka memiliki kepandaian yang cukup tinggi. Dan juga tentara Mongolia yang bertemu dengan kedua orang ini hanya menduga bahwa mereka adalah rakyat jelata bangsa Han yang bertempat tinggal di sekitar tempat tersebut.

Yo Him dan Phang Kui In memang berpakaian sederhana dan sengaja mengotori muka mereka dengan debu. Disamping itu mereka pun membawa masing-masing sebatang kampak. Sepintas lalu, mereka memang merupakan penduduk perbatasan tersebut, yang kebanyakan menuntut penghidupan sebagai penebang pohon.

Tetapi waktu malam telah menyelimuti daerah perbatasan tersebut, Yo Him dan Phang Kui telah menyelusup ke daerah yang dikuasai oleh tentara Mongolia. Mereka memiliki ginkang yaag tinggi, dengan mudah mereka berhasil melewatkan penjagaan dari tentara Mongolia tersebut. Dengan demikian mereka bisa melaksanakan tugas mereka dengan baik. Dan juga Yo Him bersama Phang Kui In telah menyelidiki berapa kekuatan pasukan kuda dari tentara Mongolia tersebut, disamping kekuatan dari pasukan panah musuh.

Seperti diketahui bahwa tentara Mongolia ahli sekali dalam hal menunggang kuda, dan juga mereka terkenal akan keampuhan dan ketangguhan pasukan panahnya. Dengan demikian, kedua macam pasukan tersebut yang paling diandalkan sekali oleh Khan Mongolia. Terlebih lagi sekarang Kubilai Khan telah melihat kegagalan, yang diderita oleh kakaknya, yaitu Mangu (Hiang Cong), dengan sendirinya pelajaran pahit itu Kubilai Khan bertindak lebih hati-hati.

Selama enambelas tahun lamanya, ia telah melatih tentaranya sebaik mungkin, di mana ia meningkatkan keterampilan dari pasukan perangnya. Memang Kubilai Khan berhasil dengan baik, dimana angkatan perang Mongolia waktu itu telah bertambah besar dan kuat. Dan selama enambelas tahun ini, Kubilai Khan telah mengumpulkan banyak sedikit data data mengenai kelemahan pihak kerajaan Song. Dan setelah ia merasa tiba di waktunya, kini ia mulai menyerbu kembali ke daratan Tiong-goan, guna menaklukkan kerajaan tersebut, meraih daratan Tiong-goan yang ingin dikuasai.

Yo Him dan Phang Kui In yang tiba di tangsi terdepan dari pasukan muka Kubilai Khan tersebut, melihat bahwa pasukan tentara Mongolia yang diam digaris depan tersebut berjumlah lebih dari tujuhribu orang.

Penjagaan di garis tangsi depan tersebut kuat sekali, dan juga diantara tangsi yang memenuhi tempat tersebut, terdapat sebuah tenda yang indah menarik, berukiran besar sekali. Dibangun dengan tiang-tiang kayu dan balok yang berukuran-besar, mirip dengan sebuah bangunan gedung yang besar.

Hawa udara pada waktu itu panas sekali, Yo Him dan Phang Kui In telah bersembunyi di sebelah kanan dari tenda besar tersebut. Mereka menduga, tentunya tenda tersebut merupakan tenda dari komandan pasukan tentara Mongolia yang berada di garis depan tersebut.

Tetapi waktu Yo Him dan Phang Kui In tengah berjongkok di tempat itu, tiba-tiba ada yang membentak: „Siapa disitu?” suaranya kasar dan keras.

Yo Him dan Phang Kui In terkejut, tetapi cepat sekali mereka bisa menguasai diri, waktu mereka melirik dilihatnya dua orang berpakaian sebagai tentara Mongolia tengah mendatangi ke arah mereka.

Yo Him mengedipkan matanya kepada Phang Kui In lalu tanpa mengucapkan sepatah perkataan juga tubuhnya telah melompat cepat sekali. Gerakan tubuhnya begitu ringan, melayang menyambar salah seorang dari kedua tentara Mongolia tersebut. Gerakan yang dilakukan Yo Him sesungguhnya sangat cepat ia yakin akan berhasil mencekal lengan tentara Mongolia yang seorang itu, yang akan dibantingnya.

Tetapi kesudahannya justru lain sama sekali karena diwaktu orang Mongolia tersebut dengan mudah dapat mengelakkan diri.

Melihat ini Yo Him jadi mengeluarkan seruan heran, namun ia tidak menarik pulang tangannya, melainkan terus juga ia melanjutkan cengkeramnya itu ke arah dada lawan, yang waktu itu telah melompat ke samping kanan.

Tetapi sekali lagi orang Mongolia tersebut berhasil mengelakkan diri.

Phang Kui In yang melihat dua kali Yo Him tidak berhasil mencekal badannya, segera menjejakkan kakinya, tubuhnya seperti seekor burung rajawali menyambar kelinci telah melayang dengan gesit sekali, menghantami ke arah kepala dari tentara Mongolia yang seorang lagi .

Phang Kui In juga tidak berlaku segan-segan untuk menurunkan tangan keras, dimana pada telapak tangannya itu telah dikerahkan tenaga lweekangnya, sehingga jika ia berhasil memukul tentara Mongolia yang seorang itu, tentu orang tersebut akan terbinasa.

Hal ini dilakukan oleh Phang Kui In karena ia kuatir jika mereka berlaku lamban tentu kedua orang tersebut akan menimbulkan suara berisik dan kelak akan menyebabkan tentara Mongolia yang lainnya berdatangan.

Tetapi Phang Kui In memukul angin, karena tentara Mongolia yang seorang itupun telah berhasil mengelakkan diri dari pukulan orang she Phang tersebut. Maka tentara Mongolia yang seorang ini telah mengulurkan tangannya dengan cepat sekali, ia telah mencengkeram ke arah dada Phang Kui In, dan ia juga telah menarik dengan kuat sekali, maksudnya hendak membanting Phang Kui In. Dan itulah cara gulat yang memang dimiliki mahir sekali oleh tentra Mongolia tersebut.

Seperti diketahui bahwa rakyat Mongolia gemar sekali melatih ilmu gulat, dan hampir setiap pria Mongolia juga menguasai ilmu gulat tersebut.

Phang Kui In yang merasakan baju di bagian dadanya telah dicekal oleh tangan lawannya, terkejut dan mengeluarkan suara seruan keras, dan waktu tubuhnya akan ditarik dan dibanting cepat bukan main, nampak Phang Kui In menggerakkan kaki kanannya menendang, maka cepat sekali mengenai pundak dari lawannya.

Seketika tentara Mongolia yang seorang tersebut mengeluarkan suara keluhan yang perlahan, tubuhnya telah terhuyung dan tangannya terasa semper tidak bertenaga lagi, sehingga cekalannya pada pakaian Phang Kui In jadi terlepas.

Yo Him sendiri yang melihat dua kali ia menyerang, dua kali ia menemui kegagalan, dengan demikian membuat ia penasaran. Ia mengetahui bahwa tentara Mongolia yang diserangnya itu memang memiliki ilmu dan kepandaian gulat yang cukup tinggi, disamping itu juga tentara Mongolia tersebut memiliki ginkang atau ilmu meringankan tubuh yang cukup gesit, sehingga dua kali ia melancarkan pukulan dan cengkeraman, tentara Mongolia tersebut bisa mengelakkan diri. Maka serangan, tidak berlaku lambat lagi, cepat luar biasa, tangan kirinya digerakan akan menghantam muka orang, sedangkan tangan kanannya meluncur akan menotok.

Tentara Mongolia, tersebut melihat betapa tangan kiri Yo Him menyambar ke arah mukanya, maka ia telah mengeluarkan suara seruan kaget dan melompat mundur.

Tetapi begitu dia bergerak, segera jari tangan kanan dari Yo Him telah singgah di jalan darah Lung-cie-hiat nya, maka tidak ampun lagi tubuhnya telah terjungkal rubuh, karena diwaktu itu ia merasakan betapa seluruh tenaganya telah lenyap.

Yo Him setelah membereskan lawannya yang seorang ini. segera melompat lagi kepada tentara Mongolia yang seorang itu, yang tangannya telah semper akibat tendangan kaki Phang Kui In.

Tanpa mengucapkan sepatah perkataan, tampak tangan kanan Yo Him telah bergerak, dan ia menotok jalan darah Ciang-kie-hiat dari tentara Mongolia yang seorang itu tampa ampun lagi tubuh tentara Mongolia yang seorang itupun terjungkal rubuh, dan tidak bisa berkutik kembali.

Phang Kui In dan Yo Him cepat menyelinap ke bagian lain dari tenda tersebut. Dan mereka telah menyelinap masuk ke bagian dalamnya.

Ternyata di dalam tenda tersebut, yang terbagi dalam tiga ruangan, terjaga kuat sekali. Di dalam tenda itu tampak belasan tentara Mongolia yang melakukan penjagaan, tetapi sebagian dari mereka telah ada yang meringkuk di atas tanah beralaskan kulit kerbau, tengah tertidur nyenyak. Yang tertinggal yang masih melakukan penjagaan hanya lima orang penjaga belaka.

Yo Him dan Phang Kui In saling pandang sejenak, lalu keduanya telah mengangguk. Kemudian dengan serentak, keduanya telah melompat kepada kelima penjaga tersebut. Dengan gesit mereka telah mengerakkan tangan dan kaki mereka dengan begitu tidak bersuara lagi, kelima penjaga yang tengah lengah dan terkantuk-kantuk tersebut, telah rubuh terguling, rebah tidak bisa berkutik lagi karena mereka telah tertotok.

Phang Kui In dan Yo Him telah melompat memasuki ruangan yang lainnya, yang terhalang oleh selapis kulit yang lebar. Disitu mereka melihat empat orang Mongolia yang bertubuh tinggi besar, dan berpakaian lain dengan para penjaga tadi, mungkin para perwira Mongolia, tengah tertidur nyenyak.

Dengan perlahan dan langkah kaki yang tidak menimbulkan suara, Yo Him telah menghampiri keempat perwira Mongolia tersebut, kemudian menotoki mereka, sehingga waktu keempat orang itu terbangun, mereka tidak bisa bergerak lagi. Karena jalan darah mereka telah tertotok.

Yo Him bekerja cepat, bersama Phang Kui ln dia menggeledah tubuh keempat perwira Mongolia tersebut. Yo Him dan Phang Kui In berhasil memperoleh beberapa gulung surat, yang tanpa dilihat lagi telah mereka masukkan ke dalam saku masing-masing. Mereka yakin, tentunya gulungan surat tersebut merupakan rencana yang tertulis dan tersusun buat para perwira tersebut melakukan penyerbuannya ke Siang-yang.

Kemudian Yo Him dan Phang Kui In melakukan penyelidikan di beberapa tempat lainnya. Tetapi waktu mereka hendak berlalu dari tempat itu, tiba-tiba berkelebat sesosok tubuh, yang gerakannya begitu ringan dan juga membentak dengan suara yang dalam:

„Tahan.....!”

Yo Him dan Phang Kui In menghentikan langkah kaki mereka, dan telah melompat mundur dua langkah waktu orang tersebut telah berada di dekat mereka, terlalu dekat sekali, hanya terpisah sejengkal tangan saja. Hal itu disebabkan wajah orang tersebut sangat aneh, yaitu wajahnya mirip dengan seekor lutung, dan tubuhnya kurus kering agak membungkuk. Cara berpakaiannya sebagai perwira Mongolia.

„Kalian berdua rupanya mata-mata dari kerajaan Song!” kata orang tersebut dengan suara yang bengis, „Hemmm, di tempat ini ada aku Molinggo jangan harap engkau seenaknya keluar masuk di tempat kami! Untuk masuk ke dalam memang mudah, tetapi untuk berlalu, hemm, hemm, jangan harap engkau bisa angkat kaki dari tempat ini.....!” dan membarengi dengan perkataannya itu, orang bertubuh kurus bungkuk dan bermuka seperti lutung itu telah mengebutkan tangan kanannya, yang kurus dan jari tangannya lancip-lancip. Tetapi angin yang meluncur keluar dari tangan kurus itu bukan main hebatnya, menderu-deru keras sekali.

Yo Him dan Phang Kui In waktu itu telah menduga bahwa orang tersebut tentu memiliki kepandaian yang tinggi, karena tubuhnya tadi telah bergerak begitu ringan sekali, dan waktu kedua kakinya menginjak tanah, tidak menimbulkan suara, hal itu membuktikan bahwa ginkang orang itu memang tinggi. Tetapi belum lagi mereka tahu apa-apa dan waktu mereka melihat tangan Molinggo telah digerakkan akan mengebut ke arah mereka, angin dari telapak tangan Molinggo telah mendesir kuat sekali, menghantam mereka dengan dahsyat.

Yo Him dan Phang Kui In mengeluarkan suara tertawa dingin, tahu-tahu tubuh mereka telah bergerak cepat sekali, untuk menerjang ke arah Molinggo. Dengan demikian, Molinggo telah diserang berbareng oleh Yo Him dan Phang Kui In.

Yo Him telah melancarkan totokan-totokan dengan mempergunakan ilmu totokan It-yang-cie, yang pernah diperolehnya dari It-teng Taysu.

Diserang dengan ilmu menotok It-yang-cie tersebut, telah membuat Molinggo jadi kelabakan, karena ilmu totokan jari tunggal tersebut, merupakan ilmu yang benar-benar ampuh. Walaupun hanya menyerang dan menotok dengan mempergunakan jari telunjuk saja, namun dari jari telunjuk itu justru telah mengeluarkan kekuatan tenaga sinkang yang sangat dahsyat dan bisa menghancurkan batu maupun besi, terlebih lagi tubuh manusia. Selain akan tertotok, juga akan membuat bagian anggota tubuh yang tertotok akan menjadi hancur karenanya. Dengan demikian, Molinggo, yang rupanya memiliki pengalaman sangat luas, telah bisa melihat bahwa It-yang-cie bukanlah ilmu yang sembarangan.

Phang Kui In juga telah melancarkan pukulan yang bertubi-tubi dan gencar sekali, setiap serangannya selalu membawa angin pukulan yang benar-benar sangat kuat. Dengan demikian, telah membuat Molinggo dikurung dari dua jurusan, oleh Yo Him dan Phang Kui In.

Tetapi Molinggo sama sekali tidak merasa jeri, karena ia memang memiliki kepandaian yang tinggi. Karena itu, beberapa kali ia telah berusaha untuk mengelakkan serangan-serangan yang dilancarkan Yo Him dan Phang Ku In, membarengi dengan mana iapun balas menyerang dengan ilmu gulatnya yang dia latih cukup mahir.

Yo Him dan Phang Kui In walaupun masing-masing mempergunakan kepandaiannya yang hebat, namun mereka tidak berani sembarangan terlalu mendesak lawannya, karena mereka melihat, sekali saja mereka melakukan serangan yang gagal, niscaya diri mereka sendiri yang akan menjadi korban dari ahli gulat tersebut. Dengan demikian, telah membuat mereka jadi bersiap sedia dari setiap uluran tangan dan cengkeraman tangan Molinggo.

Maka dari itu, walaupun dikurung oleh Yo Him dan Phang Kui In berdua, tokh kenyataannya Molinggo masih dapat melayaninya dengan baik. Dan setiap serangan ilmu gulatnya itu, memiliki keampuhan yang tidak bisa dibuat main-main. Beberapa kali tangan Yo Him maupun Phang Kui In hampir kena dicekalnya, namun disebabkan Yo Him dan Phang Kui In bergerak sangat gesit mereka selalu bisa meloloskan diri.

Semakin lama Molinggo rupanya semakin gusar, dia juga penasaran sekali. Beberapa kali ia memperhebat cengkeraman tangannya. Dan begitu juga, kedua kakinya telah bermain ikut menendang, menggaet, mengangkat dan juga berbagai tipu gulat lainnya.

Diwaktu ketiga orang ini terlibat dalam pertempuran yang cukup panjang, tiba-tiba tampak dari arah kegelapan di sebelah kanan, berkelebat sesosok tubuh yang tinggi besar, diiringi oleh suara bentakan mengguntur:

„Siapa yang membuat kegaduhan di malam buta rata ini!?”

Yo Him dan Phang Kui In jadi tercekat hati mereka, karena di saat itu justeru Phang Kui In dan Yo Him telah mengenalinya bahwa orang yang baru datang itu tidak lain dari Tiat To Hoat-ong.

Tiat To Hoat-ong sendiri, begitu tiba di tempat tersebut, telah melibat Yo Him dan Phang Kui In, maka segera ia tertawa bergelak-gelak.

„Oho, rupanya kalian.....!” katanya dengan suara yang keras parau. „Bagus, bagus…..!” Dan belum lagi suaranya itu habis, tubuhnya yang tinggi besar itu telah melompat menerjang ke arah Yo Him dan Phang Kui In. Gerakan Tiat To Hoat-ong sangat cepat sekali, ia telah mengibaskan tangannya dua kali, dari telapak tangannya menderu angin lweekang yang sangat kuat sekali, tubuh Yo Him dan juga Phang Kui In seperti diterjang angin topan yang sedang mengamuk.

Diwaktu itulah tubuh kedua orang tersebut telah terlempar ke tengah udara. Dengan mengeluarkan suara tertahan, Yo Him dan Phang Kui In terbanting di atas tanah, keras sekali. Hebat cara menyerang Tiat To Hoat-ong, karena sekali saja ia menggerakkan tangannya, ia telah berhasil membuat Yo Him dan Phang Kui In terpental.

Sedangkan Molinggo ketika mengetahui siapa yang datang, cepat-cepat memberi hormat, sambil katanya melapor, „Hoat-ong, kedua orang ini menyerbu ke daerah kita….. mereka harus ditangkap!”

Tiat To Hoat-ong menganggukkan kepalanya, malah sahutnya: „Ya aku kenal mereka, yang seorang puteranya Sin-tiauw Tayhiap Yo Ko, itu si buntung tengik yang terlalu bertingkah dan yang seorang ini lagi adalah kawannya…..!” Dan tanpa menantikan selesai perkataannya itu, segera Tiat To Hoat-ong menjejakan kakinya tubuhnya telah meloncat dengan gerakan yang sangat ringan sekali, dimana ia telah menjulurkan kedua tangannya bermaksud menekuk Yo Him dan Phang Kui In.

Waktu itu sesungguhnya mata dari Yo Him dan Phang Kui In masih berkunang-kunang maka ketika mereka hendak berdiri dan melihat datangnya serangan Tiat To Hoat-ong mereka cepat-cepat mengelakkan diri namun gerakan mereka tidak secepat gerakan Tiat To Hoat-ong, tidak ampun lagi tubuh mereka kena dicekuk.

Begitu pundak mereka masing-masing kena dicengkeram Tiat To Hoat-ong, mereka seperti mati kutu, dan tidak bisa bergerak lagi.

Tiat To Hoat-ong telah mengeluarkan suara tertawa yang sangat keras sekali. Dan ia telah mengangkat tubuh Yo Him dan Phang Kui In dengan gerakan yang kuat sekali, kemudian membantingnya di atas tanah, lalu kaki kanannya dipergunakan menendang jalan darah Lung-cie-hiat di tubuh Yo Him, dan juga jalan darah Liang-siang-hiat pada tubuh Phang Kui In.

Seketika tubuh Phang Kui In dan Yo Him jadi kaku dan tidak bisa bergerak, malah mereka menderita kesakitan yang cukup hebat.

Tetapi baik Yo Him maupun Phang Kui In sama sekali tidak merintih, mereka berdiam diri menahan sakit dan butir-butir keringat saja yang mengucur keluar dari sekujur tubuh mereka.

Tiat To Hoat-ong telah mementang matanya lebar-lebar dan mengawasinya dengan pandangan mata yang tajam sekali. Kemudian pendeta Mongolia tersebut telah membentak:

„Kalian rupanya tengah memata-matai kami, bukan? Hemmm, hemmm, baiklah, sekarang aku akan meninggalkan tanda mata pada tubuh kalian!”

Sehabis berkata begitu, Tiat To Hoat-ong melirik kepada Monlinggo. ia telah berkata perlahan:

„Buka pakaian mereka!”

Molinggo menurut dengan segera, dan ia telah membuka pakaian Yo Him dan Phang Kui In.

Diwaktu itulah, Tiat To Hoat-ong telah mengeluarkan golok hitamnya.

„Hemmmm, nanti setelah aku beri tanda mata pada tubuh kalian, barulah waktu itu kalian akan membebaskan untuk kembali ke tempat kalian. Bersiap-siaplah!” dan sehabis berkata, begitu ia telah menggerakkan goloknya, akan menggores perut Phang Kui In, dimana mata golok tersebut telah digerakkan berulang kali, menggurat beberapa huruf.

Phang Kui In merasakan perutnya sangat pedih, tetapi ia tidak merintih. Namun belum lagi Tiat To Hoat-ong menyelesaikan tulisannya tersebut, dimana dia mempergunakan goloknya menulis kata-kata menantang di tubuh Phang Kui In dan darah juga telah bercucuran dari tubuh yang tergores golok hitam tersebut, mendadak sekali terdengar suara seseorang yang tertawa jenaka.

„Heh, heh, heh,” kata sosok tubuh yang baru datang itu. „Sungguh permainan yang tidak sedap dilihat!”

Tiat To Hoat-ong segera menoleh, dan dia melihatnya bahwa orang tersebut tidak lain dari Ciu Pek Thong. Muka Tiat To Hoat-ong jadi berobah merah padam, karena segera dia teringat betapa beberapa saat yang lalu Ciu Pek Thong telah mencabuti kumis dan jenggotnya, yang kini tumbuh tidak rata.

„Kau......?” bentak Tiat To Hoat-ong dengan murka. Dan tanpa mengeluarkan sepatah perkataan lagi, tahu-tahu tubuhnya telah melompat ke tengah udara, golok hitamnya tersebut telah berkelebat menyambar ke arah Ciu Pek Thong. Rupanya Tiat To Hoat-ong karena terlalu murka telah menerjang dan sekalian melancarkan bacokan yang begitu cepat kepada Ciu Pek Thong. Sakit hatinya teringat betapa kumis dan jenggotnya telah dipereteli oleh si tua berandalan ini.

Tetapi Ciu Pek Thong memiliki ginkang yang tinggi luar biasa, si tua berandalan tersebut telah mengeluarkan suara ha, ha, he, he, yang tidak hentinya, beruntun telah mengelakkan diri dari empat bacokan golok Tiat To Hoat-ong, sambil berkelit dia juga menggerakkan tangan kanannya.

„Wuttt.....!” telapak tangan kanannya itu telah melayang akan menampar.

Tiat To Hoat-ong yang bermaksud mengelakkan tamparan itu jadi terkejut, karena di saat itulah Ciu Pek Thong membatalkan tamparan tangan kanannya, yang rupanya hanya merupakan serangan ancamannya, tahu-tahu tangan kirinya telah bergerak cepat sekali menghantam ke arah pundak Tiat To Hoat-ong.

Pendeta Mongolia tersebut, yang kaget bukan main, cepat-cepat menghindar lagi. Namun terlambat. Keras sekali, pundaknya telah kena di hantam oleh Ciu Pek Thong. Tubuh Tiat To Hoat-ong jadi terhuyung-huyung dan akan rubuh.

Tiat To Hoat-ong gusar dan penasaran bukan main, untuk membela diri dan melindungi tubuhnya dari serangan Ciu Pek Thong berikutnya, ia telah memutar golok hitamnya dengan cepat, sehingga tubuhnya terbungkus oleh gulungan cahaya hitam golok pusakanya yang melindungi dirinya dari serangan-serangan Ciu Pek Thong.

Tetapi Ciu Pek Thong memang memiliki kepandaian yang telah mencapai puncak kesempurnaan, dimana selama tahun-tahun belakangan ini si tua berandalan tidak pernah jemu melatih diri terus menerus. Selain ginkangnya yang telah sempurna sehingga ia bisa bergerak ringan seperti terbang, juga sinkangnya telah mencapai kesempurnaan yang menakjubkan sekali.

Melihat Tiat To Hoat-ong memutar golok hitamnya tersebut seperti itu, maka tampak Ciu Pek Thong sambil tertawa keras telah memutar kedua tangannya, dimana kedua tangannya itu seperti juga mengiringi berputarnya golok hitam tersebut. Dengan demikian, segera juga terlihat betapa golok hitam Tiat To Hoat-ong seperti diikat terus oleh kedua tangan Ciu Pek Thong. Malah beberapa saat kemudian, Ciu Pek Thong berkata:

„Lepas!” jari telunjuknya telah menyentil dengan kuat sekali.

Dan seketika itu juga golok hitam di tangan Tiat To Hoat-ong telah terlepas dari cekalannya. Luar biasa kuatnya tenaga sentilan jari telunjuk Ciu Pek Thong, sehingga begitu dia menyentil, segera golok tersebut terpental dan telapak tangan Tiat To Hoat-ong terasa pedih sekali.

Tiat To Hoat-ong kaget bukan main, dia masih sempat melirik betapa golok hitamnya itu telah menancap di atas tanah.

Ciu Pek Thong tidak berdiam sampai disitu saja, karena Molinggo sambil mengeluarkan bentakan bengis telah menerjang maju! Manusia yang mukanya seperti lutung tersebut telah melancarkan cengkeraman dengan ilmu gulatnya. Hampir saja Ciu Pek Thong kena dicengkeram pada bagian punggungnya.

Ciu Pek Thong telah memiringkan pundaknya, dan tanpa menoleh ia mengibaskan tangannya ke belakang. Tangannya saling bentur dengan tangan Molinggo yang kurus kering itu dan berjari lancip-lancip.

Tidak ampun lagi, segera tubuh Molinggo terlempar keras dan melayang di tengah udara. Tetapi sebagai seorang ahli gulat yang memang benar-benar mahir, dengan sendirinya waktu tubuhnya terbanting, Molinggo dengan cepat sekali telah menggelinding dengan cara gulatnya. Dengan begitu, ia tidak perlu sampai patah tulang pada anggota tubuhnya.

Ciu Pek Thong tertawa keras sekali, tubuhnya melayang kedekat Tiat To Hoat-ong.

Tiat To Hoat-ong melihat Ciu Pek Thong mendatangi, tanpa membuang waktu lagi, ia telah melompat untuk menerjang ke arah lawannya tersebut.

Ciu Pek Thong tertawa mengejek dan kemudian menggerakkan tangan kanannya menghantam lagi kepada Tiat To Hoat-ong.

Waktu itu Tiat To Hoat-ong telah mengerahkan sebagian besar dari kekuatan tenaga dalamnya, maka waktu tangan mereka saling bentur, seketika itu juga tubuh Hiat To Hoat-ong tergoncang terhuyung, beberapa langkah ke belakang. Sedangkan Ciu Pek Thong merasakan tubuhnya seperti diterjang oleh sesuatu kekuatan yang dahsyat, namun ia tidak sampai terhuyung, hanya tubuhnya tergoyang-goyang saja.

Kembali Ciu Pek Thong telah menyerang pula dengan telapak tangannya. „Plakkk, plakkk!” dua kali Ciu Pek Thong berhasil menempiling muka Tiat To Hoat-ong.

Rupanya, Tiat To Hoat-ong yang belum bisa menguasai kuda-kuda kedua kakinya, ketika menerima tamparan tangan Ciu Pek Thong, berusaha untuk mengelakkan diri, namun kenyataannya dia terlambat, sehingga wajahnya itu menjadi sasaran dari tempilingan Tiat To Hoat-ong.

Dengan meraung mengeluarkan suara seruan yang mengandung kemarahan, tampak Tiat To Hoat-ong dengan kalap telah melompat melancarkan tubrukan untuk merangsek Ciu Pek Thong.

Tetapi Ciu Pek Thong dapat menghindar dengan mudah tubrukan dari Tiat To Hoat-ong, dan sambil menghindar, kaki kanannya telah menendang punggung lawannya sehingga tidak ampun lagi Tiat To Hoat-ong terjerunuk, dan hidungnya telah mencium tanah. Dari hidungnya seketika mengucur darah segar, yang membuat muka Tiat To Hoat-ong jadi berlepotan darah dan tambah menyeramkan.

Dengan kalap, dia telah melompat untuk menerjang lagi dia telah mengulurkan kedua tanganya untuk mencengkeram tubuh Ciu Pek Thong.

Tetapi memang si tua berandalan jenaka itu merupakan seorang tokoh persilatan yang benar-benar gemar berguyon, maka setelah menghindarkan diri beberapa kali dari tubrukan Tiat To Hoat-ong, tiba-tiba ia telah melompat tinggi ke tengah udara. Sambil melambung tinggi seperti itu kedua tangan Ciu Pek Thong telah menghantam dengan kuat sekali.

„Bukkk.....!” tubuh Tiat To Hoat-ong berhasil dihantamnya kembali. Seperti juga sebuah bola yang menggelinding, maka seketika itu juga tubuh Tiat To Hoat-ong telah menggelundung di atas tanah.

Dan dalam keadaan demikian, pandangan mata Tiat To Hoat-ong juga telah berkunang-kunang, tampaknya Tiat To Hoat-ong tidak bisa mempertahankan diri lagi, karena begitu dia bangkit untuk berdiri, justru dia telah memuntahkan darah segar. Darah yang dimuntahkannya itu cukup banyak, dan bergenang di atas tanah. Muka pendeta Mongolia tersebut telah pucat pias.

Molinggo yang melihat Tiat To Hoat-ong terluka berat seperti itu, dengan nekad dia telah melancarkan gempuran dengan kedua telapak tangannya.

Kepandaian Tiat To Hoat-ong sesungguhnya jauh lebih hebat dan juga liehay melebihi Moliggo, tetapi justru Tiat To Hoat-ong tidak bisa menyerang Ciu Pek Thong, maka sekarang apalagi Molinggo. Begitu dia menyerang, segera dia menghantam tempat kosong, dengan cepat sekali Ciu Pek Thong dapat menghindarkan diri dari pukulan yang dilancarkan Molinggo.

Dengan penasaran Molinggo beberapa kali telah melancarkan cengkeraman dan pukulan lagi. Namun selalu gagal. Dan setelah lima kali menghantam dan mengulurkan tangannya untuk mencengkeram, namun selalu mengenai tempat kosong, akhirnya Molinggo sudah tidak bisa menguasai keseimbangan tubuhnya waktu tangan kanan Ciu Pek Thong dengan cepat telah menghantam tepat sekali perutnya, menyusul mana, diwaktu tubuh Molinggo terbungkuk-bungkuk, Ciu Pek Thong menghantam punggung lawannya, maka seketika itu juga tubuh Molinggo telah terjerunuk, mukanya menghantam tanah dan dia pingsan seketika itu juga!

Tiat To Hoat-ong masih mengerang berusaha untuk bangun, dan di waktu itulah, segera terlihat pendeta tersebut menggerakkan tangan kanannya. Tahu-tahu tiga cercah sinar kuning telah menyambar ke arah Ciu Pek Thong.

Samberan ketiga sinar kuning tersebut bukan main cepatnya, mengeluarkan suara mendengung yang sangat keras sekali, menunjukkan bahwa tenaga menimpuk dari Tiat To Hoat-ong masih kuat sekali.

Segera terlibat ketiga sinar kuning itu yang menyambar tiga bagian dari anggota tubuh Ciu Pek Thong, yaitu dada, perut dan paha dari si tua berandalan tersebut telah dekat sekali pada sasarannya. Tetapi Ciu Pek Thong malah tertawa-tawa, dan dengan mudah ia telah menangkap senjata rahasia yang dilontarkan oleh Tiat To Hoat-ong, yang terdiri dari tiga buah mata uang logam yang terbuat dari emas.

32.64. Ketahanan Kerajaan Song

Ciu Pek Thong sambil menimang-nimang uang logam tersebut, telah berkata.

„Aha, aku memperoleh uang! Tetapi aku tidak membutuhkannya! Nih, aku kembalikan!” dan selelah berkata begitu, justru Ciu Pek Thong telah menggerakkan tangannya, maka ketiga mata uang logam tersebut telah menyambar cepat sekali kepada Tiat To Hoat-ong. Namun menyambarnya ketiga mata uang logam emas tersebut kuat sekali melebihi tenaga menimpuk yang dilakukan oleh Tiat To Hoat-ong.

Melihat menyambarnya ketiga senjatanya yang seperti akan memakan majikan sendiri, Tiat To Hoat-ong jadi mengeluarkan suara teriakan kaget dan berkuatir, mati-matian dengan sisa tenaga yang ada padanya ia menggelinding pergi menjauhi diri. Ketiga mata uang logam tersebut telah menyambar tempat kosong, namun segera menancap masuk ke dalam tanah, dan tidak tampak lagi.

Hebat cara menimpuk Ciu Pek Thong, dia menimpuk seperti perlahan sekali, namun hebat kesudahannya, dimana mata uang tersebut telah amblas dan lenyap ke dalam tanah.

Tanpa memperdulikan Tiat To Hoat-ong, Ciu Pek Thong menghampiri Yo Him dan Phang Kui In. Ia telah menggendong kedua orang itu, dia mengempitnya dengan kedua tangannya, kemudian dengan mengeluarkan suara yang nyaring sekali, ia telah menjejakkan kakinya, tubuhnya telah berlari dengan cepat meninggalkan tempat itu. Dalam waktu sekejap mata saja, ia telah lenyap dari pandangan mata Tiat To Hoat-ong.

Tiba-tiba dari kejauhan terdengar suara ramai-ramai, rupanya keributan di tempat tersebut telah didengar oleh para penjaga di tempat tersebut, yang segera berdatangan sambil berteriak-teriak:

„Tangkap penjahat! Tangkap penjahat!” tapi mereka mana bisa menangkap Ciu Pek Thong.

Tiat To Hoat-ong yang gusar bukan main, begitu berdiri ia telah menggerakkan tangan kanannya tahu-tahu ia telah menghantam kepala salah seorang tentara Mongolia tersebut.

„Bukkk.....!” kepala tentara itu telah pecah berantakan, dan polohnya telah mengalir keluar bercampur darah, tanpa sempat mengeluarkan suara gerengan lagi, tubuhnya telah terkulai di saat itu juga. Rupanya Tiat To Hoat-ong melampiaskan kemarahan, kemendongkolan hatinya dengan mempergunakan pukulan yang kuat seperti itu, sehingga sekali hantam kepala orang tersebut telah pecah berantakan dan terbinasa.

Dengan menggumam perlahan Tiat To Hoat-ong telah ngeloyor pergi meninggalkan tempat tersebut, untuk memberikan laporan kepada Kubilai Khan.

Y

Ciu Pek Thong ternyata ketika mengetahui Yo Him dan Pang Kui In menerima perintah Yo Ko untuk pergi menyelidiki keadaan digaris depan, segera menyatakan keinginannya pada Yo Ko, untuk pergi ke garis depan, guna melihat-lihat keadaan di sana.

Yo Ko memberikan ijinnya. Dan itulah sebabnya Ciu Pek Thong bisa tiba tepat di saat Phang Kui In dan Yo Him hampir saja celaka di tangannya Tiat To Hoat-ong. Dengan munculnya Ciu Pek Thong, maka jiwa Yo Him dan Phang Kui In bisa diselamatkan.

Begitulah, setelah membawa Yo Him dan Phang Kui In ke Siang-yang, Ciu Pek Thong menceritakan apa yang telah terjadi dan menimpah diri dari kedua orang ini pada Yo Ko dan para orang-orang gagah lainnya.

Gulungan surat yang ada di sakunya Yo Him ternyata merupakan surat-surat penting dari rencana pihak Mongolia yang merencanakan kapan dan bagaimana mereka akan menerobos penjagaan di Siang-yang. Rupanya keempat perwira yang tengah tertidur di tangsi mereka, dan juga telah dicuri surat-surat pentingnya tersebut, merupakan perwira-perwira yang akan memimpin penyerangan pembukaan.

Dengan berhasilnya Yo Him memperoleh surat-surat penting itu maka pihak tentara kerajaan Song berhasil menyusun kekuatan yang jauh lebih sempurna dimana bagian-bagian yang merupakan tempat-tempat yang lemah dan menjadi inceran dari pasukan tentara Mongolia yang akan menyerbu masuk, telah di tempatkan pasukan tentara Song yang lebih banyak jumlahnya.

Begitu juga Yo Ko bersama Kwee Ceng, It-teng Taysu dan orang-orang gagah lainnya, telah mempersiapkan segala keperluan untuk kekuatan mereka, dimana pihak tentara kerajaan Song telah dikerahkan duaratus lie dari Siang-yang.

Kwee Ceng juga menganjurkan agar tentara laskar dari penduduk pria Siang-yang yang telah dilatih, hanya menjaga di dalam kota Siang-yang. Mereka akan dikerahkan jika pasukan prajurit Song kekurangan tenaga, dimana mereka merupakan tenaga cadangan belaka.

Begitulah, dengan berhasilnya Yo Him memperoleh sebagian dari rahasia rencana pihak Mongolia tersebut, dengan demikian pihak tentara Song bisa menutupi kelemahan-kelemahan di pihak mereka. Setelah mengatur segala yang perlu, Yo Ko dan Kwee Ceng beristirahat.

Namun menjelang tengah malam, Yo Ko terbangun dari tidurnya karena mendengar suara ribut-ribut. Dengan ringan tampak Yo Ko telah melompat dari pembaringannya, dan melewati jendela kamar ia telah melompat ke atas genting.

Bangunan dimana Yo Ko beristirahat, terdiri dari gedung bertingkat dua, dan di atas genting dari tingkat kedua itu tampak beberapa sosok bayangan yang tengah berkelebat-kelebat bertempur.

Yo Ko telah datang dengan cepat, dan segera ia melihat Kwee Ceng dan juga It-teng Taysu, tengah bertempur dengan empat orang yang berpakaian sebagai orang Han, namun wajah mereka lebih mirip orang Mongolia.

Dengan demikian, Yo Ko segera menyadari bahwa keempat orang tersebut tentunya merupakan empat orang mata-mata dari pihak Mongolia.

Usia keempat orang itu rata-rata telah enampuluh tahun, wajah mereka juga bengis sekali, dengan kumis dan jenggot yang kasar disamping itu hidung mereka juga mancung dan bibir mereka dower. Waktu itu keempat orang tersebut tengah berusaha menghadapi serangan Kwee Ceng dan It-teng Taysu, dimana mereka tampaknya kelabakan dan sibuk sekali berkelit kesana-kemari.

Gerakan mereka cukup gesit, tetapi menghadapi dua orang tokoh sakti yang sangat tinggi kepandaiannya seperti It-teng Taysu dan Kwee Ceng, keempat orang itu benar-benar tidak berdaya untuk balas menyerang, mereka hanya bisa berkelit kesana kemari saja. Dengan begitu, segera terlihat, tidak lama lagi tentu keempat orang tersebut akan bisa dirubuhkan It-teng Taysu.

Yo Ko mengerutkan alisnya waktu melihat cara bertempur keempat orang tersebut, ia memperhatikan ilmu silat yang dipergunakan oleh empat orang itu. Walaupun tidak sesempurna ilmu silat It-teng Taysu dan juga Kwee Ceng, namun kenyataannya keempat orang tersebut memiliki kepandaian yang cukup tinggi dan bukan sembarangan.

„Siapakah mereka?” berpikir Yo Ko di dalam hati. „Ternyata pihak Mongolia memiliki cukup banyak jago-jago yang memiliki kepandaian tinggi.”

Waktu itu It-teng Taysu mulai menggerakkan tangan kanannya, menyerang dengan ilmu It-yang-cie nya, gerakannya perlahan, tetapi dari jari telunjuk It-teng Taysu seperti juga mengalir suatu kekuatan yang mirip aliran listrik, yang menyambar-nyambar, membuat lawannya merasakan sekujur tubuhnya seperti terkurung oleh selapis kekuatan yang dahsyat tanpa bisa dilihatnya, memperlambat setiap gerakan dari mereka.

Keempat orang tersebut sesungguhnya memang merupakan jago-jago yang sangat terkenal di Mongolia, mereka memiliki kepandaian yang berimbang dengan Tiat To Hoat-ong. Malah menurut ahli-ahli silat di Mongolia mungkin kepandaian keempat orang ini menangi seurat dari Tiat To Hoat-ong. Cuma saja disebabkan keempat orang tersebut jarang sekali menampakkan diri, dan lebih banyak hidup mengasingkan diri di sebuah tempat, yang sunyi jauh dari keramaian, dengan demikian, membuat mereka kurang terkenal dibandingkan dengan Tiat To Hoat-ong.

Terlebih lagi sekarang mereka telah turun tangan berempat sekaligus, menggabungkan kepandaian mereka untuk menghadapi It-teng Taysu dan Kwee Ceng dengan serentak, itulah sebabnya, walaupun sangat tangguh, namun kenyataan Kwee Ceng dan It-teng Taysu tidak bisa cepat-cepat merubuhkan mereka.

Keempat orang tersebut masing-masing bernama Cieluna, Cieluni, Cieluka dan Cieluti. Keempat orang tersebut telah diundang langsung oleh Kubilai Khan untuk membantu pasukan Mongolia dalam rangka menyerbu ke daratan Tiong-goan. Sesungguhnya, keempat jago Mongolia tersebut hendak menolak, namun setelah Kubilai Khan membujuk mereka dengan panjang lebar, akhirnya keempat orang tersebut menerima undangan Kubilai Khan, untuk membantu pihak Mongolia menghadapi jago-jago daratan Tiong-goan.

Karena terjadinya peristiwa Yo Him dan Phang Kui In yang berhasil mencuri surat rahasia dari rencana penyerbuan mereka, dengan begitu Kubilai Khan telah mengutus keempat orang tersebut untuk pergi ke Siang-yang, guna menyelusup dan menyelidiki kekuatan lawan.

Cieluna, Cieluka, Cieluti dan Cieluni, telah berangkat dan dengan mudah mereka telah berhasil menyelusup masuk ke kota Siang-yang, melewati penjagaan kota tersebut. Mereka memang memiliki kepandaian yang tinggi, dengan mudah mereka berkeliaran di kota Siang-yang pada malam itu. Apa lagi mereka telah menyamar dengan memakai pakaian orang Han.

Namun tanpa disengaja mereka justru telah berlari-lari di atas genteng dari kamar It-teng Taysu, yang waktu itu tengah bercakap-cakap dergan Kwee Ceng, walaupun hari telah larut malam.

Sebagai seorang yang telah memiliki kepandaian sempurna dan pendengaran yang sangat tajam, It-teng Taysu dan Kwee Ceng segera mendengar suara langkah kaki dari keempat orang jago Mongolia itu dimana walaupun mereka berempat memiliki ginkang yang tinggi, tokh It-teng Taysu dan Kwee Ceng tetap berhasil mendengar suara langkah kaki mereka.

Dengan ringan It-teng Taysu dan Kwee Ceng melompat keluar dari kamar mereka dan menghadang jalan larinya keempat orang Mongolia itu. Dengan begitu mereka jadi bertempur.

Tetapi setelah bertempur sekian lama, ternyata kepandaian It-teng Taysu dan Kwee Ceng memang benar-benar sangat tinggi, walaupun keempat orang itu telah memberikan perlawanan yang mati-matian dan bersungguh-sungguh, namun lambat laun mereka terdesak juga.

Semakin lama keempat orang itu semakin terdesak dan akhirnya mereka memberikan tanda dengan saling berseru satu dengan yang lainnya menggunakan bahasa mereka, dimana mereka saling memberitahukan jurus apa yang akan digunakan untuk mengepung It-teng Taysu dan Kwee Ceng.

Itulah sebabnya Yo Ko mendengar suara ribut-ribut tersebut.

It-teng Taysu dan Kwee Ceng waktu melihat kedatangan Yo Ko. telah mengeluarkan suara yang girang, malah Kwee Ceng telah berkata.

„Yo-jie, cepat bekuk keempat orang ini, mereka mata-mata Mongolia!”

Yo Ko tidak menyahuti, tetapi tubuhnya dengan gesit telah melompat ke tengah gelanggang pertempuran itu, sambil lengan bajunya yang kanan telah mengebut akan menerpah tangan Cieluna.

Gerakan yang dilakukan Yo Ko sangat cepat sekali, dan juga sinkang yang tersalurkan itu luar biasa dahsyatnya, sehingga membuat Cieluna yang menerima serangan seperti itu, terpaksa harus menangkis dengan mengerahkan sebagian besar tenaga dalamnya.

Namun tidak urung tubuh Cieluna telah terhuyung, dan kemudian kakinya tergelincir waktu menginjak tepian genting, dan ia terjerembab, meluncur jatuh dari atas genting itu. Dan saat itu Cieluka, Cieluti dan Cieluni telah mengeluarkan suara seruan marah waktu melihat Cieluna telah tergelincir jatuh dari atas genting. Ketiga orang ini mengeluarkan suara teriakan nyaring, serentak mereka meluruk melancarkan pukulan telapak tangannya masing-masing.

Ketiga jago Mongolia ini menjagoi dunia persilatan Mongolia dengan ilmu andalan mereka yang diberi nama Pukulan Telapak Tangan Biruang Putih, sekarang menghadapi Yo Ko, It-teng Taysu dan juga Kwee Ceng. Mereka telah mempergunakan ilmu pukulan telapak tangan yang mereka andalkan tersebut.

Yo Ko yang begitu menerjang maju telah berhasil merubuhkan Cieluna, telah memperlihatkan bahwa kepandaiannya memang sangat tinggi sekali dan kini menerima terjangan dari Cieluka dan Cieluti, dimana kedua orang Mongolia ini telah melancarkan serangan-serangan yang beruntun kepadanya, ia menghadapinya dengan tenang.

Sedangkan Cieluni tengah menyerang It-teng Taysu, dan waktu itu pendeta dari Tayli tersebut telah menggerakkan tangan kanannya memunahkan serangan Cieluni dengan It-yang-cienya.

Segera terlihat, betapa tubuh Cieluni telah bergoyang-goyang seperti juga diterjang oleh suatu kekuatan yang tidak tampak, namun dahsyat sekali. Dengan demikian tampak jelas, bahwa tenaga It-yang-cie yang dipergunakan oleh It-teng Taysu sangat luar biasa, karena pendeta tua tersebut telah mempergunakan sembilan bagian tenaga dalamnya. Dan dengan bersuara „wutttt.....!” segera tampak tubuh Cieluni telah terpental dan seperti Cieluna tadi, seketika itu juga tubuhnya meluncur jatuh.

Cieluka dan Cieluti yang tengah bertempur dengan Yo Ko, juga bukannya menghadapi lawan yang ringan, karena dua kali mereka melancarkan serangan, namun Yo Ko berhasil berkelit. Dan setelah itu tampak Yo Ko telah mengebutkan lengan bajunya menghantam dada Cieluka.

Dengan mengeluarkan suara jeritan yang sangat nyaring, tubuh Cieluka telah terlempar ke tengah udara dan kemudian jatuh terbanting ke atas tanah.

Berbeda dengan Cieluna dan Cieluni yang tidak terluka di dalam, justru Cieluka ini telah terhantam begitu kuat oleh serangan Yo Ko, sehingga ia terluka di dalam yang cukup berat.

Cieluti yang waktu itu masih ingin melancarkan serangan nekad kepada Yo Ko, telah dihantam oleh Kwee Ceng, yang menghantam dengan tangan kanannya.

Tampak telapak tangan Kwee Ceng yang berisi tenaga lweekang sebanyak tujuh bagian bergerak secepat kilat, Cieluti yang bermaksud akan menangkis sudah tidak keburu lagi, tubuhnya segera ambruk menghantam genting, sehingga beberapa genting pecah berantakan. dan tubuhnya meluncur turun.

Cieluna dan Cieluni telah melompat memeriksa keadaan Cieluka dan Cieluti. Mereka melibat kedua saudara mereka tersebut terluka di dalam.

„Asap mengepul.....” teriak Cieluka dengan suara yang cukup nyaring kepada Cieluna dan Cieluni, maksudnya meminta kepada dua saudaranya yang belum terluka itu melarikan diri.

Cieluna dan Cieluni tanpa banyak bicara, telah menggendong tubuh Cieluka dan Cieluti. Mereka memang bermaksud akan melarikan diri.

Tetapi baru beberapa kali lompatan, diwaktu itulah Yo Ko telah melompat ke arah Cieluna sambil bentaknya: „Berhenti!” Dan Yo Ko juga bukan hanya membentak begitu saja, ia telah mengerahkan tangan kirinya, menghantam ke arah punggung dari Cieluna. Pukulan yang dilakukan oleh Yo Ko membawa sambaran angin yang menderu.

Maka Cieluna tidak berani memandang remeh, terpaksa ia menghentikan larinya dengan berjongkok ia telah menekuk tangan kanannya, menyodok ke arah perut Yo Ko. Cieluna bergerak cukup gesit, selain dia berkelit dari pukulan Yo Ko dengan sodokan siku tangannya, membalas nyerang kepada Yo Ko.

Yo Ko mendengus perlahan, tangan kirinja yang mengenai tempat kosong itu diputar, dia tidak menarik pulang, hanya diturunkan dan menghantam lagi dengan tepat pada punggung Cieluka yang berada dalam gendongan Cieluna.

„Dukkk…..” pukulan itu hinggap keras sekali. Cieluka telah mengeluarkan suara jeritan. Dan pukulan tersebut juga membuat tubuh Cieluna jadi terhuyung mundur beberapa langkah. Dengan begitu, hampir saja dia bersama Cieluka rubuh terbanting.

Yo Ko telah tertawa dingin, dia berkata: „Apa maksud kalian menyelusup kemari? Cepat serahkan diri!”

Cieluka telah mengatur jalan pernapasannya, ia mengerahkan seluruh tenaganya, dan melirik ke sekitar tempat itu. Ia melihatnya betapa di tempat tersebut telah berkumpul banyak sekali jago-jago persilatan.

Ciu Pek Thong sendiri yang terbangun, dari tidurnya waktu mendengar suara ribut-ribut telah keluar dan melompat ke atas genting. Waktu itu kebetulan Cieluni tengah berlari ingin meninggalkan tempat tersebut dengan membawa Cieluti. Di saat itulah Ciu Pek Thong sambil tertawa jenaka telah berkata dengan suara yang dingin: „Hemm, hemmm, mau kemana kau?” Sambil berkata begitu, tangan kanan Ciu Pek Thong cepat sekali terulur akan mencengkeram punggung Cieluni.

Cieluni mana mau membiarkan punggungnya kena dicengkeram seperti itu. Cepat-cepat ia melompat ke samping kiri lalu melompat lagi ke wuwungan genting yang lainnya.

Tetapi Ciu Pek Thong telah melompat mengejarnya, dan dalam waktu yang singkat ia telah berhasil berada di dekat Cieluni. Dengan cepat ia mempergunakan tangan kanannya menghantam lagi. Pukulan yang dipergunakan oleh Ciu Pek Thong bernama Lutung Menggaruk pinggul, dan diwaktu itulah ia telah menghantam ke dekat pinggang Cieluni.

Hantaman yang dilancarkan oleh Ciu Pek Thong itu memiliki tenaga lweekang yang sangat kuat sekali, dan menyambar dengan dahsyat, sehingga membuat Cieluni jadi tidak bisa mengelakkan lagi, menghantam tepat sekali pada pinggulnya, membuat dia mengeluarkan suara pekikan yang nyaring, bersama-sama dengan Cieluni, ia telah meluncur jatuh ke bawah, terbanting di atas tanah.

Belum sempat dia merangkak untuk bangun kembali ia diserang lagi oleh Ciu Pek Thong yang tiba di dekatnya dengan cepat sekali, malah Ciu Pek Thong sambil menyerang, kaki kanannya juga menendang. Cieluni mau mengelakkan diri, tetapi terlambat, jalan darah Go-sie-hiat nya telah kena ditotok tepat sekali, tubuhnya segera terjungkel rubuh.

Cieluti yang berada dalam gendongannya juga telah terlepas dan terbanting. Diwaktu itulah tampak Cieluni berusaha untuk menggerakkan kedua tangan dan kakinya, namun dia merasakan kedua tangan dan kakinya kaku tidak bisa digerakkan, sehingga ia jadi mengeluh berputus asa.

Sedangkan Cieluti yang menggelinding jatuh dari gendongan Cieluni, berusaha merangkak bangun ia telah terluka di dalam, sebagian tenaga dalamnya telah punah. Tetapi diwaktu itu, sebelum Cieluti sempat untuk berdiri, Ciu Pek Thong sambil mengeluarkan suara tertawa yang nyaring, telah menotok lagi tepat mengenai pada jalan darah Sung-lie-hiat nya, maka tidak ampun lagi tubuh Cieluti telah terkulai rubuh tidak bisa bergerak pula.

Cui Pek Thong tertawa bergelak-gelak dengan suara yang sangat nyaring sekali.

Dalam keadaan seperti itu segera terlihat Yo Ko telah tiba di bawah juga telah berhasil merubuhkan Cieluna yang juga ditotoknya.

Seketika itu datang belasan tentara kerajaan Sung, yang menjaga tempat tersebut dan segera membawa keempat orang mata-mata Mongolia itu untuk dipenjarakan guna nanti diperiksa dikorek keterangan dari mulut mereka.

Para orang gagah yang berpihak pada kerajaan Song tersebut di bawah pimpinan Yo Ko, segera mengadakan perundingan. Mereka membicarakan hal yang penting, dalam rangka menghadapi serbuan dari tentara Mongolia, yang mereka duga tentu tidak akan lama lagi terjadi. Ancaman serbuan dari tentara Mongolia itu memang sangat berbahaya, karena waktu itu kerajaan Song tengah dalam keadaan lemah. Kaisar mereka gemar berfoya-foya dan berpelesiran, karena itu negeri tidak dapat diaturnya dengan baik. Disamping itu, Yo Ko juga memiliki kekuatan tentara yang tidak begitu besar, hanya disebabkan memperoleh bantuan para orang-orang gagah yang umumnya mencintai negeri dan memiliki kepandaian sangat tinggi, maka Yo Ko masih memiliki harapan akan dapat menghadapi ancaman serbuan dari tentara Mongolia.

Sedangkan Kubilai Khan telah berhasil menghimpun kekuatan yang luar biasa besarnya, karena selama enambelas tahun Kubilai Khan memang telah berusaha memupuk kekuatan untuk kembali menyerang dan menaklukan Tiong-goan.

Ketidak seimbang kekuatan tersebutlah yang membuat para orang-orang gagah yang mencintai negeri tersebut, di bawah pimpinaa Yo Ko, harus mencari jalan yang sebaik-baiknya, kelak jika sampai tentara Mongolia tersebut menyerbu ke daerah Tiong-goan, mereka bisa menghadapinya sebaik mungkin.

Y

Rupanya saat-saat yang dikuatirkan oleh Yo Ko dan para orang-orang gagah lainnya yang mencintai negeri itu, telah tiba juga, karena pasukan tentara Mongolia di bawah pimpinan Kubilai Khan telah menyerbu dengan kekuatan yang berlimpah-limpah.

Selama tiga bulan lamanya, tentara Song yang dibantu oleh para orang-orang gagah tersebut mengadakan perlawanan, namun akhirnya mereka tidak berhasil melindungi kota Siang-yang tersebut yang mulai bobol oleh terobosan pasukan lawan.

Dua pintu kota Gu-moy dan Cie-khu telah berhasil direbut oleh tentara Mongolia. Dan hanya enam pintu Siang-yang yang masih diduduki oleh tentara Song.

Kubilai Khan yang memimpin penyerbuan tersebut telah mengadakan penyerbuan yang benar-benar hebat. Pasukan Mongolia bagaikan gelombang laut yang sudah tidak terbendung lagi, telah menyerbu terus-menerus siang dan malam, berusaha merebut Siang-yang.

Begitu juga, terpisah beberapa lie dari Siang-yang, Kubilai Khan telah mendirikan sebuah perbentengan darurat. Tanpa mengurangi kekuatan tentaranya yang melakukan penyerbuan itu, Kubilai Khan telah mempersiapkan perbentengan itu selama dua bulan, dan begitu perbentengan darurat tersebut selesai, seluruh inti kekuatan dari pasukan tentara Mongolia di tempatkan disitu.

Penyerbuan dari pasukan tentara Mongolia tersebut dibagi tiga jurusan. Yaitu sayap kanan dipimpin oleh beberapa orang keponakan Kubilai Khan, sedangkan sayap kiri telah dipimpin oleh beberapa orang jenderalnya, dan barisan tengah, yang merupakan barisan inti dan pendobrak, dipimpin sendiri oleh Kubilai Khan, dimana ia juga didampingi oleh jago-jagonya selain para panglimanya. Tiat To Hoat-ong selalu mendampingi Khan nya tersebut. Disamping Tiat To Hoat-ong masih terdapat belasan orang jago-jago yang memiliki kepandaian tinggi sekali.

Peperangan yang terjadi dan tengah bergolak di Siang-yang tersebut, merupakan peperangan yang kalut sekali, karena tentara kerajaan Song berulang kali telah berhasil dipukul mundur dan pecah berantakan pertahanannya. Sedangkan pasukan tentara Mongolia yang melakukan penyerbuan dengan besar-besaran, dan bagaikan gelombang laut yang tidak terbendung itu, siang dan malam menggempur terus kota Siang-yang, dengan tidak memperdulikan korban jiwa yang berjatuhan sangat banyak sekali.

Rupanya memang Kubilai Khan telah bertekad, bahwa penyerbuan kali ini harus berhasil. Karena dia telah mempersiapkan segalanya selama enambelas tahun, ia telah mengaturnya dengan seksama dan teliti sekali. Maka dari itu, bagaikan tidak ada habis-habisnya tentara Mongolia tersebut bagaikan semut terus maju membanjiri Siang-yang. Jatuh atau tidaknya Siang-yang, memang terletak dari kekuatan yang dihimpunnya.

Karena kegagalan Mangu waktu melakukan penyerbuan ke Siang-yang tersebut, merupakan pelajaran pahit buat Kubilai Khan. Dan selama enambelas tahun ia mempelajari sebab musabab dari kegagalan tersebut. Itulah sebabnya Kubilai Khan telah berhasil meneliti dengan sebaik-baiknya cara yang paling ampuh unruk dapat merebut Siang-yang.

Tetapi disebabkan tentara kerajaan Song tersebut yang bertahan di Siang-yang dibantu oleh para orang gagah yang memiliki kepandaian umumnya tinggi disamping itu juga mereka umumnya memiliki kecerdasan dan kepandaian mengatur posisi dan kedudukan mereka, membuat Kubilai Khan tidak bisa begitu mudah saja merebut Siang-yang.

Jika saja tentara Song tersebut tidak memperoleh dukungan dan bantuan dari para orang-orang gagah pencinta negeri tersebut, jelas mungkin hanya dalam satu atau dua bulan saja Siang-yang akan jatuh ke tangan Mongolia.

Namun Kubilai Khan tidak turun semangatnya waktu melihat betapa tentaranya diwaktu tiga bulan lebih masih belum bisa menundukkan pihak lawan. Walaupun mereka telah mengadakan penyerbuan besar-besaran, tokh kenyataan Siang-yang belum berhasil dijatuhkan mereka.

Jatuh atau tidaknya kerajaan Song oleh serbuan-serbuan tentara Mongolia itu memang tergantung dari jatuh atau tidaknya kota Siang-yang tersebut. Jika Siang-yang berhasil direbut oleh Kubilai Khan, niscaya kerajaan Song akan porak-poranda direbut oleh Kubilai Khan.

Tetapi ketika telah lewat sebulan lagi, waktu memasuki bulan kelima, telah tiga buah pintu kota Siang-yang yang terjatuh di tangan pasukan Kubilai Khan, yaitu pintu sebelah timur, tenggara dan barat.

Dengan berhasilnya Kubilai Khan merebut tiga pintu kota, posisi dari tentara kerajaan Song telah terpojokkan dan dengan demikian, pertahanan mereka semakin melemah juga dan diwaktu itulah Kubilai Khan telah memperhebat terjangan dan serbuannya.

Yo Ko dan para orang-orang gagah yang membantu tentara kerajaan Song tersebut, mulai melihat bahwa mereka tidak mungkin bisa bertahan lebih lama lagi. Paling tidak hanya satu bulan lagi, Siang-yang akan terjatuh ke tangan musuh.

Hal itu disebabkan kerena tentara kerajaan Song semakin berkurang jumlahnya, jika semula meliputi seratusribu tentara, kini hanya tertinggal tidak lebih dari duapuluh ribu prajurit saja.

Dan juga para laskar, yaitu tentara cadangan yang terdiri dari penduduk pria Siang-yang tersebut, telah banyak yang berjatuhan sebagai korban. Terlebih lagi pasukan tentara laskar dan tentara kerajaan Song tersebut telah menurun sekali semangat tempurnya sebab melihat telah banyak kawan-kawan mereka yang berguguran di tangan musuh.

Untuk membangkitkan semangat bertempur dari para tentara yang telah kehilangan semangat juang itu, Yo Ko dan para orang-orang gagah lainnya telah turun ke medan laga dan memimpin langsung tentara Song itu.

Tetapi sejak kematian Jenderal Kiang Cu Gie dimana jenderal tersebut telah terpanah musuh waktu memimpin pertempuran di pintu barat, maka tentara kerajaan Song sudah kacau balau. Terlebih lagi, walaupun Kwee Ceng, Yo Ko dan orang-orang gagah lainnya yang mencinta negeri tersebut memiliki kepandaian sangat tinggi dan kecerdikan dalam mengatur posisi kedudukan mereka, tokh mereka bukan termasuk orang peperangan, dengan demikian mereka telah diliputi kepanikan waktu melihat pertahanannya mulai berantakan.

Dengan demikian, Yo Ko dan It-teng Taysu bersama dengan para orang-orang gagah lainnya, sering mengadakan perundingan siang dan malam, untuk mengadakan perembukan mengatasi persoalan tersebut. Mengingat akan jumlah kekuatan mereka yang semakin menyusut, akhirnya mereka membentuk barisan berani-mati, dimana mereka telah menyusunnya terdiri dari sisa para tentara kerajaan Song yang ada dan juga para orang-orang gagah yang memiliki kepandaian cukup tinggi.

Tetapi pasukan berani mati tersebut hanya berhasil membobolkan penyerbuan tentara Kubilai Khan sebanyak dua kali tetapi korban yang jatuh pada pihak pasukan berani mati tersebut juga banyak sekali jumlahnya.

Dengan begitu, akhirnya waktu selama lima hari, siang dan malam Kubilai Khan mengerahkan seluruh kekuatan pasukannya melancarkan serangan yang paling hebat, Siang-yang sudah tidak bisa dipertahankan lagi. Banyak tentara Mongolia yang telah berhasil menyerbu masuk ke dalam Siang-yang, menyebar api membakar apa saja, gedung dan bangunan yang termakan api menimbulkan kepanikan bagi para laskar dan wanita-wanita di kota tersebut.

Akhirnya Siang-yang berhasil direbut oleh Kubilai Khan.

Di dalam sejarah memang tercatat, enambelas tahun sejak kegagalan Mangu merebut Siang-yang, maka Kubilai Khan berhasil menguasai Siang-yang dan kemudian merebut dan menundukkan kerajaan Song tersebut.

Sedangkan para orang-orang gagah yang tidak berhasil untuk bantu melindungi Siang-yang akhirnya telah terpencar dalam kekacauan yang terjadi di medan peperangan tersebut. Kekalutan yang terjadi karena terjatuhnya Siang-yang ke tangan Kubilai Khan, telah membuat orang-orang gagah itu tercerai berai dan kemudian mereka baru bisa bertemu setelah peperangan usai.

Yo Ko, Siauw Liong Lie, Yo Him, Ciu Pek Thong, dan It-teng Taysu, berada dalam satu rombongan. Sedangkan Kwee Ceng, Oey Yong, Phang Kui In, dan beberapa tokoh persilatan lainnya, tergabung dalam satu rombongan pula. Dan begitu juga masih terdapat banyak para pendekar rimba persilatan lainnya yang tergabung dalam rombongan lainnya.

Sedangkan sisa dari tentara kerajaan Song, telah bercerai-berai dan mereka tidak mengetahui harus kemana. Terlebih lagi empat bulan kemudian, kerajaan Song telah runtuh dan seluruh daratan Tiong-goan telah terjatuh ke dalam tangan Kubilai Khan, yang berkuasa penuh di daratan Tiong-goan dan juga diwaktu itulah Kubilai Khan telah mengatur pemerintahannya dengan tangan besi selama tiga bulan, barulah negeri menjadi aman kembali.

Y

Setelah lewat satu tahun, Yo Ko dan beberapa orang-orang gagah lainnya, berhasil bertemu satu dengan yang lainnya. Tetapi mereka sangat berduka dengan jatuhnya Siang-yang dan berkuasanya Kubilai Khan, bangsa asing di tanah air mereka. Setelah berunding, mereka memutuskan untuk berkumpul di Tho-hoa-to, untuk memberitahukan juga perkembangan yang terjadi pada tocu Tho-hoa-to tersebut.

Yo Ko disamping itu juga mendidik Yo Him dengan segala ilmu yang ada padanya, begitu pula Siauw Liong Lie dan tokoh-tokoh persilatan lainnya.

Ciu Pek Thong memang dasar berandalan dan nakal, ia selalu bermain dengan Yo Him. Tetapi Yo Him memperoleh suatu keuntungan juga dari pergaulannya yang akrab dengan Ciu Pek Thong, karena diwaktu itu justru Ciu Pek Thong telah mewarisi seluruh kepandaian yang dimilikinya kepada Yo Him.

Ciu Pek Thong walaupun berandalan dan juga jenaka, ia merupakan seorang yang berpikiran panjang. Ia telah berpikir usianya mulai lanjut dan mungkin dalam beberapa tahun mendatang ia akan masuk lobang kubur. Itulah sebabnya, karena ia tidak memiliki seorang muridpun juga ia telah mewarisi seluruh kepandaiannya kepada Yo Him.

Dengan menerima warisan dari berbagai tokoh sakti yang menurunkan berbagai ilmu yang hebat-hebat, dengan demikian Yo Him benar-benar telah tertempa menjadi seorang yang memiliki kepandaian sangat tinggi sekali. Bahkan akhir-akhir ini Yo Him merupakan seorang jago muda yang memiliki kepandaian jarang ada tandingannya.

Yo Him juga telah diberikan nasehat-nasehat oleh para orang-orang gagah tersebut, agar ia mempergunakan kepandaiannya itu untuk kebaikan, dimana harus membela pihak yang lemah dan benar dari tindasan si kuat namun jahat.

Oey Yok Su, tocu dari Tho-hoa-to tersebut, yang memang memiliki perangai aneh sekali, telah merasa sayang pada Yo Him. Dia menyukai pemuda tersebut. Memang Oey Tocu tersebut memiliki seorang putri, yaitu Oey Yong, yang telah diwarisi seluruh kepandaiannya, namun Oey Yong tetap seorang wanita. Sekarang dihari tuanya, ia tidak memiliki orang yang cocok untuk mewarisi seluruh kepandaiannya.

Memang dulu Oey Yong Su pernah menerima beberapa orang murid, seperti Bwee Tiauw Hong, Ko Seng Hong dan lain-lainnya, tetapi akibat perbuatan Bwee Tiauw Hong yang telah mencuri kitab Kiu-im-cin-keng membuat Oey Yok Su mengumbar kemarahannya dengan menghajar patah kaki dari seluruh muridnya.

Maka sejak saat itu, hanya Oey Yong dan cucu-cucunya, yaitu Kwee Hu dan Kwee Siang, yang telah menerima sebagian dari ilmunya. Tetapi mereka umumnya tidak menerima seluruh kepandaiannya. Disebabkan itu pula, akhirnya Oey Yok Su telah memutuskan, untuk mewariskan seluruh kepandaiannya kepada Yo Him.

Maksud hatinya itu telah disampaikan kepada Yo Ko dan orang-orang gagah yang berada di pulau Tho-hoa-to tersebut. Semuanya menyambut hasrat dari tokoh persilatan yang memiliki kepandaian luar biasa itu dengan hati yang girang sekali.

Begitulah, upacara pengangkatan guru dan murid telah dipersiapkan. Dengan bersembahyang, Oey Yok Su telah diangkat menjadi guru oleh Yo Him, dan sejak saat itulah Yo Him menerima didikan langsung dari Oey Yok Su, dimana seluruh kepandaian Oey Yok Su telah diturunkan kepada pemuda tersebut.

Karena Yo Him telah memiliki kepandaian yang tinggi dari berbagai aliran, maka ia tidak memperoleh kesulitan waktu menerima pelajaran ilmu silat dari Oey Yok Su. Tetapi walaupun demikian, masih memakan waktu dua tahun.

Selama itu, telah banyak para orang-orang gagah yang pamitan kepada Oey Tocu. Mereka ingin kembali ke tempat mereka masing-masing.

Yo Ko dan Siauw Liong Lie juga telah kembali ke tempat pengasingan mereka, dengan hanya didampingi Siauw Goat Lan, putri angkat Siauw Liong Lie dan Yo Ko.

Kwee Ceng dan Oey Yong telah berdiam sebulan lagi lamanya di pulau Tho-hoa-to dan akhirnya mereka pun kembali ke tempat kediaman mereka, meninggalkan pulau tersebut.

Yo Him akhirnya hanya ditemani oleh Ciu Pek Thong selama ia menuntut ilmu pada Oey Yok Su.

Dengan adanya Ciu Pek Thong, hati Oey Yok Su agak terhibur juga. Karena dalam melewati hari tuanya itu, ia sempat bergembira bermain catur dengan Loo-boan-thong. Terlebih lagi waktu Loo-boan-thong, si tua jenaka tersebut, yang mulai lenyap keberandalannya di saat hari-hari tuanya tersebut, menyatakan bahwa ia ingin melewati hari tuanya dengan tenang mendampingi Oey Yok Su di pulau Tho-hoa-to tersebut.

Oey Yok Su segera meluluskan permintaan Ciu Pek Thong, yang meminta diijinkan untuk selanjutnya berdiam di pulau tersebut.

„Loo-boan-thong, ternyata sikap jenakamu masih belum juga lenyap!” kata Oey Yok Su sambil tertawa. „Engkau tentu tidak akan betah berdiam di tempat sunyi seperti ini. Kukira ada baiknya engkau memikirkannya dua kali. Untuk aku, memang dengan sepasang tangan terbuka mengijinkan engkau untuk menetap di pulau Tho-hoa-to ini, tetapi engkau sendiri, apakah engkau akan sanggup selanjutnya melewati hari tuamu di pulau yang sepi ini?”

Ciu Pek Thong tertawa.

„Oey Losu, untuk persoalan ini, kukira sebelum aku meminta ijin darimu, aku telah memikirkannya masak-masak, dan juga memang aku pun telah berkeputusan tetap, untuk melewati hari-hari tuaku dalam mendampingimu setiap hari bermain catur sambil minum arak. Bukankah hal itu merupakan kejadian yang menggembirakan sekali?”

Oey Yok Su tersenyum lebar, ia mengangguk.

„Baiklah, syukur jika memang engkau bermasud hendak menemani aku melewati hari-hari tua di tempat sunyi ini. Coba jika dulu engkau mengatakan untuk menetap di pulau Tho-hoa-to ini, tentu engkau akan kukurung lagi di dalam goa dekat kuburan isteriku.”

Kedua tokoh persilatan yang masing-masing memang telah berusia lanjut sekali. Memang dengan adanya Ciu Pek Thong di tempat tersebut Oey Yok Su, Si tua yang sesat dan memiliki perangai yang aneh sekali tidak perlu merasa kesunyian lagi…..

Y

Telah dua tahun Yo Him menuntut ilmu pada Oey Yok Su, dan akhirnya seluruh kepandaian Oey Yok Su telah berhasil diwarisinya dengan baik. Sebagai seorang pemuda yang menerima pelajaran ilmu silat dari berbagai aliran, dan juga dari tokoh-tokoh persilatan yang tangguh, disamping itu sebagai putera dari Sin-tiauw Tayhiap Yo Ko dan Siauw Liong Lie yang memiliki kepandaian luar biasa tingginya, Yo Him memang merupakan seorang pemuda yang beruntung sekali, dimana ia kini telah menjadi seorang pendekar muda yang mungkin tidak ada duanya.

Yo Him juga rajin sekali melatih diri dan dia telah berhasil merampungkan seluruh pelajaran yang diberikan oleh Oey Yok Su. Setelah lewat satu bulan lagi, Oey Yok Su memerintahkan Yo Him untuk mengembara, meninggalkan Tho-hoa-to.

„Engkau masih muda usia,” kata Oey Yok Su waktu Yo Him menyatakan keberatan guna melaksanakan perintah gurunya tersebut. „Dan engkau masih memiliki masa depan yang panjang..... disamping itu, engkau juga perlu sekali untuk mencari pengalaman, memperdalam kepandaianmu. Kepandaian-kepandaian yang engkau telah terima, semua itu merupakan ilmu nomor wahid, tetapi tanpa pengalaman dan latihan-latihan jangan harap engkau bisa memperoleh kesempurnaan!”

Akhirnya Yo Him tidak bisa menolak juga perintah dari gurunya tersebut. Waktu tiga hari kemudian ia akan berangkat meninggalkan Tho-hoa-to, Yo Him telah berpelukan dan bertangisan dengan Ciu Pek Thong.

Begitu juga Ciu Pek Thong, si tua berandalan yang mulai alim tersebut, ia telah berkata dalam sesenggukannya:

„Adikku…. engkau harus baik-baik membawa diri..... dan jika memang engkau memiliki kesempatan dan waktu luang, sering-sering engkau menengoki Toako dan suhumu.”

Yo Him mengangguk.

„Adikmu berjanji, Toako.....!” kata Yo Him kemudian.

Begitulah, dengan diantar oleh Ciu Pek Thong dan Oey Yok Su, maka Yo Him telah mempergunakan sebuah perahu untuk belayar mengarungi lautan. Pulau Tho-hoa-to akhirnya telah semakin jauh ditinggalkannya dan akhirnya lenyap dari pandangan matanya.

Yo Him telah mengembara ke berbagai kota di daratan Tiong-goan. Diapun mengunjungi tempat-tempat yang indah, dimana ia telah pesiar sambil mengunjungi ahli-ahli silat ternama, untuk menghunjuk hormatnya.

Tetapi yang membuat Yo Him tidak puas hatinya, dia melihat betapa banyak sekali rakyat jelata yang hidup dalam kemelaratan. Itulah akibat yang ditinggalkan oleh peperangan, dengan demikian membuat Yo Him jadi tidak puas menyaksikan semua itu, dan dia berusaha untuk mencari kekayaan dari para hartawan jahat untuk dibagikan kepada rakyat jelata yang hidup dalam kemiskinan tersebut.

Dengan perbuatannya itu, telah membuat nama Yo Him semakin terkenal, dimana Sin-tiauw-thian-lam sangat ditakuti oleh para hartawan, tetapi sangat dimuliakan dan disanjung oleh rakyat jelata.

Dan ada satu lagi yang membuat Yo Him tidak puas. Sejak Kubilai Khan menguasai daerah Tiong-goan, yang terkenal sebagai kerajaan Boan-ciu, maka seluruh rakyat di daratan Tiong-goan telah diwajibkan mengepang rambutnya, yang dikuncir panjang.

Memang pertama kali peraturan tersebut dikeluarkan banyak rakyat Tiong-goan yang menentangnya, karena mereka tidak mau mengikuti cara menghias rambut mereka dengan cara orang-orang Boan-ciu. Namun Kubilai Khan mengeluarkan peraturannya tersebut dengan tangan besi, dimana jika terdapat orang yang tidak mematuhinya, segera ditangkap dan dihukum pancung kepala. Dengan demikian, akhirnya semua orang-orang yang semula menentang peraturan tersebut, terpaksa mereka menuruti dan mematuhinya.

Begitulah, sejak itu kebiasaan mengkuncir rambut, yang dikepang panjang, dijalin seperti tau-cang, telah menjadi kewajiban untuk setiap pria di daratan Tiong-goan.

Tetapi Yo Him sendiri tidak mau mengkepang rambutnya ia telah memakai pengikat kepala, dimana rambutnya tetap dikonde. Di samping itu, Yo Him juga telah melakukan banyak sekali perbuatan-perbuatan mulia dan di atas keadilan, sehingga nama Sin-tiauw-thian-lam Yo Him semakin terkenal saja. Terlebih lagi memang kepandaian Yo Him yang luar biasa tingginya, dan selama itu belum juga pernah menemui tandingnya.

Sampai disini selesailah kisah Sin-tiauw-thian-lam, dan untuk selanjutnya para pembaca dapat mengikuti lanjutan cerita ini dalam kisah Biruang Salju.

T A M A T

Sebagai kelanjutan dari kisah Sin-tiauw-thian-lam yang telah tamat, maka ikutilah cerita Biruang salju, dimana akan diceritakan berbagai peristiwa pengalaman Yo Him, dan jago-jago rimba persilatan dijamannya tahun-tahun pertama berkuasanya kerajaan Boan-ciu, yang menjajah daratan Tiong-goan. Disamping akan muncul banyak sekali tokoh-tokoh persilatan yang memiliki ilmu mujijat, juga di dalam kisah ini akan ditemui bermacam-macam peristiwa aneh, jenaka dan percintaan yang halus.


DONASI VIA TRAKTEER Bagi para cianpwe yang mau donasi untuk biaya operasional Cerita Silat IndoMandarin dipersilahkan klik tombol hati merah disamping :)

Posting Komentar