Pendekar Satu Jurus Bab 01-05

Baca Cersil Mandarin Online: Pendekar Satu Jurus Bab 01-10
Pendekar Satu Jurus Bab 01-05
Awan bergerak, angin menderu.

Sudah akhir tahun, cuaca di kota Po-Ting jauh lebih dingin daripada biasanya, sampai2 sungai pelindung kota yang mengitari benteng kota juga membeku menjadi selapis es yang tebal, begitu tebal lapisan es itu sehingga kereta kuda dapat berlari diatasnya.

Salju sudah berhenti, namun cuaca malam semakin menambah dinginnya bumi raya ini. Di langit tentu saja tiada bintang, apalagi bulan. Sebab itulah bumi ini terasa makin kelam, sampai salju juga kelihatan ke kelabuannya.

Didalam kota orang yang berlalu lalang tentu saja jauh berkurang daripada biasanya, kecuali tandu berlapis selimut tebal yang berisi kaum pembesar dan hartawan, siapa yang mau berkeliaran di jalanan yang dingin membeku itu. Seumpama ada beberapa buah kereta penumpang, kebanyakan juga rapat ditutup oleh tirai kain, hanya saisnya menggigil kedinginan ditempat kusir sambil berkeluh-kesah atas cuaca buruk ini.

Dalam suasana demikian pada jalanan yang menjurus ke pintu kota selatan tiba2 muncul seekor kuda tangkas berwarna hitam mulus, penunggangnya adalah seorang lelaki setengah baya dengan kumis kecil menghias bibirnya, ia memakai topi kulit yang biasanya dipakai oleh penduduk Kwan-gwa (di luar tembok besar), topi rapat dan panjang, sampai daun telinga juga tertutup.

Sebab itulah hakekatnya tak kelihatan bagaimana wajah, hanya terasa di bawah cuaca yang dingin ini dia masih tetap berduduk tegak di kudanya, seolah2 tidak menghiraukan hawa dingin yang merasuk tulang ini.

Di tepi jalan sana ada sebuah rumah makan yang tidak terlalu besar, saat itu hampir seluruh mejanya sudah dipenuhi tetamu. Ada seorang lelaki pendek kecil tapi kelihatan gesit mendadak melangkah keluar dari dalam rumah makan itu, karena ditiup angin yang kencang di luar ia menggigil kedinginan dan menggerutu.

"Uhhh, dingin!"

Dia menyurut mundur ke dalam pintu hanya kepalanya yang melongok keluar dan meludah. Waktu menengadah, kebetulan dilihatnya lelaki penunggang kuda yang aneh tadi ia berkerut kening dan diam2 berguman.

"Aneh, mengapa dia berada di sini?"

Cepat ia menarik kepala dan menyelinap masuk lagi ke dalam. Lelaki penunggang kuda tadi melarikan kudanya dengan perlahan2 seakan2 tidak melihat orang melongok tadi, ia menarik topinya sehingga mukanya tertutup lebih rapat lagi.

Bau arak yang keluar dari rumah makan itu membuat si penunggang kuda menelan air liur, tampaknya sedapatnya ia menahan hasratnya minum arak dan tetap melarikan kudanya ke depan.

Derap tapal kuda pada salju beku itu menimbulkan suara nyaring, suara khas bila barang logam berbentur. Penunggangnya gagah, kudanya bagus menimbulkan semacam rasa perkasa bagi yang memandangnya.

Akhirnya suara denting nyaring tapal kuda itu makin menjauh. Setelah membelok ke benteng Bunbio akan sampailah pintu gerbang selatan. Seorang prajurit bertombak berjaga di sudut pintu yang terhindar dari tiupan angin, melihat kuda dan penunggangnya yang gagah itu, tanpa terasa ia bergumam memuji " Hebat benar orang ini"

Setelah berada di luar kota kuda itu dilarikan agak cepat menyusuri jalan raya yang lenggang dan akhirnya berhenti di bawah suatu pohon tua. Penunggang kuda itu seperti sedang menantikan sesuatu, mukanya dingin dan kelam.

Tunggu punya tunggu yang ditunggu belum muncul wajahnya mulai terlintas perasaan gelisah, ia mempermainkan cambuk kuda, sambil bergumam " Heran, kenapa belum dating?"

Selang sejenak pula ia tidak sabar lagi kudanya hendak dilarikan tapi setelah memandang jauh ke depan, ketika dilihatnya hanya tanah datar terbentang tanpa jejak seorangpun ia berpikir sejenak dan membatalkan niatnya untuk beranjak. Malam sunyi dan mengerikan, hanya bunyi ranting pohon yang terhembus angin menerbitkan suara gemerisik, suara inilah satu2nya suara yang terdengar di tengah malam yang gelap dan dingin.

Penunggang kuda itu makin tak sabar. Ia lompat turun dari kudanya, mendekam di tanah dan menempelkan telinganya di permukaan salju, sesaat kemudian mukanya tampak berseri, ia melompat bangun, walau bunga salju menodai wajahnya ia tak perdulikan dan tidak merasa kedinginan, ia menyekanya dengan tangan.

Dikeluarkan sepotong saputangan besar dan berwarna putih, warna yang kontras dengan bajunya, saputangan digunakan untuk menutupi wajahnya, hanya kedua mata yang bersinar tajam mencorong di balik saputangan, dia mengawasi kejauhan dengan penuh perhatian.

Tak lama kemudian dari depan muncul suara derap kaki kuda, bagi jago kawakan dari suara derap kaki kuda itu dapat diketahui bahwa jumlahnya tidak hanya satu, kuda2 itu dilarikan dengan kecepatan tinggi. Derap kaki kuda kian dekat, dengan suatu gerakan yang gesit laki2 berkedok itu melompat ke atas kudanya dan menarik tali kendali ke kiri sehingga kudanya tepat mengalangi jalan raya tersebut.

Dua ekor kuda tangkas muncul dari depan ditengah udara yang dingin, uap panas mengepul di atas kepala kuda, kedua penunggang kuda itu berbaju warna hijau dan bermantel, dandanan kaum pelancong yang biasa dijumpai dan tiada sesuatu yang istimewa tapi lantaran muak mereka kelihatan cerdas dan matanya bersinar siapapun akan tahu bahwa mereka bukan orang biasa.

Dan kejauhan kedua penunggang kuda itu melihat seekor kuda-kuda yang menghalang di tengah jalan salah seorang yang berjenggot dan usianya lebih tua berkerut kening dan berkata " coba lihat agaknya di depan itulah yang dimaksudkan" logat suaranya adalah orang Holam asli. "Kurangi kecepatan kuda kita " sahut yang lain. Tapi karena sayang pada kudanya, mereka membiarkan kudanya lari sekian jauh lagi baru menarik tali kendali. Dengan begitu ketika kedua ekor kuda itu benar2 terhenti, jaraknya dengan penunggang berkedok itu sudah tak seberapa jauh lagi.



Agak berubah air muka laki2 yang berusia lebih tua itu demi melihat penunggang kuda berkedok itu, jantungnya berdebar keras, tapi sebagai seorang jago kawakan dan biasa hidup di ujung golok, ia tetap bersikap tenang. "Maaf sudilah memberi jalan lewat bagi kami" katanya dengan halus. Penunggang kuda berkedok itu membungkam tiada jawaban yang terdengar kecuali tatapan tajam dan tak berkedip, seketika suasana menjadi beku.

Kemudian mendadak orang berkedok itu terbahak2, gelak tawanya melengking nyaring, membuat bunga salju yang tertimbun di atas dahan pohon sama berguguran. Kedua penunggang tadi tertegun dengan jeri dan bingung mereka pandang orang berkedok itu. Gelak tertawa si penunggang kuda berkedok berhenti lalu dengan nada kaku dan dingin ia berkata " Bukankah kalian ini kedua saudara dari keluarga Hui yang tersohor di Holam dan Hopek sebagai ciang-kiam-bu-sek (ombak dan pedang tanpa tandingan)?" - sikap waktu berucap penuh mengandung nada ejekan dan tantangan.

Laki2 yang lebih tua itu tak menjawab, ia termenung dan baru saja mau menjawab pertanyaan itu tiba2 laki2 yang lebih muda telah menyahut " Tajam amat pandanganmu sobat besar. Aku inilah Koa-heng-kiam (si pedang melengkung) Hui Goan, sedang dia ini kakakku Kou-lian-ciang (si tombak arit) Hui Yang."

Ia tertawa dingin lalu menambahkan " Sobat, ditengah malam buta kau tunggu kedatangan kami di sini, apakah ada sesuatu petunjuk untuk kami berdua."

"Hahaha, kudengar orang bilang, Hui-jihiap bersifat terus terang, setelah bertemu sekarang terbukti nyata bahwa kabar itu memang benar." Kata penunggang kuda berkedok sambil tertawa nyaring. Begitu tertawanya berhenti segera sikapnya berubah dingin pula meski tak nampak bagaimana muka airnya dibalik saputangan tersebut tapi dari pancaran sinar matanya yang tajam, dapat dirasakan betapa seram dan mengerikan.

Ia berkata pula" Kalau begitu, rasanya akupun tak perlu menahan rahasia lagi, kedatanganku kemari tiada maksud lain kecuali ingin minta sebuah benda kalian."

"Oh, ingin minta sesuatu barang dari kami" jengek Koan-heng-kiam Hui Goan sambil tertawa dingin. "Hehehe, boleh saja asal sobat unjuk sedikit saja kemahiranmu. Ketahuilah barang kami tidak sembarangan diberikan kepada orang lain dengan begitu saja."

Jawabannya makin dan tidak sungkan2 seolah sudah tau bahwa orang bukan saja bermaksud jelek kepadanya, bahkan mempunyai rencana busuk tertentu.

Meski ucapannya itu bernada keras dan tak sungkan2, namun tidak menyebabkan berkobarnya kemarahan si penunggang kuda berkedok itu. "Bukan benda lain yang kuinginkan," demikian ia berkata sambil tertawa ditariknya ke atas sedikit sapu-tangannya yang menutupi wajahnya itu, ia melanjutkan "Aku cuma ingin mendapatkan batok kepala kalian serta mainan yang berada didalam baju kalian."

Saking gusarnya Koan-heng-kiam Hui goan berbalik tertawa keras, suaranya nyaring menggema angkasa, dari sini dapat diketahui tenaga dalamnya yang sempurna, bahkan sudah mencapai puncaknya.

"Hui-jihiap, persoalan apa yang membuat kau tertawa?' tegur orang berkedok itu sambil menatap tajam tawanya. "Huh, sudah puluhan tahun kami bersaudara dari keluarga Hui berkecimpung di dunia persilatan tapi belum pernah ada orang berani mengucapkan kata2 sepedas ini di hadapan kami. Sobat apa ynag kau andalkan sehingga berani bicara takabur kepada kami? Hehehe, memangnya kau sudah bosan hidup."

Kou-lian-ciang Hui yang lebih pendiam dan sabar tidak urung panas juga hatinya sekarang ikut membentak " Sobat tak ada gunanya banyak bicara, lebih baik kita bereskan persoalan ini dengan kungfu masing."

"Hahaha, bagus... bagus, dua bersaudara keluarga Hui memang lelaki sejati, bila siaute tak memenuhi harapanmu ini, biarlah namaku tercoret dari dunia persilatan."

Koan-heng-kiam Hui Goan mendengus " hehehe, kalau cecunguk yang beraninya menyembunyikan muka macam kaupun mempunyai nama, maka dunia persilatan ini tentu penuh sesak sebangsa 'tokoh" macam kau ini."

Sinar mata yang bengis mencorong keluar dari balik kedok orang itu tanpa mengucapkan katapun ia menjalankan kudanya perlahan2 ke tempat yang lebih sepi dijalan. Kemudian berpaling dan berkata " silahkan ikut ke sini! Tempat yang paling cocok bagi persemayaman kalian".

Ucapan ini benar2 suatu ejekan yang brutal seakan2 kedua tokoh she Hui sama sekali tiada harganya, bahkan menganggapnya sudah tiada harapan lagi untuk menangkan pertarungan mereka nanti.

Kedua bersaudara keluarga Hui bukanlah manusia sembarangan, mereka sudah lama terjun ke dunia persilatan, pengalaman cukup luas, meski gusar kedua orang itu tidak gegabah dan sembarangan turun tangan, melihat lawan begitu yakin akan mengalahkan mereka, jantung tanpa terasa berdetak keras.

Kedua orang itu saling berpandangan sekejap mereka tingkatkan kewaspadaan masing2 kudapun dijalankan perlahan mengikut di belakang musuh. Suasana sunyi senyap, masing2 tak dapat melihat perubahan wajah lawannya, udara sangat dingin, membuat ketiga ekor kuda itu gelisah dan mendepak2kan kakinya sambil meringkik perlahan.

Dengan suatu gerakan orang itu memang hebat sebab siapapun tak dapat melihat jelas dengan gerakan apakah orang itu melayang turun dari pelana kudanya, tampaknya orang itu masih duduk di punggung kudanya, tapi dalam sekejap sudah berdiri di tanah. Tiba2 Kou-lian-ciang berkata.

"Sobat, kepandaianmu memang hebat, selama puluhan tahun kami berkecimpung di dunia persilatan belum pernah menjumpai orang sehebat engkau, dari sini dapat diketahui sobat pasti jago kenamaan. Ya, kalau sobat sudah tahu tentang barang yang kami kawal sekarang, tentunya kaupun tahu asal-usul benda tersebut, maka aku orang she Hui sungguh berani memikul tanggung jawabnya. Bila sobat menghargai kami, sebutlah namamu, selama gunung masih hijau dan air tetap mengalir, di kemudian hari aku orang she Hui pasti akan membalas kebaikan sobat!"

Dari nada ucapannya dengan jelas menunjukkan bahwa ia merasa jeri terhadap lawannya, ini bukan berarti ia adalah seorang laki2 lemah atau pengecut, sebab siapakah di dunia ini yang bersedia mempertaruhkan jiwanya untuk bertanding dengan seseorang tanpa alasan yang jelas apalagi menurut peraturan dunia persilatan sebelum pertarungan berlangsung kedua pihak harus menyebutkan namanya.



Tapi orang berkedok itu seakan2 tidak mengerti peraturan segala, kedua kakinya berdiri dalam gaya seperti "T" dan mirip "V", tegak dan kuat tampaknya dan tak tergoyahkan. Sikapnya yang congkak itu seketika membuat Koan-heng-kiam Hui goan yang dasarnya berwatak berangasan menjadi habis sabarnya, ia membentak keras: "Toako, apa gunanya kita banyak omong dengan bangsa cecunguk macam dia."

Dengan cepat ia loncat turun dari kudanya lalu mengulapkan tangannya kuda itu perlahan lantas menyingkir ke samping dan berdiri dengan tenangnya di sana, dari sini dapat ditarik kesimpulan bahwa kuda itu sudah terlatih. Diam2 Kou-cian-liang Hui yang menghela napas panjang, ia sadar keselamatan segenap keluarga bergantung dari hasil pertarungan ini bila beruntung pertarungan ini dapat menang, siapa nama lawannya saja tak diketahui, sebaliknya bila kalah, maka nyawa mereka berdua akan terkubur di jalan raya Po-ting ini.

Peristiwa ini tidak adil, tapi tiada pilihan lain bagi mereka, tentu saja dengan kedudukan dan nama baik Hu-si-siang-kiat, mereka tak dapat melarikan diri dengan begitu saja, apalagi juga belum tentu mereka bisa lolos. Akhirnya iapun turun dari kudanya, mereka bertiga berdiri dalam posisi segi tiga masing2 siap siaga, siapapun tak berani lengah dan gegabah.

Selama pengembaraan di dunia persilatan, Hui yang selalu bertindak waspada dan hati2 dalam keadaan seperti ini tentu saja ia tak mau turun tangan lebih dahulu, pula diam2 mereka berdua telah ada sepakat, mereka takkan memperdulikan soal tata cara dan peraturan persilatan lagi, sekali pihak lawan turun tangan serentak mereka akan mengerubutinya bersama. Orang berkedok itu mengerling sekejap, lalu tertawa dingin ujarnya: "Kukira lebih baik kalian maju bersama saja daripada aku repot menyelesaikan kalian satu demi satu."

"Tentu saja kami maju bersama" sahut Koan-heng-Kiam Hui goan sambil tertawa dingin: "Kami tak akan bicara soal peraturan persilatan dengan kaum cecunguk macam kau, sebab kau tak pantas untuk itu"

" Hahaha! Bagus! Bagus! Aku memang tak pantas" seru orang itu sambil tertawa latah berbareng ia melayang maju dan menyerang Hui Goan. Dengan cekatan Hui Goan menyingkir ke samping, siapa tahu mendadak orang berkedok itu memutar tubuh dan berganti arah sekarang yang diserang adalah Hui Yang. Kecepatan dan kegesitannya sangat mengagumkan dari sini dapat dinilai tinggi-rendahnya kungfu seseorang.

Hui Yang tak malu sebagai jagoan terkemuka daerah utara, ia mengegos ke samping dengan gerakan To cay jit seng poh (ilmu langkah tujuh bintang) enteng seperti mega melayang diangkasa ia bergerak ke samping sekali berputar tahu2 tombak berkepala sabit sudah dilolos keluar. Dalam keadaan itu, Hui Goan juga telah meloloskan senjata andalannya cahaya tajam berkilau ia tebas punggung orang berkedok itu dengan jurus Lek pi hoa gak (menggugur bukit Hoa).

Orang berkedok itu tertawa dingin dia menggeser dengan cepat, tebasan Hui Goan mengenai tempat kosong, berbareng jari orang itupun balas menutuk satu dua gerakan sungguh lihai dan mengejutkan. Hui Yang mengangkat tombaknya dan diputar, mendadak ia menusuk Siau yau Hiat di bawah pinggang lawannya. Diam2 orang berkedok itu mengangguk memuji ketangkasan Hui Yang.

Ia tak berani memandang enteng musuhnya lagi sambil berpekik nyaring telapak tangannya bergerak, sebentar menyerang dengan telapak tangan sebentar lagi serangan kepalan dan berubah pula serangan cengkeraman dari Lo han kun Siaulimpay berubah menjadi Kim na jitu Hoat (Ilmu cengkeraman) dan Gong jiu ji pek jim (merebut senjata dengan tangan kosong) dari Bu-tong serta pukulan Sin ho ciang dari Go-bi-pay serentak dimainkan dengan gencarnya.

Beberapa jurus serangan itu memang sering terlihat di dunia persilatan, akan tetapi belum pernah ada orang yang mampu mainkan gabungan beberapa macam jurus serangan tersebut. Tapi sekarang bukan saja orang berkedok itu dapat melebur beberapa macam kungfu itu menjadi satu, bahkan dikombinasikan secara jitu dan hebat. Hal ini membuat Hui bersaudara terkejut, mereka bukannya menarik keuntungan tapi mereka merasa kewalahan.

Angin serangan menderu2 tiap pukulan orang berkedok itu sama tertuju pada bagian2 tubuh yang mematikan, bukan saja ketepatannya mengarah Hiat to dalam kegelapan sangat mengagumkan malah ketepatan menggunakan peluang serta luasnya pengalaman menghadapi serangan musuh boleh dibilang sangat mengagumkan.

"Siapa gerangan orang ini? Kenapa tak pernah dengar di dunia persilatan terdapat orang jagoan begini hebat" demikian pikir Hui Yang. Padahal Hui Yang cukup tersohor namanya. Pergaulannya sangat luas dan sahabatnya di dunia persilatan amat banyak. Boleh dibilang sebagian besar tokoh terkenal pada jaman ini dikenalnya namun sebab itulah puluhan tahun mereka mengusahakan perusahaan ekspedisi "Hengte Piau Kiok" tak sekalipun mengalami kegagalan. Tapi sekarang, kendati Hui Yang telah peras otak tak dapat menebak asal usul orang berkedok ini.

Bila ditinjau dari logat bicaranya mestinya orang ini berasal dari wilayah Hopak, akan tetapi bila ditilik dari gerak tubuhnya, ternyata ia menggunakan beberapa macam kungfu khas dari beberapa perguruan ternama. Walaupun diam2 mereka masih berusaha meraba identitas lawannya, namun gerakan mereka tidak menjadi kendur, tapi meski mereka telah bekerja sama dan menyerang dengan sepenuh tenaga, tatap juga tidak berhasil dapat menahan serangan musuh. Padahal dari usia dan kungfu orang seharusnya sudah lama namanya termasyhur di dunia persilatan. Tap Hui bersaudara toh tetap tak dapat mengetahui siapa dia ini benar2 sangat aneh.

Malam semakin kelam angin kembali berhembus, bunga salju berhamburan ketiga ekor itu menggigil kedinginan, namun tidak menyingkir pergi. Ketika bunga salju berjatuhan di sekitar arena pertarungan terdampar oleh tenaga serangan mereka bunga salju bertebaran lebih jauh. Hui Goan dengan senjata yang panjangnya tak sampai tiga kaki itu menyerang dengan gencar kebagian yang mematikan.

"Satu inci lebih pendek satu inci lebih berbahaya" demikian menurut ajaran kitab perang mengenai senjata. Apalagi pada waktu itu Hui Goan diliputi kegusaran yang memuncak hampir semua serangan yang digunakan adalah jurus2 adu jiwa. Meski orang berkedok itu sudah di atas angin namun dalam waktu singkat ia pun tak mampu melukai lawannya, ia mulai gelisah dan tak sabar mendadak ia bersiul nyaring dan melambung ke atas.



Selagi Hui bersaudara terkejut orang itu sudah ganti posisinya di udara, dengan kepala di bawah dan kakinya di atas, kedua telapak tangannya membawa deru angin pukulan yang dahsyat segera menebas batok kepala Hui Goan. Digunakan jurus serangan ini serta merta membuat Hui Goan kaget: "Oh rupanya kau." Cepat Hui Goan angkat senjatanya menusuk dari bawah ke atas dengan jurus Pah Ong ki teng (raja lalim mengangkat wajan) berbareng tubuhnya berputar cepat ke samping. Siapa tahu orang itu mendadak menekuk pinggang sambil melambung beberapa kaki lebih ke atas, kaki kirinya mendepak ke bawah dan tepat mengenai punggung Hui Yang.

Perubahan serangan ini sama sekali di luar dugaan, betapa dahsyatnya tenaga injaknya tersebut Hui Yang menjerit sebelum darah tumpah keluar nyawanya sudah keburu melayang. Sementara orang-orang berkedok itu telah melayang turun dengan gerakan yang indah. Merah membara Hui Goan teriaknya: "Ada permusuhan antara kami denganmu! Mengapa kau turun tangan sekeji ini?' seperti benteng ketaton ia terjang mush dengan kalap. Orang berkedok itu tertawa dingin salah seorang lawan sudah binasa, kemenangannya sudah jelas di tangannya kendatipun Hui Goan menyerang dengan kalap namun dengan kungfu lebih setingkat ia dapat patahkan setiap serangan itu dengan mudah.

Bertempur dengan secara kalap seperti Hui Goan itu jelas sangat makan tenaga, tidak sampai belasan gebrak, napasnya mulai tersengal dan tenagapun melemah. Orang itu berdiri dengan tenangnya tiba rentangkan tangannya hingga terbukalah bagian dadanya bila Hui Goan berkepala dingin pasti akan curiga mengapa tiba2 pihak lawan membuka kesempatan baginya. Sayang benak Hui Goan sedang dipenuhi perasaan dendam, ia tak sempat berpikir sampai di situ begitu dada musuh terbuka, segera ia menyerang dan menusuk dada lawan. Sambil tertawa terbahak2 orang itu tarik napas panjang sehingga dadanya menyurut beberapa inci ke dalam dengan kesempurnaan tenaga dalamnya ini mak tusukan pedang Hui Goan tak dapat mencapai sasaran.

Begitu serangan mengenai tempat kosong semangat jago berpengalaman Hui Goan sadar gelagat tak menguntungkan cepat ia melejit ke belakang tapi pada saat itu orang berkedok itu mendadak maju ia tak memberi kesempatan baik pihak lawan kedua telapak tangannya terangkat lurus dan menghantam kedua bahu Hui Goan. "Duk, Duk" dengan pukulan yang maha dahsyat itu seketika tulang pundak Hui Goan hancur lalu menjerit kedua kakinya terpaku setengah meter kedalam permukaan salju tentu saja jiwanya melayang ke akhirat.

Salju masih turun dengan hebatnya, suasana sunyi kembali, permukaan salju yang putih terkapar sosok mayat Hui bersaudara. Kedua ekor kuda mereka yang berada di samping sana meringkik panjang dan lari pergi seakan2 tahu bahwa majikannya telah tiada, mungkin juga karena tak tahan oleh hawa dingin. Lama sekali orang berkedok itu berdiri, tegak di situ sinar matanya mencorong tajam akhirnya ia menghampiri jenazah Hui Yang, perlahan ia menggeledah bajunya, namun tiada sesuatu yang didapatnya kemudian menggeledah pula baju Hui Goan tiba2 ia kegirangan ia mengambil sebuah benda dari saku mayat itu dan disimpannya dengan hati2 ke dalam baju sendiri. Kemudian ia bersihkan bunga salju di tubuhnya, sekali lagi ia memeriksa sekitarnya tempat itu, setelah yakin tak ada seorangpun ia mencemplak ke atas kuda dan berlalu dari sana.

Hui Siang kiat telah mati, "Pek Giok ciam cu" (katak kemala hijau) pusaka yang mereka bawa ikut lenyap, berita itu dengan cepatnya tersiar ke dunia persilatan. Tapi siapakah pembunuh kedua orang gagah dari keluarga Hui itu? Tak seorangpun yang tahu.

Hati orang mulai tak tenang setiap orang persilatan merasa kuatir dan gelisah sebab mereka cukup tahu sampai dimanakah kelihayan kedua orang bersaudara dari keluarga Hui, tapi sekarang pembunuh tersebut dapat membinasakan kedua jago terkenal di daerah Holam dan Hopak ini, bisa dibayangkan sampai dimana kesaktian di pembunuh. Sejak itulah tiap perusahaan Piaukiok mulai meningkatkan kewaspadaannya tapi oleh karena persaingan usaha pengawalan barang di masa itu siapapun tak sudi melakukan kerja-sama dengan perusahaan yang lain, mereka sudi membagi kekuatan mereka bagi kepentingan Piaukiok.

Tak sampai tiga empat bulan tujuh belas Cong-piauthau (pemimpin umum) dari enam belas orang perusahaan Piaukiok di kedua propinsi itu ada tiga orang diantaranya telah tewas menjadi korban orang berkedok yang misterius itu. Diantara tiga belas orang tokoh persilatan itu ada yang terbunuh ditengah jalan ketika sedang mengawal barang, ada pula yang mati dirumah, lebih dulu mereka dipancing keluar rumah kediamannya lalu dibunuh secara keji.

Selama beraksi, orang berkedok itu selalu kerja sendirian tidak membawa pembantu juga tidak membawa senjata, tapi tak seorangpun yang dapat lolos dari cengkeramannya dalam keadaan hidup. Sejak itulah bukan saja dunia persilatan di daerah Holam dan Hopak dibikin gempar, bahkan seluruh daratan Tionggoan ikut merasakan gelombang pergolakan itu. Setiap umat persilatan mulai menebak dan menduga2 asal-usul orang berkedok itu tapi saying tak seorangpun diantara yang hidup di dunia sempat melihat wajah asli orang misterius ini.

Dengan tewasnya Cong-piathau perusahaan ekspedisipun bagaikan naga kehilangan kepala, tentu saja tak seorangpun berani bertanggung jawab otomatis perusahaan tutup. Dari empat Piaukiok yang masih tersisa, kedua Cong-piautau dari Hong Wan piaukiok yang berada di wilayah Hopak yakni Pat Kwa to (Golok Pat Kwa) Li Piau dan Gin Piam ( Ruyung Perak) Suto Beng karena sudah lanjut usia dan lagi kungfunya rendah, lekas2 menyatakan cuci tangan dan tidak melakukan pekerjaan itu lagi, dengan memboyong sanak keluarganya mereka mengasingkan diri.

Maka di wilayah Hopak dan Holam yang begitu luas kini tinggal dua perusahaan besar saja yang masih beroperasi yang satu adalah Hiong hong Piaukiok yang berkedudukan di Holam sedangkan yang lain Hui liong Piaukiok yang berdomisili di Hopak. Cong Piautau dari Hiong hong Piaukiok Tiong ciu it kiam (pedang sakti dari Tiong ciu) Auw Yang Pengci usianya mendekati tujuh puluhan ibarat jahe, makin tua semakin pedas, ilmu pedangnya dari Tiam Cong Pay yang dipelajarinya selama berpuluh tahun jadi semakin lihay.

Walaupun pada saat itu suasana bagi perusahaan pengawalan terancam bahaya, namun kakek berwatak keras ini justru sesumbar ingin beradu kepandaian dengan manusia berkedok itu. Cong piautau dari Hui Liong Piaukiok lebih ternama lagi ketika pertama kali terjun di dunia Kangouw, Liong Heng pat ciang (delapan jurus telapak tangan gaya naga) Tham Beng baru berumur likuran tapi telapak tangannya telah menjagoi dunia persilatan.



Meski kungfunya lihay, ia tak pernah menyusahkan orang, setiap pertarungan selalu diakhiri dengan seri saja, namun setiap orang persilatan cukup tajam pandangannya dan dapat menilai tentu saja rasa kagum mereka terhadap jago muda inipun makin besar, selama puluhan tahun Liong Heng pat ciang Tham Beng selalu dianggap sebagai tokoh yang paling menonjol di daerah Holam dari Hopak.

Walaupun begitu orang persilatan te tap tak tahu sampai tarap bagaimanakah kungfu tokoh ini bahkan Tiong ciu it kiam dengan wataknya yang enggan tunduk kepada siapapun segera akan mengacungkan jempolnya bila menyinggung tentang Tham Beng. Sejak tiga belas perusahaan Ekspedisi di wilayah Holam dan Hopak tertimpa musibah, Liong heng ciang lantas menampilkan diri dan melakukan suatu tindakan yang mulia dan bijaksana ia telah mengumpulkan anak2 piatu keturunan dari tiga belas Congpiatau yang tewas itu dan memelihara mereka di rumahnya.

Perlu diketahui jago persilatan itu orang2 yang royal dan suka menolong kaum lemah dengan harta mereka, uang yang didapatkan tiap harinya seringkali lantas ludes pula setelah berada ditangan. Dalam keadaan begitu sudah tentu mereka tak punya tabungan apalagi harta peninggalan. Dengan sendirinya kehidupan anak yatim yang masih kecil betul2 patut dikasihani. Dengan demikian tindakan Liong Heng Pat Ciang Tham Beng itu boleh dibilang suatu tindakan yang sangat mulia serta merta semua jago persilatan yang berada di kedua propinsi it tambah kagum dan tunduk padanya.

Meski begitu, Liong heng Pat ciang tak pernah menampilkan rasa sombong atau tinggi, selama tiga bulan terakhir seringkali ia jatuh sakit dan tak banyak melakukan pekerjaannya, terhadap keganasan manusia berkedok yang misterius itu iapun tak pernah memberi komentar apa2. tiap kali ada orang menyinggung tentang masalah itu ia hanya tersenyum saja tanpa bicara.

Maka semua orang semakin menaruh kepercayaan terhadap kelihaian ilmu silatnya. Semua orang berharap agar ia dapat menumpas orang berkedok itu. Disinilah keuntungan bagi mereka yang pendiam sebab tidak berbicara justeru sering memberikan hasil yang lebih besar daripada banyak bicara.

Musim dingin telah lalu, musim panas telah tiba kota Peking telah pulih kembali dengan kehidupan yang biasa, warung the di depan pintu gerbang tiba2 kedatangan dua orang. Begitu dua orang itu masuk ke dalam warung the, sembilan dari sepuluh orang yang berada di situ segera berbangkit dan beri hormat. Salah seorang kedua orang itu berusia 70-an tapi mukanya kelihatan segar dan merah membawa dua bola baja hingga berbunyi tiada hentinya langkahnya lebar dan tangkas.

Yang lebih muda berusia 30-an mata tajam, hidung elang, mulut lebar tampang kereng. Orang inilah dihormati tetamu di warung the tersebut. Mereka tak kenal asal usul orang muda ini lalu dalam hati bertanya: "Siapa gerangan orang". Akan tetapi setelah menyaksikan kegagahan dan wibawa terpancar dari orang tersebut diam2 mereka merasa kagum.

Kakek itu memilih tempat duduk dekat jendela, sambil duduk ia berkata kepada laki-laki kekar dan lebih muda itu: "Kota Peking memang serba menarik, manusianya ramah pemandangan indah. Hari ini aku si tua betul2 merasa terbuka matanya."

Suara kakek itu nyaring seperti genta dengan logat Kui Ciu. Mendengar ucapan tersebut laki2 muda sambil tersenyum menjawab: "Auyang Locianpwe beristirahat dulu nanti Wanpwe menemani engkau berpesiar lagi ke tempat lain."

"Hahaha, Tham Lote, jangan sebut aku, Locianpwe bisa jadi aku si tua akan mati kaku." - meski di luar berkata begitu tak urung dia gembira juga mendengarnya. Laki2 muda itu kembali tersenyum: "Wanpwe sangat menyesal harus merepotkan locianpwe dating kemari dari tempat jauh, sepantasnya Wanpwe yang harus berkunjung padamu..."

"Apa salahnya aku datang kemari lebih dulu. Aku kan bisa sekalian pesiar kemari? Meskipun selama beberapa bulan ini keparat itu telah mengacau-balaukan wilayah ini, sebenarnya tidak perlu ku datang ke sini jauh2 dari Holam."

Semua tamu dalam warung teh itu sama pasang telinga mendengarkan pembicaraan itu, bagi mereka yang tahu seluk beluk dunia persilatan segera dapat menebak bahwa kakek itu adalah Cong piautau dari Holam Tiong ciu it kiam Auyang Pengci adanya.

"Tapi dia kan jago di wilayah Holam? Kenapa logatnya seperti orang Kui ciu?" demikian pikir mereka dengan keheranan " Jangan2 bukan dia." Padahal kakek itu memang betul si pedang sakti dari Tiong Ciu Auyang Pengci sejak kecil ia memang hidup di wilayah Hun-lam, kemudian belajar di perguruan Tiam Cong setelah dewasa baru pindah ke wilayah Holam, otomatis logat bicaranya masih berbau tempat asalnya. Dan siapa laki2 muda yang lain? Dia adalah Liong Heng Pat Ciang Tham Beng yang termasyhur itu.

Adapun kedatangan Auyang pengci ke kotaraja ini adalah untuk mengajak Tham Beng bersama2 membicarakan tindakan pencegahan terhadap keganasan manusia berkedok misterius itu, hanya karena wataknya meski demikian tujuannya, ia tak mau mengakui begitu saja malahan ngotot mengatakan ingin pesiar saja. Kedua orang sudah lama kenal nama, Liong heng pat ciang sebagai tuan rumah segera menemani Auyang Peng-ci yang sudah tua itu pesiar ke tempat2 terkenal di kotaraja itu.

Auyang Peng ci memang luar biasa meski sudah berpesiar dua hari ia masih belum puas.

Tapi pada malam hari kedua orang berkedok yang misterius telah berkunjung ke Hui-liong-piau-kiok.

Bagaimanapun juga Auyang Pengci sudah tua setelah berpesiar siang harinya malam itu pula ia tertidur pulas. Meski begitu sebagai seorang jago kawakan yang sudah berpengalaman, tentu saja ia berbeda jauh dengan manusia biasa, ketika di atap rumah terdengar suara langkah kaki pejalan malam seketika ia bangun.

Dengan suatu gerakan cepat ia mengenakan pakaian, latihannya selama puluhan tahun membuat ia dapat menyelesaikan persiapan dalam waktu yang singkat lalu diam2 ia membuka jendela. Meski heran dan tak tahu jago dari manakah yang begitu berani mencari gara2 ke Hui liong Piaukiok akan tetapi dengan wataknya yang keras kakek itu tak mau berpeluk tangan setelah mengetahui kejadian tersebut. Dengan kegesitan seperti seekor kucing, ia melompat keluar jendela dan menengok sekeliling tempat itu, benar juga sesosok bayangan ditemukan berada di atas atap tembok.



Ia tidak membawa pedangnya disinilah letak ketelitiannya seorang jago tersohor selama puluhan tahun sudah tentu setiap tindak tanduk sangat cermat. Segera ia merayap ke atap rumah, didengarnya Ya Heng Jin (orang berjalan malam) itu mendengus lalu dengan kecepatan luar biasa melayang ke belakang rumah. Tanpa berpikir panjang kakek itu mengejar sambil berlari diam2 ia menertawai Tham Beng pikirnya: "Bagaimanapun bocah itu masih muda, masa tidur seperti babi mampus, sampai ada orang berkunjung saja tak diketahuinya."

Halaman itu tetap dalam kesunyian, selang beberapa waktu seorang anak laki2 berlari keluar dan kencing di sudut pekarangan ketika secara tiba2 ia melihat kelebatan bayangan manusia ia terperanjat sehingga air kencingnya hampir tercecer di celananya. Tapi bocah itu punya nyali lebih besar dari anak biasa tanpa menimbulkan suara dia bersembunyi di sudut tembok, dilihatnya sesosok bayangan dengan kecepatan luar biasa menyelinap masuk ke dalam rumah. Meski bocah itu belum dewasa tapi cerdas dan punya daya tangkap yang tajam, apalagi sejak sudah belajar silat, hanya tidak mendapat didikan dari guru yang pandai, kelebatan bayangan itu seperti Tham Beng.

"Aneh, kenapa malam2 begini paman Tham Beng baru pulang?" demikian dia berpikir dengan keheranan. Tapi bayangan tadi dengan melayang keluar rumah lagi ke atas atap rumah, kecepatannya luar biasa sehingga tak terlihat jelas siapa dia? Bocah itu mulai sangsi dengan pendapatnya semula, ia berpikir: "Ah, mungkin orang itu bukan paman Tham Beng, kalau dia, kenapa baru pulang lantas pergi lagi?"

Anak itu kebelet kencing, maka tengah malam terjaga bangun, rasa mengantuk membuat matanya jadi sepat, bocah itu tak berpikir panjang lagi, ia kembali ke kamarnya dan tidur pula. Keesokan harinya ketika fajar baru menyingsing, kota Peking telah dibuat gempar oleh peristiwa besar.

Kiranya si Pedang dari Tiong Ciu Auyang Pengci yang datang dari Holam telah ditemukan tewas di luar kota, tulang iganya terhajar telak hingga dadanya remuk. Walaupun kakek itu tewas namun dengan kesaktiannya menjelang kematiannya ia berhasil pula melenyapkan bencana bagi dunia persilatan ternyata lawannya juga berhasil dihantam batok kepalanya hingga hancur dan tewas. Musuh lihay ini tak lain adalah manusia berkedok misterius itu.

Ini dapat dilihat dari dandanannya serta potongan tubuhnya, meski mukanya sudah hancur tak keruan tapi masih dapat dilihat bahwa dia inilah orang berkedok itu, sayang raut wajahnya hancur dan sukar dikenal identitasnya. Manusia berkedok itu sudah tewas, namun asal usulnya tetap merupakan teka teki bagi umat persilatan, selamanya tak seorangpun yang tahu siapa gerangan orang tersebut. Tewasnya Tiong ciu it kiam membuat Tham Beng amat menyesal dan tiada habisnya menyalahkan dirinya sendiri. Ia telah melakukan upacara penguburan yang megah bagi kakek dan orang dari berbagai tokoh dunia persilatan ikut juga menghadirinya. Selama hidupnya Tiong ciu it kiam membujang tak punya anak cucu maka Tham Beng memakai pakaian berkabung sebagai puteranya.

Meski Auyang Pengci telah mati tapi nama besarnya lebih besar sebelum dia hidup dulu serta keluhuran budi dan kebesarannya mendapat pujian dari orang banyak. Dengan demikian kedudukan Liong heng patciang Tham Beng meningkat tinggi di dunia persilatan usaha pengawalannya terbentang luas dari wilayah utara sampai ke selatan tidak ada orang yang berani mengganggu. Bahkan jika terjadi pertikaian di dunia persilatan begitu datang Hui Liong atau panji naga terbang maka persoalan akan terselesaikan. Begitu jadi di dunia persilatan di wilayah Holam dan Hopak ada 14 orang yang menjadi korban keganasan orang berkedok misterius itu. Ke 14 orang itu semuanya pemimpin Piaukiok, orang berkedok itu seolah2 cuma memusuhi orang Piaukiok saja, sebab orang di luar Piaukiok tiada yang diganggu.

Anak2 keturunan para Piauthau yang tewas baik laki2 atau perempuan dipelihara oleh Liong heng pat ciang Tham Beng bukan saja dijamin hidupnya bahkan diberi pelajaran silat. Kebesaran jiwa dan kesetiaan kawan yang diperlihatkan Tham Beng ini semakin mendapat pujian pelbagai lapisan masyarakat.

Waktu berlalu dengan cepatnya, beberapa tahun sudah lewat tanpa terasa. Peristiwa besar yang terjadi beberapa tahun yang lalu itu dilupakan orang. Manusia berkedok yang misterius dan ganas itupun telah tewas dan tak pernah disinggung orang lagi. Bahkan Tiong ciu it kiam yang pernah termashur itu mulai dilupakan orang. Hanya seorang saja yang bintangnya makin cemerlang, kedudukannya makin lama makin tinggi dan terhormat, dialah Liong heng pat ciang Tham Beng.

Ibarat surya bercahaya di tengah langit bukan saja Hui liong Piaukiok telah menguasai seluruh wilayah Hopak dan Holam bahkan sampai ke daerah kanglam, di Say Gwa diluar tempat besarpun terdapat kantor2 cabang. Belum ada di dunia persilatan terdapat perusahaan pengawalan barang tersohor dan kuat yang tersebar luas seperti Hui liong piaukiok.

Tham Beng sendiri jarang keluar mengawal barang sebag pekerjaan tersebut tak perlu penampilannya lagi, maka sepanjang hari dia hanya menganggur hidup senang. Sementara itu anak keturunan para piautau yang dibunuh manusia berkedok dahulu telah meningkat dewasa, yang paling kecilpun berusia tiga belas tahun, kadangkala bial ada waktu senggang Tham Beng suka mengajarkan ilmu silatnya kepada mereka.

Ketika itu putri tunggal Tham Beng sendiri sudah berusia lima belas tahun, Tham Beng sudah berusia setengah baya, terhadap segala macam kejadian dunia persilatan tampaknya sudah tidak terlalu menarik, meski begitu bial di dunia persilatan terjadi pertikaian yang tak dapat diselesaikan dari jauh orangpun masih berdatangan untuk memohon bantuannya.

Dari angkatan muda dunia persilatan juga muncul jago2 lihay yang tidak sedikit, tapi bicara soal ilmu silat dan nama besar tak seorangpun dapat menandingi Tham Beng. Sementara keturunan para piautau yang terbunuh dulu entah disebabkan bakat mereka yang jelek atau mereka yang berhasil menguasai sepersepuluh bagian kepandaian Tham Beng yang pernah diajarkan kepada mereka.

Musim semi kembali tiba, tahun ini adalah musim semi ke enam sejak kematian Tiong ciu it kiam. Fajar baru menyingsing tapi pagi2 sekali dalam kompleks sudah ada orang berlatih silat di lapangan kompleks perumahan Hui Liong Piaukiok. Orang2 itu adalah seorang anak muda yang berusia 15-16 tahunan, alis matanya panjang lentik, matanya bersinar tajam, walaupun perawakannya tidak tinggi tapi pertumbuhannya boleh dibilang normal sekilas pandang pemuda itu boleh diberi predikat "tampan".



Pemuda itu berdiri dengan kuda2 yang kuat, baik pukulan maupun tendangannya semuanya dapat dilakukan dengan penggunaan tenaga yang tepat, permainan jurus pukulan pun tidak kacau Cuma sayang serangkaian ilmu pukulan itu hanya Tay ang kun yang sangat umum di dunia persilatan.

Jurus pukulan Tay ang kun ini kaku dan lamban, hanya boleh digunakan sebagai senam utk menyehatkan badan, namun tak bisa dipakai untuk membela diri, apalagi untuk menyerang musuh, kendati begitu anak muda itu tetap berlatih dengan tekun dan bersungguh2. ketika serangkaian pukulan itu selesai dilatih, peluh membasahi jidatnya dari sini semakin jelas terlihat bahwa bocah itu sama sekali tidak memiliki dasar tenaga dalam.

Ia tarik napas beberapa kali lalu berjalan perlahan mengitari tembok perkarangan, meskipun wajahnya mencerminkan kecerdikan otaknya tapi tampak sayu dan murung. Pemuda itu tak adalah putera tunggal Kou lian ciang Hui Yang, salah seorang Ciang kiam sian kiat yang mati terbunuh oleh orang berkedok. Anak ini bernama Hui Giok, selama beberapa tahun belakangan ini setiap hari dia selalu berlatih silat dengan tekun dan rajin, akan tetapi walaupun ia berlatih sedemikian giatnya, hakikatnya tiada kemajuan apapun yang berhasil dicapainya jangankan lawan tangguh seorang pesuruh Hui Liong Piaukiok saja tak dapat dikalahkannya.

Anak ini menjadi putus asa, diam2 ia benci kebodohannya sendiri, tiap kali Tham Beng memberi pelajaran dia selalu memperhatikan dengan seksama dan melatihnya dengan bersungguh2 tapi hasilnya tetap nihil. Seringkali Tham Beng mengatakan mereka terlalu bodoh, bila berlatih cara begitu, sampai tuapun takkan berhasil. Sejak itu ia mulai merasa sangsi mulai curiga jangan2 paman Tham Beng tidak bersungguh2 mengajarkan ilmunya namun sikap Tham Beng terhadap mereka selama ini ramah dan baik apapun ia tidak berani menaruh curiga lebih jauh terhadap tuan penolong itu.

Ada sesuatu yang aneh, yakni setiap kali para Piausu berlatih, Tham Beng selalu melarang mereka menonton, alasannya kuatir mengacaukan pikiran mereka. Hui Giok berwatak keras, ia tak mau melakukan sesuatu yang tidak dikehendaki orang lain, tapi ilmu silat menimbulkan daya pikat yang terlalu besar baginya sebab itulah tiap hari ia murung dan kesal lama kelamaan melenyapkan kecerdikannya serta kelincahannya.

Tiap pagi sebelum fajar menyingsing ia selalu bangun untuk berlatih silat, sebenarnya ada sembilan anak yang berada bersama dia, mereka semuanya adalah keturunan para piautau yang terbunuh dahulu tapi Tham Beng memisahkan mereka, ada yang dikirim ke wilayah Holam ada ang dikirim ke Kanglam katanya mereka akan digembleng di sana hanya Hui Giok dan seorang anak perempuan terkecil saja yang tetap berdiam dikompleks perusahaan di dalam kota Peking. Anak perempuan itu bernama Wan Lu Tin keturunan Toan Hun Piau (Piau pemutus nyawa) Wan it Liang meski usianya masih kecil, tapi sangat pintar sepasang matanya yang besar berkilat2 kesana kemari seakan2 dapat melihat isi pikiranmu.

Hui Giok sangat menyukainya sering kali mereka berjalan dan keluar rumah kompleks perumahan bila pikiran kesal. Ia pun sering mengajak dia bercakap2 padahal usia mereka masih muda untuk murung sebenarnya masih terlampau pagi. Isteri Hui Yang menghembuskan napas terakhirnya ketika melahirkan Hui Giok sejak kecil bocah itu sebatang kara dan sekarangpun mondok di rumah orang lain, dasar jiwanya angkuh dan tinggi hati, dia ingin sekali bisa hidup berdikari.

Tapi ia tidak mempunyai kemahiran apa2 sama sekali tak tahu cara bagaimana hidup berdikari apalagi seringkali Tham Beng menghiburnya dan suruh dia tinggal saja baik2 di rumahnya. Masih ada satu hal yang merupakan rahasia dirinya, rahasia ini berhubungan dengan Tham Ben putri kesayangan Tham beng tapi rahasia ini selalu dipendamnya dilubuk hati bahkan sering ia berusaha mengendalikan diri agar tidak memikirkannya, tapi jiwa manusia memang aneh, sesuatu yang makin ditekan makin mudah pula meledak.

Ia mengitari tembok pekarangan hari telah terang dan akhirnya ia berhenti, dengan termangu2 ditatapnya sang surya yang baru mengintip di ufuk timur, entah apa yang sedang dipikirnya pada saat itu? Tiba2 meluncur sebiji batu dan telak mengenai kepalanya dengan terkejut anak muda itu berpaling, tertampak seorang anak dara dengan baju sutera warna ungu berdiri sambil bersandar di rak senjata dan lagi tersenyum geli ke arahnya.

Tenaga sambitan batu itu tidak terlampau keras, namun membuat kepalanya kesakitan. "Pantas ayah bilang kau ini bodoh" demikian anak dara itu berseru sambil tersenyum " Coba lihat sekian lama belajar kungfu tapi kenyataannya kau sama sekali tak merasakan ada orang yang menyergapmu dari belakang, untung Cuma batu, coba kalau Am gi (senjata rahasia) niscaya kepalamu akan berbunga." Nona cantik ini adalah puteri kesayangan Tham beng bukan saja rupawan suaranya merdu dan senyumnya laksana sekuntum bunga yang sedang mekar apalagi lesung pipitnya membuat nona itu semakin cantik.

Hui Giok tertawa, sudah terlampau sering mendengar ucapan semacam itu dan lama kelamaan kata2 semacam itu jadi terbiasa baginya, setiap orang yang berada dalam Hui Liong Piaukiok mengatakan ia bodoh dan ia sendiripun mulai merasa bahwa dirinya memang bodoh, karenanya ia jarang berbicara sebab ia tahu bila banyak bicara ia akan semakin bodoh.

Dengan langkah yang lemah gemulai Tham Bun-ki menghampiri anak muda itu, kedua matanya yang besar berkedip, lalu tegurnya:

"Sudah selesai berlatih ilmu pukulan itu?"

Hui Giok mengangguk.

"Ah, kau ini sungguh menjengkelkan" omel Tham Bun ki sambil men-depak2an kakinya ke tanah. "orang berbicara dengan kau, selalu sikapmu seperti orang bisu!"

Hui Giok tetap membungkam, ini menyebabkan nona itu makin dongkol, binirnya dicibirkan tinggi2 dan omelnyalagi: "Hm, aku tahu, aku tak pantas berbicara dengan kau, hanya adik Wan seorang yang cocok bercakap denganmu, begitu bukan? Baik !" - ia mendepakkan lagi kakinya ke tanah, lalu serunya sambil putar badan: "Selanjutnya tak perlu kau gubris diriku!"



Aneh sekali perubahan muka Hui Giok seakan2 berusaha mengendalikan perasaannya ketika Tham Bun ki pergi lagi beberapa langkah dan berpaling sambil melirik hatinya bergerak cepat serunya; "Adik Ki...." Kata2 seterusnya tak dilanjutkan, hanya hatinya terasa manis dan hangat. Tham Bun ki tertawa sambil berhenti serunya: "Ah, kau ini memang menjemukan! Siapa suruh kau menggubris aku lagi?"

Diam2 Hui Giok menghela napas dan berpikir: "Ai, apa yang harus kulakukan sekarang?"

Hui Giok masih muda, pandangannya masih samar2 tentang cinta, belum jelas apa yang diartikan cinta itu. Setiap kali bila tak bertemu dengan Tham Bun-ki, ia berharap bisa menjumpainya, tapi bila sudah bertemu, ia ingin cepat berlalu, karena se-akan2 merasa dirinya tidak pantas mendampingi nona cantik itu.

Tentu saja Tham Bun-ki tidak tahu perasaan Hui Giok yang serba bertentangan itu, ia sudah terlalu biasa dimanja, meski lahirnya ia mencemooh pemuda itu bodoh, tidaklah demikian dalam hatinya, nona itu merasa amat gembira bila berada bersamanya, tapi watak anak muda itu aneh sekali, sebentar panas sebentar dingin, watak semacam ini membuat Bun-ki bingung dan tak habis mengerti, ia tak tahu apa sebabnya pemuda yang diam2 dicintainya itu bersikap demikian?

Setiap kali bila dilihatnya Hui Giok bermain atau bergurau dengan Wan Lu Tin, Bun Ki lantas keki dan cemburu maka bila berjumpa lagi pada kesempatan lain ia pasti mengusiknya sampai Hui Giok marah, namun bila pemuda itu benar2 marah lalu lantas ia menyesal. Begitulah Hui Giok berdiri tak bergerak dari tempat tadi, sinar matahari yang baru terbit menyinari wajahnya hingga kedua pipinya menjadi merah.

Tham Bun Ki berjalan mondar mandir di depannya tiba2 ia mengeluarkan sebuah benda dan dilemparkan ke atas, di bawah cahaya sang surya benda itu tampak berkilat, kiranya adalah sebuah kiancu, permainan yang terbuat dari bulu ayam. Diam2 Hui Giok mengeluh sembari memandangi "kiancu" yang dilontarkan dari bulu ayam.

"Hayo, siapa yang mau bermain kiancu dengan aku?' demikian Bun Ki berseru. Hui Giok tak berani menjawab, Tham Bun Ki menjadi mendongkol sambil membawa mainan itu dia berlari kedepan Hui giok dan berseru manja: "kau mau tidak bermain dengan aku." Wajahnya yang cantik hampir menempel ke wajah Hui giok. Mengendus bau harum anak gadis, tak kuasa Hui Giok menyurut mundur beberapa langkah. "Mau, mau!' ujarnya.

"Nah, begitulah baru pintar." Seru Bun Ki sambil menepuk bahu Hui Giok dan tertawa. Hui Giok merasa jantungnya berdetak keras, apalagi melihat lesung pipit si nona yang mempesona itu ia jadi termangu2. Tham Bun ki mengambil mainan bulu ayam itu dan menyepaknya dengan telapak kaki. Kiancu itu berlompatan ke atas dan ke bawah dengan ringannya dengan bangga ia berpaling ke arah Hui Giok dan tertawa sambil menyepak mainan berbulu ayam itu.

Sudah puluhan kali mainan itu naik turun disepak tiba2 Bun Ki berpaling dan berteriak lagi " he, mengapa tidak kau hitung bagiku" - tubuhnya yang mungil itu tampak lincah seperti kupu2 yang berterbangan di antara bebungaan. Makin bemain Tham Bun ki semakin gembira ketika ia melirik dan mengetahui Hui Giok sedang memandanginya dengan kesima tiba ia tertawa geli.

Karena sedikit meleng kiancu melesat jauh, dengan enteng dan gesit nona itu melejit kesana, menyusul ke arah jatuhnya bulu ayam, indah sekali gerakannya, membuat Hui Giok menjadi sedih, pikirnya;" Ai, seandainya memiliki gerakan seindah dan seenteng dia, betapa senang hatiku. Sayang aku tak bisa, benarkah aku sebodoh itu" diantara kibaran ujung baju dan lambaian rambut yang bertebaran, Tham Bun Ki bagaikan bidadari yang sedang menari, tiba2 ia putar badan dengan lincah kedua kakinya menyepak secara bergantian, bulu ayam itu dilontarkan tinggi2 kemudian ditangkap dengan tangannya.

Beberapa gerakan ini dilakukan hampir bersamaan waktunya dengan gaya indah dan lincah, lalu dia berhenti bermain. Napasnya tampak agak tersengal tapi makin menambah daya pesona anak dara itu, ia berkata manja: "Aku sudah menyepak dua ratus kali, sekarang giliranmu." Dihampirinya Hui giok dan bulu ayam itu diangsurkan kepadanya. Lalu katanya lagi: "Kalau kau tak bisa menyepak 200 kali, lihat saja nanti, aku tak akan mengampuni dirimu."

"kalau aku bisa?" tiba2 Hui Giok bertanya sambil memperlihatkan senyuman yang aneh. Tham Bun Ki tertawa cekikikan, dalam benaknya terlintas gaya bodoh anak muda itu. Ketika bermain jangankan 200 kali sepuluh kali saja belum tentu bisa, maka sahutnya sambil tertawa:" Uh, masa kau bisa menyepak 200 kali." Sambil bertolak pinggang dan muka agak merah, ujarnya;" baiklah, kalau kau bisa bermain 200 kali terserah apa yang kau inginkan."

"Benar2 terserah kepadaku?' Tanya Hui Giok.

"Kau jahat!" omel nona itu dengan muka merah suatu perasaan aneh yang sukar dilukiskan mendadak timbul dalam hatinya. Tampaknya Hui Giok juga mengerti mengapa nona itu mengomelinya pipinya berubah lebih merah dari nona itu dengan kepala tertunduk ia menerima dan mulai menyepak bulu ayam itu.

"Satu, dua, tiga....." dengan riang Tham Bun Ki mulai menghitung tapi suaranya makin lama makin kecil, sampai akhirnya tenaga menghitungpun tiada. Kiranya meski Hui Giok tidak memiliki kegesitan macam Bun Ki gayanya juga tidak seindah dia tapi bulu ayam itu seakan2 telah tumbuh mata, naik turun selalu teratur dan tetap ditempat semula tidak oleh ke kiri dan ke kanan. Karena itu setiap kali disepak oelh pemuda itu sang bulu ayampun melayang lagi ke telapak kakinya untuk kemudian disepak kembali ke atas. Dalam waktu singkat Hui Giok mencapai seratus kali lebih. Heran dan gelisah Bun Ki menyaksikan itu, ia heran mengapa tiba2 pemuda itu dapat bermain dengan bagus iapun gelisah karena ia bakal kalah jika pemuda itu berhasil mencapai dua ratus kali.

Tentu saja ia tak tahu bahwa Hui Giok ini berwatak keras, setelah ditertawakan dan dicemooh oleh Tham Bun Ki dalam permaian tempo hari, ia merasa penasaran maka diam2 dibuatnya kiancu dan tiap malam ia melatihnya secara diam2 ia bersumpah harus bermain lebih baik daripada gadis itu.

Permainan bulu ayam ini memang tak ada soal teknik, yang diperlukan untuk mencapai kemahiran hanya kematangan berlatih, apalagi dasar pemuda ini memang cerdik ia hanya merasa rendah diri karena sejak kecil hidup terkekang. Maka tak lama setelah berlatih ia dapat bermain dengan baik dan dapat menuruti sesuka hatinya sekalipun ia sudah mahir hal ini tak pernah dikatakan kepada siapapun hanya dalam hati ia berpikir: "Nanti kalau kau mengajak aku bermain kiancu akan kubikin kau kaget."



Dan sekarang nona itu betul2 kaget dan keheranan, ia mengomel terus disamping: "Bagus, kau memang jahat, tentunya kau berlatih secara diam2 bukan? Kenapa tidak kau beritahukan kepadaku sehingga aku tertipu?"

Hui Giok tidak menjawab senyum bangga terlintas di wajahnya sementara hitungan tak terputus " satu sembilan tiga, satu sembilan empat...." Tiba2 Tham Bun ki maju ke depan dan menyerobot bulu ayam itu serunya manja: "kau jahat, kau jahat."

"Hahaha, kau sudah kalah masa mau ingkar janji." sahut Hui Giok sambil terbahak2. selama beberapa tahun belakangan ini tak pernah hatinya segembira ini sebagai pemuda yang berwatak keras ia pun ingin memiliki rasa ingin menang tapi karena setiap hari berada dalam tekanan hidupnya tak bebas maka ia selalu murung dan kesal.

Hampir seluruh tubuh Tham Bun Ki bersandar di dada Hui Giok seru nona itu sambil tertawa: "Baiklah, aku kalah, baiklah apa yang kau inginkan." Hati Hui Giok berdebar, sementara sang surya mulai memancarkan sinarnya keseluruh jagat raya saatnya terbaik bagi orang muda untuk madu cinta sinar mentari pagi menyoroti wajah Tham Bun Ki membiaskan warna emas indah bagaikan dalam mimpi.

Napas si nona agak terengah dan terembus ke wajah Hui Giok dan mendatangkan rasa hangat bagi pemuda itu. Jantung Hui Giok berdebar makin keras, akhirnya ia tak menguasai diri lagi pemuda itu tundukan kepalanya dan mengecup pipi yang halus lembut itu.

Tatkala bibirnya menempel di pipi si nona, kedua orang itu sama2 tergetar keras bagaikan kena aliran listrik bertegangan tinggi, mereka merasakan sekujur badan jadi kaku kesemutan dalam keadaan demikian kendati langit ambruk dan bumi merekah takkan mereka hiraukan, mereka merasa segala apa di dunia ini diciptakan untuk ciuman mereka ini.

Pada saat mereka sedang lupa daratan itulah tiba2 ada orang berdehem. Keruan mereka terkejut dan segera berpisah ketika mereka berpaling dan tahu siapakah yang muncul disitu, serta merta muka mereka menjadi pucat saking terkejutnya sukma serasa meninggalkan raganya.

Orang yang muncul pada saat yang tidak mereka harapkan ini ternyata tak lain adalah Liong heng pat ciang Tham Beng orang tua ini berdiri disamping mereka dengan wajah sedingin es. Sekalipun Bun Ki biasa dimanja namun sekarang ia ketakutan, jantung berdebar keras, mukanya sebentar merah sebentar pucat, kepalanya yang tertunduk tak berani lagi didongakkan.

Hui Giok lebih kelabakan lagi, mukanya lebih merah daripada kepiting rebus tangannya garuk sana sini dengan tak tenang, seolah2 tak tahu kemana harus menaruh kedua tangannya itu. Setajam sembilu sorot mata Tham beng menatap mereka tiba berpaling dan membentak: "Anak Ki, kembali ke kamar!" - kemudian tanpa bicara lagi, dengan langkah lebar ia berlalu dari sana. Dengan murung Bun Ki mengikuti di belakang ayahnya baru berjalan beberapa langkah ai tak tahan ia berpaling dan memandang sekejap ke arah Hui Giok seluruh hatinya waktu itu tanpa disadari telah diletakkan pada diri anak muda itu.

Hui Giok masih berdiri bingung di sana, tatapan Tham Bun Ki sewaktu mau pergi takkan dilupakan untuk selamanya terutama air mata yang mengembang di kelopak mata si nona membuat pemuda itu menderita, hatinya pedih bagaikan disayat2. "Akulah yang salah, akulah yang membikin susah dia" demikian ia berpikir, menyusul lantas ia berpikir pula: "paman Tham Beng pasti menganggap aku terlampau bodoh, tak pantas mendapat puterinya, maka ia marah, dasar aku sendiri tak becus, kalau aku pintar atau lebih cerdik daripada sekarang, bukankah aku bisa hidup lebih bahagia."

Lama sekali ia termangu2 ketika memandang ke tanah dan kebetulan ditemuinya seekor semut sedang mengangkat bangkai serangga yang jauh lebih besar daripada tubuhnya, meski begitu dengan susah payah tapi penuh semangat semut itu menyeret dan menariknya selangkah demi selangkah. Pemuda itu tertegun, semut itu diperhatikan lebih seksama seketika itu juga timbul suatu kekuatan yang sebelumnya tak pernah terlintas dalam benaknya. "Walaupun aku agak bodoh tapi aku harus mempunyai cita2 untuk masa depanku sendiri. Laki2 macam apakah aku ini bila setiap hari hanya berdiam dirumah orang dan makan menganggur. Jika keadaan seperti ini dilanjutkan sungguh malu aku terhadap orang tua yang telah tiada, akupun malu terhadap adik Ki, malu terhadap diriku sendiri."

Ia mengepal kedua tinjunya dengan semangat yang menyala2 ia berpikir lebih jauh: "aku harus menerobos keluar dari tempat ini. Pergi mengembara dan mengadu untung bila aku berhasil dengan segala kecemerlangan aku akan kembali lagi kesini. Saat itu paman Tham Beng tentu tak akan menganggap diriku anak tak becus lagi, siapa tahu kalau dia akan mengizinkan aku berkumpul dengan adik Ki."

Setelah timbul pikiran demikian, tiba2 ia merasa sekujur badannya penuh semangat hidup yang berkobar, ia merasa seakan2 tak betah berdiam lebih lama lagi disini, tentu saja tak terpikir olehnya betapa sengsaranya nanti bila hidup sebatang kara didunia yang luas ini tanpa sanak tanpa keluarga. "Bila siau-sumoay tahu aku pergi, ia tentu akan sedih", demikian ia jadi teringat kepada Wan Lun Tin namun ingatan lain cepat melintas pula dalam benaknya: "Tapi kalau kelak aku pulang dengan sukses bukankah sepuluh kali lipat dia akan gembira."

Dengan wataknya yang keras apa yang sudah diputuskan selamanya takkan berubah lagi. Ia tiada memikirkan akibatnya lagi, apakah ia akan gagal dan mengalami kesukaran semuanya tak dipikirkan. Yang dipikirnya sekarang adalah suatu harapan yang berkobar, harapan itu telah menguasai jiwanya, ia tak ingin rencananya mendapatkan rintangan apapun, ia menengadah dan memandang dinding pekarangan yang terbentang di atas.

Ia tahu daerah di luar tembok pekarangan itu bukan milik perusahaan Hui liong Piaukiok lagi. Ia lari ke bawah dinding pekarangan itu , sekuat tenaga ia melompat ke atas dan berusaha melintasi dinding itu. Sayang tenaganya tidak memadai, hakikatnya ia tak punya dasar ilmu meringankan tubuh, tentu saja dinding setinggi beberapa meter tak mampu dilampaunya..."Bluk" ia terperosot jatuh ke tanah, pantat terasa sakit.



Pemuda itu tak kapok ia bangkit kembali tanpa membersihkan debu yang menodai bajunya dia melompat lagi ke atas. Kali ini tangannya berhasil meraih ujung dinding, ia memegangnya erat sekali dan sekuat tenaga merambat ke atas dinding perkarangan itu. Di luar dinding sekarang adalah sebuah lorong waktu itu kebetulan ada seorang penjual sayur sedang lewat di bawahnya dengan kaget bercampur keheranan ia menengadah dan memandangnya sekejap namun tidak memperhatikan kemudian lantas berlalu.

Hui Giok menggigit bibir meskipun jarak tembok pekarangan dengan permukaan tanah cukup tinggi namun ia tak perduli segera ia melompat ke bawah. Tindakan anak muda itu hanya terdorong oleh emosi ia tak pernah mempertimbangkan bagaimana akhirnya hidup sebatang kara di dunia yang luas apa yang terpikir olehnya hanyalah bagaimana caranya meninggalkan Hui Liong Piaukiok secepatnya.

Ia pejamkan mata dan melompat ke bawah "bluk" kembali badannya bergetar keras hingga terasa sakit untung kali ini ia tak sampai terjungkal. Lorong ini tidak terlalu lebar tapi membentang panjang. Hui Giok menimbang sebentar ia tahu bila berbelok ke kiri akan sampai ke pintu gerbang Hui liong piaukiok maka memutuskan menuju sebelah kanan lorong panjang itu. Perasaannya sekarang diliputi kegembiraan meski belum tahu apa yang akan terjadi pada masa depannya, tapi benaknya penuh khayalan yang muluk sebab kenyataan belum lagi menyulitkannya, persoalan orang hidup masih belum menjadi beban pikirannya.

Setelah keluar dari lorong itu ia sampai di sebuah jalan lebar yang beralaskan batu hijau jalan itu kembali membentang ke kiri dan kanan karena tanpa tujuan maka ia belok ke sebelah kanan. Waktu itu hari masih pagi tidak banyak orang berlalu lalang di jalanan dari depan sana muncul sebuah tandu yang digotong oleh delapan orang. Di depan tandu terdapat orang yang membawa papan yang bertuliskan tenang dan menyingkir, ia tahu itulah pembesar yang pulang dari menghadap raja di istana, pemuda itupun menyingkir ke tepi jalan dan membiarkan tanda itu lewat.

Gorden pada tandu itu tertutup rapat, tak namapk jelas siapa yang duduk didalamnya, dengan perasaan heran pemuda itu berpikir: "Saat ini entah apa yang sedang dipikirkan oleh orang yang duduk di dalam tandu itu." Tapi akhirnya ia mendapatkan jawaban yang rasanya cocok: "Yang dipikirkannya pasti tak lain daripada nama dan kedudukan".

Ia tertawa sendiri ia merasa keadaannya jauh lebih gembira, jahu lebih bahagia daripada orang yang duduk didalam tandu kebesaran itu, sebab paling tidak ia bebas sepenuhnya leluasa dan tidak terikat oleh segala tata cara kehidupan yang kolot itu. Hatinya bagaikan tumbuh sayap ia ingin terbang ke tempat yang jauh. Pakaiannya waktu itu berwarna biru air sepatunya terbuat dari kulit yang tipis, itulah dandanan untuk berlatih silat untuk berjalan terasa enteng dan nyaman.

Setelah keluar dari jalan itu, sampailah Hui Giok di sebuah pasar yang ramai, banyak orang berbelanja di sana suasana gaduh dan bising. Ia melanjutkan perjalanan ke depan, perasaannya enteng dan riang, tak lama kemudian perutnya terasa lapar. Inilah persoalan pertama yang menyangkut kenyataan orang hidup mulai memusingkan kepalanya, aneka macam penganan dijajakan di pasar, ada siomay, kueh lapis, dan aneka macam makanan terkenal lainnya di kota peking yang biasanya sangat disukainya semuanya itu membuat perutnya tambah lapar, air liur sampai menetes dia ingin membeli dan makan sepuasnya.

Tapi sekeping uangpun tak dimilikinya, ia hanya bisa melihat dan tak dapat menikmatinya. Untuk pertama kalinya ia mulai merasakan betapa berharganya uang betapa sengsara dan tersiksanya orang yang tak beruang. Sejak munculnya persoalan ini pelbagai masalah lain yang menyangkut kenyataan orang hidup mulai berkecamuk dalam benaknya. Hidup adalah masalah terpenting yang dihadapi setiap manusia untuk mempertahankan kehidupan seseorang tak boleh kekurangan sesuatu yakni uang. Sebab uang seakan2 mewakili segala apa yang ada di dunia ini. "Bagaimana caraku mempertahankan hidup".

Hui Giok mulai risau, jangankan soal lain, untuk memecahkan soal ini perut hari inipun ia tak mampu, apalagi masalah lain yang lebih pelik? Maka ia mulai takut dan panik. Melihat dandanannya yang lumayan, banyak penjajah makanan yang menawarkan barang dagangannya, tapi ia hanya menggeleng kepala saja, sudah tentu ia sangat ingin beli makanan yang lezat itu? Tapi apa daya, napsu makan ada uang punya.

Perutnya makin terasa lapar hingga terasa pedih, hati Hui Giok juga tambah bingung, ia berpikir lagi: "Tengah hari ini aku bisa berpuasa tapi malam nanti kan aku harus makan umpama dengan esok? Dan lusa." Ia menghela napas panjang kecuali melakukan sedikit pekerjaan kasar yang sama sekali tak berguna ia tak mempunyai kepandaian lain untuk mencari nafkah. Anak muda itu mulai rada menyesal, tapi apa yang telah diputuskan tak akan berubah untuk selamanya.: "Lebih baik mati kelaparan, daripada berubah keputusan yang telah kulakukan."

Ia berjalan mengikuti arus manusia di sekitar tempat itu, namun arus pikiran yang berkecamuk dalam benaknya berpuluh kali lebih kalut daripada arus manusia itu. Tiba2 ada seorang menepuk bahunya, dengan bingung ia berpaling, tampak seorang laki2 bertampang jelek sedang tersenyum padanya. Yang lebih aneh lagi adalah pada saat itu ia tak dapat menguasai dirinya serta merta diikutinya kemana orang itu pergi.

Ketika orang itu berjalan cepat ia pun ikut jalan cepat, bila orang itu berjalan lambat iapun lambat, meski kesadarannya masih baik namun tubuhnya seakan2 tak mau menurut perintah lagi. Laki2 bertampang jelek itu berjalan keluar kompleks pasar, setelah berputar kesana kemari akhirnya masuk ke sebuah lorong yang sempit bangunan rumah yang berderet di lorong ini semuanya rendah tapi berloteng, begitu sempitnya lorong sehingga benda yang berada di dalam jendela rumah seberang bisa diambil dari rumah yang lain. Setiba di beberapa rumah terakhir di ujung lorong itu, laki2 tadi memasuki sebuah pintu kecil, sementara Hui Giok sendiri bagaikan kena guna2 terus ikut masuk pula ke dalam.

Rumah itu kecil lagi berbau busuk, beberapa orang perempuan yang berdandan seperti siluman duduk di bawah loteng dan sedang bersenda gurau dengan suara keras, sedikitpun tidak menunjukkan sifat kewanitaannya. Tatkala Hui Giok masuk mengikuti laki2 itu perempuan itu maju mengerumuninya dengan jahil mereka meraba dan mencolek tubuh Hui Giok seorang diantaranya memuji:

"Ehm, bagus juga barang dagangan ini." Ada pula yang meraba wajah Hui Giok dan berkata sambil tertawa:" Coba kalian lihat, kulit barang dagangan ini lembut sekali, mukanya bulat telur seperti akan pecah bila tersentuh kalau didandani tanggung dia akan persis perempuan asli."

Dalam keadaan linglung Hui Giok merasa marah, akan tetapi benaknya terasa kusut, perasaan marahpun tidak terlampau jelas baginya. Laki2 tadi kelihatan bangga didorongnya perempuan yang makin lama makin jahil itu serunya berkata:" Aku akan naik ke loteng untuk membantu mendandani dia." Lalu ia tertawa lebar sehingga kelihatan sebaris giginya yang kuning terlampau banyak keju itu. Laki2 itu naik ke loteng Hui Giok juga ikut mereka masuk ke sebuah kamar, besar sekali ruangan itu tapi kecuali sebuah pembaringan besar tidak nampak benda yang lain. Sesudah itu Hui Giok berada di dalam ruangan. Laki2 itu segera menggerayangi sekujur badannya dari atas sampai ke bawah lalu mengembuskan napas panjang seakan2 merasa sangat puas.

Dari dalam sebuah peti kayu yang berada di kolong pembaringan ia mengambil keluar beberapa stel pakaian perempuan, setelah diukur dengan badan Hui Giok akhirnya ia memilih satu stel baju berwarna merah dan diletakkan di atas pembaringan sedangkan baju lainnya disimpan kembali ke dalam peti. Kemudian ia membantu Hui Giok tukar baju merah itu, kemudian anak muda itu didorong ke atas pembaringan lalu ia keluar ruangan itu sambil menutup pintunya dan menguncinya dari luar.

Dalam keadaan begini Hui Giok ibaratnya sesosok mayat yang kehilangan suka, ia tak bisa melawan tak bisa meronta tak bisa berbuat apa2 benaknya dirasakan kosong, hanya lamat2 dirasakan kejadian ini aneh. Sejak didorong ke atas pembaringan, ia tak berubah posisi bergerak sedikitpun tidak, entah berapa lama sudah lewat dalam keadaan begitu.

Akhirnya pintu terbuka dan masuklah seorang laki2 gemuk setelah memperhatikan Hui Giok sekejap kepalanya melongok keluar dan berbicara beberapa kata dengan orang di luar, kemudian "blang" pintu ditutup rapat. Kendati sudah begitu Hui Giok sama sekali tidak paham apa yang telah berlangsung ini meski pikirannya tidak sadar pemuda itu merasakan juga gelagat yang kurang beres, saying sekujur badannya terasa lemah tak bertenaga, sedikitpun tak mampu melakukan perlawanan.

Tampaknya laki2 gemuk ini sudah ahli dan berpengalaman dalam bidang ini setelah mengamati wajah Hui Giok dengan sempoyongan ia keluar ruangan itu, kemudian muncul kembali dengan membawa air bersih setelah diminum lalu disemburkan ke muka Hui Giok. Rupanya si gemuk tahu Hui Giok terpengaruh dan tak sadar, ia merasa permainannya nanti akan kurang hot bila lawannya tak beres, maka ia menyadarkan dulu anak muda ini, tak tahunya tindakan ini justeru telah menolong Hui Giok malah.

Setelah disemprot air segar, Hui Giok sadar kembali dari pengaruh Poh ho jiu hoat sebab air adalah satu2nya obat penawar bagi orang terpengaruh oleh tenaga gaib itu. Lalu si gemuk mulai menggerayangi lagi tubuh Hui Giok dan hendak menelanjangi anak muda itu, tapi Hui Giok sekarang bukan lagi Hui Giok tai tangannya telah pulih kembali, meski ia tak tahu apa gerangan yang akan dilakukan orang itu kepadanya tapi ia tahu perbuatannya pasti perbuatan yang tidak baik. Dalam keadaan mabuk arak si gemuk merayu:

"O, sayang jangan takut, mari! Ayolah kemari!" Hui Giok jadi gusar ia melompat bangun dari pembaringan tapi si gemuk itu berkata lagi sambil tertawa lebar:" Anak manis, sayangku, kau mau apa? Hayolah......mari......" belum habis ucapannya plok bogem mentah Hui Gok telah bersarang di hidungnya sehingga si gemuk menjerit kesakitan saking sakitnya sampai air matapun ikut bercucuran.

"Anak busuk, kau sudah gila!" makinya. Hui Giok juga tambah murka sekali lagi ia hantam muka si gemuk. Ilmu silatnya memang cetek tapi sebagai seorang pemuda yang sudah bertahun berlatih kungfu dengan sendirinya baik badan maupun tenaga jauh lebih kuat dari orang biasa, mana si gemuk mampu menahan jotosannya itu.

Dengan gusar Hui Giok menggebuk beberapa kali lagi sehingga si gemuk menjerit seperti babi disembelih, teriaknya sambil merintih kesakitan "Aduh mak! Tolong! Tolong." Suara langkah kaki yang ramai berkumandang dari arah tangga loteng, menyusul dua orang laki2 kekar bergegas naik ke tempat kejadian, agaknya mereka adalah tukang pukul sarang pelacuran.

Tapi si gemuk tadi telah mengunci pintu kamar itu dari dalam maka kedua tukang pukul itu jadi kelabakan di luar dan tak bisa berbuat apa. Pada saat itu Hui Giok masih terus menghajar si gemuk dengan pukulan bertubi2 si gemuk semakin menjerit makin keras karena kesakitan. Akhirnya suara jeritannya makin lemah makin lirih, tampaknya ia tak tahan lagi dan bisa mampus hal ini semakin mencemaskan kedua tukang pukul yang kelabakan di luar pintu itu. Untuk menjaga keamanan langganan nya maka dua orang itu akhirnya mendobrak pintu dan menerobos ke dalam ruangan.

Saat itu Hui giok sedang menunggangi badan si gemuk orang ini telah kenyang dihajar, keadaannya sudah lemas dan kempas kempis serentak kedua tukang pukul tadi memaki: "Bajingan cilik, apa kau sudah bosan hidup." Dengan telapak tangan mereka yang lebar, kedua tukang pukul itu menerkam dan menarik kuduk baju Hui Giok terus menyeretnya turun. Hui Giok masih muda, ilmu silatnya juga Cuma begitu2 saja, ditambah pula perawakannya tidak tinggi besar, tentu saja ia bukan tandingan kedua tukang pukul yang berbadan gede kerbau itu, dengan mudah saja ia ditangkap dan diangkat.

Kamar itu terlalu sempit kedua tukang pukul itu tak leluasa mendemonstrasikan kekuatannya di situ, maka mereka seret keluar pintu lalu ayun telapak tangannya hendak menempeleng. "Anak jadah." Makinya, "Tidak kau Tanya2 dulu tempat apakah sini? Hm, kau berani main gila pingin mampus barangkali." Di bawah cengkeraman kedua tukang pukul yang bertenaga kerbau ini, Hui Giok sama sekali tak dapat berkutik, akan tetapi bagaimanapun juga dia adalah seorang pemuda yang pernah belajar silat, dalam keadaan kepepet, mendadak sikutnya menyodok ke belakang, "duk duk" iga kedua tukang pukul itu tersikut telak.

Kedua tukang pukul menjerit kesakitan dengan sendirinya cengkeraman merekapun mengendur. Hui Giok segera manfaatkan kesempatan utk melarikan diri tapi kedua orang itu tidak mau melepaskannya, sambil mengejar mereka memaki : "Bangsat, hari ini tuanmu harus memberi hajaran setimpal padamu!" Hui Giok tahu dirinya bukan tandingan kedua orang itu, diam2 ia mengeluh ia memandang di sekitarnya mendadak dilihatnya sebuah jendela terbentang lebar di serambi sana.

Pada waktu ia dibawa ke atas loteng tadi dalam keadaan lamat2 ia tak tahu bangunan rumah itu terdiri dari tingkat atas dan tingkat bawah karenanya sewaktu melihat ada jendela ia lantas berpikir apapun yang akan terjadi biarlah ku lompat keluar jendela ini! Sementara itu kedua tukang pukul tadi telah menerjang tiba dengan garangnya, cepat tangan kirinya bertahan dan kepalan tangan menghantam dada orang yang berada di depan. Setelah tersikut dan kesakitan tadi laki2 itu tak berani bertindak gegabah lagi, melihat tibanya pukulan ia tangkis dengan satu tangan kemudian dengan tangan yang lain ia balas menghantam pundak Hui Giok.



Tak tahunya anak muda itu telah mempunyai perhitungan sendiri meski bahunya terhajar ia sama sekali tak perduli tiba2 ia mendak ke bawah terus menerobos lewat dan melompat ke atas jendela dengan sekuat tenaga tanpa berpaling atau memandang ke bawah lagi ia loncat ke bawah. Untung loteng itu tidak terlampau tinggi meski begitu ketika kakinya menyentuh tanah sekujur badan tergetar keras, hilang imbangan badannya ia jatuh terduduk di tanah.

Tentu saja bantingan ini cukup keras tapi apa yang terpikir olehnya sekarang adalah bagaimana caranya kabur dari situ secepatnya maka tanpa memikirkan lagi rasa sakit di pantatnya, ia merangkak bangun, tanpa membedakan arah lagi ia lari terbirit2 ke depan. Lorong ini adalah tempat yang paling mesum di kotaraja ini, pada waktu itu banyak sekali kaum bencong yang bukan laki dan bukan perempuan duduk cari angin disekitar lorong itu, ketika melihat ada orang melompat turun dari loteng kemudian kabur dalam hati masing2 mempunyai perhitungan sendiri, maka tak ada yang merasa kaget, tak seorangpun yang mengalangi larinya Hui Giok.

Inilah solidaritas perasaan senasib. Sekalipun orang itu melakukan perbuatan amoral, melakukan pekerjaan kotor namun siapakah yang suka bekerja dengan hati yang rela? Kalau bukan dipaksa oleh keadaan, siapakah yang sudi melakukan pekerjaan semacam itu. Hui Giok merasa pandangan menjadi gelap namun tetap lari dan lari terus, akhirnya berhasil juga anak muda itu lolos dari lorong yang sempit.

Entah berapa lama dia berlari, orang di jalan memandangnya dengan keheranan, dan menganggap dia sebagai perempuan gila untunglah penduduk ibukota umumnya bersifat sederhana dan tidak suka ikut campur urusan orang lain maka tak seorangpun yang menegurnya. Akhirnya anak muda itu merasa tak kuat berlari lagi, ia coba berpaling setelah yakin tak ada yang mengejar, ia baru menghentikan larinya, napasnya tersengal2 terbayang olehnya peristiwa yang baru dialaminya setelah dipikir kembali ia merasa benar2 seperti mendapat impian buruk, dengan usianya yang masih muda, ia tak tahu perbuatan mesum apakah tadi.

Ia melanjutkan perjalanannya ke depan perasaannya mulai tenang kembali ke empat anggota badannya mulai terasa lemas, entah karena ketakutan yang melampaui batas atau disebabkan terlalu lapar. Ia mencoba memperhatikan keadaan sekitarnya, kiranya tanpa disadari ia telah berada di bagian kota yang dihuni lapisan masyarakat miskin, rumah2 yang berserakan di sekitar tempat itu kebanyakan terbuat dari papan yang kasar mereka yang berdiam di situpun merupakan masyarakat jembel.

Tiba2 Hui Giok merasa pandangan semua orang tertuju ke arahnya, ia sendiri ikut menunduk dan melihat. Sekarang baru ditemukan letak keanehan yang menjadi daya tarik pandangan orang banyak itu, rupanya saat itu ia masih mengenakan baju perempuan dengan sepatu orang lelaki.

Dandanan semacam itu sudah tentu kelihatan aneh dan lucu, sayang tak ada cermin sehingga ia tak tahu bagaimanakah mukanya saat itu, tapi yang jelas pasti mengenaskan dan tak keruan. Ada anak kecil dan perempuan yang mengolok dirinya sambil tertawa tapi Hui giok hanya tunduk kepala dengan muka merah, secepatnya ia menjauhi cemoohan orang2 itu.

Memang begitulah pembawaan manusia bila dirinya merasa tak pantas dilihat orang segera dia menuju ke tempat yang jauh dari manusia. Makin jauh Hui Giok menuju ke tempat yang sepi waktu itu malam sudah tiba, meski berada di musim semi namun angin malam yang berhembus mendatangkan rasa dingin, diantara suara jangkrik dan bunyi serangga lain, lambaian rumput yang baru tumbuh pikiran Hui Giok bergolak ibarat air bah yang membanjir.

Dunia seluas ini, tiada sanak tanpa keluarga ia tak tahu kemana harus pergi, sedikit lemah pendirian Hui Giok ia bisa segera kembali ke Hui liong piaukiok sebab disana paling sedikit dia akan hidup aman. Tapi sebagai pemuda yang keras hati, Hui Giok rela menderita rela kedinginan dan kelaparan dari pada kembali ke Hui liong Piaukiok ia merasa matanya agak basah air mata serasa ingin meleleh keluar, tapi cepat ia mengendalikan rasa ingin menangis ia merasa menangis bukanlah perbuatan seorang laki2 sejati. Tiba2 didengarnya di belakang seperti ada orang bicara dengan bisik2 dilihatnya beberapa sosok bayangan orang sedang mengikutinya, dalam keadaan samar2 kegelapan malam, ia tak tahu apa maksud mereka.

Jantungnya mulai berdebar keras, pengalamannya membuat anak muda ini ibaratnya burung yang nyaris kena bidikan, ia kuatir, takut dan ngeri terhadap segala apa yang mungkin terjadi ia kuatir akan tertimpa kemalangan lagi, maka ia berjalan setengah berlari2, ingin cepat2 meninggalkan orang2 itu.

Akan tetapi bila ia berjalan cepat, orang2 iu mengikutinya dengan cepat, jarak mereka kian mendekat, Hui Giok mula mengeluh, pikirnya: "Nasib! Mengapa aku selalu menemui kejadian2 yang menyebalkan ini." Karena melamun jalannya jadi kurang hati2 kakinya tersandung sebutir batu, anak muda itu jatuh terjerembab.

Gelak tertawa berkumandang dari belakang menyusul beberapa sosok bayangan manusia yang berbaju kotor usia mereka masih muda, kepala memakai topi semangka, lengan baju bergulung tinggi2, dilihat dari tingkah laku mereka bisa disimpulkan bahwa orang2 ini adalah sebangsa buaya atau dicokot, bajingan yang kerjanya hanya mengganggu orang. Sebelum Hui Giok sempat merangkak bangun berandal2 itu terus menyerbu maju, ada yang menahan badannya, ada yang meraba dan menggerayangi sambil mengucapkan kata2 cabul. Tergerak pikiran Hui Giok tahulah dia maksud berandal2 itu: "Kiranya mereka menyangka aku ini perempuan."

Ia mendongkol, geli dan juga gelisah, sekuat tenaga dicobanya meronta untuk melepaskan dari tindihan berandal2 itu, tapi tenaga mereka terlalu kuat, apalagi masih muda2 dan jumlahnya bukan cuma seorang, sekalipun ia sudah berusaha meronta sepenuh tenaga, toh sama sekali tidak mendatangkan hasil apa2. Gelak tertawa beberapa orang berandal itu semakin lama semakin keras, makin lama semakin jalang, tingkah laku mereka mulai kurang, ada yang mulai menggerayangi pantatnya ada pula yang menarik celananya, sambil bekerja merekapun menggerundel:" Sudah beberapa hari ini bokek, hehehe, siapa tahu dari langit melayang turun nona manis ini buat kita, ini namanya rejeki nomplok."



Hui Giok mulai berteriak saking paniknya dalam keadaan begini ia hanya bisa berteriak meminta tolong belaka. Diam2 ia pun menggerutu akan kebodohan sendiri:" Kalau ilmu silatku terlatih baik, siapa yang berani lagi mempermainkan diriku." Sekuatnya ia mendepak seorang jatuh tersungkur, tapi yang lain segera menubruk dan kembali menindih di atas tubuhnya. Pada saat gawat begini, untunglah dari kejauhan berkumandang suara derap kaki kuda, suara itu kedengarannya sangat menusuk telinga ditengah keheningan malam.

"Ada orang!" beberapa berandal itu berbisik, mereka hentikan aksinya dan pasang kuping mendengarkan. Diam2 Hui Giok bersyukur namun ia takut orang itu tidak dating ke arah sini, maka ia lantas berteriak, tapi seorang cepat mendekap mulutnya sambil mengancam:" Berani berteriak, segera kubunuh kau!" Derap kaki kuda itu makin menjauh dan lalu begitu saja, sementara berandalan2 tadi mulai lagi dengan operasinya, Hui Giok Panik sekali dan tak tahu apa yang harus dilakukan, ingin meronta, tapi tangan dan kaki terasa tak bertenaga.

Tiba2 suara derap kaki kuda tadi berkumandang lagi, kali ini menuju arah sini, ini menyebabkan berandal2 itu kaget dan gugup, tapi mereka tidak menyingkir, mereka tak taku karena jumlahnya lebih banyak, seorang diantara mereka berkata:" Kalau orang itu berani mencampuri urusan kita, bersama kita sikat dia!" baru selesai berkata, seekor kuda sudah muncul secepat terbang. Kuda itu putih mulus dan gagah setelah berputar satu lingkaran di depan berandal itu, kemudian penunggangnya menegur dengan lantang:" Siapa kalian? apa yang kalian lakukan di sini." Hui Giok kegirangan, betapapun datanglah penolongnya.

"Keparat, siapa pula kau?" hardik berandal itu:" Kalau tahu diri, jangan coba2 mencampuri urusan tuanmu, sebelum terlambat kuanjurkan padamu cepatlah pergi dari sini....." Belum habis ucapan berandal itu, "Tarr" tahu cambuk orang telah mampir di kepalanya, ia menjerit kesakitan dan melompat bangun. Suasana kalut, beberapa berandalan itu ikut marah, mereka menyerbu ke muka sambil memaki:" Sialan, kau berani memukul orang." Seorang hendak menarik tangan, yang lain membetot kaki mereka hendak menarik penunggang itu agar jatuh terjungkal ke tanah.

Penunggang kuda itu menjadi gusar, sambil membentak cambuknya menyebat tubuh berandal tersebut. Jangan sangka cambuk itu kecil, ketika mengenai tubuh orang2 itu ternyata membawa kekuatan besar, kontan berandal itu menjerit kesakitan.

Dipihak lain Hui Giok sudah bangun berduduk di bawah cahaya bintang samar2 ia lihat penunggang kuda itu adalah seorang sastrawan, usianya tidak terlampau besar, ini dapat didengar dari suaranya meski begitu ia dapat menghajar berandal2 itu hanya dengan sebuah cambuk yang kecil, gagah perkasa bagaikan malaikat dari langit, dalam hati Hui Giok sangat kagum, ia tahu kungfu orang ini pasti tinggi sekali. Berandal2 itu memang bandel, sudah dihajar sampai terguling di tanah, mereka belum kabur, malahan mencaci maki dengan kata2 yang kotor:" Hayo pukul terus, pukul lagi sesukamu."

Tubuh yang bergulingan di atas tanah itu tiba2 menerjang ke samping kuda dan merangkul kakinya, tak terduga kuda itu bukan kuda biasa, mendadak kakinya mendepak sehingga orang itu mencelat terbanting mampus. Penunggang kuda itupun marah, cambuknya tiba2 digunakan menutuk, cambuk yang lemas tahu2 menegang lurus di tangannya, diiringi desing angin tajam, ia tutuk "Koh cing hiat" di pundak salah seorang. Cara menutuk jalan darah dengan senjata lemas terhitung suatu kepandaian yang sangat jarang ditemui di dunia persilatan, apalagi senjata yang dipakai adalah cambuk kuda, ini lebih hebat lagi.

Selama hidup belum pernah kaum berandal itu melihat jago silat selihay ini, hanya sekejap saja dua orang sudah tertutuk roboh dan tak dapat bangun. Melihat rekannya tak berkutik lagi, berandal lainnya baru terperanjat, mereka lari tunggang langgang sambil berteriak:" Ada pembunuhan! tolong, ada pembunuhan?" meski ilmu Hui Giok tidak tinggi, tapi dia dilahirkan dan hidup dalam lingkungan keluarga persilatan sudah banyak yang ia dengar dan lihat selama ini, ia cukup kenal kualitas orang yang di depannya ini, dalam hati diam2 ia berpikir:" Orang ini sungguh lihay kungfunya."

Sementara itu si penunggang kuda tadi sedang mengawasi bayangan kawanan berandal2 yang kabur itu sambil tertawa dingin. Hui Giok lantas berdiri, dia ingin menyatakan terima kasihnya kepada orang itu, ketika menengadah dan melihat sekejap badan orang itu putih mulus, matanya besar bersinar terang, meski dalam kegelapan sorot matanya seolah2 gemerdep dan sedang memandang dirinya. Seketika timbul rasa rendah diri Hui Giok. Lama sekali orang itu mengamatinya, kemudian bertanya:

"Dimanakah rumahmu?" Hui Giok jadi bingung pelbagai kemurungan berkecamuk dalam benaknya, ia tidak menjawab tapi berpikir: "Tampaknya selisih umur antara orang ini dengan aku hanya sedikit tapi kungfunya berlipat kali lebih hebat dari aku. Ai, terhitung manusia apakah aku ini? Aku tak punya apa2, tak punya sanak, tak punya rumah, ilmupun tak ada....." begitulah ia tertunduk sedih.

Karena Hui Giok tidak menjawab, dengan tak sabar orang itu menegur lagi: "Apa kau tak punya rumah? Kenapa tidak menjawab." Hui Giok mengangguk dan menjura dalam2 setelah itu tanpa mengucapkan sepatah katapun dia lantas berlalu dari sana. Rasa duka hatinya saat ini sungguh sukar dilukiskan, ia merasa tenggorokannya seolah2 tersumbat satu patah katapun tak sanggup diutarakannya.

Memandangi bayangan punggung anak muda itu, air muka si penunggang kuda yang semula kaku tanpa emosi tiba2 terlintas perasaan iba dan kasihan. Diketuknya pelana kuda dengan cambuknya hatinya sangat gelisah mendadak ia berseru:" Hei, anak perempuan kembali ke sini."

Hui Giok berhenti dia tahu "anak perempuan" yang dimaksud ialah dirinya, namun dia enggan memberi penjelasan, sebab keadaannya sangat memalukan, bagaimana ia harus menjawab andaikata orang itu menanyakan mengapa ia mengenakan baju perempuan. Dasar wataknya memang keras dan suka menang, ia enggan menerima belas kasihan orang lain, lebih2 ia benci terhadap cemoohan orang. Tapi akhirnya ia putar balik juga dan berdiri di depan orang itu, setelah memandanginya sejenak kelihatan rada terkejut dan keheranan tiba2 ia berkata:" Bila kau tak punya rumah maukah kau ikut bersamaku."

Ia menengadah dan menghela napas panjang lalu sambungnya :" Sebab aku pun tak punya rumah." Logatnya adalah logat daerah Kanglam, bicaranya singkat dan cepat, suaranya mengandung perasaan sedih, menimbulkan rasa simpatik Hui Giok. Tapi sebelum ia mengucapkan sesuatu, orang itu telah berkata lagi, "Selain itu, dapat pula kuajarkan ilmu silat padamu agar kelak kau tidak dipermainkan orang lagi. Tapi berapa banyak yang dapat kau raih akan bergantung pada bakat dan kepintaranmu sendiri."



Dibalik perkataannya seakan2 hendak menyatakan ilmu silat yang dimilikinya terlampau dalam sehingga sulit untuk dipelajari keseluruhannya oleh orang lain. Hui Giok sangat gembira, mukanya berseri tapi tatkala ingatan lain terlintas dalam benaknya cepat ia berkata dengan tersipu2:" tapi aku terlampau bodoh, berlatih segiatnya tetap tiada kemajuan apa."

"O, jadi kau pernah belajar silat?" Tanya itu dengan heran. Hui Giok mengangguk. "Hm, siapa bilang kau bodoh?' dengus orang itu, "Dari siapa kau peroleh belajar silat."

"Liong heng pat ciang Tham Beng!" jawab Hui Giok, dia menyangka setelah nama besar itu disebut, niscaya orang akan kaget. Siapa tahu orang tetap cuma mendengus saja"

"Huh, manusia macam apa dia?" Hui Giok jadi tertegun malah, maklumlah nama maupun kedudukan Liong heng pat ciang Tham Beng ketika itu boleh dikatakan luar biasa, tapi orang ini justru bersikap sinis setelah mendengar nama Tham Beng, lalu siapakah gerangan orang ini.

"Mungkinkah ilmu silatnya lebih tingi daripada paman Tham Beng?" pikir Hui Giok. Tapi kelihatannya orang masih muda tak mungkin ilmu silatnya mencapai taraf setinggi itu. Tampaknya berangasan watak orang ini, ia berseru pula dengan tak sabar:" Bagaimana, kau mau ikut aku tidak?"

"Apa salahnya kuikut orang ini ?" demikian Hui Giok berpikir lagi. "Siapa tahu dengan belajar ilmu silat kepadanya aku benar2 berhasil dan tercapai apa yang aku cita2kan...." Tapi ia tak berani berpikir lebih jauh, sebab semua itu hanya khayalan saja. Hui Giok mengangguk akhirnya, orang itupun tak bicara lagi, ia angkat cambuknya dan melarikan kuda itu beberapa langkah ke depan kemudian tangannya meraih ke bawah, dirangkulnya pinggang Hui Giok.

Hui Giok merasakan pinggangnya mengencang tahu2 badannya mengapung ke atas dan berduduk di depan orang itu. Sayang Hui Giok masih terlampau muda, banyak persoalan tak dapat dipertimbangkannya dengan baik, andaikata ia masih berpikir dengan seksama dengan dandanannya dan keadaan sekarang, orang itu pasti telah menganggapnya perempuan asli, malahan sekarang orang mengajaknya pergi bersama, memeluk pula pinggangnya erat2 bukankah itupun menandakan orang mempunyai maksud tertentu terhadap dirinya.

Hui Giok duduk di depan, kuda itu lari seperti terbang di awang2 selama hidup baru pertama kali ini ia naik kuda dengan kecepatan seperti itu, hatinya menjadi riang. Ngebut memang suatu kenikmatan. Lebih lagi bagi orang yang suka akan ketegangan dan rangsangan. Anak muda itu pejamkan matanya untuk dinikmatinya perasaan yang baru pertama kali ini baru dirasakan selama hidupnya, sementara hidungnya mengendus bau harus yang tipis, bau harus yang timbul dari tubuh si penunggang kuda yang berada dibelakangnya.

"Aneh benar bau badan orang ini bagaikan harum anak perempuan" demikian pikir Hui Giok dengan heran. Selagi heran orang yang berada di belakang itu telah berkata dengan nada dingin

"Sebagai anak perempuan kau sebelum melakukan kau harus berpikir masak dan berhati, selanjutnya jangan suka ngelayap seorang diri sebelum ilmu silatnya berhasil diyakinkan dengan baik, mengerti!"

Hui Giok menyengir serba salah dan tak menjawab. Orang itu kembali berkata : "hari ini, tanpa banyak omong kau terus ikut pergi bersamaku untung ketemu aku, coba orang lain, bisa kau dilalap orang lain."

"Aku.....Aku......: Hui Giok ingin memberi penjelasan namun sukar berucap. "Sudah, tak perlu banyak bicara lagi!' kata orang dengan bengis, suaranya enak didengar tapi keras ditambah lagi mengandung nada yang mengancam mau tak mau anak muda itu terpaksa tutup mulut.

"Selanjutnya kau boleh sebut aku guru" kata si penunggang kuda. Lalu kuda itu kembali ngebut ke depan, udara kian gelap dan suasana bertambah sepi, mungkin sudah dekat tengah malam. Hui Giok tak tahu mereka akan menuju kemana orang itu tak bicara, ia pun tak berani bertanya. Entah berapa lama sudah lari, tiba2 dilihatnya dikejauhan ada sinar lampu, mungkin di sana adalah sebuah kota. Kuda itu masih ngebut terus, setelah dekat dengan cahaya lampu itu baru mengendur larinya sekarang Hui Giok dapat melihat dengan jelas tempat itu memang betul sebuah kota, bahkan cukup ramai suasananya sebab ditengah malam begini sinar lampu masih terang benderang.

Semenjak berada di Peking, Hui Giok belum pernah keluar rumah, sudah tentu iapun tak tahu kota manakah yang disinggahi ini. Mereka masuk ke dalam kota kuda dijalankan pelan. Orang itu menarik tali kendali. Tiba2 Hui Giok merasakan badan orang menempel punggungnya itu lembek sekali, ia menjadi heran:

"Aneh, ilmu silatnya begini tinggi, kenapa badannya begini lembek?" kuda berhenti di depan sebuah hotel yang besar, orang itu melompat turun dari kudanya. Hui Giok juga ikut melompat turun ia di daerah utara, menunggang kuda tentu bukan asing baginya. "Kau mahir naik kuda?" orang itu bertanya dengan agak heran, tapi sebelum Hui Giok menjawab ia sudah mendahului melangkah ke dalam hotel itu.

Pelayan hotel umumnya sudah berpengalaman terhadap setiap tamu yang dihadapinya, maka ketika penunggang kuda itu muncul dengan bajunya yang perlente serta kudanya yang bagus, cepat ia menyongsong, lalu diiringi tertawanya yang dibuat2 ia berkata:" Hehehe, apakah tuan tamu cari kamar?" Dengan tak sabar "Paman Leng" mengangguk "Kenapa nyonya tidak ikut masuk?" pelayan itu bertanya lagi. Kiranya Hui Giok masih berdiri di depan pintu. Dongkol dan geli juga dia mendengar orang menyebutnya sebagai nyonya namun ia pun tak dapat memberi penjelasan, terpaksa ikut masuk ke dalam.

Dengan melongo heran pelayan itu mengawasi kaki Hui Giok, rupanya ia heran melihat sepatu yang dipakai anak muda itu. Mau tak mau paman Leng ikut memandang ke arah yang membuat heran pelayan tiu, demi melihat kaki dan sepatunya seketika iapun berkerut kening. Hui Giok menyengir dengan tersipu, baru sekarang dia dapat melihat dengan jelas paman Leng. "Cakap amat orang ini!" diam2 ia memuji didalam hati. Ternyata paman Leng ini beralis panjang lentik, sinar matanya bening tajam, mulutnya tidak terbilang kecil tapi bukan mulut yang besar, sedang, begitulah. Malah hidungnya juga mancung boleh dikatakan jauh lebih cakap dari Hui Giok.



Ketika paman Leng melihat Hui Giok sedang mengawasinya tanpa berkedip, diam2 dia heran, pikirnya:" aneh benar sikap anak perempuan ini?" bagaimanapun juga tentu tak pernah terpikir olehnya bahwa gadis yang nyaris diperkosa kaum berandal itu sebenarnya cuma gadis gadungan. Dalam pada itu si pelayan telah berkata lagi sambil tertawa: "Hehehe, kamar2 kami sudah penuh semua, hanya tinggal satu, bagaimana kalau kalian ambil saja, kamar itu cukup bersih dan tenang....."

Ia tidak bicara dengan munduk2 lagi seperti tadi, sedikit banyak pelayan ini sudah melihat ada sesuatu yang tak beres atas kedua orang tamunya ini, maka sikapnya tidak seramah dulu. "Baik bawa kami ke atas." Seru paman leng tak sabar. Sedari kecil Hui Giok sudah biasa tidur sekamar dengan orang lain, maka iapun tidak keberatan atau merasa tak leluasa untuk bermalam dengan si penunggang kuda yang bernama paman leng ini, ia lupa bahwa dandanannya sekarang adalah seorang anak gadis, degan sendirinya orang memandang mereka berdua sebagai satu lelaki dan satu perempuan. Mengapa paman Leng mengajak dia tidur sekamar? Apakah mungkin paman leng inipun mengidap semacam penyakit aneh.

Baru saja masuk ke kamar, paman leng sudah tak sabar dan mengusir pelayan itu lekas pergi, lalau sambil mengunci kamar ia berkata:" buka pakaianmu dan lalu tidur, besok pagi2 kita harus melanjutkan perjalanan lagi!" Hui Giok menjadi kikuk hal ini bukan disebabkan apa2 melainkan kuatir nanti paman leng bertanya kepadanya mengapa dia mengenakan baju perempuan bilamana jenis aslinya terlihat. Berbeda dengan paman leng, ia salah artikan kekikukan anak muda itu, ia berkata dengan tertawa:" Apakah kau malu membuka baju di depanku? Jangan kuatir sebentar lagi kau akan tahu biarpun telanjang di depanku juga tidak menjadi soal."

Sambil berkata dia lantas mengusap2 mukanya dan melepaskan pakaian sendiri, bukan jubah luarnya saja yang dicopot, malahan dalam juga ditanggalkan. Waktu itu Hui Giok sedang bingung apakan harus menjelaskan musibah yang menimpa dirinya atau tidak, tapi ketika ia menengadah dan menyaksikan pemandangan yang luar biasa itu, seketika jantungnya melompat keluar dari rongga dadanya. Kiranya setelah buka pakaian, terlihatlah semua anggota tubuh paman Leng pantatnya yang padat dan payudara yang montok dai ternyata seorang perempuan.

Perempuan itu sama sekali tidak memperhatikan perubahan air muk Hui Giok sambil menggerundel ia seperti memberi nasihat pula: "Nah, tentu sekarang kautahu apa yang kumaksudkan tadi, sesungguhnya aku ini bukan lelaki." Setelah mendengus ia menambahkan lagi:" Hm, bila aku ini lelaki, tentu kau bisa runyam!" semenjak keluar dari rahim ibunya, belum pernah melihat perempuan bertelanjang bulan dihadapannya, dapat dibayangkan betapa kikuknya Hui Giok sekarang, jantungnya berdebar seakan2 melompat keluar dari rongga dadanya, muka yang sudah merah makin membara, ia tertunduk dengan ketakutan, sekejap saja tak berani melirik paman Leng yang berada dalam keadaan yang mengerikan.

Tiba2 paman Leng tertawa, katanya: "rupanya aku ada jodoh dengan kau! Sejak pertama kali melihat kau, aku lantas merasa kasihan dan menaruh simpatik pada penderitaan yang kau alami. Kau hidup sebatangkara dan sering dipermainkan orang, maka kuputuskan untuk menerima kau sebagai muridku, jangan kau anggap kejadian ini begini mudah dan sederhana, kelak biar kau ceritakan kepada orang lain akan peristiwa ini, belum tentu mereka mau percaya pada ceritamu."

Hui Giok coba menengadah seketika matanya mendengung dan matanya silau oleh pemandangan "seram" dihadapannya, merah mukanya menjalar sampai keleher, cepat ia menunduk lebih rendah. Kiranya sekarang paman Leng betul 100% telanjang bulat tanpa sehelai benang menempel di tubuhnya, tertampaklah garis tubuh yang indah, payudaranya yang montok, pinggulnya yang gempal serta pahanya yang mulus dan.......semuanya, menawan dan merangsang.

"kau jangan heran," kembali paman Leng berkata ketika dilihatnya Hui Giok tertunduk jengah "Sejak kecil aku sudah terbiasa tidur dalam keadaan begini," - ia tertawa, kemudian menambahkan: "Kau kan sudah dewasa, kenapa malu2 kucing? Hayo lepaskan pakaianmu dan tidur! Sesudah kau tahu aku adalah perempuan tulen, apalagi yang kau takuti!"

"Pa......paman.....paman leng.....cep...cepatlah ber.....pakaian, aku....aa...aku...aku ini lelaki!" seru Hui Giok akhirnya dengan gelagapan.

"Apa kau bilang?" teriak paman Leng kaget, pengakuan itu serasa halilintar membelah bumi di siang hari bolong, ia terhuyung mundur selangkah. "Aku adalah laki2 tulen!" Hui Giok mengulangi lagi pengakuannya," aku......"

Sebelum kata2 itu selesai diucapkan, paman Leng melompat ke depannya, sebelum Hui Giok mengetahui apa yang akan dilakukan orang tahu2 badannya terasa kaku dan tak bisa berkutik lagi. Secepat kilat paman Leng meraba dadanya tapi blong, dada itu datar seperti lapangan, tanpa tonjolan barang sedikitpun, jelaslah sudah bahwa perempuan yang disangkanya semula itu memang sebetulnya seorang lelaki. Merah padam mukanya, kontan tangannya melayang dan "Plak", ia menghadiahkan suatu tamparan di pipi Hui Giok.

"Kunyuk,! Kau ingin mampus?" bentaknya gusar, "Berani kau permainkan nyonyamu!"

"Siapa permainkan kau?" keluh Hui Giok di dalam hati, dia ingin memberi penjelasan sebab2 kejadian itu, tapi sepatah katapun sukar diucapkan. Paman Leng tundukkan kepalanya, dilihatnya mata Hui Giok masih melotot ke tubuhnya dia hadiahkan pula sebuah tempelengan lagi, mukanya berubah makin merah, semerah buah apel yang sudah masak, dengan gerakan paling cepat, ia menyambar jubah luar dan dikenakannya.

"Kunyuk! Dia mendamprat pula , "Kalau tidak kumampuskan kau, aku tidak perlu disebut Leng Gwat Siancu lagi!" Bila orang lain mendengar nama Leng gwat siancu dalam keadaan seperti sekarang, mustahil kalau tidak jatuh kelengar. Kiranya belasan tahun terakhir ini di dunia persilatan telah muncul seorang jago termashur, orang itu bernama Jian jiu suseng (sastrawan bertangan seribu), jejaknya misterius dan sukar dijajaki tapi ilmu silatnya hebat luar biasa, apa yang dilakukan selalu mengikuti suara hati sendiri tanpa mempedulikan apakah orang akan mengatakan perbuatannya itu sesat atau mulia, tidak juga ada orang yang tahu siapa nama aslinya, sebab belum pernha ada orang yang melihat wajah aslinya.



Selama ini ia memegang teguh satu prinsip hidupnya yakni: "Bila orang tidak mengganggunya maka ia pun tak akan menyatroni orang tapi sekali orang cari gara2 padanya, maka jangan harap kau akan lolos dari cengkeramannya. Setiap orang akan mengacungkan jempol dan menunjukkan sikap hormat bila membicarakan Jian Ju Suseng, tapi banyak pula yang segan dan ketakutan mendengar nama besarnya. Leng gwat siancu yang dijumpai Hui Giok ini tak lain istri Jian Ju Suseng kabarnya ia lebih ganas dari suaminya.

Kemudian entah apa sebabnya suami istri telah bercerai, hubungan antara Leng gwat siancu dengan Jian ju suseng putus, semenjak itu jejak Jian ju suseng tiba2 lenyap dari dunia persilatan sementara Leng gwat siancu sendiri makin sering berkelana kesana kemari, jejaknya sukar diketahui, sebab ia gemar berdandan sebagai laki2 kadangkala sebagai perempuan, siapa berani menyalahi dia berarti jiwa seseorang bisa melayang setiap saat, maka banyak orang berusaha menghindari sejauh2nya bila berjumpa dengan dia.

Jangan orang lain dengan kedudukan dan ilmu silat Long heng pat ciang Tham Beng saja air mukanya juga akan berubah hebat bila membicarakan suami istri itu, maka dapat dibayangkan sampai dimana kehebatan dan keganasan kedua orang itu. Dan sekarang secara kebetulan Hui giok jumpa Leng gwat siancu malahan terjadi peristiwa yang sukar diberi penjelasannya, kalau menurut watak Leng gwat siancu di masa lampau mustahil anak muda itu tak dicabut olehnya.

Rasa menyesal, malu dan tak tenang terpancar dari sorot matanya, namun tidak ada tanda2 akan memohon dan merengek supaya diampuni, sebab memang begitulah watak anak muda itu, sekalipun golok dipalangkan di tengkuknya, dia tak akan memohon kepada orang lain biarpun cuma sepatah kata.

Warna merah di wajah Leng gwat siancu belum lenyap kecuali suaminya belum ada yang pernah melihat tubuhnya dalam keadaan telanjang, malahan beberapa tahun belakangan ini hampir tak seorangpun yang melihatnya lagi termasuk juga suaminya. Tapi sekarang, seorang pemuda yang dikenalnya telah memandangnya sampai puas sekujur badannya yang telanjang tentu saja dia marah tapi entah mengapa tiba2 timbul perasaan lain yang sukar dilukiskan. Perasaan aneh ini justru membuatnya tidak tenang dan semakin mendorong niatnya akan membunuh Hui Giok, untuk ini baginya boleh dikatakan sangat mudah, cukup sekali angkat tangan saja, tapi aneh ia merasa sangsi untuk turun tangan.

Dari pancaran sinar mata Hui Giok ia menemukan semacam ketulusan yang belum pernah ditemuinya selama ini, ketulusan ini membuat hatinya tergerak. Sejak kecil Leng Gwat siancu hidup sebatang kara tapi berjiwa angkuh dan tinggi hati, watak semakin aneh lagi setelah ia menikah dengan Jian Ju suseng.

Cinta suaminya itu ternyata tidak murni, tidak setia, setelah hal ini diketahui olehnya, dengan membawa kemarahan yang tak terperikan ia minggat meninggalkan suaminya. Sejak perpisahan itu ia tambah membenci kaum lelaki, ia memandang tiap lelaki yang ada di dunia ini sebagai musuh besarnya. Tapi sekarang ketika ia menemukan ketulusan sinar mata Hui Giok hatinya goyah kembali.

Maklumlah setiap manusia di dunia ini bisa saja menipu perasaan cinta dari orang lain dengan pelbagai cara tapi hanyalah perasaan yang tulus akan memperoleh perasaan yang tulus pula. Hanya ketulusan yang dapat mengharukan orang lain, menggerakan perasaan orang lain. Leng Gwat siancu telah angkat telapak tangannya keatas tapi entah cara bagaimana, mendadak arahnya berubah tahu2 ia hanya menepuk Giok tin di belakang kepala Hui Giok. Hui Giok menghembuskan napas dalam2 ia tahu jalan darahnya tadi ditutuk orang.

"Sebenarnya siapakah kau?" dengan ketus dan sorot mata yang dingin kembali Leng gwat siancu menegur. Meski Hui Giok tajhu jalan darahnya tadi tertutuk, tapi ia tak tahu kalau jiwanya bar saja lolos dari ujung tanduk sebag biasanya teramat sedikit orang yang dapat lolos dari cengkraman Leng gwat siancu.

Lama juga anak muda itu terpekur, akhirnya ia berkisah menceritakan asal usulnya dan semua peristiwa di dalamnya. Leng gwat siancu (Dewi rembulan dingin) Ay cing memang berwajah dingin dan kaku, tindak tanduknya keji, caranya membunuh orang tak kenal ampun, namun sesungguhnya iapun perempuan yang berjiwa hangat, berperasaan halus, hanya perasaan itu jarang diperlihatkan kepada orang lain.

Banyak orang di dunia ini mengalami nasib yang jauh lebih buruk dan menyedihkan daripada Hui Giok, Ay Cing tak pernah bertanya dan peduli tak pernah menaruh perhatian tapi sekarang setelah kisah hidup Hui Giok keadaan ikut berubah. Perasaan manusia terkadang memang dapat berubah mengikuti sasarannya, suatu peristiwa yang sama, tapi terjadi pada dua orang yang berbeda maka kesan yang timbul juga akan berbeda. Hui Giok adalah pemuda yang tak pernha bicara, apalagi pada dasarnya ia memang tak pernah banyak bicara, maka setiap perkataannya selau diutarakan dengan singkat, tegas dan menggetarkan perasaan orang. Ucapan orang yang tak suka banyak bicara memang sering lebih mengena dan mempesona pendengarnya.

Sekarang rasa malu, kiku tak tenang yang tadi berkecamuk dalam hati kedua orang itu hilang tak berbekas, sebagai gantinya antara mereka timbul perasaan simpatik dan saling mengerti yang mendalam. Ay Cing tak pernah membuka rahasia hidup selama ini, tapi ia toh menyinggungnya sedikit, sekalipun secara samar2 katanya dengan menghela napas panjang:

"Kau jangan berduka, apa yang pernah ku alami dalam kehidupan masa lalu jauh berbeda dengan nasibmu kau sama sekali tak bodoh, asal mau berlatih dengan tekun dan rajin siapa tahu ilmu silatmu di kemudian hari jauh lebih tangguh daripada diriku? Biarlah soal ini kita bicarakan lagi di kemudian hari."

Walau hanya ucapan yang singkat, tapi menegaskan Ay Cing ini sudah melebihi janji seribu kata bagi Hui Giok anak muda ini tidak mempunyai nafsu berahi terhadap perempuan yang usianya hampir satu kali dari usianya lebih tua daripadanya ini, tapi suatu perasaan yang sukar dilukiskan diam2 bersemi dihati. Perasaan ini mirip perasaan kasih sayang anak terhadap ibunya sudah bertahun2 lamanya perasaan ini tak pernah timbul dalam hati Hui Giok.



Leng gwat siancu kelihatan agak lelah kedatangannya ke utara dengan tergesa2 ini bukan lantaran hendak berpesiar atau mengunjungi sahabat, ia sedang menghindarkan pengejaran seorang musuh yang sangat lihay sepanjang perjalanan ia tak mudah berhenti dan beristirahat tentu saja ia sangat lelah.

Beberapa kali ia menguap matanya terasa sepat dan mengantuk akhirnya ia berkata: "lekas tidur!" - tapi setelah perkataan itu diutarakan kembali pipinya bersemu merah, sebab teringat oleh nya bahwa bagaimanapun juga pihak lain adalah seorang laki2. tiba 2 terdengar bunyi pelahan pintu kamar secepat kilat Ay Cing melompat ke ambang pintu setelah membetulkan pakaiannya cepat ia membuka pintu, tapi suasana tetap hening, di luar tak nampak sesosok bayangan apapun, bahkan serambi panjang juga sepi tak tampak bayangan orang.

Angin malam berembus mengibarkan ujung bajunya dengan muka merah cepat perempuan itu menarik bajunya agar jangan sampai tersingkap, kemudian berpaling dan melirik sekejap ke Hui Giok. Kemana arah pandangannya menuju, kembali ia tersentak kaget. Saat itu Hui Giok telah menyapa dengan suara tertahan:

"Pa......Paman Leng, tentunya engkau sangat capek, beristirahatlah dahulu biar aku berdiri saja diluar sini, kan sebentar lagi fajar!" Ay Cing tidak menjawab seakan2 tidak mendengar perkataannya ia tertunduk seperti memikirkan sesuatu tiba2 ia berkata dengan gemas :" Hm, rupanya kalian, barangkali kalian sudah bosan hidup!".

Hui Giok memandang perempuan itu dengan bingung, ia tercengang mengapa Ay Cing mengucapkan kata2 yang sama sekali tak dipahaminya. Tampaknya Ay Cing juga mengetahui kecengangan orang, ia tersenyum sambil menunjuk ke dua pintu kamar : "Coba kau lihat!"

Hui Giok juga terkejut dilihatnya sebuah gambar berbentuk bintang yang dilukis dengan kapur tertera jelas di daun pintu kamar itu. Sudah cukup lama anak muda itu hidup perusahaan pengawalan barng, banyak pula ia dengar cerita dunia persilatan dari para piautau yang lebih tua, maka setelah melihat tanda gambar yang tertera di pintu itu tahulah dia bahwa ada suatu komplotan penjahat meninggalkan pemberitahuan sebelum melakukan pekerjaan mereka. Atau dengan perkataan lain, komplotan penjahat seolah berkata demikian: "Barang ini sudah kami pesan, orang lain jangan coba menyerobotnya!"

"Apakah kau tahu siapakah mereka?" Tanya Hui Giok. Ay Cing mengangguk sahutnya sambil menunjuk gambar bintang itu: "Coba perhatikanlah dengan seksama, apakah bintang itu terdapat sesuatu yang aneh!" Hui giok memeriksanya dengan cermat anak muda ini sebenarnya cerdik tapi lantaran mendapat pengekangan selama bertahun2 sehingga kehilangan kepercayaan dalam kemampuan dirinya sendiri, ibaratnya sepotong batu permata yang belum digosok, sebelum digarap oleh seorang ahli takkan terpancar sinarnya.

Selang sejenak ia menjawab: "Gambar bintang yang sering kita lihat berbentuk segi lima, tapi bintang ini bersegi tujuh, malahan enam segi bentuknya kecil dan satu diantaranya agak besaran!" Ay Cing tersenyum memuji pikirnya :" Tajam juga daya pengamatan anak muda ini." Sambil merapatkan pintu kamar itu katanya kemudian:

"Benar inilah lambang yang ditinggalkan oleh tujuh orang paling jahat di kolong langit ini. Hmm, mereka berani mencari aku berarti sudah tibalah ajal mereka!"

"Siapakah mereka?" Tanya Hui Giok. "Mereka adalah tujuh bersaudara yang menyebut dirinya sebagai Pak to jit sat (Tujuh bintang malaikat maut) banyak kejahatan yang telah mereka lakukan, kungfunya lihay, terutama Losam dan Lojit dari ke tujuh bersaudara itu, mereka paling suka menggoda perempuan......." - sampai disini tiba2 mukanya merah.

Hui Giok hanya mendengarkan keterangan dengan seksama tanpa memperhatikan perubahan air muka seseorang. Setelah merandek sejenak lalu Ay Cing menyambung pula : "baru kulihat gambar bintang ini, pada segi yang besar bila menghitungnya dari atas ke bawah......" Tiba2 ia berhenti lagi, tanyanya kepada Hui Giok: "Masih ingatkah kau segi keberapa yang lebih besar?'

"Yang ketiga!" jawab Hui Giok tanpa pikir. Sekali lagi Ay Cing tertawa kembali pikirnya, "Pemuda ini segalanya memang hebat, kecerdikan dan ketajaman matanya sampai daya ingatannya juga hebat.." Satu ingatan tiba2 melintas dalam benaknya dia berpikir lebih jauh: "Dengan bakat serta kecerdasannya, tak mungkin ia gagal belajar ilmu silat, padahal Liong heng pat ciang jelek2 juga seorang yang ternama di dunia persilatan, sudah lama ia menyelami ilmu pukulannya masa anak didiknya begini rendah ilmu silatnya!" ia menjadi curiga, makin dikupas persoalan ini semakin dirasakan ada hal2 yang tak beres. Akhirnya berpikir pula : "Anak jelas cerdik dan berbakat mengapa Liong heng pat ciang mengatakan dia goblok?"

Leng gwat siancu betul2 tak habis pikir, meskipun dia yakin di balik urutan ini pasti ada hal2 yang ganjil, akan tetapi ia tak berani sembarangan menerkanya secara gegabah. "Lain waktu akan kuselidiki persoalan ini sampai jelas!" demikian ia berjanji dalam hati. Melihat Leng gwat siancu terpekur dan tidak bicara pula, dasar pemuda timbul rasa ingin tahunya, Hui Giok lantas bertanya " Jadi menurut tanda gambar ini, orang yang bakal dating nanti adalah Losam dari ketujuh bersaudara itu."

"Benar" Ay Cing mengangguk setelah tertawa dingin ia berkata pula : "Bila ia dating mungkin tak dapat pergi lagi dari sini!"

"Jadi dia pasti akan dating kemari setelah meninggalkan tanda pengenal ini" Tanya pemuda itu lagi. Sekarang ia sudah menaruh kepercayaan atas kemampuan kungfu Ay Cing maka dalam hati kecilnya ia malah berharap akan kedatangan ketujuh malaikat maut itu secara lengkap agar ia sempat menyaksikan suatu pertarungan besar yang belum pernah dijumpainya selama ini.

Ia tidak tahu Pak to jit sat bukan manusia sembarangan, ilmu silat mereka pun sangat mendingan kalau yang dating hanya seorang, andaikata ke tujuh orang bersaudara itu benar muncul sekaligus, mungkin Leng gwat siancu akan kewalahan menghadapi mereka.

Ay Cing tersenyum : "Datang sih pasti dating, Cuma kita tak tahu bilakah mereka muncul!" setelah menghela napas panjang ia menambahkan :" yang lain tak perlu dibicarakan, tampaknya malam ini aku tak bisa tidur nyenyak lagi?" kepalanya tertunduk tiba2 ia melihat tubuhnya masih tertutup oleh baju luar saja, bagian bawahnya terbuka sehingga tampak kulit badannya yang putih bersih bagaikan kemala, cepat ia berpaling ke arah Hui Giok , tapi pemuda tampak bersandar di meja, seperti sudah tidur dibawah cahaya lampu muka anak muda itu memang halus seperti anak perempuan.



Kembali ia tersenyum, ia terbayang kembali perbuatannya membuka pakaian di hadapan bocah itu mukanya menjadi merah pula. Karena kehidupannya yang menyendiri dan wataknya yang angkuh Ay Cing jarang tersenyum, tapi sekarang entah apa sebabnya seperti terjadi perubahan besar dalam perasaannya untuk ini ia sendiripun tidak mengerti. Perlahan ia berbangkit, maksudnya hendak berpakaian agar bila nanti terjadi pertarungan gerakannya lebih leluasa, tapi baru saja tubuhnya bergeser, Hui Giok telah membuka matanya ternyata pemuda itu belum tertidur.

"Mereka sudah datang?" Bisik Hui Giok sambil kucek2 matanya. "Belum!" Ay Cing menggeleng, "berbaliklah kau menghadap kesana, aku......" Hui Giok tahu maksud perempuan itu, ia putar badan dan menatap ke dinding, tapi pantulan sinar lampu di atas dinding tetap memancarkan bayangan tubuh Ay Cing ketika melepaskan pakaian.

Hui Giok sudah terhitung dewasa darah muda yang panas bergolak bagaikan ombak samudra akhirnya ia tak than melihat sorot dinding tersebut ia pejamkan mata dan tak berani berpikir lagi. Sekejap kemudian Ay Cing selesai saat itulah di atas atap rumah terdengar gerakan yang sangat aneh, suara itu demikian lirihnya sehingga sama sekali tak terdengar oleh Hui Giok tapi air muka Ay Cing kontan berubah cepat tangannya mengebas lampu seketika padam. Gerakan itu dilakukan dengan enteng dan seperti acuh tak acuh, namun kenyataannya amat cepat dan penuh tenaga, tak mungkin bisa dilakukan oleh seseorang yang tidak memiliki ketajaman mata dan pendengaran serta tenaga dalam yang telah mencapai puncak kesempurnaan.

Hui Giok merasakan pandangannya menjadi gelap, sinar lampu tahu2 sudah padam, dia ingin berteriak namun ingatan lain segera terlintas dalam benaknya ia pikir mungkin penyatron ini telah dating?.

Maka ia urung bersuara, melalui cahaya remang yang menembus masuk lewat jendela matanya terpentang lebar2 memandang keluar. Tiba2 terasa napas hangat mengembus di samping ia berpaling, hawa hangat itu terasa lebih kuat lagi kiranya Ay Cing telah berada disampingnya.

"Jangan sembarangan bergerak!" perempuan itu memperingati, "dan jangan bersuara dia sudah dating." - Harum semburan napasnya dan memabukkan orang. Hui Giok benar2 tak berani bersuara bernapaspun tidak berani keras2 jantungnya berdebar sangat keras sehingga Ay Cing dapat mendengarnya dan bertanya dengan suara tertahan : "Kau takut ?"

Merah muka Hui Giok ia tahu bukan lantaran takut jantungnya berdebar keras, tapi mana ia dapat menjawabnya. Jendela kamar tiba2 terbuka dengan sendirinya walaupun tidak terembus angin, menyusul bayangan berkelebat di depan jendela setelah ragu2 kemudian menerobos masuk kedalam. Dari tindak tanduknya yang ceroboh bisa diketahui mungkin orang ini meremehkan orang didalam kamar. Perawakan orang ini tinggi besar gerak-geriknya enteng dan gesit, sewaktu melayang turun, sedikitpun tidak menimbulkan suara, ini membuktikan bahwa kungfunya memang hebat.

Hal ini tidak perlu diragukan lagi, sebab tanpa bekal yang cukup tak nanti ia berani menerobos masuk ke hotel tanpa menguatirkan akibatnya. Leng gwat siancu mendengus, meski lirih suaranya namun orang itu tampaknya sudah ulung dengan segera ia dapat menangkan suara yang mencurigakan. Dia menyapu pandang sekeliling ruangan, kemudian hatinya terkesiap juga setelah mengetahui ada dua sosok bayangan orang berduduk di dalam kamar. Cepat penyantron ini melolos senjata, lalu dengan suara berat : "Apakah rekan segaris yang berada di dalam kamar ini? Siaute Mo Se harpa sebutkan namamu?"

Leng gwat siancu menarik lengan Hui giok ia memberi tanda agar jangan bicara. Karena tiada jawaban dengan tak sabar Mo Se berkata lagi: "Sobat malaikat sakti manakah kau? Bila tetap membungkam jangan menyesal aku tidak sungkan2 lagi!" Orang yang mengaku bernama Mo Se ini sebenarnya adalah jago kawakan yang berpengalaman sekalipun barusan ia menerobos masuk ke dalam kamar secara gegabah, itupun disebabkan ia terlalu memandang enteng musuh.

Tentu saja hal ini adalah kecerobohannya, sebab ia pun tinggal di hotel ini, ketika Leng gwat siancu dan Hui Giok mencari kamar tadi, dengan matanya yang tajam, sekali pandang saja ia lantas tahu bahwa Ay Cing adalah perempuan yang menyaru laki2. Dasar gemar bermain perempuan entah sudah berapa banyak perempuan baik2 yang rusak di tangannya, ia jadi kesengsem melihat gaya Ay Cing yang memikat itu.

Ia tak berani memandang terlalu lama, takut memukul mengejutkan ular, tapi diam menguntit dari belakang, terhadap Hui Giok malah tidak perhatian, samar2 dia hanya tahu Ay Cing masih didampingi seorang perempuan lain. Orang yang gila perempuan biasanya nyalinya besar, ditambah kungfunya memang memang lihay semua ini membuat Mo Se berani bertindak seenaknya mimpipun ia tak menyangka kalau sasaran adalah Leng gwat siancu yang ganas itu, sebelum tengah malam tiba dia sudah terburu2 menyatroni kamar orang.

Setelah Ay Cing mendengus, ia baru sadar bahwa penglihatannya meleset, rupanya barang incarannya ini bukan makanan empuk. "bahaya juga perempuan ini?" demikian berpikir, "meski perempuan berdandan sebagai laki, agaknya ilmu silatnya lihay juga." Otaknya lantas berputar dia coba mengingat siapakah di dunia persilatan yang gemar berdandan sebagai laki2. selang sesaat hatinya tersasa mantap sebab orang itu pada umumnya kungfunya selihay dia, nama dan kedudukan juga tidak tinggi dan termashur dia.

Sayang seribu kali sayang di telah melupakan seseorang, ia melupakan tokoh yang bernama Leng gwat siancu ini disebabkan nama perempuan itu terlalu besar, terlampau disegani orang sebangsa Mo Se sama sekali tidak menyangka perempuan cantik yang lemah lembut yang ditemuinya sekarang ini adalah gembong perempuan yang bikin takut orang bila mendengarnya.

Leng gwat siancu tertawa dingin dan berkata " Hehehe, kau belum berhak untuk mengetahui nama besar bibimu." Mendadak ia memotong secuil ujung meja dan dipergunakan sebagai senjata rahasia. Dalam suasana yang gelap dengan sendirinya Mo Se tak tahu senjata rahasia apakah yang digunakan orang ketika merasa desing angin tajam menyambar tiba disertai tenaga dalam yang dahsyat sadarlah dia bahwa musuh lihay. Ia tak berani gegabah secepatnya badannya bergetar dan mengegos ke samping, sekalipun begitu terkesiap juga hatinya, sebab senjata rahasia tersebut menyambar lewat di depan dadanya dan menghantam dinding.



Mo Se cukup berpengalaman, melihat cara melepaskan senjata rahasia yang dilakukan oleh perempuan itu dia makin yakin bahwa kungfu orang memang lihay dan belum pernah dilihatnya selama ini. "Siapa gerangan orang ini?" pikirnya dengan terkesiap, tanpa ajal ia terus menerobos keluar jendela. Leng gwat siancu tertawa dingin, katanya sambil berpaling ke arah Hui Giok:

"Tunggu, aku disini sebentar lagi aku kembali !" baru Hui giok mau menjawab tahu2 bayangan Leng gwat siancu sudah lenyap dari pandangan. Melihat kelihayan orang Hui Giok menghela napas dan berpikir : "Bilakah aku bar dapat mencapai ilmu selihay ini?" - karena kesal ia menjadi lelah dan merasa lapar.

Kalau Cuma lelah masih mendingan, rasa lapar itulah yang menyiksanya sudah seharian penuh dia berpuasa dan sekarang tengah malam sudah kemana akan mencari makanan. Dalam pada itu, dengan beberapa kali loncatan Mo Se sudah berada beberapa tombak jauhnya dari tempat semula, memang ilmu meringankan tubuhnya terhitung paling tinggi di antara ke tujuh saudaranya, namanya di dunia ini cukup terkenal dalam hal Ginkang. Dengan kepandaian andalannya itu ia yakin dapat lolos dari cengkeraman orang, ia cukup cerdik pandai melihat gelagat dan cepat pula reaksinya merasakan gelagat tidak menguntungkan ia lantas kabur. Sebab itulah kendati sudah banyak kejahatan yang dilakukannya namun sejak terjun ke dunia persilatan belum pernah orang menderita kerugian besar.

Ia sangka keadaan yang dihadapinya sekarang tidak berbeda meskipun niatnya tidak kesampaian, toh tidak sampai kecundang. Siap tahu, tiba2 dari belakang terdengar suara orang tertawa dingin, suara itu seakan2 timbul dari belakang punggungnya dalam kejutnya Mo Se tak berani berpaling lagi, ia tancap gas dan meluncur ke sebelah kiri. Ia menyangka perempuan itu pasti akan ketinggalan jauh siapa tahu suara tertawa dingin itu masih berkumandang tiada hentinya, selalu muncul di belakang punggungnya meski pelbagai cara telah ia gunakan untuk meloloskan diri akan tetapi suara tertawa dingin itu seperti melengket di belakang seolah2 bayangan sendiri.

Sekarang dia baru kenal rasanya takut, keringat dingin membasahi sekujur tubuhnya, ia sadar ilmu meringankan tubuh orang ternyata beberapa lebih tinggi daripadanya, ia menjadi nekat mendadak ia putar badan, secepat kilat senjata goloknya diloloskan dan menabas ke belakang serangan gencar dan nekat sama sekali tidak memakai perhitungan.

Mendingan kalau ia ngebut terus ke depan begitu putar badan rasa ngeri dan kagetnya tak terperikan. Di belakangnya kosong melompong dan tidak ada sesuatu, kecuali atap rumah di kejauhan yang remang2 tersorot sinar bintang, tiada sesuatu apapun yang ditemuinya hanya keheningan dan kegelapan belaka, bayangan setanpun tidak kelihatan.

Baru saja ia putar badan lagi, suara tertawa dingin itu kembali berkumandang pula di belakang ia berpaling cepat, tetap nihil hasilnya. Kedua lututnya terasa lemas sejak terjun ke dunia persilatan belum pernah Mo So mengalami ketegangan dan kengerian seperti ini, kalau bisa dia ingin kabur sejauh-jauhnya dari tempat celaka ini dan menyembunyikan diri. Dalam panik dan gugupnya Mo Se berhasil juga mendapatkan akal bagus, tentu saja tanpa pengetahuan dan pengalaman yang cukup tak nanti dapat menemukan akal ini.

Mendadak ia menjatuhkan diri sikut, bahu dan tumit digunakan bersama sekaligus diatas atap rumah itu, juga dia mendemonstrasikan kehebatan ilmu Yan Cing Cap Pwe hoan (18 kali jumpalitan gaya Yan Cing) yang lihay. Tokoh Yan cing dalam cerita 108 pahlawan liangshan tersohor karena ilmu meringankan tubuhnya yang dijadikan andalan pada waktu malang melintang di dunia persilatan.

Maka sekarang Mo Se juga menggunakan ilmu itu untuk melepaskan diri dari gangguan tertawa dingin yang selalu menempel di belakang punggungnya. Memang jarang sekali ada jago persilatan yang dapat mendemonstrasikan ilmu kepandaian tersebut di atas atap rumah, sebab untuk bisa mempergunakan secara jitu, orang harus dapat menggunakan tenaga yang tepat dan seimbang pada bagian punggung, sikut, bahu dan lutut serta tumit kaki, ibaratnya seekor kucing yang jumpalitan sedikit meleng saja akan tergelincir jatuh ke bawah.

Bukan begitu saja usaha Mo Se untuk menyelamatkan diri, berbareng goloknya berputar kencang menciptakan selapis cahaya putih berkilau untuk melindungi badannya. Dalam keadaan begini ia tidak berharap akan melukai musuh yang penting lolos dulu dari cengkeraman musuh, karenanya setelah bergulingan tiga kali, cahaya goloknya mulai berputar menciptakan satu garis bianglala berwarna perak. "Siuut", mendadak ia melayang ke bawah rumah sebelah belakang.

Licin juga malaikat ketiga Pak to jit sat ini caranya meloloskan diri dari kesulitan yang dihadapinya ternyata istimewa, setelah gagal kabur dari cengkraman orang dengan ilmu meringankan tubuhnya, ia memutuskan untuk menyusup kebawah rumah, bila ada kesempatan dia akan sembunyi di tempat gelap atau bila perlu bersembunyi di dalam salah satu rumah penduduk yang terbesar disekitar situ, dengan begitu akan sulitlah bagai Leng gwat siancu untuk mencari jejaknya.

Bagus juga perhitungan swipoa orang ini, di luar dugaan baru saja ujung kakinya menjejak permukaan tanpa suara tertawa dingin yang menyeramkan tadi sudah berkumandang lagi di belakang. Mo Se betul2 panik, goloknya serta merta menabas ke belakang, angin mendesing tajam, boleh juga tenaganya.

Tapi iapun menyadari bacokan itu takkan bisa berhasil mengenai sasarannya cepat ia berputar di antara cahaya golok yang membentuk setengah lingkaran mendadak golok disentak ke atas menyusul ia menabas dan membacok dengan Giok tay wi yau ( (sabuk kemala melilit pinggang) serta Bwe hoa ciok liok (bunga bwe jatuh berguguran). Sreet! Sreet! Setiap serangan dia lakukan dengan keji, ganas dan cepat.

Tapi setiap serangan itu selalu mengenai tempat kosong. Diantara gulungan cahaya golok yang bertebaran kelihatan sessosok bayangan berwarna putih yang berkelebatan seperti baying setan yang melayang kian kemari disampingnya, sekarang peluh dingin membasahi telapak tangannya membasahi pula gagang goloknya namun Mo Se tak berani menghentikan serangannya, ia putar terus senjatanya sedemikian rupa sehingga tak tertembus air sekalipun. Leng gwat siancu tertawa dingin, ia msih terus berputar di sekeliling lawan, kedua tangannya tampak terjulur ke bawah ia tidak balas menyerang, namun Mo Se yang sudah menggunakan segenap jurus ilmu golok Ngo hou toan bun to ( lima harimau pemutus sukma ) tetap belum berhasil menyentuh ujung baju lawan.



Tempat pertarungan itu berlangsung di halaman belakang rumah penginapan, tentu saja pertarungan itu segera mengejutkan tetamu lain namun tak seorangpun yang berani keluar untuk mencampuri urusan itu, mereka malah menutup pintu dan jendelanya rapat2 memandang sekejap saja tidak berani.

Malam cukup dingin, namun butiran keringat menghiasi jidat Mo Se mengucur terus dengan derasnya, permainan goloknya makin kacau, tenaga dalamnya mulai habis. Sreet! Sreet! Beruntun ia melancarkan tiap kali tabasan kilat dengan tenaga penuh, habis itu mendadak ia meloncat ke belakang ia berdiri dengan punggung menempel di dinding.

Goloknya masih diacungkan ke depan, ditatapnya wajah Leng gwat siancu dengan napas tersengal lalu berkata : "Ilmu silat orang she Mo kurang becus, mataku buta dan tidak tahu akan kelihayan sobat, untuk itu aku mengaku kalah. Sobat hendaklah mengingat sesama orang persilatan, harap sebutkan namamu, selama gunung yang menghijau dan air tetap mengalir, bila berjumpa di kemudian hari kami bersaudara Mo pasti akan membalas budi ini!"

Ucapan itu tidak terlalu angkuh juga tidak terlalu merendahkan derajat sendiri, sekalipun sudah kecundang, akan tetapi cukup terhormat. Mendingan kalau Leng gwat siancu mau terima ucapan itu, sayang perempuan ini tak doyan yang empuk juga tidak suka pada yang keras, sekalipun digunakan kata2 yang paling manis, tak nantik hatinya akan tergerak atau menjadi iba.

Sambil tertawa dingin selangkah demi selangkah Leng gwat siancu maju ke muka mendekati musuh yang makin ketakutan. Ia masih memakai baju laki2 ketika ada angina berhembus dan mengibarkan ujung bajunya terlihat bentuk badannya yang padat dan mempesona itu. Tapi biarpun Mo se biasanya memang mata keranjang, sekarang ia tak berani lagi melirik tubuh yang menawan ini, ia malah menggigil ketakutan katanya lagi dengan suara terputus2: "Sobat, orang she Mo kan belum menyentuh tubuhmu, mengapa kau mendesak terus diriku ini?" nadanya jelas menunjukkan rasa jerinya.

Ay Cing tidak menjawab, ia tertawa dingin, seakan2 tidak paham ucapannya itu, salah Mo Se sendiri malaikat maut nomor tiga dari Pak to jit sat ini sudah tersohor kebejatan moralnya karena itulah Leng gwat siancu tak mengampuni jiwanya. Ia berjalan sangat lambat, selangkah demi selangkah maju ke muka namun setiap kakinya itu seakan2 menghancur lumatkan hati Mo se rasa takutnya sekarang tercermin nyata pada wajahnya. "Sobat!" akhirnya dia berkata sambil menghela napas " aku mengaku kalah aku tak bisa berbuat apa2 lagi, terserah apa yang hendak kaulakukan atas diriku!"

Ia buang goloknya ke tanha lalu angkat tangannya ke atas, tapi pada detik itu juga dengan kecepatan yang tinggi tangannya terayun ked epan, berpuluh2 bintik cahaya tajam menyamber keluar dari lengan bajunya dan mengurung sekujur tubuh lawan, itulah Jit seng sia au (busur sakti tujuh bintang) andalannya. Meskipun Jit seng sia au disebut sebagai busur akan tetapi yang dipakai bukan anak panah tapi melainkan sebangsa jarum lembut yang beracun.

Jarum beracun itu disimpan dalam sebuah tabung rahasia yang letaknya di balik ujung lengan baju bila tombol rahasia pada tabung tersebut dipencet maka menyemburlah tujuh batang jarum dari tiap tabung rahasia tersebut, baik ditangan kiri maupun kanannya. Apabila jiwanya tidak terancam benda ini jarang sekali digunakan ia tak suka memakainya secara gegabah tapi itu satu digunakan musuh harus dirobohkan.

Sekarang kedua belah tangannya bergerak sekaligus , empatbelas batang jarum beracun serentak menyembur ke depan, wilayah seluas dua tombak di sekitar arena talh berada dalam lingkaran jangkauannya. Padalah waktu itu Leng gwat siancu hanya berdiri tujuh delapan kaki di depannya dalam keadaan begini tampaknya ia akan binasa oleh jarum rahasia tersebut.

Entah berapa puluh kali pertarungan seru pernah dialami Mo se dan entah berapa banyak jago kenamaan yang sudah jatuh kecundang oleh 14 batang jarum beracunnya itu, sekarang ia merasa yakin bahwa serangan yang paling diandalkan tiu pasti akan mendatangkan hasil yang diinginkan. Leng gwat siancu tetap tertawa dingin, dia hanya mengebaskan tangannya dengan enteng, tahu2 ke 14 batang jarum lembut itu lenyap tak berbekas, entah kemana hilangnya.

Pucat muka Mo se menyaksikan peristiwa itu bayangan seseorang seketika melintas dalam bentaknya ia menjerit kaget: "Hah? Jian Ju suseng!" sekarang ia hanya bisa bersandar di dinding dengan lemas, sedikitpun tak bertenaga untuk melakukan perlawanan lagi. Apabila Ay Cing mementalkan serangan jarum beracun itu dengan pukulan jarak jauh atau menghindar dengan ilmu meringankan tubuhnya yang sempurna, meski Mo se akan terperanjat namun rasa kagetnya tak akan sehebat sekarang, sebab kepandaian yang didemonstrasikan Ay Cing barusan tak lain adalah ilmu Ban liu kui cong (selaksa aliran akhirnya bertemu menjadi satu) kepandaian khas Jian Ju Suseng ilmu inipun kebanggaan Kiu sianseng, seorang tokoh aneh yang termashur pada puluhan tahun berselang.

Sudah lama sekali Mo se berkelana didunia persilatan, sekalipun belum pernah menyaksikan ilmu sakti ini, tapi sudah terlalu banyak yang didengarnya tentang kepandaian ini, dan dikolong langit hanya Ban liu kui cong saja yang menghisap senjata rahasia Jit seng sin nu andalan Mo se ini.

Sebaliknya dalam dunia persilatan hanya Jian ju suseng suami istri pula yang bisa mempergunakan ilmu sakti yang luar biasa ini keruan serta merta ia teringat pada gembong iblis yang disegani itu. Dalam jeritannya tadi Mo se telah menyebutkan Jian ju suseng namun dalam hati ia pun tahu jelas bahwa perempuan yang dihadapinya sekarang bukan lain adalah Leng gwat siancu. Seketika tubuhnya menggigil.

Perlahan Ay cing maju ke muka, kian lama jarak mereka kian mendekat malaikat mautpun makin dekat akan merenggut jiwanya, tiba2 Mo se meraung keras, kesepuluh jari tangannya terpentang lebar, seperti harimau kelaparan diterkamnya perempuan itu secara ganas gerakan yang bukan pencak bukan silat, hanya nekat, kalau bisa hendak mencabik2 tubuh musuh. Mo se menjerit kesakitan, ke empat belas batang jarum beracun itu serentak menancap di sekujur tubuhnya Jit seng sin nu yang diandalkan olehnya sekarang merenggut nyawanya sendiri.

Selesai melepaskan serangan itu, Leng gwat siancu putar badan dan berlalu dari sana, ia tak pernah memandang lagi ke arah korbannya bayangan putih berkelebat di halaman yang sunyi hanya tertinggal Mo Se yang masih mengerang menantikan ajalnya. Dengan kecepatan paling tinggi Ay Cing meronda satu kali di seputar hotel itu, kemudian menemukan kembali kamarnya yang masih terbuka jendelanya ia menerobos masuk tanpa berpikir panjang, dilihatnya Hui Giok dengan baju merahnya telah berbaring di ranjang, tampaknya anak muda itu sudah tertidur pulas. Ay Cing tersenyum, bisiknya " Eh kau sudah tidur?"

Hui Giok tidak bergerak dia berbaring dengan kepala menghadap kesana. Ay Cing menguap ia merasa lelah, maka tanpa melepaskan pakaiannya lagi ia berbaring di sudut tempat tidur. Entah mengapa meski mata terasa mengantuk dan badan terasa lemas sukar rasanya untuk pulas ia hanya pejamkan mata untuk memulihkan tenaga. Gelap ruangan kamar yang remang sinar bintang yang terpantul ke dalam kamar tiba2 ia merasa dingin, dalam keadaan layap2 ia merasa tubuh Hui Giok seperti bergerak sedikit dia membuka mata dan menengok kebetulan cahaya bintang menyinari wajah yang berada disampingnya, seketika ia menjadi kaget.

Ternyata orang ini bukan Hui Giok bahkan orang ini sedang memandanginya sambil mendengus. Pucat muka Ay cing sekuat tenaga ia hendak melompat bangun, tapi baru bergerak orang itu tidak kurang cepatnya tahu2 pinggang Ay Cing terasa kesemutan, kontan ia roboh terkapar lagi di tempat tidur. Orang itu tersenyum puas, sekali bergerak dengan enteng ia melompat turun setelah melepaskan pakaian perempuan warna merah itu, tertampaklah baju ringkasnya yang terbuat dari bahan mahal.

Ia berjalan ke belakang pembaringan dan memandang sekejap ke arah Hui giok yang menggeletak di lantai dengan jalan darah tertutuk, tersembul senyuman keji di ujung bibirnya, setelah mengenakan kembali jubah abu2 yang tergantung di balik pembaringan itu, dihampirinya Ay Cing sambil berseru:

"Tentu tak kau sangka aku akan datang kemari bukan!" nadanya dongkol dan menyesal " Lebih2 kau takkan mengira akhirnya kau akan tertangkap olehku bukan?" jengek orang itu dengan sinar tajam bagaikan sorot mata burung elang ejeknya lebih jauh sambil tertawa dingin " Hehehe, sekarang apa yang akan kau katakan lagi?"

Seperti elang mencengkeram anak ayam ia angkat tubuh Ay cing dengan enteng dan tenang. Sebelum meninggalkan ruangan itu, dengan tertawa dingin ia melompat ke belakang pembaringan dengan jari tangannya yang tajam ia tusuk dua kali di tubuh Hui Giok kemudian putar badan dan melayang keluar. Begitu enteng dan gesit gerak tubuh orang itu, seakan2 segumpal asap yang terhembus angin, Hui Giok merasa penasaran karena diperlakukan sewenangnya tapi apa yang terjadi inipun membuatnya bingung.

Tadi setelah mengawasi Ay cing berlalu dengan rasa kagum Hui Giok merasa lelah dan lapar apalagi ketika melihat baju perempuan berwarna merah yang dikenakannya itu, ia merasa malu bercampur geram terlalu banyak pengalaman yang ditemuinya dalam sehari ini hari pertama ia meninggalkan Hui liong piaukiok apa yang dialaminya dalam sehari rasanya jauh lebih banyak daripada pengalaman hidupnya selama ini, ia merasa sedih, tapi juga bersemangat. Dilepaskannya pakaian perempuan yang dikenakannya itu, tapi sebelum selesai tiba2 ia dengar sesuatu suara cepat ia menengadah.

Dilihatnya sejak kapan seorang laki2 jangkung berbadan kurus telah berdiri di situ, wajah orang itu tak jelas terlihat ia menjerit kaget dan menyurut mundur. Orang berjubah panjang warna abu2 dengan membesarkan nyalinya Hui giok mencoba menegur : "Siapa kau?"

"Siapa pula kau?" bukan menjawab orang itu malah balik bertanya sambil menjawab. Merinding Hui giok dia tergegap dan tak mampu mengucapkan sepatah katapun. Kembali orang tersebut tertawa dingin, dai menggeser lebih ke depan, dan tegurnya lagi " dimana Ay Cing?" kebetulan orang itu berpaling, di bawah cahaya remang2 yang menembus masuk lewat jendela Hui Giok sempat melihat wajah orang itu dari samping, orang ini berdahi lebar dan berhidung elang.

"Dimana Ay cing?" kembali orang itu mendesak sambil maju selangkah lagi ke depan. "Dia keluar!' sahut Hui Giok seraya menuding ke luar jendela. Berputar biji mata orang itu mendadak ia menubruk maju pinggang Hui Giok terasa kesemutan Hiat to bagian punggungnya sudah tertutuk. "Makanya tak kutemukan dia, kiranya dia punya laki2 lain!' guman orang itu sambil mencengkeram tengkuk anak muda itu dan mengangkatnya. Ia menatap wajah Hui Giok sambil meludah ia memaki : "Tak nyana ia dapat tertarik oleh kunyuk yang laki bukan perempuan bukan macam kau ini!"

Hui Giok tak tahu apa yang dimaksudkan orang ia pun tak tahu siapa orang itu, tapi samar2 dapat memahami katanya yang terakhir ia merasa penasaran tapi tak dapat membantah. "Bluk!" orang itu membanting Hui Giok ke belakang pembaringan, anak muda itu merasa ke empat anggota badannya jadi lemas dan kesemutan, sedikitpun tak mampu berkutik lagi. Rupanya sebelum tinggal pergi, kembali orang itu menutuk lagi di dada dan pinggangnya.

Entah berapa lama sudah lewat, mungkin hanya sebenar, namun ia merasa waktu berlalu dengan sangat lambat seakan2 sudah setahun lamanya, telinganya yang menempel di permukaan tanah mendadak mendengar sedikit suara seketika bulu roma pada berdiri tanpa terasa tenggorokannya mengeluarkan suara rintihan. Pandangannya terasa kabur, sepasang sepatu kain yang besar tahu2 sudah berada di depannya, ia tak dapat bergerak, karenanya tak dapat melihat badan bagian atas orang itu.

Menyusul orang itu menggeser kakinya dan mendepak dua kali di pinggangnya Hui giok merasa kesakitan namun tubuhnya terasa kaku dan tak mampu berkutik. Agak nya orang itu jadi kaget, ia bergumam sendiri : "Oh kiranya tutukan khas miliknya"

Dia angkat tubuh Hui Giok dengan cepat dia menepuk belasan kali di punggung anak muda itu. Ruas tulang sekujur badan Hui giok serasa lepas semua, tiba2 ia tumpah segumpal riak kental meski badannya masih terasa sakit tapi sekarang dapat bergerak leluasa.

Pelahan dia merangkak bangun, dilihatnya orang itu adalah seorang laki2 berjubah warna perak, air mukanya seakan2 memandang rendah padanya, ia berjenggot pendek mukanya tampan tapi angkuh dalam pandangan Hui Giok orang ini mirip malaikat teringat dirinya yang tak bisa apa2 timbul perasaan mindernya ia merasa dirinya terlalu kecil, terlampau bodoh dan tidak sebanding denga orang.

Sementara fajar sudah tiba, remang2 Hui Giok dapat melihat air muka orang dan orang inipun dapat melihat air muka Hui Giok ia berkerut kening tampaknya merasa jijik. Tak terperihkan sedih Hui Giok kepalanya tertunduk rendah ia merasa suasana begitu tenang suara apapun tak terdengar olehnya, bumi raya ini seolah2 tertidur nyenyak.



Tiba2 ia merasa orang itu mendepaknya lagi ia menengadah dilihatnya orang itu menggerakan bibirnya seperti lagi mengucapkan sesuatu kepadanya, tapi ia tak mendengar apa2 timbul rasa ngerinya dia ingin berteriak sekerasnya, namun yang keluar hanya suara "ah-ih" belaka. Saking cemasnya ia menjambak rambut sendiri seketika perasaannya seperti tertindih oleh belasan batu bernapas saja sukar.

Orang itu mengamati Hui giok, tiada rasa kasihan sedikitpun pada sinar matanya, dunia ini seolah2 tiada sesuatu persoalan yang berharga untuk dikasihani olehnya, ia hanya memandang dengan sinis. Dijambaknya rambut Hui Giok dan diamati pula sekejap, mendadak dilepaskan pula lalu gumamnya lirih: "bangsat itu sungguh terlampau keji." Kemudian ia memandang Hui Giok dan menambahkan lagi: "Salahmu sendiri tak becus?"

Tanpa bicara lagi ia terus melayang pergi, cepat sekali gerakan tubuh orang itu, seakan2 lebih cepat dari pandangan orang, baru Hui Giok tahu2 jejaknya sudah lenyap tak berbekas. Air mata jatuh membasahi wajah Hui Giok ia tahu bukan saja telinganya sendiri jadi tuli, bahkan juga bisu. Meski tidak terdengar olehnya apa yang dikatakan laki2 tadi, tapi dari wajahnya yang sinis dapat dirasakan olehnya betapa orang menghinanya. Watak Hui giok cukup angkuh sekarang dihina di sana sini, ketika bertemu dengan Leng gwat siancu baru saja timbul harapannya akan belajar lebih mahir, tahu2 terjadi hal seperti ini hingga punah pula harapannya malah dirinya berubah menjadi seorang yang cacat dan tuli.

Sampai sekian lama ia pegang leher sendiri dengan perasaan sedih, mungkin dia ingin mati saja daripada hidup menanggung derita. Dunia ini dan nasib sungguh terlalu kejam kepadanya, sebagai seorang yang penuh pengharapan, sepantasnya ia mirip sang surya ditengah hari yang cemerlang, akan tetapi nasib telah berbicara lain, ia ditakdirkan menderita, bagaikan langit yang mendung, bagaikan malam yang gelap diselingi hujan badai.

Fajar telah menyingsing sang surya memancarkan sinarnya ke empat penjuru dan menyoroti ruangan kamar itu hingga terang benderang. Cahaya sang surya yang menyoroti debu di ruangan itu menciptakan selakur tiang debu warna kelabu, Hui Giok termangu2 merenungi nasibnya, ia bertanya pada dirinya sendiri: "Mengapa hanya ditempat yang bersih baru terlihat debu." Tapi ia segera menemukan jawabannya bagi dirinya sendiri: "Ya sinarlah yang menerangi debu2 itu hingga terlihat jelas, di tempat yang tak ada sinar juga ada debu, Cuma saja tidak kelihatan."

Tertunduk kepalanya ia merasa hatinya makin hampa pikirnya lebih jauh : "Betapa tidak adil dunia ini, mengapa cahaya di dunia tak dapat menerangi semua debu dan kotaoran yang ada dibumi ini? Mengapa ada pula debu kotoran yang dibiarkan sembunyi di balik kegelapan? "

Tiba2 pintu diketuk orang menyusul terdengar suara pelayan di luar: "Tuan tamu, hari sudah terang, bangunlah bila mau melanjutkan perjalanan!" suara pelayan itu cukup keras dan lantang akan tetapi Hui giok tidak mendengar apa2 waktu itu cahaya sang surya yang memancar masuk lewat jendela semakin cemerlang, tapi hatinya justru kebalikan daripada suasana di luar.

"Hari sudah terang, aku harus pergi! Tapi kemana aku harus pergi?" demikian pikirnya. Meskipun ia menahan perasaannya sedapatnya, tak urung meleleh juga air matanya. "Seorang laki2 sejati lebih baik mengucurkan darah daripada mengucurkan air mata, aku tak boleh menangis," sambil menggertak gigi ia bangkit berdiri dan memeriksa sekeliling ruangan itu.

Dilihatnya buntalan kecil milik Leng gwat siancu itu masih berada di atas meja, ia menjadi sangsi dan berpikir: "buntalan ini bukan milikku bolehkah aku bawa pergi?" bimbang tapi ia teringat olehnya setelah menginap di hotel ini kan harus membayar sewa kamar. Maka ia lantas menghampiri meja dan membuka buntalan itu, dilihatnya isi buntalan itu ada sepotong emas dan beberapa kepingan uang perak.

Diambilnya sedikit uang perak itu, kemudian dibungkusnya kembali buntalan itu, setelah membetulkan bajunya ia keluar dari kamar itu, karena terjadinya pertarungan sengit semalam mau tak mau pelayan memandang lain terhadap Hui Giok, karena itu meski heran bahwa kemarin ada dua orang yang masuk ke dalam kamar, tapi hari ini hanya seorang yang keluar.

Pula kemarin Hui Giok berdandan sebagai perempuan pagi ini telah berubah menjadi laki2. tap pelayan tak berani bertanya ia malah memperingatkan dirinya sendiri " Awas jangan mencampuri urusan orang siapa tahu dia ini seorang perompak samudera, kalau mencampuri urusannya, bisa jadi sekali bacok akan mengirim kau pulang ke rumah nenek!"

Maka dengan hormat dia menghampiri tamunya Hui giok memberinya beberapa keeping uang perak kepadanya sambil memberi tanda maksudnya ingin berkata : "Sisanya tak perlu kembali ambil saja!" pelayan itu mencoba menghitung kepingan uang tersebut, tapi bukannya ada kelebihan sebaliknya malah kurang sedikit, akan tetapi ia tak berani bicara, dituntunnya kuda milik Ay Cing itu ke hadapan Hui Giok sambil tersenyum yang dibuat2 katanya " Selamat jalan!'

Walaupun ramah di luar, pelayan itu menyumpah di dalam hati: "Monyet bayar saja yang kurang lagaknya cukong gede, Hm! Melihat tampangmu ini, delapan bagian pasti bencong."

Sudah tentu Hui Giok tidak tahu dikutuki maklum apa yang diucapkan pelayan itupun Hui Giok tak dengar apalagi yang dipikirkan orang. Setelah memegang les kuda itu, dengan girang pikirnya : "Ah dengan kuda ini, dapatlah ku pergi kemana2 saja kuinginkan!"

Sudah tentu sedikit rasa gembira ini masih selisih jauh bila dibandingkn dengan kesedihannya. Sambil menuntun kudanya, pemuda sebatang kar yang kini telah menjadi tuna rungu dan tuna wicara itu berjalan sambil melamun, merenungkan tempat yang akan ditujunya.

Tiba2 ia tersentak kaget ada dua orang berjubah panjang dan membawa gada sedang menghampirinya salah seorang diantaranya yang memakai koyo di kedua belah pelipis, begitu mendekat terus mendorong anak muda itu dan menegur: "Hei darimana kau curi kuda ini?" Hui Giok tertegun, ia tidak mendengar dan tidak tahu pula apa yang terjadi.

"Hayo ikut kami kantor?" kembali laki2 itu membentak sambil mengayunkan gadanya. Orang2 yang berlalu lalang ditempat itu sama membatin didalam hati " Agaknya opas ini berhasil menangkap pencuri kuda!" Padahal kedua orang laki2 itu memang petugas keamanan, akan tetapi tuduhan mereka itu sama sekali tak berdasar, yang benar semalam mereka habis bergadang dan kalah main Pay ku gaji sebulan ludas di meja judi, maka pagi ini mereka berkeliaran mencari mangsa yang sekiranya dapat diperas.



Kebetulan dijumpainya Hui Giok yang kelihatan mencurigakan, mereka bertambah bangga lagi ketika anak muda itu tidak menjawab atau memberi reaksi apa2 segera mereka menghardik lagi, "Orang ini pasti maling kesiangan, coba lihatlah pakaiannya jelek dan dekil tapi kudanya adalah seekor kuda jempolan, kalau bukan hasil curian darimana ia memperoleh kuda ini ? "tanpa banyak bicara lagi orang itu merampas kuda itu dengan kaget Hui Giok berusaha mempertahankannya, ia ingin berbicara, namun tak sepotong katapun tercetus.

"Plak!' opas itu menempelengnya sekali, lalu memaki lagi : "Anak jadah, masa kau berani menyangkal ! "- menyusul ia menggampar lagi. Gusar dan dongkol Hui Giok ia melompat ke depan dan menjotos. "bajingan kau berani melawan!" teriak opas itu makin berang. Ia pura2 menghantam, kaki lantas mendepak kontan Hui Giok terjatuh ke atas tanah, opas itu memburu maju dan menyepaknya lagi beberapa kali dengan gemas.

Kasihan Hui Giok, sudah sekian tahun belajar silat pada Liong heng pat ciang Tham Beng akan tetapi sekarang ia dihajar dengan mudah oleh seorang opas tanpa bisa melawan. Menghajar maling memang pekerjaan rutin bagi petugas itu, yang satu menyepak sambil mencaci maki yang lain picingkan mata dan pura melerai sambil berkata " Lothio, sudahlah! Tak perlu digebuki lagi, cukup kita bawa barang curiannya... coba lihat pencoleng patut kita kasihani, kita bebaskan saja!"

Opas yang memakai koyo pada pelipisnya ini melirik sekejap kearah kuda bagus itu, setelah memperkirakan uang kekalahannya semalam sudah kembali, bahkan masih ada kelebihannya, rasa penasarannya segera lenyap sebagian besar. Ia meludah ke wajah Hui Giok sambil menuntun kuda itu ia siap2 berlalu. Tiba2 laki kurus kawannya berkata lagi

"Lothio coba lihat maling ini membawa sebuah buntalan siapa tahu kalau barang curian juga? Coba kita periksa isinya!" Buntalan kecil yang dipertahankan Hui Giok mati2an akhirnya dirampas juga oleh opas itu, dengan mata yang bersinar terang dan muka yang berseri mereka ambil semua uang perak yang ada didalam buntalan itu dibuang ditanah dan kedua orang itu berlalu.

Hui Giok meronta bangun, rasa sakit badan sama sekali tak dipikir oleh pemuda itu tapi rasa penasaran karena dihina dan dianiaya semua inilah yang membuat hatinya hampir saja meledak. Dengan bungkam ia menengadah, memandangi langit dan mengeluh : "Mengapa orang2 itu menganiaya diriku? Menghina aku? Beginikah nasibku? Apakah hidupku ini hanya untuk dihina dan dipermainkan orang lain!"

Ia sangat benci kepada kedua petugas yang telah merampas kudanya ia pun membenci orang yang berada di sekitar jalanan, mereka melihat perbuatan sewenang2 tapi tiada seorangpun berani membuat keadilan. Tapi hanya marah dan benci saja takkan mendatangkan manfaat apa2 dengan sempoyongan ia pungut kembali buntalan tadi, ia berharap dapat menemukan sekeping uang perak untuk membeli penganan dan menangsal perutnya yang lapar, akan tetapi kembali ia kecewa tak sekeping uang pun yang tersisa yang masih ada cuma dua jilid kitab yang tipis.

Sampul kitab itu terbuat dari kertas berwarna hitam, tiada tulisan di atas sampul, sekarang iapun tiada minat untuk membaca kitab. Entah berapa jauh dia berjalan, perutnya terasa semakin lapar dan hampir2 tak tahan. Meski demikian, ia tak sudi mengemis, merengek2 minta belas kasihan orang lain. Pekerjaan ini tak sudi dilakukannya. Ia berhenti di tengah jalan, mukanya sayu dan mengenaskan seorang laki2 gemuk penjual siopia beriba hati, diambilnya dua potong kueh itu dan diberikan padanya dengan senyum dikulum.

Hui Giok sangat terharu dan terima kasih atas kebaikan orang itu, ia merasa tenggorokannya seakan2 tersumbat, selama hidup belum pernah ia menerima pemberian yang begitu berharga, wajah si gemuk diamatinya dengan seksama dan diukir didalam hatinya " Mukamu bulat, sebuah tahi lalat besar di daun telinga kiri selama hidup takkan kulupakan dirimu, suatu ketika pasti akan kubalas budi kebaikannmu ini!".

Waktu itu si gemuk sedang melayani pembelinya, membungkus siopia dengan secarik kertas kumal, sambil makan siopia tadi hati Hui giok tergerak satu ingatan melintas dalam benaknya dua jilid kitab tua yang berada didalam buntalan itu segera dikeluarkannya dan diserahkan kepada si gemuk maksudnya hendak berkata " Aku telah makan kuemu, sekarang kubayar dengan dua jilid kitab ini dan dapat kau gunakan untuk membungkus daganganmu!" nyata anak muda ini tak suka menerima kebaikan orang dengan percuma. Laki gemuk itu membalik halaman kedua jilid kitab itu, lalu diserahkan kembali kepada Hui Giok, tangannya digoyangkan beberapa kali maksudnya : "Tidak, aku tak mau membaca" kembali ia mengambil satu biji siopia dan diangsurkan kepada anak muda itu.

Hui Giok menerima kembali kitabnya dan berlari pergi, ia sangka si gemuk mengira dia ingin makan siopia lagi, dia merasa sedih dan penasaran merasa tersinggung, sambil berlari matanya kembali basah, air mata berlinang-linang. Tiada kejadian yang lebih menyedihkan di dunia ini daripada seorang yang berwatak angkuh tapi justru dihina dan diremehkan orang lain tapi ia tak dapat melawan, bahkan tak dapat menjelaskan penderitaan yang dialaminya.

Hui giok ibaratnya sebutir berlian yang belum diasah, belum memancarkan sinarnya yang mengkilat, tapi tercampur baur dengan batu kerikil di jalanan, terinjak2 oleh kaki manusia yang lewat dan tak seorangpun yang memperhatikan nilainya yang tinggi. Tapi apakah nasib berlian itu akan terus suram. Tetap terinjak oleh kaki manusia dan tiada kesempatan baginya untuk memancarkan sinarnya yang gilang gemilang.

Malam itu, di depan pintu rumah penginapan telah bertambah dengan seorang kacung pencuci kuda, cuciannya jauh lebih bersih daripada rekannya tapi upah yang diterimanya paling sedikit daripada yang lainnya, itupun berkat Lotoa yang memimpin gerombolan bikocot di depan rumah penginapan merasa kasihan kepadanya, maka diberikannya pekerjaan mencuci kuda milik tamu yang kelihatan pelit dan takkan banyak memberi imbalan.

Dan orang itu tak perlu dijelaskan lagi ialah Hui Giok ia merasa mencari sesuap nasi dengan tenaga sendiri, bukan pekerjaan yang memalukan maka diputuskannya untuk menyambung hidupnya dengan melakukan pekerjaan kasar itu. Bila malam tiba, ia pun tidur dibawah emper rumah, dengan kedua jilid kitab kumal itu sebagai bantal sebab hanya benda itulah miliknya, hanya benda itu pula yang tak dirampas.



Terkadang ditengah malam dingin ia terjaga dari tidurnya seringkali ia bangun dan berlatih ilmu pukulan Tay Ang kun untuk menghangatkan badannya, sekalipun I a tahu ilmu pukulan itu sama sekali tak berguna, tapi setiap kali dia selalu menghibur diri sendiri :

"Musim panas sudah hampir tiba.." tapi sebelum musim panas tiba, di kota ini telah kedatangan seorang kakek pemain acrobat ia membawa seekor kuda tua yang kurus serta seorang nona kecil berusia 17-18 tahun. Mereka main acrobat di sebuah tanah lapang tepat di depan rumah penginapan, sang kakek memukul tambur, si nona bermain golok terbelalak Hui Giok menyaksikan permainannya yang indah itu, selesai bermain aneka macam acrobat, si kakek dengan suara yang serak mengucapkan beberapa kata, tapi meskipun banyak yang menonton sedikit sekali yang memberi uang.

Kakek itu kelihatan kecewa, sambil membungkukkan badan dan terbatuk2 ia membereskan alatnya, nona itu membantu sambil menghela napas panjang. Hari mulai gelap sambil menuntun kuda kurus itu mereka menuju ke rumah penginapan pelayan menerima mereka dengan acuh tak acuh. Hui Giok mendekati si Kakek memberi tanda sebagai ingin membantu membersihkan bulu kuda tapi kakek itu menggeleng kepala Hui Giok lantas menulis di atas tanah " tak usah bayar "

Kakek itu tertawa dan menyerahkan kuda tersebut kepadanya, ketika Hui Giok berpaling melihat si nona sedang memandangnya dengan matanya yang besar dan senyum dikulum. "Indah benar matanya! "diam2 Hui Giok membatin, tapi dengan cepat ia menyetop semua pikirannya dalam keadaan begini bahkan iapun tak berani membayangkan Tham Bun Ki lagi sebab setiap kali terbayang akan nona itu, hatinya lantas pedih.

Kembali malam itu ia tidur dengan dua jilid kitab rongsokan itu sebagai bantal seperti juga hari2 yang lewat, ketika tengah malam ia terjaga oleh hembusan angin yang dingin dan waktu ia berlatih Tay ang ku untuk menghangatkan badan kecuali bintang yang berkelip diangkasa ada pula pula sepasang mata yang jeli sedang mengawasinya, dia tak lain si kakek penjual acrobat tadi. Pelahan kakek itu keluar rumah penginapan lalu dengan kapur ditulisnya beberapa huruf di atas tanah "Kau pernah belajar silat! "

Hui Giok mengangguk, kakek itu berpikir sejenak, lalu tulisnya lagi " Bersediakah kau ikut kami berkelana di dunia persilatan, meskipun kadangkala harus menahan lapar tapi itu lebih enakan daripada kerja mencuci kuda di sini! Sebagai orang muda, sepantasnya kau ikut berkelana untuk menambah pengalaman!"

Hui Giok kegirangan, dia mengangguk tiada hentinya, si kakek yang wajahnya telah berkeriput pun tampak senang, bagaimanapun juga ia memang sudah tua, kulit badannya yang berwarna kecoklatan kelihatan kendur, adalah menguntungkan baginya bila ada seorang pemuda kekar dan gagah mau membantunya, apalagi ia merasa suka terhadap pemuda bisu tuli ini.

Maka mulai pada esoknya dari seorang kacung pencuci kuda, Hui giok telah menjadi seorang pemain acrobat kelilingan, ia mengikuti si kakek berkelana dari kota kekota lainnya di seputar wilayah kanglam, pada siang hari ia memukul gendering, main senjata dan kadangkala bermain beberapa jurus pukulan itu, bila malam tiba ia membereskan alat senjata dan tidur bersama kakek itu.

Musim panas telah tiba, ia mulai kegerahan. Lamunannya di masa lalu kini sudah terhapus hingga tak membekas oleh gemblengan yang diterimanya dalam kehidupan yang nyata tapi bila malam menjelang, ketika ia belum tidur kadangkala ia melamun kembali soal2 yang indah, melamunkan ilmu silatnya berhasil mencapai puncak kesempurnaan, dimana kemampuannya membuat Tham Beng terkejut dan mengawinkan puterinya kepadanya.

Kadang2 ia teringat kembali akan Leng gwat siancu terbayang kembali potongan tubuhnya yang indah, yang pernah dilihatnya dengan jelas. Tapi pada siang hari tatkala ia menyaksikan sepasang mata besar mata yang jeli seakan2 membawa senyuman itu, ia lantas melupakan banyak persoalan, mungkin terlampau banyak yang ia lupakan, tapi bagaimanapun juga mengenang kembali masa lampau hanya mendatangkan kesedihan baginya, lalu apa gunanya mengenang kembali kejadian sudah lalu. Kakek itu dia memberi nama buat dirinya sendiri sebagai Hoa to (golok kembangan) Sun Pin sedangkan puterinya nona bermata besar itu bernama Sun Kim Peng.

Nona itu sangat baik terhadap Hui Giok memandangnya sebagai saudara sendiri, hali cukup memberikan hiburan batin bagi Hui giok yang sejak kecil telah kehilangan orang tua, apa lagi sepasang mata si nona yang besar itu tiap kali memandang kearahnya selalu disertai pula dengan senyuman manis.

Makin jauh mereka tinggalkan kota kanglam hari itu sampailah mereka di kota Liong tham hujan turun dengan hebatnya. Hujan adalah pengalang yang mungkin teratasi bagi mereka yang cari makan dengan menjual permainan acrobat, kedua alis Hoa to Sun Pin tampak berkerijit rapat, sedih. Malam itu Hui giok terjaga dari tidurnya ia bermimpi seakan2 Tham Beng bergolok dan hendak membacoknya tapi Tham bun ki menarik ayahnya dari samping karena merasa ngeri ia terjaga dari tidurnya.

Ia berpaling ternyata Sun Pin tak ada di pembaringan perlahan iapun merangkak turun dari pembaringan yang terdiri dari papan kayu, setelah memasang lentera dan memakai sepatu, ia keluar dari kamar yang sempit dan pengap itu untuk mencari angin. Hujan telah berhenti, malam terasa nyaman jarang sekali Hui giok temui udara sesegar itu. Ketika tiba di halaman belakang, belum nampak juga bayangan Sun Pin anak muda ini mulai heran.

"Aneh sudah jauh malam, kemana perginya Sun Lotia?" demikian ia berpikir. Ia mencoba menghampiri dinding tembok pendek di depan situ dan memanjat, ia mengintip ke sebelah sana. Tapi apa yang dilihatnya dibalik dinding itu hampir saja membuat Hui Giok terjungkal dari atas tembok.

Kiranya di suatu tanah lapang yang tak begitu luas sedang berlangsung pertarungan yang sengit cahaya golok berkilauan memenuhi angkasa Hoa to Sun Pin dengan sebilah golok besar menciptakan selapis cahaya tajam bertarung melawan seorang yang bersenjatakan pedang Song bun kiam dan seorang lagi bersenjata Poan Koan pit, angin golok itu menderu dengan jurus serangan yang mantap ini menandakan bahwa paling sedikit ia mempunyai kekuatan latihan berpuluh tahun dalam permainan golok itu, mana lagi ada tanda pemain acrobat yang tertatih2 hal ini membuat Hui Giok terkesima dan memandangnya dengan terbelalak. Orang yang menggunakan Song Bun kiam adalah seorang laki2 kurus, sebuah codet panjang tertera nyata di pipi kirinya sementara orang yang menggunakan poan koat pit adalah seorang laki2 kecil pendek tapi kekar jurus serangan yang mereka gunakan semuanya gans dan keji arah yang ditujupun bagina2 tubuh yang mematikan.
DONASI VIA TRAKTEER Bagi para cianpwe yang mau donasi untuk biaya operasional Cerita Silat IndoMandarin dipersilahkan klik tombol hati merah disamping :)

1 komentar

  1. Cerita paling berkesan dalam, mulai dari tokoh yatim Piatu, yg dihina, hingga menemukan kesuksesan hidup. Yang walau tak punya sanak saudara, Tapi digantikan dengan teman2 yg sangat luar biasa membantu Dan menolong. Hingga sukses hidupnya....Hal yg belum tentu terjadi Di Dunia nyata...